- --> 20+ Jenis Wirausaha Yang Menguntungkan Serta Penjelasanya | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

20+ Jenis Wirausaha Yang Menguntungkan Serta Penjelasanya

|
Saat ini,dalam kewirausahaan sangat banyak jenis-jenis wirausaha baru yang di minati dan di geluti oleh sebagian masyarakat.Semua jenis kewirausahaan itu meliputi beberapa bidang yang tentunya akan dapat membantu menggerakan perekonomian di masyarakat.Wirausaha dan usaha di maksud juga di nilai menguntungkan dan menjanjikan hasil besar dengan ceapt.
jenis jenis wirausaha menguntungkan


Pada umumnya,setiap jenis usaha atau bidang kewirausahaan dapat kita mulai dengan modal  kecil,sehingga para pemula dapat mencoba untuk memulainya dengan risiko yang minim.Terutama untuk jenis wirausaha di bidang jasa,pada umumnya dapat di mulai dengan modal sedikit atau bahkan ada tanpa modal uang.

Apa alasannya usaha jasa dapat di mulai dengan modal sedikit atau tanpa modal? Karena untuk mulai menghasilkan uang,kita hanya menawarkan atau menjual jasa kita kepada masyarakat yang membutuhkannya.Contohnya,usaha jasa tukang pijat yang menawarkan dan menjual jasa pijat urut kepada orang yg capek-capek dan merasa pegal-pegal.

Bagi kalian yang sedang menjalani studi kewirausahaan,di harapkan artikel ini dapat membantu kalian untuk mengetahui  perbedaan-perbedaan dari masing-masing jenis wirausaha yang ada.

Dalam kewirausahaan jenis wirausaha dapat kita bagi berdasarkan sifat dan tujuannya.Karena tidak semua usaha atau bisnis cocok atau sesuai dengan seseorang,dan masing-masing indiividu yang menjalankan suatu usaha tentu memiliki talenta atau bakat serta tujuan yang berbeda-beda.

Daftar jenis-jenis wirausaha berdasarkan Sifat Dan Tujuannya :

  1. Wirausaha Bisnis.-Wirausaha bisnis adalah mereka yang menekuni dan menjalankan usaha berdasarkan pengetahuan dari menganalisa kebutuhan-kebutuhan,selera serta keinginan masyarakat terhadap barang-barang (produk),dan jasa (layanan).Kelompok wirausaha ini sangat banyak jumlahnya,dan mereka jeli melihat dan mengambil peluang bisnis.
  2. Wirausaha Keuangan.-Adalah para wirausaha yang menjalankan kegiatan usaha bisnis di sektor keuangan.Mereka mengumpulkan dana dari para investor,lalu mendistrubusikan dana atau uang itu di pasar modal.Kemudian mereka akan mendapatkan keuntungan dari usaha mereka.Dalam hal ini,jika dana yang mereka kelolah semakin besar,maka akan semakin besar pula keuntungan yang mereka dapatkan.
  3. Wirausaha Vak.-Yakni para wirausaha yang memiliki pengetahuan,ketrampilan dan skil khusus di bidang produksi tertentu.Apakah bidang produksi mereka itu berupa produk atau pun berupa jasa yang di butuhkan oleh masyarkat.Para wirausaha di kelompok ini,rata-rata berprestasi dan menyumbangkan prestasinya dalam bidang teknik,membuat inovasi-inovasi dan melahirkan penemuan-penemuan-penemuan baru,melakukan peniruan,modifikasi,dan perbaikan kuwalitas atas hasil barang atau pun jasa yang di produksinya.Wirausaha Vak mungkin cocok di sebut sebagai wirausaha beraliran otak kanan yang selalu kreatif.
  4. Wirausaha Manajer.-Adalah para wirausaha yang dapat melakukan atau menjalankan usaha dengan menggunakan atau memanfaatkan pengetahuan bisnis moderen yang lebih maju,dan mereka senantiasa memperhitungkan dan mempertimbahkan suatu usaha dengan efesian.Wirausaha manajer mungkin cocok di sebut wirausaha beraliran otak kiri.
  5. Wirausha Online.-Adalah para wirausaha yang fokus menekuni usaha atau bisnis di internet.Mereka memproduksi produk2 digital atau perangkat lunak,dan sebagian dari mereka fokus menjalankan usaha distribusi dan pemasaran lewat internet.Para blogger adalah termasuk bagian dari wirausaha online.
  6. Wirausaha Dagang.-Yakni mereka yang fokus melakukan dan menjalankan kegiatan jual beli barang dan jasa.Mereka ini ahli mengutamkan membeli barang-barang berkwalitas dengan harga lebih murah lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.Dan mereka mendapatkan keuntungan maksimal dari selisih harga beli dan jual barang yang mereka pasarkan.Mereka mungkin pantas di sebut,wirausaha di bidang pemasaran.
  7. Wirausaha Social Engineer.- Adalah mereka yang menggerakan atau menjalankan usaha dengan berusaha mengikat para pekerja/tenaga kerja dengan  melalui karya sosial/sosialitas dan pertimbangan atas moral dan kebenaran.Rata-rata para wirauasaha dalam kelompok ini,meraih sukses besar dalam usahannya,karena mereka di sukai dan di percaya oleh masyarakat.
Apakah anda seorang wirausahawan atau calon wirausahawan pemula yang ingin mengetahui jenis-jenis usaha yang menguntungkan yang dapat di mulai dengan modal kecil ataupun dengan modal yang cukup? Lewat postingan ini di paparkan tentang Jenis usaha wirausaha apa saja yang menguntungkan dan menjanjikan hasil besar dengan cepat Simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

