- --> 7 Tips Cara Promosi Penjualan Online Bikin Omset Usaha Meningkat Dengan Cepat | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

7 Tips Cara Promosi Penjualan Online Bikin Omset Usaha Meningkat Dengan Cepat

|
Tips Cara Promosi Penjualan Online Bikin Omset Usaha Meningkat Dengan Cepat.Promosi penjualan adalah merupakan sebuah aktifitas yang perlu di jalankan di dalam sebuah usaha untuk tujuan memperkenalkan dan sekaligus menawarkan produk serta layanan bisnis kepada masyarakat atau target pasar tertentu.
cara-promosi-produk-yang-efektif-serta-efesien



Promosi penjualan yang rancang dan di kelola secara kreatif dengan strategi yang tepat ,biasanya akan berdampak positif pada peningkatan omset usaha hingga 1000 % lebih atau 10 kali lipat daripada sebelumya.

Untuk saat ini,jalur promosi penjualan telah berkembang pesat dengan menggunakan teknologi internet untuk menyampaikan informasi tentang produk atau layananan bisnis secara online kepada calon konsumen.

Bahkan,jalur promosi penjualan secara online telah di manfaatkan oleh jutaan pebisnis atau wirausaha pemilik usaha kecil untuk meningkatkan omset usaha yang mereka jalankan.

Karena jalur promosi penjualan online lewat internet di nilai lebih hemat biaya dan mudah di jalankan untuk tujuan meningkatkan omset penjualan dan pedapatan usaha.

Hanya dengan mengeluarkan biaya sedikit bahkan tanpa biaya,kecuali biaya pulsa data.maka siapa pun sudah bisa memulai promosi penjualan lewat internet.

Apabila anda seorang wirausaha atau pebisnis pemula yang ingin mengembangkan strategi penjualan online lewat internet,anda bisa mencoba menjalankan tips-tips cara promosi penjualan yang di paparkan di sini.

Artikel ini memaparkan tips-tips ampuh melakukan promosi penjualan secara online lewat internet yang terbukti efektif di gunakan untuk meraup omset penjualan yang besar dalam waktu singkat.


Inilah 7 Tips Cara Promosi Penjualan Online Agar Omset Usaha Meningkat Dengan Cepat

1.Pastikan produknya tersedia dalam jumlah Yg cukup

Sebelum menjalankan promosi penjualan secara online,sebaiknya anda memastikan dulu tersedianya produk dalam jumlah yang cukup.

Hal ini anda lakukan untuk menghindari terjadinya kekecewaan para calon pembeli produk yang ingin anda promosikan.

Dalam arti kecukupun stok barang yang anda perkirakan bisa memenuhi permintaan para calon pembeli yang ingin membeli produk dalam jumlah yang banyak.

Apabila anda bertindak sebagai marketer produk online milik orang lain,pastikan pemilik barang memiliki stok barang dagangan dalam jumlah yang cukup.

Berdasarkan pengalaman sejumlah affiliate marketing produk onlne  di internet yang bergabung di dalam jaringan pemasaran produk milik usaha perorangan,seringkali pemilik usaha kekurangan stok barang,padahal jumlah order yang di dapatkan oleh para affiliate marketing online meningkat dalam waktu-waktu tertentu.

Kurangnya persediaan stok barang,bisa mengakibatkan keterlambatan pengiriman produk yang telah di pesan oleh pembeli.Sehingga jumlah pelanggan melakukan order tidak akan bertambah meningkat,malahan jumlahnya akan menurun karena banyak yang merasa kecewa dengan keterlambatan di sebabkan kurangnya persediaan barang yg mereka butuhkan secepatnya. 

Oleh karena itu,jangan biarkan hal itu terjadi dalam usaha anda,apabia anda ingin mengejar peningkatkan omset penjualan yang lebih besar atau dalam jumlah yang banyak.

2.Tawarkan produk terkait dengan produk utama yang anda promosikan.

Anda juga bisa meningkatkan omset penjualan produk online dengan cara menawarkan produk terkait dengan produk utama yang anda promosikan.

Karena produk terkait dengan produk utama bisa membantu meningkatkan jumlah pembelian yang di lakukan oleh para pembeli atau pelanggan.

Istilahnya,"Mumpung ada kesesempatan,maka manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menawarkan produk terkait dengan produk utama yang di butuhkan oleh pelanggan".

Dalam banyak kasus yang terjadi di dunia bisnis dan pemasaran,seringkali pelanggan yang ingin membeli barang utama yang mereka butuhkan menjadi langsung tertarik untuk membeli juga barang yang terkait dengan barang utama yang mereka butuhkan.

