- --> Begini Strategi Membuka Usaha Toko Kelontong Agar Cepat Sukses Meraup Untung Besar | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Begini Strategi Membuka Usaha Toko Kelontong Agar Cepat Sukses Meraup Untung Besar

|

Anda ingin menjadi pengusaha sukses di bidang bisnis perdagangan produk ritel? Cobalah berdagang di jalur usaha kelontong.Artikel ini mengungkap rahasia strategi membuka usaha toko kelontong agar cepat sukses meraup keuntungan besar yang bisa di tiru oleh pemula sekalipun.Pelajari uraian lengkapnya


Usaha toko maupun warung kelontong merupakan contoh jenis usaha yang beroperasi di bidang perdagangan produk ritel,atau menjual barang-barang harian yang cepat laris,dan ia merupakan bagian dari bisnis sembako karena memang lebih banyak usaha ini yang menyediakan barang dagangan yang merupakan kebutuhan sehari-hari.

Usaha toko atau warung kelontong banyak kita jumpai di dekat kita,karena orang yang membuka usaha ini bertebaran di mana-mana,baik di daerah-daerah perkotaan atau pun di wilayah pedesaan.Sehingga kita dengan mudah mendapatkan barang kebutuhan yang kita inginkan setiap hari. 

Sudah di sebutkan di atas bahwa usaha toko atau warung kelontong merupakan jenis usaha yang cepat laris,Namun,meskipun begitu kenyataannya,kita tidak boleh hanya asal-asalan dalam mengelola dan menjalankannya.Karena usaha ini memiliki tingkat persaingan yang tinggi,di mana banyak pedagang lain yang menjual barang dagangan yang serupa dan sejenis,serta tidak sedikit juga di antara pedagang yang menjual barang sembako dengan harga lebih murah di pasaran.

Oleh karena itu,dalam menjalankan usaha toko atau warung kelontong di perlukan strategi yang tepat sebagai cara ampuh agar barang dagangan cepat laris dan menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Di dalam usaha kelontong ada banyak jenis barang kebutuhan harian yang paling cepat laris setip hari,namun keuntungan penjualannya rata-rata sangat sedikit.Tetapi ada banyak juga jenis barang yang jarang laku setiap hari,.Nah,di sinilah di perlukan strategi mengelola pemasaran agar bisa meraup keuntungan besar dengan cepat. 

Oke,mari kita langsung simak saja bersama cara apa saja yang di lakukan sebagai strategi meraup keuntungan melimpah dengan cepat dalam menjalankan usaha toko kelontong. 


Strategi Usaha Toko Kelontong Agar Cepat Sukses Meraup Keuntungan Besar


  • Menentukan Harga Penjualan Yang Tepat

Menentukan harga penjualan yang tepat adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat penting dan perlu di lakukan untuk menghasilkan keuntungan besar dengan cepat dalam menjalankan usaha toko atau warung kelontong.

Harga penjualan yang tepat maksudnya yaitu harga yang akan menguntungkan bagi usaha anda dan bisa membuat calon pembeli dan pelanggan merasa di untungkan ketika membeli barang yang mereka butuhkan di usaha anda.

Bahkan dengan harga penjualan yang tepat,usaha toko kelontong anda akan semakin ramai dan bertambah banyak pelanggannya,sehingga omsetnya semakin besar dan dengan cepat pula menghasilkan keuntungan besar.

Bagaimana cara agar bisa menentukan harga penjualan yang tepat untuk setiap barang dagangan di usaha kelontong?

Agar anda bisa dengan mudah menentukan  harga penjualan yang tepat untuk setiap barang dagangan dalam usaha kelontong yang anda jalankan,maka cara yan harus lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama,-Melakukan survei harga penjualan di usaha kelontong pesaing yang  jaraknya paling dekat dengan lokasi usaha anda

Sasaran anda yang paling utama melakukan survei harga penjualan adalah usaha toko kelontong pesaing yang paling ramai dan banyak pelanggannya,dan jaraknya tidak jauh dari lokasi usaha anda..

Tujuan melakukan survei harga penjualan di usaha toko kelontong pesaing tentu untuk mengetahui tingkat harga penjualan yang di tentukan oleh pesaing anda.Kemudian anda dapat menentukan harga penjualan yang akan menguntungkan bagi usaha anda.

Dalam hal ini anda bisa mengikuti harga penjualan yang di tentukan oleh pesaing,apabila harga penjualan yang mereka tentukan sudah cukup menguntungkan bagi kemajuan usaha kelontong anda.

Tetapi,anda belum tentu bisa memenangkan persaingan untuk merebut banyak pelanggan dengan harga penjualan yang sama dengan harga yang di tentukan oleh pesaing.Karena banyak faktor lain yang menyebakan suatu usaha bisa memenangkan persaingan untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Nah,apabila anda ingin menang bersaing dalam segi harga penjualan barang,maka anda bisa menentukan harga penjualan lebih murah di banding harga yang di tawarkan oleh pesaing.

Sebagai contoh misalnya..

Apabila harga modal satuan 1 kaleng susu indo milk Rp.8000,dan pesaing anda menjualnya dengan harga Rp.10.000,maka anda bisa menentukan harga penjualan hanya senilai Rp.9.500-

Bagaimana jika anda menentukan harga yang sama dengan harga yang di tentukan oleh usaha kelontong pesaing?

Anda boleh saja bersaing di harga yang sama,tetapi untuk memenangkan persaingan merebut banyak pelanggan,maka anda harus melakukan strategi-strategi lanjutan yang di bahas di bawah.

Kedua,-Melakukan eksperimen atau uji coba harga penjualan barang dagangan

Melakukan eksperimen atau uji coba harga penjualan adalah salah rahasia sukses dalam membuka usaha toko kelontong untuk meraup keuntungan besar dalam waktu singkat.Hal ini merupakan strategi pemasaran yang sering di lakukan oleh para pengusaha dan pedagang sukses yang beroperasi di bisnis grosir dan eceran untuk produk apapun.

Lantas bagaimana cara melakukan eksperimen atau uji coba harga penjualan barang dagangan dalam usaha toko kelontong?

Adapun caranya yaitu mencoba memulai menentukan harga penjualan yang sesuai dengan harga yang di tetapkan oleh toko kelontong pesaing yang terdekat dengan lokasi usaha anda.Kemudian anda mengukur dan mengevalusi hasilnya setelah harga tersebut berlaku di usaha anda selama sekitar 1 bulan atau 2 bulan.

Dalam hal ini,apabila harga penjualan yang anda tentukan tersebut tidak efektif meningkatkan omset penjualan barang dagangan di toko kelontong anda secara signifikan dalam kurung waktu selama  sekitar 1 bulan atau 2 bulan,maka itu berarti usaha toko kelontong pesaing memiliki kelebihan atau keunggulan lain yang tidak di ada di dalam usaha toko kelontong anda.

Atau bisa jadi penyebabnya karena anda tidak pernah melakukan promosi untuk memperkenalkan adanya kelebihan dan keunggulan dalam usaha kelontong anda kepada warga di sekitar lokasi anda.

Tetapi,apabila penyebabnya bukan karena anda tidak pernah melakukan promosi seperti di sebutkan di atas,berarti anda perlu melakukan strategi-strategi lanjutan yang di bahas di bawah ini.


  • Menetapkan Harga Penjualan Yang Lebih Murah

Menetapkan harga penjualan yang lebih murah adalah salah satu strategi usaha toko atau warung kelontong untuk  meningkatkan omset usaha dengan cepat.

Tetapi Hal ini hanya perlu anda lakukan sebagai strategi pamungkas untuk memenangkan persaingan dalam memperebutkan banyak pelanggan.

Karena menetapkan harga penjualan yang lebih murah bukan satu-satunya cara terbaik untuk memenangkan persaingan dalam memperebutkan banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan usaha.

Dalam hal ini,apabila anda berani menetapkan harga penjualan yang lebih murah di banding harga penjualan yang di tawarkan oleh toko kelontong pesaing di sekitar lokasi usaha anda,itu berarti anda juga harus siap menghadapi segala kemungkinan hal yang buruk terjadi dalam usaha anda.

Adapun hal yang buruk yang mungkin saja terjadi misalnya keuntungan penjualan yang terlalu tipis bisa menyebabkan kerugian karena hasil keuntungan yang tipis tidak mampu menutupi biaya operasional dalam menjalankan usaha.

Namun,anda boleh-boleh saja menetapkan harga penjualan yang lebih murah,hanya apabila harga penjualan tersebut masih memberikan margin atau laba bersih untuk kelancaran dan kemajuan usaha toko kelontong anda.

Untuk mengetahui apakah usaha toko kelontong anda masih mendapatkan margin atau laba bersih setelah menurunkan harga penjualan,lakukan cara terbaik seperti yang di uraikan di bawah.

Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahuinya..