JENIS JENIS WIRAUSAHA YANG MENGUNTUNGKAN DAN MENJANJIKAN


#Wirausaha Di Bidang Keperawatan

Wirausaha jenis ini cocok bagi mereka yang memiliki ketrampilan khusus dan ahli dalam keperawatan.Apakah ahli dalam perawatan wajah,kulit,gigi,tulang,atau ahli dalam merawat benda-benda berharga serta binatang peliharaan.Tenaga dan keahlian mereka sangat di butuhkan oleh masyarakat,dan mereka dapat menerima hasil kerja sesuai dengan keahlian masing-masing.

Bidang jasa keperawatan kulit dan wajah mungkin lebih di minati oleh masyarakat yang selalu tampil segar dan sehat serta cantik.Konsumen jasa di bidang keperawatan kulit dan wajah rata-rata adalah wanita,baik yang masih remaja maupun ibu ibu rumah tangga.Bahkan tidak sedikit perempuan yang sudah nenek-nenek ikutan-ikutan menggunakan jasa keperawatan kulit dan wajah agar tampak lebih muda dan segar.

Baca juga : Jenis Usaha Kecil Untung Besar Yang Cepat Laku

Berwirausaha di bidang keperawatan dapat di mulai tanpa modal besar,tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar,karena kita hanya menjual jasa atau layanan perawatan

Jenis-Jenis Usaha Di Bidang Keperawatan Antara Lain sebagai berikut;
  • Usaha Perawat Kebun dan Taman
  • Usaha Perawat Hewan Peliharaan
  • Usaha Perawatan Barang-Barang Koleksi Yang Berharga,seperti keris pusaka,batu mustika dll.
  • Usaha Perawatan Kulit dan wajah
  • Usaha Perawatan gigi dan mata
  • Usaha Perawatan Rumah mewah
  • Usaha perawatan gedung dan apartemen
  • Dll

#Wirausaha Di Bidang Peternakan Unggas

Wirausaha jenis ini,termasuk usaha yang menguntungkan dan menjanjikan tetapi dia membutuhkan perhatian khusus.Modal yang di perlukan untuk memulai usaha ini,termasuk kecil,karena kita dapat memulai usaha peternakan binatang unggas dalam jumlah 20 - 50 ekor ekor saja terlebih dulu.

Hewan-hewan unggas yang dapat kita pelihara misalnya seperti;-Ayam,bebek,itik dan burung puyuh.Khusus ternak hewan unggas seperti ayam dan bebek dapat kita manfaatkan sebagai usaha penghasil telur dan daging.Kita dapat menentukan,apakah usaha kita berfokus pada unggas petelur atau unggas pedaging.Atau kita dapat mengkombinasikan keduanya untuk kelancaran usaha kita.

Usaha di bidang peternakan unggas ini termasuk usaha sampingan yang banyak di minati oleh masyarakat,khususnya di desa.Di setiap kampung banyak kita temukan warga yang memiliki usaha ternak unggas di sekitar rumah mereka,tetapi rata-rata usaha peternakan unggas yang mereka tekuni masih berskala kecil,dan berstatus usaha sampingan keluarga.

