- --> 8 Tips & Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

8 Tips & Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

|
Contoh usaha toko kelontong


Membuka usaha toko kelontong dengan modal kecil apakah mungkin? Bukankah membangun sebuah toko untuk tempat usaha membutuhkan modal yang besar? Bukankah barang dagangan di jual di toko juga di beli dengan menggunakan modal uang yang banyak? Bukankah etalase dan rak-rak barang di dalam toko juga di beli dengan pakai modal yang lumayan jumlahnya?

Apakah anda termasuk seorang pemula yang tertarik ingin punya usaha toko kelontong ? Artikel ini menyajikan tips dan trik sukses merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil yang perlu anda ketahui dan perhatikan sebagai bahan acuan untuk mewujudkan keinginan anda.

"Banyak jalan menuju roma".Itulah sebuah ungkapan yang seringkali kita dengar.sebagai bahan motivasi untuk mencari ide atau inspirasi usaha yang dapat mengantarkan kita menuju kesuksesan keuangan.

Memang benar,banyak jalan yang bisa di tempuh menuju sukses,dan banyak cara yang bisa di lakukan untuk meraih sukses dalam usaha.Termasuk dalam usaha dagang barang kelontong.

Seperti halnya tips dan trik merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil yang di sajikan di sini merupakan ide atau inspirasi yang kreatif memulai usaha kelontog yang ditulis berdasarkan kisah dan pengalaman nyata beberapa orang wirausaha yang berhasil menjalankannya,dan anda dapat meniru cara kerjanya.

Sebelum kita lanjut membahasnya,kita simak dulu penjelasan singkat mengenai usaha toko kelontong yang lewat di bawah ini.

Mengenal Usaha Toko Kelontong


Ngomong-ngomong,apa sih pengertian toko kelontong? Toko kelontong adalah istilah untuk toko kecil yang mudah di jangkau oleh masyarakat dan bersifat lokal dan terdekat dengan tempat tinggal masyarakat yang membutuhkan barang-barang keperluan mereka sehari-hari.

Ada dua model toko kelontong yang sering kita jumpai,yaitu toko kelontong moderen dan toko kelontong sederhana.

Contoh toko kelontong moderen seperti Swalayan Alfa Midi,Alfa Mart,Indo Mart,dan lain sebagainya.

Di namakan toko kelontong moderen karena sudah memiliki sistem usaha yang di jalankan secara profesional dengan manajemen yang baik dan benar.

Salah satu sistem usaha yang di jalankan di toko kelontong moderen yaitu memberi kebebasan kepada calon pembeli untuk memilih dan mengambil sendiri barang di rak-rak penjualan di dalam toko,kemudian membayarnya di tempat kasir yang telah di sediakan.

Sedangkan toko kelontong sederhana pada umumnya hanya memiliki sistem usaha yang di jalankan secara sederana dan dengan manajemen yang di atur ala kadarnya.

Karena kita sudah mengenal toko kelontong,maka kita pun tentu sudah tahu jenis barang apa saja yang di jual di toko kelontong.

Alasan mengapa banyak orang yang tertarik membuka usaha toko kelontong:

  • Usaha toko kelontong menjanjikan perputaran modal yang lancar dan cepat
  • Barang dagangan yang di jual merupakan barang yang di butuhkan oleh banyak orang setiap hari
  • Mudah di jalankan
  • Bisa di jadikan sebagai usaha sampingan
  • Cocok di jalankan di daerah perkotaan maupun di pedesaan
  • Cocok di jalankan oleh siapa saja yang berjiwa bisnis atau wirausaha
  • Mudah di kembangkan dengan cepat lewat kerja sama kemitraan berbasis waralaba atau franchise
  • Banyak bank dan lembaga keuangan yang siap membantu permodalan untuk mengembangkan usaha

8 Tips Dan Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil


1.Pilih Lokasi Strategis untuk membuka usaha

Ini adalah langkah pertama yang perlu anda tiru dan perhatikan agar anda sukses dalam merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil.

Dalam hal ini,lokasi strategis yang anda pilih untuk membuka usaha toko kelontong nantinya akan menjadi faktor penentu kesuksesan anda merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil.

Ciri-ciri lokasi strategis yang cocok paling untuk membuka usaha toko kelontong:yaitu lokasi yang mudah di jangkau dan lihat oleh calon pembeli,dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi calon pembeli dan pelanggan.

