Sunday, 16 September 2018

Studi : 18 Faktor Utama Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Berwira Usaha

Baca Juga

Artikel ini merupakan rangkaian studi pembelajaran dalam kewirausahaan terkini yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang fakta 14 faktor utama yang paling menentukan keberhasilan wirausaha.Jadi,seakan-akan di sini kita sedang membalik pembahasan terkait 18 Faktor yang menyebabkan kegagalan wirausaha di dalam berwirausaha..
faktor kegagalan wirausaha dalam berwirausaha

Dalam artikel ini di sebutkan dan di jelaskan apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha secara umum yang paling sering terjadi dalam kewirausahaan atau bisnis..

Oke kita langsung memulai dari kenyataan yang terjadi,di mana begitu banyak orang yg menginginkan kesuksesan dalam bisnis atau berwiraswasta,namun hanya sedikit saja yang berhasil.Menurut data dari sebuah studi dan penelitian yang di lakukan oleh Universitas Bisnis Harvad,ternyata di temukan hasil di mana dari 100 % wirausaha yang menjalankan usaha,sebanyak 80 lebih gagal pada tahun pertama,kemudian sisanya gagal lagi sebanyak 80 % lebih pada tahun kedua,kemudian sisanya gagal lagi sebanyak 80 % lebih dan sisanya lagi bertahan sampai 5 tahun,dan terakhir hanya tersisa 1 hingga 2 orang yang melanjutkan usaha sampai berkembang menjadi usaha besar.

Tingginya angka persentasi kegagalan wirausaha menjalankan bisnis atau usaha tersebut bukan hanya karena faktor terbatasnya modal materi yang di perlukan untuk melanjutkan usaha,namun karena adanya faktor internal dalam diri para wirausaha itu sendiri.Karena tanpa punya modal pun ada sebagian wirausaha yang mampu bertahan melanjutkan usaha sampai akhirnya berkembang menjadi usaha besar.Dan ada banyak orang yang punya harta dan uang yg cukup dan berlebihan yg tak lagi mempertahankan bisnis,sehingga mereka pantas di sebut wirausaha yg gagal berbisnis.

Oke,sebaiknya kita langsung saja menuju ke topik pembahasan 18 Faktor Utama Paling berpengaruh terhadap kegagalan wirausaha dalam bisnis atau usaha.

1.Bisnis Yang Di Jalankan Tidak Cocok Dengan Diri seorang Wirausaha

Banyak orang yg salah kaprah dalam memilih usaha yang di ingin di jalankan tanpa berpikir apakah usaha itu bisa membuatnya termotivasi menjalankankan sungguh-sungguh? Masalahnya,jika suatu usaha ternyata tidak membuat kita termotivasi menjalankannya dengan susungguh-sungguh,sudah tentu usaha itu akan kandas tengah jalan.

Sebagus apaun peluang bisnis itu,apabila kita tidak termotivasi menjalankan dengan sungguh-sungguh,maka usaha itu tidak memberikan hasil yg memuaskan,nah karena hasilnya tidak memuaskan kita pun akan semakin tidak bersemangat untuk meneruskannya.

Contohnya,Anda sebenarnya tidak suka bekerja dengan berpergian jauh di luar rumah dan jauh dari keluarga,tetapi Anda memaksakan diri dan nekad mencoba menjalankan bisnis di luar rumah dengan berpergian jauh.Apa yang terjadi? Anda bisa saja akan cepat bosan menjalankan usaha itu.

Kesimpulannya
faktor kegagalan bagi seorang wirausaha juga karena ketidakcocokan jiwa wirausaha tersebut dengan usaha yg ia jalankan.

2.Tidak Melakukan Survei Dan Penelitian Terhadap Pasar Terlebih Dulu

Memulai usaha secara asal-asalan,atau asal buka agar di lihat orang punya usaha bukanlah cara terbaik dan bijak.Dalam hal ini,banyak orang langsung memutuskan membuka uasha dengan modal yang banyak tanpa melakukan  survei dan penelitian terlebih dulu,tentang potensi omset penjualan ketika usaha sudah berjalan.

Sebagai contoh,seorang wirausaha langsung memulai usaha produksi/pembuatan produk baru yg belum ada di jual orang atau belum ada di pasaran,tetapi setelah produknya di luncurkan ke pasar,ternyata tidak ada peminatnya.Nah,karena produknya tidak laku,tentu wirausaha tersebut mengalami kerugian dan memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi usahanya.