Dalam hal ini,seringkali pelanggan mau membeli barang yang terkait bukan lagi karena berdasarkan desakan kebutuhan mereka,melainkan karena munculnya keinginan secara spontan ketika mengetahui ada barang terkait yang lebih menarik yang di tawarkan oleh penjual.

Oleh karena itu,apabila anda ingin melakukan penjualan yang lebih banyak melalui promosi,sebaiknya jangan hanya berfokus untuk melakukan penjualan satu jenis produk online saja,agar kinerja promosi penjualan online yang anda lakukan menjadi lebih efektif dan efesien untuk menghasilkan penjualan dalam jumlah yang lebih banyak.

Dengan kata lain,promosi penjualan produk yang anda lakukan menjadi semakin efektif meningkatkan omset usaha dengan cepat dalam waktu bersamaan dengan penjualan produk terkait.

Cara promosi penjualan seperti ini  jarang di pikirkan oleh para pelaku pemasaran produk secara online di internet..

Dengan menyiapkan produk terkait dengan produk utama,berarti anda akan memiliki kesempatan untuk menjual lebih banyak produk kepada setiap pembeli atau pelanggan yang akan membeli.

Dan anda akan menghemat waktu,tenaga dan mungkin juga termasuk biaya promosi,tetapi dengan hasil penjualan jauh lebih besar di banding hanya fokus menawarkan produk utama saja.

Contoh cara promosi meningkatkan omset usaha dengan menjual produk terkait dengan produk utama

Misalnya saja,barang utama yang anda promosikan adalah produk kosmetik untuk kecantikan wanita berupa lulur pemutih kulit..

Jadi produk terkait yang bisa anda tawarkan bisa berupa alat merubah bentuk bibir atau alis mata,atau bahkan aksesoris kecantikan berupa kalung atau cincin emas.

Apabila anda mempromosikkan Hp Samsung,maka produk terkait yang bisa anda tawarkan bisa berupa Aksesoris Hp.

3.Pancing pembeli dengan menawarkan produk yang di jual dengan harga lebih murah

Di dunia pemasaran yang penuh dengan persaingan untuk merebut banyak pembeli atau pelanggan,pelaku usaha atau marketer wajib melakukan promosi penjualan secara kreatif untuk meningkatkan omset usaha yang di jalankan.

Lebih-lebih di dalam dunia pemasaran online lewat internet saat ini,di mana ada jutaan orang yang terlibat melakukan pemasaran,dan sama-sama ingin mendapatkan omset penjualan yang besar.

Salah satu rahasia yang terbukti ampuh untuk meningkatkan omset penjualan produk lewat promosi secara online di internet yaitu dengan cara memancing banyak pembeli dengan menawarkan produk yang di jual dengan harga yang murah.

Rahasianya di sini adalah "Harga lebih murah" merupakan fokus pertama yang paling banyak orang perhatikan di saat mau berbelanja barang kebutuhan secara online.

Karena setiap orang sangat senang dengan penawaran harga yang murah untuk produk sejenis yang ada di pasaran.

Dalam hal ini,anda harus menyiapkan satu jenis produk yang di jual murah untuk di jadikan umpan pemasaran untuk menarik banyak calon pelanggan untuk membeli produk lain yang anda jual dengan harga normal.

Tetapi produk yang anda anda jadikan umpan pemasaran tersebut  kualitas dan manfaatnya sudah di kenal oleh masyarakat luas,dan anda fokus mempromosikannya secara online dengan penawaran harga yang lebih murah atau terjankau oleh calon konsumen yang anda targetkan.

Melakukan promosi penjualan produk secara online di internet dengan cara ini di ibaratkan memancing ribuan ikan di kolam yg sedang lapar dengan umpan yang enak dan lezat agar banyak ikan berdatangan dan berkumpul,sehingga anda menjadi lebih mudah menangkap ikan dalam jumlah yang lebih banyak.

Para marketer yang paling sukses di dunia pemasaran melakukan cara promosi penjualan produk seperti ini untuk tujuan agar mereka lebih mudah mendapatkan banyak calon pelanggan,dan tentu dengan maksud untuk meraup omset penjualan besar dalam waktu sigkat.

Di dunia pemasaran saat ini,cara promosi seperti ini biasa di sebut dengan istilah "Strategi Funneling" untuk menjaring banyak calon pelanggan potensial agar terus menerus membeli produk-produk yang kita tawarkan.

4.Tawarkan layanan terbaik yang super menarik

Menawarkan layanan terbaik juga dapat di gunakan sebagai senjata ampuh untuk mendongkrak omset penjualan produk dengan cepat.Karena pada umumnya orang yang mau berbelanja barang online juga memperhatikan soal layanan yang di tawarkan oleh si penjual.

