Di dunia pemasaran saat ini,ribuan jenis produk membanjiri pasar-pasar.Perusahaan atau pemilik bisnis yang memproduksi dan memasarkan produk bersaing untuk merebut pasar dan calon pelanggan.Berbagai jenis taktik dan strategi pemasaran di jalankan demi memenangkan persaingan untuk meningkatkan omset penjualan usaha.
Maraknya persaingan dalam bisnis offline atau online saat ini,dan ragamnya segmen pasar,perusahaan dan pebisnis sebagai pelaku pemasaran di tuntut untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat sukses menjual produk lebih banyak,lebih sering dan lebih cepat,sehingga dapat mencapai target omset penjualan yang di inginkan,
Lewat artikel ini di paparkan 10+ strategi pemasaran yang terbukti efektif di gunakan sebagai senjata ampuh agar produk semakin cepat laris sehingga mendogkrak omset atau profit penjualan produk yang menguntungkan bagi kemajuan usaha.yang di jalankan.
Ini 10+ Strategi Pemasaran Paling Ampuh Meningkatkan Omset Penjualan Produk Dengan Cepat
1.Menentukan target
pasar atau calon konsumen sasaran penjualan yang tepat.Ini Sangat PENTING!!!
Menentukan target pasar atau calon konsumen sasaran
penjualan yang tepat adalah salah satu hal sangat penting di lakukan untuk meraih
sukses di dalam menjalankan pemasaran produk maupun jasa.
Karena dengan menentukan target pasar atau calon konsumen
sasaran yang tepat maka sebagai pemilik bisnis atau penjual anda akan menjadi
lebih mudah dan terfokus untuk menentukan strategi pemasaran yang memberikan
solusi produk atau jasa yang di inginkan oleh pasar.
Selain itu,anda juga akan menjadi lebih mudah menentukan
strategi penjualan dengan harga yang tepat dan menguntungkan bagi usaha anda,di
mana anda bisa menjual dengan harga yang tinggi dan masih di terima oleh
target pasar yang tepat.
Target pasar atau calon konsumen sasaran yang tepat adalah
mereka yang di anggap paling potensial untuk menerima penawaran penjualan produk
atau jasa,atau mereka yang benar-benar akan bersedia membeli produk atau jasa
yang anda tawarkan dengan harga anda inginkan.
Contohnya,anda mau menjual mobil mewah seharga 1 miliar,maka
target pasar untuk penjualan mobil mewah sasaran anda yang paling tepat yaitu
orang-orang kaya yang punya uang simpanan milyaran rupiah,atau mereka-mereka
yang berasal dari kalangan penjabat dan pengusaha yang berpenghasilan besar.
Karena anda tau siapa target pasar anda,maka anda tentu akan
menjadi lebih mudah melakukan pemasaran dan penawaran mobil mewah yaitu hanya
kepada orang-orang yang benar-benar punya daya beli atau punya kemampuan dana untuk beli mewah seharga Rp.1 Milar.
Dalam hal ini,anda tentu akan kesulitan menjual mobil mewah
seharga Rp.1 Miliar kepada target pasar yang berasal dari kalangan masyarakat
ekonomi lemah,dan pemasaran dalam usaha
anda akan selalu gagal menghasilkan omset penjualan yang menguntungkan yang telah
anda targetkan.
Sebaliknya,anda akan kesulitan menjual mobil sederhana
kepada para calon pembeli yang berasal
kalangan ekonomi atas yang berpenghasilan besar dan punya uang simpanan
hingga milyaran rupiah.Karena mereka lebih cenderung membeli mobil mewah daripada mobil sederhana.
Keuntungan lain menentukan target pasar dalam pemasaran yaitu dapat mengurangi biaya pemasaran,karena pemasaran hanya terfokus menawarkan produk kepada target pasar yang telah di tentukan.
Para marketer top dan sukses di dunia selalu menentukan target
pasar sasaran penjualan agar mereka dengan mudah meningkatkan omset usaha untuk
mencapai target hasil penjualan yang di
inginkan.
2.Menentukan lokasi
penjualan yang tepat.Ini juga adalah hal yang sangat penting!!