3.Tidak Memiliki Tujuan Atau Target Yang Jelas

Apa dan mengapa banyak wirausaha yang mengalami kegagalan dalam usaha? Itu karena mereka tidak punya tujuan yang jelas atau tidak menentukan tujuan yang fokus di kejar,atau tujuan mereka terus berubah-rubah sehingga tujuan menjadi tidak jelas.

Penjelasannya,
Adalah sangat penting bagi seorang wirausaha menentukan tujuan bisnis dengan jelas,karena tanpa tujaun,sama dengan begerak dan berjalan tanpa arah.Atau karena usaha yang di jalankan tidak punya tujuan yang jelas,maka usaha itu hanya bagaikan berputar-putar di tempat.

Dalam arti lain,jika kita tidak punya tujuan usaha yang jelas,sama halnya dengan menjalankan usaha tanpa arah.

Dalam hal ini,banyak orang menganggap bahwa tujuan usaha mereka adalah untuk menghasilkan uang.Kalau hanya untuk tujuan menghasilkan uang saja maka usaha itu tidak akan berkembang dan maju-maju,karena bisa saja semua keuntungan usaha dalam setiap hari langsung di gunakan untuk membeli kesenangan-kesenangan yang tidak menghasilkan uang.Cara yang begini bukan cara untuk menjadi wirausaha yang suksess.

Wirausaha yang di katakan sukses di sini adalah mereka yang berhasil membuat usaha cepat maju dan berkembang sampai menjadi usaha yang besar yang terus meningkat hasiilnya dari tahun ke tahun.

4.Merasa Tidak Yakin Terhadap Keberhasilan Mencapai Tujuan

Ini bisa di katakan sebuah penyakit jiwa yang terbentuk karena belum pernah merasakan keberhasilan di dalam usaha.Perasaan seperti ini biasanya juga terbentuk karena merasa proses usahanya memberatkan karean tidak biasa di lakukan,atau karena kurangnya pengetahuan cara berwirausaha yang sukses.

Ketika seseorang sudah merasa tidak yakin bahwa tujuannya dapat tercapai,maka hilanglah semangatnya untuk mengelolah usaha dan melanjutkan usaha.Dan ini juga yang namakan kegagalan wirausaha karena faktor internal di dalam diri sendiri.

Dengan kata lain,diri kita sendirilah yang menghambat kita untuk mencapai tujuan bisnis yang di inginkan,di mana tujuan itu memiliki bisnis yang sukses beromset besar dan memiliki banyak cabang di mana-mana.

Kesimpulan.
Merasa tidak yakin terhadap keberhasilan adalah salah faktor kegagalan berwirausaha.


5.Tidak Termotimati Atau Tidak Merasa Harus Mencapai Tujuan

Apabila kita telah menentukan tujuan yang jelas,namun kita tidak merasa harus atau tidak merasa tertantang dan termotivasi,maka kita pun tidak berusaha untuk bekerja atau melakuakan sesuatu yang terbaik untuk kemajuan usaha kita..

Dalam hal ini,kita hanya punya keinginan saja untuk mencapai tujuan usaha,tetapi tidak merasa harus mencapai tujuan itu.Inilah sumber atau penyebab kegagalan yang bersarang di dalam diri banyak orang,termasuk wirausaha.

6.Tidak Belajar Melakukan Strategi Yang Baik

Banyak di antara wirausaha yang menjalankan usaha tanpa melakukan strategi yang baik,atau tidak memperbaiki cara berbisnis lama mereka.

Dalam hal ini,walaupun kita sudah mempunyai tujuan yang jelas,mempunyai keyakinan yg kuat dan merasa harus untuk mencapai tujuan memiliki usaha yg sukses beromset besar,tetapi kalau strateginya masih salah atau tidak tepat,maka tetap saja kita tidak bisa berhasil mencapai tujuan bisnis yang kita impikan.

faktor faktor yang menyebabkan kegagalan berwirausaha



7.Tidak Membuat Atau Memiliki Perencanaan Usaha Yang Masuk Akal

Ini Juga adalah salah satu penyebab kegagalan wirausaha di dalam usaha untuk mencapai target omset yg besar.

Penjelasan.
Ketika kita mempunyai atau menentukan tujuan bisnis yang jelas,tampa adanya rencana usaha yang masuk akal yang sifatnya realistik,maka kita akan menjadi kesuliatan menjalankan rencana tersebut dan akan kesulitan pula untuk mencapai tujuan bisnis yang kita harapkan.

Para ahli kewirausahaan sukses mengeluarkan pernyataan,"Tidak membuat atau memiliki rencana yang baik,sama halnya dengan merencanakan kegagalan".Atau gagal membuat rencana,berarti berencana untuk gagal".