Sebenarnya,usaha di bidang peternakan unggas termasuk usaha yang memiliki potensi luar biasa dan dapatkan di kembangkan dengan mudah.Untuk usaha ternak unggas pedaging bisa di bilang termasuk jenis usaha yang cepat menghasilkan uang tunai.Dalam hal ini kita menjalankan usaha untuk penggemukan ternak unggas dalam waktu 1,2,3,hingga 4 bulan.

#Wirausaha Di Bidang Jasa  Penyewaan Perlengkapan Pesta

Usaha jasa yang satu ini termasuk usaha yang menguntungkan dan dapat menghasilkan pendapatan besar dengan cepat.Sebagaimana yang kita ketahui  bahwa,hampir setiap bulan akan ada orang yang melakukan acara pesta pernikahan.Jadi usaha ini pasti di butuhkan oleh masyarakat.

Para wirausaha di bidang jasa penyewaan perlengkapan pesta,biasanya menyewakan barang-barang mereka dengan sistem paket.Dan masing-masing paket perlengkapan pesta memiliki harga yang berbeda.Wirausaha yang pintar di usaha ini,melayani konsumen dari kalangan masyarakat ekonomi bawah,menengah sampai atas,sehingga usahanya berjalan dengan lancar menghasilkan keuntungan setiap bulan.

#Wirausaha Di Bidang Kesehatan

Jenis usaha di bidang kesehatan merupakan salah satu usaha yang paling di butuhkan di masyarakat,karena semua orang pasti ingin sehat jasmani dan rohani.Dan sudah pasti di dalam menggeluti usaha potensi keuntungannya sangat besar.

Namun,meskipun begitu,usaha di bidang kesehatan tidak dapat di lakukan secara asal-asalan atau hanya sekedar mencoba.Di sini di perlukan pengetahuan dan keahlian khusus untuk menangani pasien yang ingin sembuh dan sehat.Karena salah dalam melakukan praktik perawatan dan pengobatan,akan dapat membahayakan kesehatan dan jiwa sang pasien.Atau jika salah dalam praktik,bisa menyebabkan nyawa si pasien melayang.

Oleh karena itu,usaha di bidang kesehatan mungkin hanya cocok bagi perawat kesehatan yang ahli dan mereka yang menguasai ilmu kesehatan.

Namun,meskipun begitu,usaha di bidang kesehatan tetap dapat di jalankan oleh perorangan yakni dengan membuka usaha apotek atau klinik kesehatan yang mempekerjakan tenaga ahli di bidangnya.Tetapi,modal yang perlukan juga akan lebih besar.

Baca juga : 3 Usaha Yang Menjanjikan Keuntungan Besar Dengan Cepat

#Wirausaha Di Bidang Pertanian Dan Perkebunan

Usaha di bidang pertanian dan perkebunan biasa juga di sebut usaha di bidang agribisnis.Usaha ini dapat di buka di daerah perkotaan walau hanya memanfaatkan perkarangan rumah yang sempit.Namun, tentu akan lebih bagus jika membuka dan mengembangkan-nya di bagian pedesaan.Siapa pun sebenarnya tetap dapat menjalankan usaha ini,asalkan punya kemauan.Caranya adalah dengan menjadi wirausaha pemilik usaha pertanian atau perkebunan,dan memperkerjakan karyawan yang menguasai bidang perkebunan dan pertanian.

Inilah contoh Jenis-jenis Usaha Di bidang Pertanian dan Perkebunan yang menguntungkan dan menjanjikan:
  • Budidaya tanaman palawija  seperti kacang tanah,kacang kedele,dan jagung,
  • Penanaman padi
  • Budi daya pepaya california
  • Budi daya tanaman rempah-rempah
  • Bidi daya cabe,tomat dan lombok
  • Budi daya tanaman sayur mayur
  • Budi daya tanaman kakao dan kopi
  • Budiadaya pohon durian 
  • Penanaman Pohon jati super
  • Penanaman pohon alpokad
  • Penanaman Pohoon Mangga
  • Budidaya pohon pisang
  • Dll

Alternatif Merintis Usaha Perkebunan dan Pertanian Dengan Memanfaatkan Perkarangan/Halaman Rumah


Teknologi pertanian dan perkebunan saat ini kian maju dan berkembang,di mana seseorang dapat menjalankan usaha pertanian atau perkebunan dengan memanfaatkan perkarangan rumah sendiri yang tidak terlalu luas.

Salah satu caranya adalah dengan membuat pot-pot tanaman dan rak-rak untuk tempat pot tanaman.Usaha ini di nilai cukup berhasil dan menjanjikan keuntungan yang lumayan sebagai pendapatan tambahan bagi keluarga.