  • Lakukan Evaluasi Arus Pendapatan  Lewat Rekap Omset Penjualan Harian

Setiap pengusaha atau pedagang yang menjalankan bisnis ritel di bidang perdagangan secara grosir atau pun eceran,termasuk usaha toko atau warung kelontong yang menjual barang sembako perlu menerapkan strategi manajemen pengelolaan pendapatan dan keuangan usaha,agar menjadi lebih mudah untuk meningkatkan keuntungan dan pendapan usaha. 

Salah satu strategi terbaik dan tepat yang di lakukan yaitu dengan melakukan evaluasi arus pendapatan lewat rekap omsep penjualan harian.

Lebih,lebih di dalam membuka usaha toko kelontong modren yang menjual ribuan jenis barang dagangan dengan harga sangat beragam tingkatannya.Sangat penting melakukan evaluasi arus pendapatan  dengan menggunakan rekap omset penjualan harian untuk melacak dan mengetahui dengan jelas apakah harga penjualan yang anda tetapkan menghasilkan keuntungan atau laba bersih atau hanya kembali modal,bahkan hanya rugi karena lebih besar pengeluaran biaya daripada arus pendapatan yang positif.

Perlu kami sampaikan di sini bahwa rekap omset penjualan berfungsi sebagai alat kontrol untuk mengetahui hasil penjualan yang di sebut dengan margin atau laba bersih.

Perlu anda perhatikan di sini juga bahwa usaha toko kelontong merupakan bisnis perdagangan barang-barang kebutuhan harian yang di perlukan oleh banyak orang,dan mungkin saja perputaran modal anda berjalan dengan lancar dan cepat setiap hari, tetapi setelah anda menghitung semua biaya yang anda keluarkan dalam menjalankan usaha ternyata biaya di keluarkan lebih besar daripada pendapatan bersih yang di peroleh dari omset penjualan.  

Dalam hal ini,jumlah omset penjualan yang besar bukan merupakan sebagai ukuran mutlak besarnya jumlah keuntungan dan pendapatan bersih dalam menjalankan usaha.Dengan kata lain bahwa omset  besar belum tentu memberikan keuntungan bersih bagi usaha toko kelontong yang anda jalankan.

Karena arti omset penjualan adalah merupakan hasil penjualan yang terdiri dari modal barang + Keuntungan penjualan.Dan bisa jadi keuntungan penjualan malah terkikis habis oleh besarnya biaya di keluarkan dalam menjalankan usaha.

Adapun rumus perhitungan yang anda gunakan untuk mengetahui margin atau keuntungan bersih dalam menjalankan usaha toko kelontong yaitu;

Modal pembelian barang + Keuntungan Penjualan dari harga yang di tetapkan - biaya yang di keluarkan dalam menjalankan usaha = Laba Bersih ( Apakah labanya 0 % ,atau minus dari 0%,atau mungkin juga punya angka postif yang lumayan misalnya 10 %). 

Evaluasi arus pendapatan bisa anda lakukan secara berkala dengan melihat atau memeriksa rekap hasil penjualan harian.Evaluasi anda lakukan paling cepat minimal 1 kali setiap minggu,atau 1 bulan sekali untuk mengetahui sedini mungkin hasil usaha toko kelontong anda.

Apabila anda menemukan hasil yang negatif di dalam arus pendapatan usaha toko kelontong anda,maka anda bisa segera melakukan langkah-langkah atau strategi lanjutan yang mengarah pada peningkatan keuntungan atau laba bersih bagi perkembangan usaha ,agar usaha anda cepat sukses meraup keuntungan besar,atau bukan hanya sekedar meraup omset besar doang.


  • Menjual Barang Jenis Tertentu Dengan Harga Lebih Mahal

Ternyata ada strategi jitu yang terbukti sukses meningkatkan keuntungan atau laba usaha toko kelontong,yang bisa di bilang sangat menguntungkan tanpa di sadari oleh para pelanggan toko kelontong,yaitu menjual barang jenis tertentu dengan harga yang lebih mahal

Strategi sukses meningkatkan keuntungan atau laba usaha toko kelontong ini bisa anda praktikan dan buktikan sendiri keuntungannya.

Apakah pelanggan akan lari ke toko kelontong pesaing apabila anda menjual barang jenis tertentu dengan harga lebih mahal di banding harga penjualan di usaha kelontong yang lain?

Pelanggan tidak akan lari ke toko kelontong pesaing,karena barang yang anda jual dengan harga lebih mahal hanya merupakan jenis barang tertentu yang memang jarang di beli oleh pelanggan yang membutuhkannya.

Oleh karena barang yang di jual dengan harga lebih mahal ini merupakan jenis barang yang jarang di beli oleh pelanggan,maka harganya pun tidak mudah di hafal oleh para pelanggan.