Menentukan lokasi penjualan yang tepat adalah salah satu hal
sangat penting di dalam strategi pemasaran yang terbukti sangat membantu meningkatkan
penjualan produk,sehingga pemilik usaha atau penjual dapat meraih omset besar
dengan cepat..
Berikut ini adalah contoh-contoh pemasaran yang cepat sukses
menghasilkan omset penjualan besar dengan menjual produk di lokasi penjualan yang tepat:
- Menjual baju busana muslim hanya di sekitar lingkungan
masyarakat yang mayoritas warganya beragama islam,sehingga busana muslim cepat
laris terjual dan pelaku pemasaran bisa meraup omset besar dengan cepat
- Menjual Alat-alat belajar atau alat tulis
menulis hanya di sekitar lingkungan kampus atau sekolah,sehingga alat-alat
belajar atau tulis menulis cepat laris terjual,dan pelaku usaha bisa meraup omset besar dengan cepat.
- Menjual alat-alat perlengkapan menambang emas di sekitar lokasi tambang emas.
2.Menawarkan Produk
Sambil Menakut-Nakuti Calon Pembeli Potensial
Anda mungkin pernah menjumpai penjual yang menjalankan
promosi dengan cara menakuti-nakuti calon pembeli produk yang mereka tawarkan.
Tahukah anda,kalau ternyata cara yang di lakukan oleh para
penjual dalam promosi seperti ini merupakan strategi pemasaran yang sangat
ampuh untuk meningkatkan penjualan produk dengan cepat.
Tidak sedikit penjual produk yang sukses meraup omset
penjualan besar dalam waktu singkat hanya dengan menggunakan strategi pemasaran
seperti ini.
Dalam hal ini,para
penjual yang menjalankan promosi dengan cara seperti ini sengaja membuat
promosi dengan menyelipkan kata-kata yang mengandung unsur seolah-seolah
menakut-nakuti calon pembeli potensil agar mau segera membeli produk atau
barang yang mereka tawarkan.Dan tujuan akhirnya tentu untuk meningkatkan omset
penjualan dengan cepat.
Dalam hal ini,kata-kata yang mengandung unsur seolah-olah menakut-nakuti pembeli adalah ibarat senjata ampuh dalam pemasaran yang dapat meningkatkan peluang terjadinya penjualan produk lebih banyak hanya dalam dalam waktu singkat.
Contoh praktik menakut-nakuti
calon pembeli potensial dalam promosi penjualan untuk meningkatkan potensi
terjadinya penjualan dengan cepat yaitu:
Misalnya seorang penjual menjalankan promosi penjualan produk
obat penurun kolestrol paling ampuh yang
jarang di jual di pasaran dengan menyelipkan kata-kata “Tidak membeli obat ini
sekarang,maka penyakit kolestrol anda akan terus membuat hidup anda menjadi
tidak nyaman,badan anda akan terus terasa berat di gerakan,dan secara perlahan
akhirnya penyakit struk tak dapat hindari lagi”.
Karena mendengar atau membaca isi promosi seperti itu,maka
calon pembeli potensial yang merupakan mereka-mereka yang memang mengidap
penyakit kolestol yang tinggi,tentu akan merasa sangat ketakutan menghadapi
hidup yang tidak nyaman,dan takut dengan
penyakit struk yang di sebabkan oleh penyakit kolestrol,sehingga mereka
akan segera tertarik untuk bergegas membeli obat penurun kolestrol yang paling
ampuh”.
3.Menawarkan produk lewat iklan promosi penjualan langsung
Saat ini,sudah mulai banyak terlihat perusahaan besar dan pemilik usaha kecil yang menjalankan strategi pemasaran produk melalui iklan promosi penjualan langsung untuk tujuan meningkatkan osmet usaha dengan cepat.
Melalui iklan promosi penjualan langsung,perusahaan atau pemilik usaha bisa menjual produk secara langsung kepada konsumen atau pelanggan tanpa pedagang perantara,atau tampa melalui jalur distributor atau agen penjualan.
Strategi pemasaran yang menjual produk secara langsung kepada calon konsumen pengguna produk di lakukan dengan cara membuka kesempatan kepada konsumen atau pelanggan untuk melakukan pemesanan produk secara langsung melalui nomor telpon atau hp,dan email yg tertera di dalam iklan promosi penjualan.
