- --> Strategi Bisnis Perusahaan Menghadapi Persaingan Sengit Dalam Pemasaran | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Strategi Bisnis Perusahaan Menghadapi Persaingan Sengit Dalam Pemasaran

|


Taktik/strategi bisnis perusahaan sukses ketika menghadapi Perang Pemasaran.Sebagimana yang kita ketahui,bahwa di dalam dunia bisnis sangat banyak orang yang menjalankan kegiatan pemasaran,dan tentu juga sangat banyak produk atau jasa sejenis atau sama yang banyak tersedia dan di tawarkan.

materi-strategi-bisnis


Dalam pemasaran yang tengah berlangsung persaingan sengit untuk merebut banyak pelanggan,maka perusahaan atau usaha yang sukses biasanya menggelar arau menjalankan berbagai jenis taktik atau strategi bisnis untuk mempertahankan pelanggan bahkan untuk merebut pelanggan-pelanggan baru  di dalam pemasaran..

Strategi bisnis yang jalankan oleh perusahaan yg sukses ini juga bertujuan untuk meredahkan serangan strategi pemasaran yang lakukan oleh para pesaing yang dapat mengancam posisi kekuatan produk dan jasa milik perusahaan sukses di dalam pasar yang telah di kuasai.

Dalam hal ini,perusahaan yang sukses memperkuat posisi produk atau jasa yang sudah di kenal oleh para konsumen maupun pelangga.dan,merasa perlu melakukan tindakan dengan menjalankan strategi pemasaran  yang baru untuk menambah kekuatan posisi produk-produk dan jasa mereka.

"Strategi Bisnis Yang Efektif dan baik dalam pemasaran adalah yang mampu menciptakan sebuah komunitas konsumen.Dan Komunitas konsumen tersebut akan menghasilkan pelanggan yang loyal/setia,sehingga tercipta sekolompok pelanggan yang mati-matian membela brand (nama) dan produk Anda.Dan akhirnya menjadi ujung tombak yang membicarakan/mempromosikan merek produk atau bisnis Anda melalui mulut mereka"

Perusahaan atau usaha yang sukses dan cerdas harus dapat mengetahui ancaman terhadap kekuatan posisi produk atau jasa mereka dengan melihat fenomena yang terjadi di tengah persaingan yg  dapat merebut dan menarik perhatian konsumen/pelanggan mereka.

Dan tentu saja,perusahaan sukses sebelumnya telah melakukan survei atau penelitian pasar.Dan mereka menemukan fakta bahwa para konsumen bisnis mereka bagaikan di serbu atau di serang oleh berbagai produk atau jasa yg sejenis atau sama.

Dalam hal ini.perusahaan yang sukses mempelajari tentang apa yang terjadi di tengah pasar,di mana terdapat puluhan ribu atau bahkan hingga jutaan jenis produk membanjiri dunia pemasaran saat ini,termasuk produk/barang yang sejenis..Dan terdapat ribuan jenis jasa juga membanjiri dunia pemasaran,dan terdapat juga banyak jasa yang sejenis atau sama..Para konsumen pun tinggal memilih mana produk atau jasa yang terbaik dan tepat untuk mereka bayar.

Contoh Fenomena Persaingan Yang Sengit Dalam Dunia Pemasaran
Ribuan perusahaan bersaing dan berlomba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.Saking ketatnya persaingan, barang kebutuhan masyarakat pun menjadi overload atau berlebihan di produksi hingga melebihi jumlah konsumen.Sebagai buktinya,coba Anda selediki sendiri di pasar-pasar atau Super market,di mana jumlah barang yang di pasarkan lebih banyak daripada jumlah pengunjung yang datang,bahkan tidak semua pengunjung yang datang itu langsung membelli.

Di dunia pemasaran online pun juga terjadi hal yang sama.Tak ada bedanya dengan yang terjadi dunia bisnis offline.Anda dan kita semua di serbu oleh produk dan jasa yang di pasarkan di internet.

Taktik/Strategi Bisnis Perusahaan Sukses Ketika Menghadapi Persaingan Sengit Dalam Pemasaran


Tujuan perusahaan sukses dalam menjalankan bisnis yang berhubungan dengan pemasaran yang sebenarnya adalah untuk mempertahankan dan merebut atau menguasai pasar,sehingga dapat meningkatkan pendapatan atau penghasilan dari bisnis yang mereka jalankan.

Arti pasar di sini adalah calon-calon konsumen yang telah siap membeli dan menjadi pelanggan produk atau jasa yang di tawarkan dalam pemasaran..Jika perusahaan mampu membuat atau merancang pemasaran yang terbaik dan tepat maka produk atau jasa tersebut akan menjadi rebutan banyak pembeli,bahkan para pembeli akan menjadi pelanggan setia.

Sebenarnya istilah "Pasar" memilki banyak arti dan pemahaman.Dan pada umumnya orang mengindentifikasi istilah pasar sebagai tempat fisik,di mana pembeli dan penjual bertemu.Sedangkan menurut para ahli ekonomi,bahwa istila pasar adalah sekumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual-beli produk tertentu.

Seperti yang telah di uraikan di atas bahwa,di dunia pemasaran,di mana produk dan jasa membanjiri dunia pasar.Dan khusus produk paling banyak membanjiri pemasaran,sehingga terjadilah yang namanya overload atau kelebihan produk.

Oleh Karena sangat saking banyaknya perusahaan yang berlomba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.Akibatnya adalah kelebihan kapasitas dan terjadilah yang namanya hiperkompetisi.

Oleh karena adanya hiperkompetisi itu,maka sebagai pelaku usaha atau pebisnis Anda perlu merencanan untuk menjalankan strategi  bisnis yang seperti di lakukan peusahaan yg sukses. Dalam hal ini,berarti melakukan tindakan-tindakan serta manajemen yang di perlukan untuk mengelola,dan menjalankan pemasaran yang baik dan efektif dalam bisnis..

Saat ini adalah era pertempuran dan pertarungan pasar.Persaingan-persaingan seru dan perang takti/strategi akan terus berlanjut di dalam pemasaran.Banyak cara yang bisa di lakukan oleh para pemilik usaha atau pebisnis demi memenangkan persaingan atau pertarungan di dunia pemasaran.Berbagai strategi dan taktik pun di jalankan.



Dunia Pemasaran adalah dunia yang penuh dengan musuh dan lawan bersaing.Para pelaku bisnis tidak boleh hanya tinggal diam,karena  para pesaing mungkin akan melakukan strategi untuk menyerang habis-habisan usaha Anda.Dan Anda sudah tentu tidak ingin menjadi korban dalam persaingan habis-habisan bukan?

Seperti apa sih strategi bisnis perusahaan/usaha yang sukses ketika menghadapi perang dan persaingan di dalam pemasaran? Ikuti uraiannya di bawah ini.

Artikel Terkait :4 TEKNIK PEMASARAN UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN DALAM BISNIS MENURUT BRIAN TRACY

Menurut Donald W.Hendan dalam bukunya Batlling for profit,bahwa taktik dan strategi bersaing meningkatkan penjualan itu ada tiga macam,tapi di sini kami hanya menjelaskan dua jenis saja,maksudnya Kami ingin membagikan strategi yang lebih mudah Anda pahami dan gunakan.

Inilah Strategi Bisnis Perusahaan/Usaha KetikaMenghadapi Persaingan Sengit Dalam  Pemasaran


#.Pertama - Win-Win Approach
Strategi bisnis ini fokus kepada bagaimana mempertahankan status quo.Dan merupakan taktik yang praktis dalam meningkatkan volume penjualan.

Dalam pendekatan ini,sasaran utamanya adalah bagaimana setiap perusahaan atau pelaku usaha menggerakan segala daya upayanya agar semua orang semakin membeli lebih banyak,sehingga denagn begitu bisa meningkatkan omzet penjualan  dalam pemasaran.

Di antara taktik/strateg ibisnis dalam kegiatan pemasaran yang di maksud di sini adalah sebagai berikut;

(1).Perusahaan atau pelaku usaha dapat meningkatkan penjualannya kepada kolompok pembeli yang di sebut non user.Untuk menggaet kolompok ini kita harus memeras imaginasi yang kreatif.

(2).Perusahaan atau pelaku usaha di dorong untuk dapat meningkatkan pembelian dari kolompok yang di sebut "present user"

(3).Perusahaan atau pelaku pasar dapat melakukan verifikasi pasar dengan bergerak cepat ke daerah yang di sebut sebagai "New geografical market"

(4).Perusahaan aatu pelaku usaha mencetuskan kerjasama internasional yang menguntungkan dengan kerja sama antara asosiasi perusahaan sejenis untuk merintis dan mensponsori iklan yg memberikan informasi yg luas.

(5).Perusahaan Mencari dan menggunakan saluran distribusi yang baru menjual hasil produksinnya dan bersikeras mempertahankan cara yang tradisional.

(6).Suatu perusahaan dapat menonjolkan manfaat lain atau "New User" dari produk yg di hasilkannya sehingga memperluas target pasar yg di tentukan.

(7).Suatu perusahaan dapat bekerja sama dengan saingannya untuk berbagi hasil mengenai hak paten berdasarkan suatu royalti tertentu sejauh masih lebih menguntungkan.

#.Kedua - Defensive Approach
Pada dasarnya strategi bisnis ini di pergunakan untuk tujuan mempertahankan status quo perusahaan dalam persainagan pemasaran yang ketat..

Dalam menjalam strategi bisnis ini,ada beberapa langkah yang harus di tempuh oleh sebuah perusahaan atau usaha.

Pertama - Melakukan inovasi secara terus menerus.
Dalam hal ini,ide mengenai produk baru dan produk dengan ukuran dalam bentuk baru dapat menghambat pemasaran yang di lakukan oleh para pesaing baru untuk menguasai pasar.

Di samping melakukan inovasi produk,perusahaan juga perlu melakukan suatu peningkatan terhadap pelayanan jasa,jaringan distribusi penyaluran produk,serta tingkat investasi/biaya untuk produk yg baru.

Ke dua - Melakukan serangan balasan dalam pemasaran apabila pesaing menyerang dengan dengan berbagai strategi.
Dalam hal ini,perusahaan harus bergerak lebih agresif dalam pemasaran dengan menempuh berbagai strategi peningkatan untuk menjadi pemimpin dalam pasar.

Ke Tiga - Perusahaan harus sering-sering melakukan serangan pemasaran terhadap lawan bisnis sebelum lawan bisnis menyerang lebih dahulu.

Sebagai contoh: Toshiba melakukan strategi ini dengan melakukan serangan di segala bidang,akhirnya Tosiba berhasil menguasai jalur distribusi dan pengembangan produknya.

Ke empat - Perusahaan perlu mempelajari keadaan pasar secara teliti sehingga selain dapat menahan serangan lawan/pesaing bisnis,perusahaan juga dapat melakukan serangan balasan yang mematikan terhadap pergerakan pemasaran yg di lakukan oleh lawan bisnis.



Related Posts