Dengan kata lain,barang-barang dagangan yang harganya tidak mudah di hafal oleh para pelanggan,adalah sebuah peluang untuk memainkan harga penjualan yang lebih tinggi untuk tujuan meningkatkan keuntungan dan pendapatan dalam menjalankan bisnis toko atau warung kelontong.

Perlu anda ketahui di sini bahwa,banyak pengusaha atau pedagang yang menjalankan bisnis perdagangan produk ritel di toko dan warung kelontong yang menerapkan strategi ini untuk meraup keuntungan besar dengan cepat tanpa kehilangan banyak pelanggan.Karena memang sangat jarang orang yang mampu menghafal harga barang tertentu yang jarang di butuhkan.Sebenarnya strategi pemasaran yang kami ungkap ini merupakan rahasia dagang lho..

Kabar baiknya di sini,ternyata sangat banyak jenis barang dagangan dalam usaha kelontong yang dapat kita jual dengan harga lebih mahal dengan potensi keuntungan penjualan hingga mencapai 50%.Cukup lumayan besar juga potensi untungnya ya..

Perlu kami ungkap di sini bahwa,jika anda membuka usaha toko atau warung kelontong dengan modal awal sekitar Rp.50 juta untuk persiapan barang dagangan,maka modal sebanyak itu sudah cukup untuk membeli ribuan jenis persediaan stok barang dagagan.Dan sekitar setengah dari stok barang dagangan anda merupakan jenis barang yang berpotensi menghasilkan keuntungan penjualan sekitar 30 % hingga 50 %.

Dalam hal ini,jangan semua jenis barang dagangan di toko kelontong anda jual dengan harga yang murah untuk mengambil keuntungan yang tipis misalnya hanya 5 % - 10 %.Karena hal ini bukan cara sukses membuka usaha kelontong untuk meraup keuntungan melimpah dengan cepat. 

Bahkan dalam 200 jenis barang dagangan sebagai stok di toko atau warung kelontong sederhana yang di buka dengan modal kecil sekitar Rp.10 jutaan sebagian barangnya bisa anda jual dengan harga yang lebih mahal dengan potensi keuntungan lebih dari 30%.

Yang perlu anda ingat di sini yaitu bahwa barang dagangan yang boleh anda jual dengan harga lebih mahal bukan merupakan jenis barang sembako yang paling sering di beli orang.Karena bisa membuat usaha kelontong anda kehilangan banyak pelanggan.

Lantas,barang dagangan apa saja termasuk dalam kategori jenis barang yang bisa dijual dengan mengambil kentungan lebih dari 30 persen? Tunggu artikelnya disini. 

  • Mencoba menentukan harga penjualan dengan formula 3 penentuan harga terbaik
Anda juga bisa mencoba menentukan harga penjualan dengan 3 penentuan harga terbaik sebagai strategi membuka usaha toko kelontong agar cepat sukses meraup untung besar.

Adapun formula 3 penentuan harga terbaik yang di maksud yaitu;
  1. Penentuan harga penjualan yang sama dengan harga di toko kelontong pesaing untuk 40 % jenis barang dagangan yang sama di jual pesaing
  2. Penentuan harga penjualan yang lebih murah dibanding harga di toko kelontong pesaing untuk 20%  jenis barang dagangan yang sama di jual pesaing.Strategi ini merupakan taktik bersaing paling ampuh untuk mebuat usaha toko kelontong menjadi cepat laris hingga mendapatkan banyak calon pelanggan.Dalam hal ini,20% jenis barang yang anda jual dengan harga lebih murah adalah merupakan barang yang paling sering di beli oleh setiap pelanggan,atau merupakan jenis barang yang paling cepat menghasilkan perputaran modal usaha kelontong anda.Contoh jenis barangnya yaitu barang sembako dasar dan turunannya.
  3. Penentuan harga penjualan yang lebih mahal atau tinggi untuk 40% jenis barang yang sama di jual oleh pesaing. Dalam hal ini,barang yang anda jual dengan harga lebih mahal merupakan jenis barang yang jarang di beli orang setiap hari.

Untuk mendapatkan referensi tambahan tentang jenis barang dagangan untuk di jual di toko atau warung kelontong silahkan baca artikel ; Dafttar Barang Yg Paling Di Cari Dan Dibutuhkan banyak orang

Demikianlah informasi tentang strategi usaha toko kelontong agar cepat sukses meraup keuntungan besar yang sempat kami sharing lewat artikel ini.Insyah Allah pada kesempatan lain,kami akan selalu mengupdate informasi tambahannya.


Baca juga:




Related Posts