Berikut ini contoh kalimat singkat dalam Iklan Promosi Penjualan Langsung
"Jual Sabun Pemutih Wajah Dengan Harga murah dan Terjangkau.Bagi yang berminat serius,hubungi nomor 082277XXXX untuk pemesanan."
"Produsen Kosmetik Kecantikan Berbahan Alami,Menjual dan menerima pesanan langsung,Hubungi nomor 08211977XXXX"
Anda tentu sering melihat contoh iklan promosi penjualan langsung sepeti itu yang di tayangkan di TV atau lewat media surat kabar atau media online di internet.
Apabila anda seorang pebisnis,anda pun bisa menjalankan pemasaran produk dengan menggunakan iklan promosi penjualan langsung untuk meningkatkan omset usaha.
4.Membuat Headline yang menarik di dalam promosi penjualan (Kunci Sukses Pemasaran Lewat Promosi Penjualan)
Di dunia pemasaran,khususnya pemasaran produk,promosi penjualan lewat iklan adalah sebuah cara terbaik yang terbukti efektif untuk meningkatkan omset usaha.
Namun,sebaliknya promosi penjualan produk lewat iklan yang di lakukan belum tentu efektif meningkatkan omset usaha apabila headline promosi di buat secara asal-asalan.
Untuk itu,di perlukan strategi promosi periklanan yang efektif agar produk yang di tawarkan semakin cepat laris.
Perlu anda ketahui bahwa produk yang menarik belum tentu cepat laris di jual lewat iklan promosi apabila headline promosi di buat secara asal-asalan.Dalam hal ini,justru headline yang menarik itulah yang membuat produk di tawarkan menjadi laris terjual dengan cepat.
Oleh karena alasan itu,agar kegiatan Promosi penjualan lewat periklanan berhasil meningkatkan omset penjualan,maka pelaku usaha perlu membuat headline promosi yang menarik agar omset penjualan produk meningkat dengan cepat.
Promosi lewat Iklan yang baik biasanya,di dahului dengan "Headline yang mearik dan menjual".
Apa maksudnya headline yang menarik dan menjual?
Perlu kita ketahui bersama di sini bahwa headline adalah sebuah judul promosi.
Jadi,Headline atau judul promosi yang menarik dan menjual adalah sebuah headline yang berisi pesan yang mengandung manfaat atau keuntungan yang akan di dapatkan oleh calon konsumen.Inilah rahasia kunci kesuksesan pemasran melalui jalur promosi menggunakan iklan.
Contoh Headline promosi yang mengandung manfaat atau keuntungan buat calon pembeli misalnya "Beli Hari Ini Langsung Dapat Dua Bonus Tanpa di Undi".Nah,kalimat headline yang begini jelas berisi pesan yang di dalamnya terdapat manfaat dan keuntungan yang bisa di dapatkan oleh calon konsumen.
Contoh headline iklan seperti di atas,biasa di sebut "headline iklan yang samar-samar",yang bertujuan agar calon konsumen menjadi penasaran untuk segera datang ke tempat usaha kita.
Mengapa di sebut sebagai headline yang samar-samar?
Alasannya karena di dalam kalimat headline tersebut,tidak di jelaskan secara rinci,berapa jumlah pembelian untuk mendapatkan bonus,dan bentuk bonus seperti apa,dan berapa nilai dari bonus tersebut.
Adapun tujuan utama dari kalimat headline samar-samar,yang sebenarnya adalah,untuk mendorong lebih banyak calon konsumen agar tertarik datang ke tempat usaha,.
Karena banyak calon pembeli yang datang,maka semakin meningkat pula kemungknan terjadinya lebih banyak penjualan produk di tempat usaha.
Bagaimana merancang iklan yang efektif dan tepat?
5.Menjalankan promosi khusus yang menawarkan nilai tambah tetapi hanya dalam waktu terbatas
Salah satu strategi pemasaran produk yang terbukti berhasil mendongkrak omset usaha dengan cepat yaitu menjalankan promosi khusus yang menawarkan nilai tambah tetapi hanya dalam waktu terbatas .