Adapun tanaman-tanaman yang dapat di jadikan usaha sampingan adalah seperti,cabe,tomat,bawang,dan beberapa tanaman rempah untuk bumbu dapur lainnya.Penghasilan jutaan rupiah dapat di raih dari tanaman-tanaman produktif yang menghasilkan,hanya dengan memanfaatkan perkarangan rumah yang tidak terlalu luas.


#Wirausaha Di Bidang Industri Kecil  


Sangat banyak ragamnya usaha di bidang industri kecil,dan dari beragam jenis itu,kita dapat memilih untuk menjalankan salah satunya atau beberapa bidang sekaligus.Banyak pelaku usaha yang sukses dan kaya dengan memulai usaha industri kecil mereka dari rumah.Dan mereka mampu mengembangkannya dengan cepat.

Usaha-usaha industri kecil tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Usaha pabrik pembuatan tempe
  2. Usaha pabrik Pembuatan tahu
  3. Usaha pembuatan keripik
  4. Usaha pembuatan kue dan roti
  5. Usaha Mebel atau pembuatan furnitur perlengkapan rumah tangga
  6. Usaha pola jahitan
  7. Usaha pengelolaan limbah pabrik
  8. Usaha Pengelolaan Sampah
  9. Usaha pengawaten ikan laut menjadi akin asin
  10. Dll
Rata-rata usaha industri kecil di biayai dengan modal kecil yang di mulai dari modal jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah.Dan semuanya tentu dapat menguntungkan dan menjanjikan hasil besar apabila di kelola dengan baik.Dan semua usaha tersebut dapat di mulai dari rumah.

#Wirausaha Di Bidang Kerajinan 


Di Indonesia,sudah banyak wirausaha yang bergerak di bidang kerajinan,dan perkembangannya sangat memuaskan.Khusus usaha kerajinan sering menjadi incaran para investor untuk membantu membiayai dengan bantuan modal usaha,karena barang-barang hasil usaha kerajinan dapat di ekspor ke luar negeri dan tentu keuntungannya juga lebih besar.

Usaha-usaha kerajinan juga dapat kita mulai dengan modal kecil,dan setelah usaha mulai maju,maka kita dengan mudah mencari investor penyandang dana untuk modal usaha.Selain itu,Bank-bank perkreditan juga menyukai wirausaha di bidang kerajinan.

Contoh Jenis-jenis wirausaha kerajinan antara lain lain sebagai berikut;
  1. Usaha pembuatan kursi rotan
  2. Usaha pembuatan tas dari anyaman bambu
  3. Usaha pembuatan perabotan rumah berbahan dasar kayu
  4. Usaha tenun kain untuk bahan tekstil
  5. Usaha pembuatan kain bergambar batik
  6. Dan lain-lain
Usaha-usaha kerajinan banyak kita jumpai di daerah pedesaan,bahkan ada juga sebagiannya terdapat di wilayah pinggiran perkotaan.Tersebarnya usaha-usaha kerajinan itu,tentu dapat membantu pemerataan lapangan kerja baru bagi para pengangguran dan mereka yang terkena PHK.

#Wirausaha Di bidang Perikanan


Wirausaha yang menggeluti usaha perikanan banyak kita temukan di wilayah-wilayah pesisir pantai,bahkan di wilayah pedesaan yang banyak persawahan.Karena usaha perikanan tentu membutuhkan pengairan yang cukup stabil untuk membantu pertumbuhan ikan-ikan.

Khusus di wilayah pesisir pantai,para wirausaha perikanan mengelola usaha tambak ikan dan udang.Berbagai varian jenis ikan laut di pelihara dan di besarkan hingga tiba masa panen yang mereka inginkan.Hasil tambak mereka kemudian di jual melalui Badan pelelangan ikan atau di jual langsung ke pedagang besar.

Sebagian wirausaha perikanan menempuh jalur ekspor untuk memasarkan ikan ke luar negeri demi meraih keuntungan yang lebih besar.

Sedangkan untuk wirausaha perikanan di wilayah persawahan,mereka mengelola usaha kolam ikan,tentu ikannya adalah jenis ikan darat.

Usaha perikanan khusus ikan darat yang di pelihara di kolam juga sangat menguntungkan dan menjanjikan.Para wirausaha tani khusus di bidang perikanan dapat memanen ikan dari kolam mereka setiap minimal 3 bulan.Dan seringkali juga mereka memanen ikan pada waktu menjelang hari raya keagamaan,seperti hari raya idul fitri dan natal atau tahun baru.