7 Manfaaat dan tujuan membuka usaha dagang barang kelontong di lokasi strategis yang jarang orang ketahui:
  1. Untuk memudahkan dan mempercepat calon pembeli mendapatkan barang yang mereka butuhkan setap hari
  2. Untuk memudahkan orang agar bisa melihat tempat usaha setiap hari (Promosi otomatis berjalan setiap hari tanpa biaya tambahan)
  3. Secara otomatis akan menarik minat banyak orang untuk datang membeli,sehingga usaha dagang barang kelontong cepat ramai dan laris serta perputaran modalnya sangat cepat
  4. Membuat calon pembeli dan pelanggan menjadi sering datang  membeli karena merasa nyaman dan aman
  5. Secara otomatis akan menarik minat para pemasok barang kelontong untuk menitipkan barang dagangan dengan sistem konsyiyasi
  6. Bank-bank lebih tertarik menyalurkan dana kredit untuk modal mengembangkan usaha
Oleh krena itu,sebagai seorang wirausaha yang ingin sukses dalam merintis usaha dagang barang kelontong,anda wajib mencoba menjalankan tips ini ketika memulai usaha.

2.Manfaatkan rumah sebagai tempat awal membuka usaha 

Sebagian pelaku usaha dagang barang kelontong memanfaatkan rumah mereka sebagai tempat awal membuka usaha.Hal ini mereka lakukan tentu untuk tujuan agar mereka bisa segera merintis usaha toko kelontong dengan modal yang lebih kecil.

Anda juga dapat mengikuti tips ini untuk segera mewujudkan keinginan anda memiliki usaha toko kelontontong yang di rintis dari rumah.

Dalam hal ini anda merintis usaha dagang barang kelontong berskala rumahan dengan memanfaatkan rumah atau teras rumah anda menjadi tempat usaha untuk sementara apabila rumah anda letaknya di lokasi yang strategis.

Tetangga-tetangga terdekat dengan rumah anda tentu akan merasa senang karena mereka tidak perlu pergi jauh-jauh lagi mencari barang kelontong yang mereka butuhkan.

Dengan mengikuti tps ini,anda akan menghemat biaya awal untuk menyewa tempat usaha.Dan apabila tempat usaha yang anda sewa untuk membuka usaha dagang barang kelontong membutuhkan biaya sewa sekitar Rp.10 juta per tahun,itu berarti anda telah menghemat modal awal Rp.10 juta per tahun,di mana modal sewa itu sudah bisa anda gunakan untuk membeli dan menambah persediaan stok barang dagangan yang cepat laris dan menguntungkan untuk mempercepat perputaran modal.

Sehubungan dengan tips ini,seorang pengusaha pemilik usaha toko kelontong yang sukses di rintis dari nol dengan modal pas-pasan berkata,"Apalah gunanya membuka usaha toko kelontong tetapi barang dagangannya sangat sedikit".

Rahasia suksesnya,Memperbanyak persediaan barang dagangan di saat merintis usaha lebih penting daripada menyewa bangunan toko tetapi barang dagangan di dalamnya sangat sedikit.


3.Sewa tempat usaha untuk sementara

Salah satu trik membuka usaha toko kelontong dengan modal kecil yaitu dengan cara menyewa tempat usaha untuk sementara,Cara ini tentu akan membantu anda memperkecil pengeluaran modal awal merintis usaha toko kelontong apabila dana yang anda siapkan memang sangat terbatas.

Dalam hal ini,anda bisa mencari ruko atau bangunan toko di lokasi strategis yang di sewakan oleh pemiliknya.Kemudian anda menyewanya sebagai tempat usaha toko kelontong yang baru di rintis.

Bandingkan dengan mendirikan sebuah bangunan toko atau ruko untuk tempat usaha,anda tentu akan mengeluarkan dana awal yang lebih besar untuk membeli lahan untuk lokasi pembangunan toko,dan di tambah lagi dengan pengeluaran dana untuk membeli bahan bangunan yang di butuhkan mendirikan toko kelontong.

Apabila anda mendirikan sebuah bangunan toko ukuran kecil 4 X 6 di lokasi strategis untuk saat ini,mungkin jumlah dana yang anda keluarkan sekitar Rp.150 juta-Rp.400 juta.

Bagi pengusaha toko kelontong pemula yang bermodal kecil,dana sebanyak itu sangat berarti di gunakan sebagai modal tambahan untuk pembelian persediaan barang dagangan yang menghasilkan keuntungan dan perputaran uang dengan cepat di saat-saat awal usaha baru di jalankan..

4.Bangun usaha warung atau kios kelontong sederhana dulu

Membangun usaha warung atau kios kelontong yg sederhana dulu adalah salah satu cara yang di lakukan oleh sebagian pengusaha yang merintis toko kelontong dengan modal kecil.Setelah usaha mereka memiliki banyak pelanggan dan menghasilkan perputaran uang yang cepat,baru kemudian mereka secara perlahan dan bertahap melakukan renovasi tempat usaha dari warung atau kios menjadi toko kelontong yang mewah dan permanen.

Dalam hal ini,warung atau kios kelontong sederhana adalah tempat usaha yang berdinding papan,dengan tiang balok kayu,beratap seng,dengan lantai campuran pasir dan semen seadanya.sedangkan etalase dan rak-rak tempat barang juga terbuat dari kayu.

5.Gunakan rak-rak dan etalase yang terbuat dari kayu untuk tempat barang dagangan

Merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil juga juga dapat anda lakukan dengan cara menggunakan rak-rak yang terbuat dari kayu untuk tempat menggelar dan memajang barang-barang dagangan di toko kelontong milik anda.

Cara ini juga biasa di lakukan oleh pengusaha-pengusaha toko kelontong yang ingin menhemat biaya pada awal merintis usaha.Karena membeli rak-rak dan etalase yang terbuat dari besi tentu membutuhkan dana dalam jumlah yang lebih besar di banding membuat sendiri rak-rak dan etalase yang terbuat dari kayu.

Anda pun bisa mengikuti tips ini untuk mewujudkan keinginan anda merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil.

Ingat dan perhatikan,"Persediaan barang dagangan yang menghasilkan keuntungan dan perputaran uang dengan cepat lebih penting daripada rak-rak dan etalase yang berharga mahal".

6.Gunakan rak-rak dan etalase bekas untuk tempat barang dagangan

Sebagian pengusaha yang kreatif merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil hanya menggunakan rak-rak dan etalase bekas untuk tempat barang dagangan di toko kelontong milik mereka.

Anda juga bisa mengikuti tips ini untuk mewujudkan keinginanan anda merintis usaha toko kelontong dengan modal awal yang lebih kecil.

Dalam hal ini,anda bisa mencari pedagang barang loakan yang menjual rak-rak dan etalase bekas yang terbuat dari besi,dan anda bisa membelinya dengan harga 50%  lebih murah daripada yang masih baru,atau sesuai kondisi barangnya.

Jika sebuah usaha toko swalayan moderen yang berukuran kecil membutuhkan rak-rak dan etalase yang baru yang di beli dengan harga senilai Rp.100 juta,itu berarti anda telah menghemat uang sebanyak Rp.50 juta untuk merintis toko kelonting milik anda.

Modal sebanyak Rp.50 juta tentu akan lebih menguntungkan di gunakan untuk membeli persediaan barang dagangan yang cepat menghasilkan keuntungan dan perputaran modal di saar usaha yg di rintis baru berjalan.

"Ingat,persediaan barang dagangan yang cukup lebih penting daripada rak-rak dan etalase yang tidak menghasilkan perputaran uang dengan cepat."Kabar baiknya,-Ini adalah ilmu ekonomi yang di jalankan oleh sebagian pengusaha yang sukses merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil."

7.Manfaatkan Distributor dan Agen besar barang kelontong untuk menjadi mitra dagang

Salah satu rahasia sukses merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil yaitu dengan memanfaatkan distributor atau agen besar penjualan barang kelontong untuk menjadi mitra dagang.

Perlu kita ketahui bersama disini bahwa distributor biasanya merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang distribusi pemasaran barang dari produsen langsung.Bahkan ada perusahaan yang bergerak di bidang produksi sekaligus distribusi pemasaran.

Sebagian wirausaha yang sukses merintis toko kelontong dengan modal kecil menempuh jalur kemitraan dagang dengan beberapa distributor dan agen besar untuk mendapatkan tambahan persediaan barang dagangan dalam jumlah yang banyak tanpa membayar tunai atau cass.

Dalam hal ini,biasanya pihak distributor atau agen besar memasok persediaan barang dagangan ke toko kelontong pengecer menggunakan sistem konsiyasi.

Sistem konsiyasi adalah sebuah sistem kerja sama yang saling menguntungkan antara pihak pemilik barang dan pihak pedagang yang akan menjual barang kepada konsumen secara langsung.

Di dalam sistem konsiyasi ini,pihak distributor atau agen besar menitipkan barang dagangan tanpa meminta pembayaran harga barang.secara tunai kepada anda,tetapi pembayaran hanya akan anda lakukan setelah barang dagangan laku anda jual.

Anda bisa menempuh jalur kerja sama bisnis untuk penjualan barang dagangan melalui toko kelontong milik anda dengan sistem konsiyasi.

Tak perlu ragu merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil,karena anda bisa mendapatkan tambahan stok barang dagangan dengan sistem konsiyasi dari beberapa distributor dan agen besar apabila anda dan toko anda memenuhi syarat.

Adapun syarat utama untuk mendapatkan barang dengan sistem konsiyasi untuk toko kelontong adalah sebagai berikut:
  1. Anda harus sering-sering membeli persediaan barang dagangan di toko distributor atau agen besar.Dengan kata lain,jadilah pelanggan mereka.
  2. Tempat usaha Toko kelontong milik anda letaknya di lokasi paling strategis
  3. Usaha toko kelontong milik anda sudah punya langganan yang cukup banyak dan terlihat selalu ramai dengan pembeli
  4. Usaha toko kelontong milik anda selalu aktif di buka setiap hari kecuali pada hari libur nasinal
  5. Usaha toko kelontong milik anda di kelolah dengan manajemen yang baik dan benar.
Syarat tambahan:
  1. Anda memiliki rencana bisnis (Bisnis plan) yang tertulis -Syarat tambahan ini perlu anda perlihatkan meskipun tidak di minta oleh pihak distributor atau agen
  2. Anda memilki bukti neraca keuangan usaha yang sehat dan lancar.-Syarat tambahan ini juga perlu anda perlihatkan meskipun tidak di minta oleh pihak distributor atau agen.

8.Manfaatkan pemasok-pemasok kecil barang kelontong untuk menjadi mitra dagang 

Di dalam bisnis perdagangan barang kelontong,ada-ada saja pemasok-pemasok kecil barang kelontongan yang menawarkan barang milik mereka untuk di titip di toko atau warung kelontong,dan mereka mengharapkan barang-barang yang mereka titip bisa terjual laris dengan cepat.

Anda bisa memanfaatkan pemasok-pemasok kecil barang kelontong untuk menjadi mitra dagang anda dalam merintis toko kelontong dengan modal kecil.

Hal demikian sudah umum atau sering di lakukan oleh para pemilik warung atau toko kelontong untuk tujuan menambah variasi barang dagangan yang akan di jual kepada para pelanggan atau pembeli.

Cara memanfaatkan pemasok-pemasok kecil dalam merintis toko kelontong dengan modal kecil tidak sulit melakukannya.Adapun caranya yaitu hanya dengan menerima saja barang-barang yang mereka tawarkan untuk di titip jual di toko atau warung kelontong milik anda.Kemudian anda menjaga kepercayaan mereka kepada usaha anda dengan menyotor uang hasil setiap penjualan barang yang laku di saat mereka datang memintanya.

Dalam kerja sama dengan pemasok-pemasok kecil barang kelontong,tentu kita akan mendapatkan keuntungan tanpa mengganti rugi sisa barang yg tidak habis terjual.

Siapa pemasok-pemasok kecil barang dagangan yang di jual di warung atau toko kelontong?
Mereka adalah wirausaha-wirausaha pemiliki usaha kecil yang bergerak di bidang produksi dan penjualan barang untuk usaha-usaha kelontong.

Mereka-mereka itulah yang paling aktif dan agresif mencari toko-toko atau warung kelontong yang akan membantu penjualan barang-barang milik mereka.Karena mereka juga ingin meningkatkan penghasilan usaha kecil yang mereka jalankan.

Oleh karena itu,jangan sia-siakan penawaran kerja sama dari para pemasok-pemasok kecil untuk meningkatkan omset dan pendapatan usaha anda.

Baca juga:
Demikianlah artikel seputar tips dan trik merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil.Semoga bermanfaat untuk kita semua.Salam sukses,dan selamat mencoba,semoga berhasil.Aamiin.Jika ada hal terkait dengan cara membuka toko kelontong yang mau di tanyakan,silahkan tanyakan lewat kolom komentar.Kami siap membantu memberikan jawaban yang memuaskan.

Berikut ini adalah rekomendasi artikel terkait yang perlu anda baca:


Related Posts