Dalam hal ini,nilai tambah yang di tawarkan adalah sesuatu yang akan membuat calon pembeli merasa di untungkan apabila melakukan pembelian dengan cepat.
Berikut ini contoh strategi promosi pemasaran produk yang menawarkan nilai tambah untuk meningkatkan omset penjualan dengan cepat :
1. "Beli 3 ,gratis 1,penawaran terbatas hanya berlaku 1 minggu
2."Dapatkan Diskon pembelian hingga 50 persen ,Promo terbatas hanya berlaku selama 7 hari "
3."Beli Hp merek Samsung sekarang juga,Bonus kuota Internet 60 GB untuk 1 Bulan"
4. "Dapatkan Cashback sebesar 20%,untuk pembelian 1 buah Jam tangan di Toko Kami,hanya berlaku hari ini".
Keterangan: Semua promosi tersebut di jalankan untuk tujuan meningkatkan omset usaha dengan cepat,di mana di dalam promosi tersebut,ada sesuatu nilai tambah yang di tawarkan kepada calon pembeli yang melakukan pembelian produk dalam waktu promo yang telah di tentukan.
Nilai tambah yang di tawarkan tersebut berupa bonus,diskon/potongan harga,dan cashbeak harga pembelian.
Karena ada nilai tambah yang menguntungkan di tawarkan kepada calon pembeli dalam waktu yang terbatas,sudah tentu bisa menarik banyak calon pembeli untuk segera membeli.Dan hal ini tentu akan berdampak positif bagi peningkatan omset usaha dengan cepat.
Baca juga: Fakta Strategi Pemasaran produk Dengan Taktik Diskon Harga Cuci Gudang Yg Menguntungkan Usaha + Contoh6.Menjalankan Promosi Silang
Menjalankan promosi silang adalah salah satu strategi pemasaran yang di nilai sangat efesien dan menghemat biaya.Selain itu,promosi silang yang dijalankan tentu juga dapat membantu meningkatkan pendapatan usaha.
Kegiatan promosi silang di dalam pemasaran produk cukup menguntungkan dan hemat biaya.
Adapun promosi silang adalah di mana dua pihak bekerja sama untuk saling mempromosikan produk satu sama lain.
Di dalam hal ini,promosi silang dapat di lakukan oleh dua perusahaan yang berbeda yang menjual produk yang berbeda atau yang tidak berada dalam persaingan.Keduanya bekerjasama dan beupaya untuk saling mempromosikan satu sama lain terhadap pelanggan masing-masing.
Namun,tidak selamanya promosi silang memberikan hasil yang dramatis,tetapi,model promosi ini sepertinya menjanjikan ROI atau pengembalian investasi yang tinggi.
Mengapa?
Alasanya,Karena dalam promosi silang,mengandung 3C yakni,cost (biaya),Kontrol,dan kredibilitas.
Biaya-biaya yang paling mahal di periklanan apapun adalah biaya untuk mendistribusikan pesan Anda ke pelanggan potensial produk Anda.Bila Anda memilih iklan lewat radio,Anda mungkin membayar biaya promosi untuk jumlah orang yang mendengarkan pesan promosi.
Begitupun dengan memilih iklan koran,berarti Anda membayar biaya promosi untuk orang yang membaca pesan promosi.
Sebaliknya dengan melakukan promosi silang untuk pemasaran produk,Anda bebas mendistribusikan pesan iklan produk Anda,hanya dengan biaya yang minimal.Anda pun,tidak harus menggunakan kertas yang penuh warna dan khusus.
Secara keseluruhan Inilah Keuntungan-Keuntungan Dan Manfaat menjalankan Promosi Silang
Pertama,Dengan promosi silang,Anda memiliki kontrol yang sama seperti yg Anda lakukan dengan surat langsung.Anda juga dapat menargetkan iklan promosi itu secara geografis dan demogarifis untuk mencapai hanya orang-orang yang ingin Anda jangkau."