#Wirausaha Di Bidang Kuliner


Wirausaha di bidang kuliner adalah termasuk jenis kewirausahaan kebal krisis yg menguntungkan dan paling menjanjikan.Mengapa? Karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tak dapat di tunda-tunda sampai berlama-lama.Hampir setiap 8 jam sampai 10 jam kita akan kembali merasa lapar,dan tentu kita akan membeli makanan ketika kita sedang berada di luar rumah atau sedang malas memasak.

Tidak mengherankan,apabila wirausaha di bidang kuliner banyak yang sukses dan kaya dengan cepat dari usaha kuliner yg mereka. jalankan secara serius.

Usaha kuliner pun dapat di mulai dengan modal kecil,dan mudah di kembangkan dengan cepat.Misalnya jenis usaha waralaba kuliner yang banyak bertebaran di seluruh dunia.Salah satunya yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar perkotaan adalah Usaha ayam goreng KFC.Anda pasti mengenal nama atau brand internasional ayam goreng KFC ini.Ia adalah salah satu pelopor usaha waralaba kuliner khusus ayam goreng.

Apabila anda ingin terjun di dunia usaha kuliner,anda bisa membeli waralaba ayam goreng KFC ini.Dengan membeli usaha waralaba kuliner,maka anda tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan manajemen usaha dan strategi pemasarannya.Karena semuanya sudah tersistem dengan rapi dan sudah teruji keberhasilannya.

Atau anda juga dapat memilih untuk membuka dan menjalankan usaha kuliner sendiri secara mandiri tanpa campur tangan orang lain.

Baca juga : Contoh Usaha Kecil Untung Besar Sampai Puluhan Juta Sebulan,Banyak Orang Buktikan

#Wirausaha Di Bidang Pendidikan


Wirausaha di bidang pendidikan juga termasuk usaha yang menguntungkan dan menjanjikan.Karena pendidikan adalah salah satu kebutuhan untuk pengembangan diri dan ketrampilan.Wirausaha di bidang pendidikan seperti membuka usaha kursus bahasa inggris.Dan ada pula nama lain yang populer untuk usaha pendidikan yaitu Bimble atau Bimbingan belajar.

Jenis usaha bimble banyak bertebaran di lingkungan perkotaan dan sisanya lagi ada di pedesaan yang tak jauh dari kota.

Membuka usaha Bimble untuk pendidikan anak-anak sekolah alias pelajar di lingkungan sekitar kita bisa coba di mulai dari rumah.Di mana rumah dapat kita jadikan tempat belajar sementara untuk para pelajar.

Sekalipun anda tak menguasai suatu bidang ilmu yang di ajarkan dalam usaha bimble atau kursus,namun anda tetap dapat menjadi wirausaha di bidang pendidikan.Karena anda dapat merekrut tenaga pengajar dan memberi imbalan gaji kepada mereka setiap bulan.

Banyak mahasiswa yang menguasai bidang ilmu tertentu,tetapi bagaikan enggan membuka usaha pendidikan di rumahnya.Padahal bagi seorang mahasiswa yang menguasai bidang ilmu dan ketrampilan tertentu,sangat cocok menekuni jenis wirausaha di bidang pendidikan khususnya bimble,dan dapat mengajarkan ilmunya kepada para pelajar SMA dan SMP sampai SD.

INFORMASI TAMBAHAN

Sangat banyak jenis wirausaha yang menguntungkan dan menjanjikan dan dapat kita mulai dengan modal kecil.Beberapa di antaranya adalah seperti usaha di bidang tekstil,usaha pariwisata,usaha di bidang perdagangan barang dan jasa,Usaha koperasi simpan pinjam,Usaha ritel,Usaha di bidang Desain grafis dan lain-lain.

Semua jenis wirausaha dapat kita pilih sesuai kemampuan dan pengetahuan kita.Masalah modal adalah hal kedua dalam merintis kewirausahaan,yang terpenting adalah keberanian dan kemauan untuk mencoba suatu bidang usaha yang kita sukai dan kuasai.

Baca juga : 7 Usaha Dagang Menguntungkan Dengan Hasil Menggiurkan Meskipun Tanpa Modal Besar

Oke,itulah ulasan tentang Jenis-jenis Wirausaha yang menguntungkan dan menjanjikan besrta contoh dan penjelasannya.Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menjadi bahan inspirasi dan referensi berwirausaha dan investasi.Salam Sukses.

Baca juga:






Related Posts