- --> Strategi Bisnis Membuka Usaha Toko Sembako Nyaris Tanpa Modal | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Strategi Bisnis Membuka Usaha Toko Sembako Nyaris Tanpa Modal

|

Banyak di antara kita yang ingin punya usaha sendiri tetapi keinginan tersebut terasa sulit di wujudkan karena faktor kemampuan modal yang tidak di miliki.Rata-rata orang jika di tanya,"kok kamu gak buka usaha sendiri saja?",Alasannya selalu sama,yakni,gak punya modal atau gak cukup modal.Jika anda termasuk orang yang mengeluhkan keterbatasan modal untuk memiliki usaha sendiri,silahkan pelajari rahasia strategi bisnis membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal yang kami ungkap lewat postingan ini. 


"Banyak jalan menuju roma".Itulah pepatah atau peribahasa yang cukup terkenal yang telah menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk melakukan usaha untuk mencapai sukses.Tidak ketinggaan di kalangan wirausaha atau pebisnis pun pepatah dan peribahasa itu juga kerap di jadikan insiparasi dan motivasi untuk menemukan strategi bisnis yang dapat di praktikan untuk merintis dan membuka usaha dari nol dan nyaris tanpa modal.

Sobat wirausaha dan calon wirausaha yang terhormat..
Berbicara tentang strategi bisnis membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal,hal ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang.Karena,sebagaimana yang diketahui oleh banyak orang selama ini,bahwa untuk membuka usaha toko sembako di perlukan modal yang besar,dan bukan hanya dengan modal kecil alias sedikit.

Sebagaimana anggapan banyak orang,bahwa membuka usaha toko sembako itu memerlukan modal untuk menyewa tempat atau membeli ruko,juga di perlukan modal untuk membeli perlengkapan toko seperti etalase dan rak-rak untuk menggelar barang dagangn.Juga di perlukan modal buat beli komputer,dan barang dagangan,dan lain sebagainya.

Kabar baiknya di sini,semua anggapan seperti itu telah terpatahkan oleh strategi bisnis membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal.Oleh karena itu,kami harap anda untuk menyimak dan mempelajari secara detail tentang langkah-langkah yang di perlu di lakukan dalam menjalankan strategi bisnis yang di maksud.

Perlu di ketahui di sini bahwa informasi mengenai strategi bisnis membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal ini,kami gali dan dapatkan dari teman.Dan kami dengan senang hati bermaksud untuk membagikan informasinya lewat postingan ini,biar lebih banyak orang yang terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi pengusaha sukses dengan menjalankan bisnis sembako,atau toko kelontong.

Strategi Bisnis Membuka Usaha Toko Sembako Nyaris Tanpa Modal

Apa yang akan Anda lakukan agar bisa merintis sebuah bisnis khususnya membuka usaha toko sembako apabila anda hanya memiliki sedikit modal?

Strategi Bisnis yg Pertama : Anda harus mencari orang yang menyewakan tempat usaha berupa ruko di lokasi strategis.

Mencari orang yang menyewakan tempat usaha di lokasi strategis sangat penting dan perlu anda usahakan.Karena punya toko di lokasi strategis,akan dapat mempermudah langkah anda membuka dan mengembangkan usaha penjualan sembako dengan modal sedikit.

Setelah anda menemukannya,kemudian anda mengatakan kepadanya bahwa anda bermaksud menyewa tempat usahanya.

Tetapi ada tetapinya..

Yakni,anda hanya akan bersedia menyewa apabila si pemilik tempat menyetujui persyaratan yang anda tawarkan.Adapun persyaratan itu sebagai berikut:
  • Biaya sewa tidak di bayar tunai
  • Tanpa ada uang muka
  • Uang sewa pertama akan di bayar setelah usaha anda berjalan selama 3 bulan
  • Jangka waktu kontrak 3 atau 5 tahun dan bisa di perpanjang.tetapi dengan perjanjian jika sewaktu-waktu usaha mengalami masalah atau gagal,mka biaya sewa lanjutan tidak perlu anda bayar.
  • Anda siap merawat tempat usaha
Anda mungkin bertanya,apakah si pemilik tempat usaha mau menerima usulan tawaran anda tersebut? Jawabannya,mungkin saja si penyewa mau bersedia menerima usulan tawaran anda.

Agar anda lebih yakin dengan usulan tawaran anda itu mungkin di terima alias di setujui oleh si pemilik tempat usaha,berikut ini adalah beberapa alasan yang akan membuat hal itu menjadi mungkin;
  • Tempat usaha tersebut membutuhkan biaya perawatan dan si pemilik tidak mau di pusingkan dengan biaya perawatan
  • Si pemilik tempat usaha itu tidak mau berlama-lama mencari dan menunggu adanya orang yang mau menyewa tempat usaha tersebut.
  • Si pemilik tempat usaha itu tidak memperdulikan siapa orang yang bersedia menyewa,karena yang penting baginya,tempat usaha tersebut ada yg merawat serta menyewanya.
  • Apabila si pemilik ternyata adalah seorang pelaku bisnis investasi di bidang properti,tentu dia ingin segera mendapatkan calon penyewa potensial seperti anda,karena anda bermaksud baik untuk menyewa tempat usaha tersebut untuk usaha penjualan barang-barang yang punya prospek yang bagus.
Nah,itulah strategi bisnis pertama yang dapat lakukan untuk mewujudkan usaha toko sembako impian anda,tanpa perlu modal awal yang besar yang harus anda persiapkan dan keluarkan.

Apabila anda serius dan bersungguh-sungguh mencari tempat usaha untuk mewujudkan toko impian anda,maka anda akan menemukan  orang tepat dan tempat usaha yang tepat.
Strategi Bisnis yang kedua :Membeli secara kredit perlengkapan toko berupa etalase atau rak-rak barang beserta komputer untuk toko sembako/kelontong.

Atau jika anda ingin lebih hemat dan murah,carilah pedagang yang menjual etalase bekas untuk toko sembako di kota Anda,dan tawarkan kepadanya bahwa anda akan membeli secara kredit dengan uang muka 20 persen dari harga tunai.

Biasanya barang bekas berupa komputer dan etalase toko sembako di jual dengan harga 50% -70% lebih murah dari harga barang yang masih baru.Atau tergantung kondisi barangnya.

Setelah anda menemukan penjual etalase toko sembako dan terjadi deal alias kesepakatan dan berlanjut dengan transaksi,silahkan ikuti strategi bisnis berikutnya.


Strategi Bisnis yang ketiga : Menjalin kerja sama dengan penyedia/pemasok barang
Banyak usaha toko kelontong atau pun toko sembako yang cepat maju dan sukses karena mengandalkan strategi bisnis menjalin atau membuka jalur kerja sama dengan sejumlah pihak yang menyediakan stok barang dagangan dengan sistem konsiyasi alias titip jual.

Sejumlah pihak yang menyediakan stok barang dagangan tersebut biasa di sebut dengan pemasok yang akan menitipkan barang-barang dagangan mereka ke toko sembako atau kelontong milik anda.

Mereka yang dapat memasok barang dagangan untuk anda itu antara lain seperti,distributor,agen,bahkan produsen langsung.

Para pemasok barang dagangan tersebut dapat anda hubungi dan meminta kesediaan mereka untuk menitipkan barang dagangan ke toko anda.

Apakah mungkin strategi bisnis ini bisa berhasil di lakukan? Jawabannya sangat mungkin apabila anda mengikuti saran berikut:
  • Cari pemasok yang bermodal besar,seperti perusahaan distribusi di bawah naungan perusahaan terkenal seperti Unilever dan Indo Food,dan  daftarkan toko sembako miik anda  untuk menjadi bagian dari jaringan pemasaran barang-barang mereka.
  • Cari Toko-toko grosir atau agen besar yang sedang mengembangkan jaringan pemasaran mereka.
  • Cari produsen barang di kota anda atau di daerah terdekat dengan tempat usaha anda.
  • Jalankan jurus pamungkas megembangkan bisnis toko sembako tanpa modal (Untuk yang ini,informasinya bisa anda minta dengan mendaftarkan alamat email anda terlebih dahulu kepada penulis,karena informasiya sangat di rahasiakan,agar tidak di ketahui oleh sembarang orang).

Apbaila anda masih kurang yakin,berikut ini tiga alasan paling umum mengapa para pemasok mau dan bersedia membantu memasok barang dagangan untuk untuk toko sembako milik anda.
  1. Karena toko sembako anda berada di lokasi strategis,.-Para pemasok sangat menyukai toko pengecer di lokasi strategis.Dan sebenarnya,mereka mencari dan sangat membutuhkan kerja sama dengan pemilik-pemilik toko eceran di lokasi strategis.
  2. Karena stok barang mereka sangat banyak dan menumpuk di gudang,bahkan terkadang berlebian,dan hal ini membuat mereka merasa sangat kuawatir apabila stok barang mereka menjadi kadaluwarsa,dan bisa membuat usaha mereka rugi.
  3. Para pemasok tidak perlu lagi mengeluarkan modal tambahan untuk membangun atau membeli toko baru sebagai jaringan pemasaran usaha mereka.Dalam hal ini,toko sembako anda akan membantu menghemat modal mereka dalam mengembangkan usaha mereka.
Kelebihan dan keuntungan menjalankan strategi bisnis membuka usaha toko sembako dengan membuka kerja sama dengan pihak pemasok antara lain sebagai berikut;
  1. Anda tidak perlu di pusingkan dengan bunga kredit pinjaman modal usaha.Karena pemasok bukan rentenir dan bukan bank yang meminjmakan uang berbunga.
  2. Anda tidak perlu terlalu merasa kuawatir apabila ada stok barang yang tidak terjual.Karena ada beberapa pemasok yang berani memberikan garansi barang kembali atau bisa di tukar apabila tidak laku terjual.
  3. Anda bisa menghemat modal usaha anda sampai 100% untuk membeli stok  barang dagangan.
  4. Jangka waktu pembayaran kredit barang sampai 3 bulan untuk beberapa jenis barang dagangan 
  5. Para pemasok bisa menjadi mitra usaha seumur hidup dan bahkan sampai usaha anda wariskan ke anak ataupun cucu.
Strategi Bisnis ke empat :  Buat atau kembangkan perencanaan usaha Toko Sembako
Membuat perencanaan usaha toko sembako adalah bagian terpenting dari strategi bisnis yang jitu.Karena rencana usaha merupakan alat atau senjata ampuh untuk menggoda dan menarik minat para kreditur usaha toko sembako anda.

Banyak pelaku usaha atau pengusaha sukses yang menggunakan rencana usaha untuk membantu langkah mereka membangun dan mengembangkan usaha dengan cepat. 

Mengapa rencana usaha begitu sangat penting? Inilah sejumlah alasannya.
  1. Rencana usaha berisi daftar atau uraian kegiatan usaha yang akan di jalankan
  2. Rencana menggambarkan kegiatan usaha yang mengarah kepada tujuan atau target pencapaian
  3. Rencana usaha adalah peta jalan membangun dan mengembangkan usaha yang sukses
Oleh karena itu,apabila anda ingin langkah anda di dalam membangun dan mengembangkan usaha sembako menjadi  lebih mudah,buatlah perencanaan usaha yang bagus dan jitu,dan rencana usaha tersebut bisa anda jadikan senjata ampuh untuk menarik minat para kreditur,termasuk para pemasok barang yang akan menitipkan barang dagangan mereka di toko anda.

Karena,biasanya juga ada sebagian para kreditur atau pemasok yang meminta anda menunjukan rencana usaha.Dalam hal ini,para kreditur dan pemasok ingin mengetahui lebih jelas seperti apa kegiatan usaha anda untuk mencapai kesuksesan ke depan.


Demikianlah artikel tentang strategi bisnis membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal.Semoga tulisan ini dapat menginspirasi banyak orang.

Baca juga:


Related Posts