Kedua,Salah satu keuntungan terbesar dari promosi silang adalah bahwa,hal itu akan memungkinkan Anda untuk melindungi harga kredibilitas Anda.Salah satu masalah terbesar yang di hadapi para pedagang pengecer saat ini adalah memberi discon lantaran pelanggan sudah kecanduan dengan discon,lalu kemudian mereka menolak untuk membayar harga penuh lagi."
Ketiga,Dengan promosi silang,di sisi yang berbeda,Anda dapat menawarkan tabungan khusus dari beberapa jenis,tetapi karena patner promosi silang membagi-bagikan penawaran Anda atas kepentingan mereka,maka mereka mengambil kredit penuh untuk penawaran khusus.Anda telah mengalihkan tanggung tanggung jawab discon ke Merchant lain,dan kredibilitas Anda terlindungi secara penuh.
7.Membangun jaringan penjualan
Bagi pemilik bisnis atau produk yang belum merasa puas dengan hasil penjualan yang di peroleh dari pemasaran sebelumnya dapat meningkatkan hasil penjualan dengan cara membangun jaringan pemasaran.
Jaringan pemasaran terdiri dari distributor,agen dan reseller atau affiliate penjualan produk yang akan membantu anda dalam menjangkau lebih banyak calon pembeli dan pelanggan yang membutuhkan produk dan layanan bisnis yang anda tawarkan.
Melalui jaringan pemasaran inilah omset penjualan dan pendapatan usaha anda dapat meningkat cepat.
8.Sertakan Humor dalam pemasaran
Menurut studi atau penelitian,ternyata menyertakan humor di dalam pemasaran terbukti ampuh dan efektif untuk meningkatkan penjualan produk bahkan jasa yang di tawarkan.
Alasannya karena dengan menyertakan humor sebagai strategi di dalam pemasaran maka calon pembeli bisa langsung merasa lebih nyaman dan akrab dengan si penjual,sehingga tak segan-segan menerima penawaran produk atau jasa.
Dalam ha ini,anda bisa menjalankan pemasaran sambil menyertakan humor di dalamnya,atau melatih tenaga penjualan anda untuk terbiasa menyertakan humor di saat menjual atau menawarkan barang.
Dengan kata lain,jangan terlalu berlagak kalem dan sangar di dalam menjual atau menawarkan produk,karena bisa membuat calon pembeli langsung kabur lari tunggang langgang.
9.Mempromosikan produk dengan tepat langsung di tempat penjualan
Masih jarang penjual atau pemilik produk yang tidak memahami bagaimana arti dan manfaat mempromosikan produk dengan tepat langsung di tempat penjualan.Padahal ini merupakan strategi pemasaran yang sangat berperan penting untuk membuat calon pembeli bisa langsung tertarik untuk melakukan pembelian produk di tempat penjualan.
Adapun maksud mempromosikan produk dengan tepat langsung di tempat penjualan yaitu dengan menempatkan produk anda di posisi atau area yang paling strategis atau paling depan di tempat penjualan.
Tempat penjualan bisa berupa tempat usaha seperti toko,atau warung,bahkan di dalam pasar tradisional.
Dalam hal ini,anda meletakan produk atau meminta penjual/pedagang agar meletakan produk anda di posisi yang di anggap paling strategis,agar mudah di lihat atau di jangkau oleh para calon pembeli yang mengunjungi tempat penjualan.
Karena produk anda di letakan di posisi paling strategis di tempat penjualan,maka akan semakin tinggi kemungkinan produk anda akan terjual laris dengan cepat karena mudah dilihat dan jangkau oleh para calon pembeli,Sehingga secara otomatis bisa meningkatkan omset penjualan produk anda.
Misalnya,produk anda adalah makanan ringan berupa kripik atau jajanan harian yang paling sering di cari banyak orang,maka strategi pemasaran ini bisa anda terapkan untuk membuat produk anda menjadi semakin cepat laris.
Strategi pemasaran yang satu ini dapat di terapkan untuk meningkatkan penjualan produk apapun di tengah ketatnya persaingan untuk menarik perhatian banyak calon konsumen untuk membeli produk.