Baca  : Rahasia  Membuat Perencanaan Bisnis Yang Jitu Dan Baik Dalam Kewirausahaan Sukses

8.Tidak Menjalankan Usaha Sesuai Rencana 

Penyebab kegagalan wirausaha salah satunya adalah tidak menjalankan usaha sesuai rencana yang telah di buat dengan baik itu.Apalah artinya rencana usaha yang baik dan realistik tetapi tidak pernah di jadikan panduan atau petujuk untuk mencapai kesuksesan.

Menurut sebuah studi penelitian yang di lakukan menemukan bahwa,banyak pemilik bisnis yang gagal karena ketika mereka menjalankan usaha,ternyata tidak berpatokan pada rencana usaha yang telah mereka buat.Dalam hal ini,banyak pemilik bisnis membuat rencana usaha hanya untuk di gunakan sebagai alat untuk mencari dan mendapatkan modal tambahan dari bank atau pun dari para investor mereka.Kemudian setelah mereka memperoleh modal,rencana usaha tidak di gunakan lagi sebagai acuan untuk menjalankan usaha sampai berhasil.Akibatnya banyak di antara mereka yang gagal untuk mencapai  keberhasilan dalam usaha,malah mereka hanya terlilit dengan masalah utang.

9.Tidak Fokus Dalam Menjalankan Dan Mengelolah Usaha Agar Mencapai Tujuan

Penyebab kegagalan wirausaha berikut ini juga banyak terjadi di dalam usaha.Dalam hal ini,banyak orang yang menganggap bahwa mereka membuka usaha hanya untuk sekedar mengisi waktu luang,atau hanya menjadikan usaha mereka sebagiai pekerjaan sampingan.Mau fokus atau tidak dalam menjalankan usaha,mereka tidak mempersoalkannya karena mereka merasa masih punya sumber penghasilan yg lain selain bisnis.

Mereka-mereka yang gagal berwirausaah karena hal tersebut,sebenarnya bukan wirausahawan sejati,melaikan hanya wirausaha biasa yg akan gagal.

10.Tidak Mengengelola Keuangan Usaha Dengan Benar

Penyebab kegagalan wirausaha dalam menjalan usaha juga karena tidak adanya manajemen keuangan yg baik di dalam menjalankan usaah.Apalah artinya punya usaha yang laris tetapi manajemen keuangannya buruk dan amburadul.

Dalam hal ini,jika kita tidak membuat manajemen keuangan yang benar,maka keuangan usaha yang kita jalankan tidak terkontrol dengan jelas.Karena manajemen keuangan yg benar merupakan sebuah cara untuk mengetahui keluar masuknya uang di dalam menjalankan usaha.Dan Ini adalah suatu cara bagaimana kita melakukan perhitungan untuk mengetahui untung-rugi ketika usaha itu di jalankan.Dan untuk mengetahui perkembangan modal dan keuntungan yang kita dapatkan dari hasil penjualan.

Banyak wirausaha yang meremehkan pentingnya manajemen modal,sehingga keuangan usaha tidak terkontrol oleh mereka yang menyebakan usaha mereka hancur karena tidak tahu kemana keuntungan itu semestinya di gunakan.Bahkan mereka pun tidak tahu bagaimana mengatur uang hasil usaha agar usaha tetap lancar perputaranya hingga menghasilkan keuntungan yg lebih besar lagi.

Baca : Kiat Cerdas Mengelolah Keuangan Dalam Menajlankan Usaha Yang Sukses

11.Mudah Menyerah Dan Berputus Asa 

Faktor penyebab kegagalan wirausaah  yang satu ini karena mudah menyerah dan berputus asa ketika usaha menghadapi hambatan dan rintangan,padahal semestinya hambatan atau rintangan dalam usaha tersebut harus di carikan jalan keluarnya,bukan hanya dengan menyerah dan berputus asa.

Sebagian besar wirausaha yg gagal menjalankan usaha karena faktor ini,merasa bahwa diri mereka seakan-akan tak ampu lagi menghadapi rintangan dan hambatan selantunya atau berkepanjangan dalam menghadapi kesulitan.

Baca juga :

12.Terlalu Lambat Melakukan Tindakan

Terlalu lambat melakukan tindakan juga merupakan faktor yang membuat kegagalan wirausaha.,karena di dalam bisnis juga terdapat banyak orang yang menjalankan usaha yang sama,sehingga peluang telah di ambil duluan oleh yang lain.

Akibat sering lambat mengambil tindakan,menjadikan banyak peluang tak dapat di raih dan di manfaatkan,usaha pun menjadi semakin seret keungannya karena kurangnya omset penjualan.