Apabila layanan yang anda tawarkan di nilai sangat baik dan bisa memberikan kepuasan,maka semakin besar kemungkinan akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk menjadi pembeli atau pelanggan.

Dengan kata lain,apalah artinya menawarkan produk atau jasa yang bagus dan menarik lewat internet tetapi tidak di sertai dengan pelayananan terbaik yang bisa meningkatkan kepuasan pembeli atau pelanggan.

Contoh layanan terbaik yang bisa anda tawarkan untuk menarik banyak pembeli atau pelanggan:
  • Layanan pengiriman barang pesanan paling lambat 1 Minggu dan di jamin sampai ke tangan si pembeli
  • Layanan pembayaran di tempat
  • Layanan tukar atau ganti barang jika tidak sesuai
  • Menjawab email apabila anda menyertakan alamt emal di dalam promosi 
  • Menjawab keluhan pelanggan dan memberi solusi kepada pelanggan
  • Dan lain-lain
5.Buat Headline yang paling menarik dalam promosi penjualan
Salah satu kunci rahasia sukses meningkatkan omset penjualan produk dengan cepat lewat promosi yaitu dengan membuat headline yang paling menarik.

Di dunia pemasaran,khususnya dalam menjalankan promosi penjualan produk secara online lewat internet,hedline adalah bagian pertama yang di perhatikan oleh para calon konsumen atau pembeli ketika membaca sebuah iklan promosi..

Dalam hal ini,headline merupakan judul promosi yang paling sering di gunakan sebagai ujung tombak penawaran untuk menarik minat para calon konsumen agar mau membeli.

Karena headline promosi merupakan bagian pertama yang di perhatikan oleh para calon konsumen atau pembeli produk,maka buatlah headline yang paling menarik.dalam promosi penjualan agar semakin banyak orang yang menjadi tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Tiga detik pertama perhatian orang tertuju membaca headline promosi,

Jadi,untuk meningkatkan omset penjualan usaha,sebagai penjual produk,anda harus berusaha membuat headline yang menarik perhatian banyak orang dalam 3 detik pertama.

Apabila headline promosi penjualan produk di buat dengan kata-kata atau kalimat yang menarik,maka semakin besar kemungkinan promosi penjualan akan semakin efektif bisa meningkatkan omset penjualan produk dengan cepat.

Tetapi sebaliknya,jika headline promosi penjualan tidak menarik,maka besar pula kemungkinan promosi penjualan akan gagal mendorog keinginan banyak orang untuk mengetahui penawaran-penawaran penjualan selanjutnya yang di sampaikan dalam pesan promosi. 

Dengan kata lain,apabila headline promosi penjualan gagal menarik perhatian banyak orang untuk membaca penawaran berikutnya di dalam satu kali promosi,maka promosi tersebut juga kemungkinan besar akan gagal mencapai target omset penjualan yang anda inginkan.

Contoh headline yang menarik dalam promosi penjualan produk
"Beli baju hari ini dengan total belanja 365 ribu langsung dapat hadiah voucher belanja senilai 100 ribu di Alfamart".

"Di Jual Makanan Pelancar Haid Dengan Harga Murah dan Terjangkau-Di jamin Bebas Efek samping".

6.Tonjolkan Manfaat dan Keunggulan Produk 
Menurut pendapat para ahli dan sebagian  pelaku usaha yang telah lama menjalankan promosi secara online,bahwa menonjolkan manfaat dan keunggulan produk di dalam promosi adalah salah satu cara ampuh dan terbukti efektif menarik minat banyak orang untuk membeli produk yang di tawarkan.

Karena pada umumnya orang ketika melihat ada penawaran produk lewat promosi akan bertanya dulu pada dirinya sendiri,"Apa manfaat yang akan saya dapatkan setelah membeli produk ini?",dan "Apa keunggulan produk ini di banding produk sejenis di psaran?".

Contoh promosi penjualan menonjolkan manfaat dan keunggulan produk makanan
"Kami menjual makanan bergizi untuk kesehatan,yang di olah dari bahan-bahan alami tanpa efek samping"

"Di Sini jual makanan anti kolestrol"

7.Promo Gratis Ongkir
Di dunia pemasaran online saat ini,promo gratis ongkos kirim merupakan taktik promosi penjualan untuk menarik minat banyak orang untuk membeli produk yang di tawarkan.

Dan terbukti,dengan menawarkan gratis ongkos kirim di dalam promosi,omset penjualan produk lebih meningkat.Hal ini karena ada kata "Gratis" yang mempengaruhi pikiran calon pembeli.


Itulah 7 tips promosi penjualan online yang dapat di tiru untuk membuat omset usaha meningkat dengan cepat.Semoga bermanfaat untuk kita semua.Salam sukses dan selamat mencoba.

Baca juga:


Related Posts