10.Mencari celah kelemahan atau kekurangan bisnis pesaing
Di dunia kewirausahaan atau bisnis,hampir semua jenis bisnis bersaing untuk merebut pasar,dan setiap bisnis pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kelebihan atau kekurangan setiap bisnis bisa kita ketahui dengan melihat atau mengamati semua segi pemasarannya,dan siapa yang melakukan pemasarannya,serta tingkat kepuasan para pelanggannya
Adapun kelebihan atau kelemahan bisnis pada umumnya bisa kita ketahui dari segi:
- Kualitas produknya
- Kemasan produknya
- Manfaat produknya setelah di beli atau di gunakan
- Lokasi usahanya
- Target oprasi wilayah pemasarannya
- Target oprasi basis konsumen atau pelanggannya
- Harga penjualan produknya
- Servis atau layanan bagi konsumen atau pelanggannya.
- Model atau desainnya.-
- Tenaga marketingnya atau sales.-
- Metode transaksi pembayarannya.
- Cara membayar produknya
- Kepuasan pelanggannya.
Nah,apabila anda jeli mencari dan memperhatikan titik-ttik kelemahan bisnis pesaing,maka selanjutnya anda bisa memanfaatkan kelemahan-kelemahannya untuk anda jadikan fokus obyek garapan strategi pemasaran untuk merebut pelanggan potensial didalam bersaing memasarkan produk anda.
11.Melakukan Promosi menggunakan artikel pemasaran online
Di era digital saat ini, promosi menggunakan artikel pemasaran online mempuanyai peranan yang begitu penting untuk membantu peningkatan omset penjualan produk.
Karena lewat artikel pemasaran,segala informasi mengenai bisnis dan produk yang di promosikan bisa di sampaikan dengan jelas kepada calon konsumen target penjualan.
Rasanya tak cukup lagi mengandalkan cara promosi produk hanya dengan menggunakan iklan pemasaran yang singkat,karena calon konsumen butuh informasi yang lebih detail tentang produk beserta usaha,
Bahkan calon konsumen ingin mengenal lebih dekat tentang siapa dan perusahaan apa sebenarnya yang menjalankan promosi.
Perlu anda ketahui,di era maraknya teknologi digital yang di gunakan hampir setiap orang saat ini,telah mengubah pola pikir dan cara orang dalam membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan,termasuk kebutuhan terhadap produk yang menunjang kualitas hidup.
Saat ini,dengan mudah setiap orang dapat mengakses informasi di internet melalui hand phone android yang setiap hari dalam genggaman tangan.
Dan setiap orang yang berniat ingin membeli produk tertentu,terlebih dulu mencari informasi di internet tentang produk tertentu yang mereka butuhkan.
Dan pada saat inilah peran artikel pemasaran online sangat di perlukan untuk menyampaikan informasi lebih jelas tentang semua hal tentang bisnis dan produk yang di promosikan.
Tetapi,tidak semua promosi menggunakan artikel pemasaran online efektif untuk meningkatkan omset penjualan produk.
Dengan kata lain,sebuah artikel pemasaran online yang hanya di buat secara asal-asalan belum tentu efektif menarik minat para calon konsumen untuk membeli.
Atau belum tentu sebuah artikel pemasaran online efektif mendongrak penjualan sebuah produk,meskipun produknya di tawarkan dengan harga yang murah dan di tambah dengan bonus.
Informasi Tambahan
Siapa pun memiliki peluang meraih sukses dalam uasaha apabila mau belajar ilmu dan seni konsep pemasaran yang sukses,dan berani mencoba melakukan hal-hal yang luar biasa dalam bisnis,termasuk mencoba mengembangkan strategi pemasaran yang sudah ada,sehingga menghasilkan omset penjualan yang luar biasa.
Bukankah dunia ini penuhi dengan ide kreatif? Hanya kita saja yang malas melakukan analisa dan penelitian untuk mendapatkan ide-ide baru kreatif yang bermanfaat bagi kelancaran dan perkembangan usaha yang bisa kita mulai dengan modal kecil-kecilan.
Demikianlah artikel mengenai
10 Strategi pemasaran yang dahsyat dan terbukti ampuh menaikan omset penjualan produk dengan cepat.Semoga pembahasannya bermanfaat bagi para pelaku usaha UKM.
Artikel Terkait Yang Mencerahkan,baca sekarang juga :