Contohnya,jika kita adalah seorang wirausaha yang membuka toko kebutuhan sehari-hari alias sembako,lantas kita berlambat-lambat membuka toko,misalnya terlalu sering membuka toko setelah 10 pagi.Nah,jika hal itu berlangsung terus menerus atau terlalu sering,maka usaha -usaha pesaing-pesaing kita akan semakin besar dan berjaya mengapit usaha kita.Karena usaha kita hanya begitu-begitu saja,pada akhirnya para pelanggan pun pergi meninggalkan kita,atau beralih menjadi pelanggan Toko pesaing.

13.Tidak Memperhatikan Kepuaasn Pelanggan

Tidak memperhatikan kepuasan pelanggan juga dapat menyebakan kegagalan wirausahasa,karena pelanggan adalah bagian dari aset usaha.Karena dengan adanya pelangganlah sebuah usaha dapat terus menerus berjalan.

Namun,kalau pelanggan juga hanya sedikit,sementara barang yang kita jual hanya beruapa barang-baarng yang dengan nilai harga yg sangat kecil,sementara biaya oprasi menjalankan usaha lebih besar ketimbang keuntungan yang di dapatkan,maka usaha kita pun akan segera hancur tanpa adanya tindakan untuk melakukan perubahan cara berbisnis kita,yakni dengan melayani kebutuhan dan menajwab keluhan pelanggan.


14.Tidak Memotivasi Diri Sendiri

Tidak memotivasi diri untuk menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh juga merupakan penyebab kegagalan berwirausaha.

Terkadang kita hanya ingin saja menjadi pengusaha sukses,namun apabila motivasi menjalankan dengan suungguh-sungguh tidak ada pada diri kita,jadinya kita pun akan malas bekerja dengan keras mengelolah usaha tersebut agar berhasil.

Baca juga :

15.Tidak Sabar Menunda Kesenangan

Kegagalan berwirausaha untuk mewujudkan usaha yang maju dan sukses juga karena faktor wirausahanya tidak sabar menunda kesenenangan.Maksudnya di sini adalah terlalu menuruti hawa nafsu mengambil dan  menggunakan uang hasil usaha untuk membeli gaya hidup.Misalnya,belum lama memulai usaha,sedikit-sedikit uang hasil usaha di ambil untuk makan-makan bersama keluarga di restoran berkelas.Atau sedikit-sedikit mengambil lagi uang hasil usaha untuk membeli baju baru yg berharga mahal.

Hal seperti itu jika di lakukan terus menerus,maka tak terasa modal usaha pun ikut terpakai,dan akhirnya usaha menjadi bangkrut karena kekurangan modal.Kita boleh menggunakan hasil usaha tetapi hanya membeli  kebutuhan bersifat mendesak saja.

16.Tidak Jujur Dalam Berbisnis

Wirausaha yang tidak jujur dalam berbisnis bisa menyebabkan kegagalan dalam berwirausaha,karena tidak adanya kejujuran itu,bisa mengakibatkan hilangnya kepercayaan para pelanggan,para mitra,bahkan para investor pun tidak akan mau lagi berinvestasi.Usaha pun mengalami penurunan omset dan tidak ada lagi dukungan dukungan dari para mitra serta investor,sehingga perlahan-lahan bisnis akan mati.


17.Lokasi Usaha Tidak Mendukung

Lokasi juga sangat berpengaruh terhadap omset suatu usaha,Sebagai contoh,apabila kita membuka usaha toko penjualan pkaian di tempat yang sepi serta di ujung jalan buntu,mka sangat besar kemungkinan usaha kita sepi pengunjung yang membeli di banding usaha pesaing kita yang terletak di persimpangan jalan yang ramai.

18.Tidak Kreatif 

Pada umumnya wirausaha yang tidak kreatif cepat mengalami kegagalan dalam berwirausaha.Mengapa? Karena kreatifitas sangat di perlukan untuk menghadapi persaingan dalam usaha.Hal-hal yang memerlukan kreatifitas dalam usaha misalnya seperti pembuatan produk yang inovatif,pembuatan produk yg mengikuti tren terkini,pembuatan produk yg sesuai dengan selera masyarakat,bahkan hingga pada penataan tempat usaha dan program promosi yg menarik.

Kesimpualannya
Sekalipun kita punya kemampuan modal untuk menadanai orasional dalam menjalan bisnis,tetapi tanpa adanya kreatifitas,maka usaha kita sulit untuk berhasil dan akhirnya gagal.


Itulah faktor-faktor yang paling berpengaruh  yg menyebabkan kegagalan banyak wirausaha dalam berwirausaha mencapai keberhasilan membangun bisnis yg sukses dan menguntungkan.

Baca Juga

0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts