Wednesday, 9 May 2018

Rahasia Perencanaan Bisnis Yang Jitu Dalam Kewirausahaan Sukses

Baca Juga



Perencanan bisnis yang jitu dalam kewirausahaan sukses sangatlah penting di lakukan oleh setiap wirausaha dan calon wirausaha.Mengapa?Karena dengan perencanaan seperti itu,kita dapat melihat dengan jelas detail dari kegiatan usaha kita,dan memungkinkan bagi kita untuk mengetahui bagian-bagian terkuat dan lemah dari usaha yang akan kita rintis atau jalankan.


Apabila anda membaca sebuah perencanaan bisnis atau bussines plan yang tersusun dengan teratur dan baik dan benar,anda akan menemukan bahwa susunan rencana usaha itu lengkap dan detail.Dalam hal ini,informasi-informasinya di kolompokan menurut bagian-bagian berdasarkan susunan dan kerangka yang baik lagi jelas,sehingga orang lain yang membaca dan melihatnya pun akan dapat menemukan dengan cepat tentang informasi yg di butuhkannya.

Itulah yang biasa juga di sebut sebuah rencana usaha yang kokoh dan hidup bagiakan punya nyawa dan kekuatan yang akan membuat tercapainya sasaran-sasaran atau tujuan usaha.

Sebuah rencana bisnis yang kokoh dan tanpak hidup,menyimpan sebagian kejutan yang sangat menarik dan mampu memotivasi pembacanya.Conth rencana bisnis seperti itu sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang lazim di terima dan di pahami bentuk maupun isinya.

Dan perencanaan bisnis seperti itu,akan menjadi alat kontrol yang berguna dalam menjalankan usaha hingga mencapai sasaran-sasaran atau tujuan-tujuan usaha yang kita inginkan.

Selain itu,dengan membuat rencana usaha tertulis dengan benar,dan menjalankannya di dalam kewirausahaan,maka dengannya kita akan dapat meminimalisir risiko kerugian-kerugian yang akan terjadi,dan dapat menghemat lebih banyak waktu kita untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis yang kita jalankan.

Lazimnya sebuah rencana bisnis yang terstruktur dan benar menurut kaidah kewirausahaan,di dalamnya terdapat masing-masing bagian yang mencakup unsur-unsur tertentu guna menjelaskan sasaran-sasaran usaha Anda yang masuk akal.

perencanaan-bisnis


Banyak orang yang terjun menjadi wirausaha atau pengusaha,namun kebanyakan di antaranya menganggap bahwa membuat perencanaan usaha tidak terlalu penting dan tidak harus di lakukan.Karena katanya,proses cara membuat rencana bisnis itu sangat lama dan hanya akan membuang banyak waktu dan biaya,bahkan akan membuat tertundanya waktu untuk memulai sebuah usaha.

Namun,pada kenyataannya,menurut survei yang di lakukan oleh sebuah lembaga survei kewirausahaan di Amerika,di temukan fakta bahwa,90 persen dari usaha yang di jalankan berdasarkan "Rencana Usaha Yang Tertulis dan di rancang secara baik dan terstruktur dengan benar dan bagus sesuai dengan kaidah kewirausahaan",terbukti mampu berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan besar dalam 2 tahun.

Dan 90 persen usaha yang di jalankan tanpa berdasarkan rencana yang tertulis,gagal dan bangkrut dalam 2 tahun.Benar tidaknya hasil survei tersebut,silahkan tanyakan kembali pada google,dengan kata kunci berbahasa Inggris ataupun Indonesia.

Perencanaan Bisnis Yang Jitu Dan Baik Untuk Mencapai Sukses Dalam Usaha


Logikanya,sebuah perencanaan bisnis tertulis dan tersusun dengan benar adalah sebuah dasar di dalam menjalankan dan mengelolah usaha,yang mengarah pada tercapainya sasaran-sasaran dan tujuan usaha kita,meskipun tidak ada jaminan 100 persen akan mencapai kesuksesan.

Namun,tanpa sebuah perencanaan bisnis yang tertulis,sebenarnya kita sama saja dengan melakukan spekulasi paling berani tanpa perhitungan-perhitungan dan analisa yang matang dan mantap.

Hal itu,bisa menyebabkan tingginya tingkat risiko kerugian dan kegagalan akan sulit kita minimalkan.Dan tentu akan berakibat semakin banyaknya waktu dan uang yang kita perlukan untuk memulai kembali sebuah usaha.

Jika kita kembali pada hukum-hukum ketetapan yang berlaku di alam semesta,sebenarnya memulai usaha dengan langkah dan perhitungan yang benar dan baik serta teratur atau terukur,lebih tinggi peluang suksesnya daripada memulai usaha dengan asal-asalan,dalam arti tidak sesuai dengan kaidah-kaidah kewirausahaan.

Meskipun ada pendapat yang mengatakan bahwa,keberanian adalah kunci utama dalam kesuksesan wirausaha.

Pendapat itu,tidak mutlak 100 persen benar,karena jika kita hanya mengandalkan keberanian saja dalam mencoba-coba suatu peluang bisnis yang menguntungkan,maka kemungkinan peluang bisnis itu menguntungkan bagi kita sangat kecil terjadi.Dan mungkin saja,kita memerlukan hingga 10 kali percobaan baru bisa berhasil.

Secara sederhana analisa perhitungannya adalah seperti contoh yang di uraikan di bawah ini.

Contoh Perbandingan Memulai Bisnis Dengan Perencanaan Tertulis Dengan Benar Dan Terstruktur Vs Tanpa Membuat Perencanaan


Jika seandainya Anda mencoba suatu peluang bisnis yang menguntungkan itu sebanyak 10 kali baru bisa berhasil,tanpa sebuah perencanaan usaha yang baik dan matang,dan dalam setiap kali melakukan percobaan itu anda membutuhkan waktu masing-masing 2 tahun,serta mengeluarkan modal dengan porsi yang sama besarnya setiap kali mencoba.

Misalnya atau katakanlah,masing-masing dengan Rp.10 juta.Itu berarti,anda telah menggunakan waktu selama 18 tahun tanpa menghasilkan keuntungan-Alias rugi waktu selama 18 tahun.Dan anda pun telah menggunakan uang Anda sebanyak Rp.90 juta,dari 9 kali percobaan menjalankan usaha dengan gagal.

Pertanyaan pun muncul untuk anda jawab..
Manakah lebih Anda pilih dan utamakan,memulai usaha berdasarkan hasil survei di mana anda harus membuat perencanaan usaha yang baik dan benar terlebih dahulu,atau langsung memulai usaha dengan asal mencoba tanpa adanya perencanaan usaha yang di buat dengan baik dan matang?

Pikirkan dan renungkan sekarang juga sedalam-dalamnya,bahwanya satu orang pengusaha yang menjalankan usaha sesuai rencana bisnis ang tertulis dan tersusun dengan benar dan baik sesuai kaidah kewirausahaan,akan mampu mengalahkan 100 pesaing usaha yang sama tetapi tidak berdasarkan rencana usaha yang benar dan tersusun dengan baik.

Dan ingatlah,bahwa terjun memasuki sebuah usaha sama halnya dengan terjun kedalam medan peperangan.Dan pada umumnya,setiap peperangan selalu di menangkan oleh mereka yang membuat rencana strategi perang yang terbaik.Karena perencanaan yang baik dan benar adalah bagian dari ihktiar pertama sebelum memulai sesuatu urusan dan usaha.

Pendeknya,beranilah memulai usaha berdasarkan perencanaan tertulis dengan tersusun dan benar.Dan luangkan sedikit waktu untuk merancang perencanaan usaha dengan mengikuti kaidah-kaidah kewirausahaan yang sukses seperti di paparkan di dalam postingan artikel ini.

perencanaan bisnis yang baik dalam kewirausahaan


Harap Di Baca Belajar Cara Cerdas Memullai Bisnis Dari Nol Agar Cepat Sukses & Selalu Menguntungkan

Saudaraku Wirausahawan dan calon Wirausahawan yang sama terhormat...

Apakah Anda ingin sukses dalam merintis usaha atau perusahaan?Dan ingin mencari bantuan pendanaan untuk modal usaha yang Anda butuhkan?

Mulai saat ini,persiapkan diri Anda untuk menyususun sebuah rencana bisnis yang terstruktur dengan baik dan benar menurut kaidah kewirausahaan yang sesungguhnya.

Artikel ini,menyajikan materi perencanaan usaha yang terstruktur dengan baik dan benar dan sesuai dengan kaidah kewirausahaan yang sukses.Membaca artikel ini secara tuntas dan saksama,anda akan menemukan ide-ide tentang informasi apa saja yang harus di tuangkan kedalam sebuah perencanaan usaha yang sukses.

Dan Anda akan menemukan informasi-informasi yang menjelaskan manfaat-manfaat lain membuat rencana usaha yang benar.

Bagi Anda yang sedang menjalani tugas kuliah kewirausahaan,maka anda bisa membuat makalah perencanaan bisnis kewirausahaan dengan mengambil isi artikel ini sebagai bahan dasar referensi.Dan materinya di sajikan secara jelas untuk untuk Anda.

Selain itu juga di sertai dengan penjelasan-penjelasan pada setiap bagian struktur rencana usaha,sehingga lebih mudah di cerna dan di pahami. 

Bagaimana Proses Dasar Membuat Perencanaan Bisnis Yang Terstruktur Dan Benar Menurut Kaidah Kewirausahaan?

Sebuah perencanaan bisnis yang benar adalah memuat informasi-informasi yang masuk akal. Dalam hal penyusunan atau pembuatan rencana bisnis,itu yang perlu dan harus Anda lakukan sebelumnya adalah analisa dan penelitian secara intensif,terhadap industri bisnis yang Anda masuki.yang mencakup hal-hal sebagai berikut:
#.Anda harus memikirkan jenis usaha yang di jalankan,juga kebutuhan-kebutuhan Anda,dan hal-hal terpenting bagi kesuksesan usaha atau perusahaan Anda,maupun tujuan-tujuan keseluruhan yang Anda ingin capai dengan cepat dan tepat.Misalnya,dengan memastikan untuk menentukan,berapa banyak dana atau uang yang akan Anda butuhkan untuk merintis atau mengembangkan usaha Anda,dan kapan Anda pergunakan,serta bagaimana Anda dengan dana yang di butuhkan tersebut dapat menciptakan usaha yang sukses.
#.Tentukan kerangka waktu ketika Anda berbicara mengenai sasaran-sasaran usaha.
#.Tentukanlah juga dengan jelas jangkauan dan batas usaha Anda,seperti keuangan,manufaktur,pemasaran,distribusi produk dan jasa,sistem penjualan eceran atau perdagangan secara partai/grosir besar.
#.Tentukan juga misalnya,atau seandainya rencana usaha Anda untuk tujuan oprasi-oprasi bisnis tertentu.Dan jelaskanlah sasaran-sasaran Anda untuk penelitian dan pengembangan,atau rekayasa manufaktur,dan penyaluran.
#.Anda juga perlu mempertimbangkan cara pemasaran usaha Anda,meliputi periklanan,promosi,dan team penjualannya.Dan pada lazimnya,Anda perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang telah teruji.Dalam hal ini,siapa,apa,di mana,kapan,mengapa,bagaimana,untuk apa,dan berbagai pertanyaan tambahan yang memungkinkan Anda mendapatkan ide dan gagasan serta jawabannya.
#.Selain itu di sarankan agar menyelesaikan penelitian sebelum menulis dan menyusun rencana usaha Anda itu.Dengan memulai mengumpulkan berbagai macam informasi mengenai industri usaha Anda pada umumnya dan usaha itu pada khususnya.Dan tetaplah bersikap terbuka bagi penemuan-penemuan.Karena mungkin Anda akan mengubah sedikit hal penting dalam usaha Anda,sewaktu Anda menemukan fakta-fakta baru.
#.Satu hal yang penting juga di lakukan sebelum memulai membuat perencanaan usaha adalah yaitu,berbicara dengan pesaing-pesaing atau dengan orang lain dalam kegiatan usaha yang anda rencanakan untuk anda jalankan itu.Dan tentu saja harus memilih pemilik-pemilik usaha/perusahaan yang tidak langsung bersaingan dengan usaha yang akan anda masuki.

Karena mungkin mereka hanya melayani pasar berdasarkan geografis yang berbeda atau menjual produk-produk atau jasa-jasa ke dalam suatu pasar yg sedikit berbeda dari pasar-pasar Anda..

Selain itu,jaringan para pesaing yang dpat menjadi orang-orang kepercayaan bisnis Anda tidaklah sulit menemukannya,tetapi anda mungkin harus mengunjungi sejumlah orang sebelum menemukan orang-orang yang dengan secara terang-terangan bersedia menjelaskan tentang kegiatan usaha itu.
Setelah Anda mengumpulkan informasi dan mengetahui cukup banyak mengenai usaha Anda,selanjutnya adalah meluangkan sedikit waktu pada diri Anda untuk menyusun fakta-fakta terkait usaha yang anda temukan itu menjadi sebuah strategi bisnis yang sehat dan masuk akal,serta di nyatakan dengan jelas.

Inilah peluang besar anda untuk menyusun sasaran-sasaran perencanaan usaha Anda,di mana anda bisa dengan mudah mengembangkan garis-garis besar oprasi serta pendanaan dalam usaha.

Barulah setelah itu anda dapat memutuskan jenis pendanaan mana yang akan anda butuhkan,apabila anda ingin meminjamnya.Dan berikan tenggang waktu yang akan anda butuhkan untuk mencapai titik impas dan membayar pengembalian untuk pinjaman itu.

"Sebuah kenyataan penting yang perlu Anda ingat ketika mempersiapkan rencana usaha Anda ialah bahwa Anda tidak mutlak harus menulisnya dengan menuruti aturan yang sama seperti di sajikan dalam contoh di bawah."

Namun,Yang Anda perlu lakukan adalah mengurus saja yang penting-penting terlebih dahulu,atau dalam arti,detail-detailnya dapat menyusul kemudian.

Berikut Ini Panduan Dasar Proses Membuat Rencana Usaha:

  1. Sebuah rencana usaha harus di beri sampul.Dan buatlah sampul itu rapi dan ukurannya tepat guna melindungi bahan-bahan Anda.
  2. Cantumkan sebuah halaman judul dan tempatkanlah nama usaha atau perusahaan di situ,beserta nama para tokoh yang ikut serta dalam menjalankan usaha,(untuk usaha perorangan cukup mencatumkan nama pemilik usaha yg merangkap pelaksana).
  3. Catumkan juga alamat usaha/perusahaan beserta nomor teleponnya.
  4. Pertimbangkan juga untuk menghiasi halaman judul Rencana usaha tersebut dengan logo yg profesional dan pantas bagi usaha/perusahaan anda.
  5. Jika anda mengkhususkan sampul rencana usaha itu bagi para pemberi pinjaman atau pun para investor tertentu yang membantu mendanai usaha Anda,maka melakukannya akan menambah pengaruhnya secara dramatis,yang mana mereka akan menilai,bahwa Anda dan usaha Anda cukup profesional dan layak di bantu dalam hal pendanaan.
Berikutnya adalah...

Pernyataan Dan Maksud Ringkasan Rencana Usaha
Ringkasan yang di maksud adalah yang menyajikan sebuah pandangan yang memberikan gambaran selintas terhadap rencana usaha anda dan pendanaan yang anda di butuhkan kepada pembacanya.

Dalam ini,jika pembacanya adalah calon pemberi pinjaman atau calon investor,atau para pemasok peralatan maupun barang-barang berupa produk dagangan dan barang invetaris usaha.Hal ini sangat penting.

Perlu di ingat,terlalu sering kebutuhan-kebutuhan pendanaan itu terpendam di tengah-tengah rencana usaha tersebut.Jadi,jelaskan apa yang Anda minta dalam pernyataan ringkasan itu.

Meskipun pernyataan maksud tak dapat di selesaikan dengan angka-angka aktual sampai anda selesai menghitung kebutuhan-kebtuhan maodal usaha anda.Tetapi,anda dapat menulis kalimat sementara dengan angka yang bisa di isi kemudian.

Ringkasan tersebut harus mengungkapkan kejelasan sifat kegiatan usaha tersebut yang meliputi:
  1. Bentuk legal oprasinya,misalnya-badan usaha perorangan,firma,perseoran terbatas(PT),kerjasama antar rekanan dsb.
  2. Jumlah dan maksud pinjaman yang di minta
  3. Jadwal pembayaran kembali yg di minta.
  4. Modal milik anda sendiri yang di investasikan
  5. Rasio modal sendiri dan utang setelah pinjaman di terima 
  6. Jaminan atau agunan
Anda sudah paham maksud dan pengertiannya bukan?

Jika belum,inilah penjelasannya,mengapa anda harus membuat ringkasan-ringkasan rencana usaha seperti itu.

Ketahuilah bahwa,maksud dan tujuan membuat ringkasan-ringkasan rencana usaha seperti itu,akan dapat mempermudah bagi pemberi bantuan pinjaman untuk mengetahui keinginan2 dan kemampuan-kemampuan anda,agar mereka dapat menentukan kebijakan mereka secepatnya.

Dan tidak lagi memboroskan banyak waktu anda maupun waktu mereka apabila usaha anda tidak cocok atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi mereka.

Sekalipun rencana usaha itu tidak di pergunakan untuk maksud dan tujuan mencari pinjaman,namun tetap saja pernyataan tujuannya harus di buat singkat dan jelas.Tips dan saran,agar sebaiknya jangan di buat lebih dari satu halaman.

Membuat Daftar Isi Rencana Usaha


Ketahuilah bahwa,lazimnya setiap wirausahawan sukses,tidak lupa membuat daftar isi rencana usaha yang mereka jalankan.

Hal itu penting dan berguna agar orang-orang yang melihat rencana usaha tersebut dengan mudah menemukan informasi penting tertentu dengan cepat,dan tidak membuang banyak waktu mereka mempelajari semua kerangka setiap bagian dari rencana usaha anda.



Bukan saja hanya bermanfaat bagi orang lain,daftar isi tersebut tentu juga akan bermanfaat bagi Anda,ketika mempelajari rencana usaha tersebut.

RANCANGAN STRUKTUR POKOK  DALAM RENCANA BISNIS


1.Deskripsi Usaha
 
Membuat deskripsi usaha dalam perencanaan usaha juga sangat perlu dan pernting,karena deskripsi berguna untuk mengetahui,apakah kegiatan usaha tersebut merupakan konsep setengah-setengah atau khusus?

Dan apakah usaha atau perusahaan itu baru di mulai,atau sebuah gagasan untuk perluasan atau pengembangan,atau sebuah waralaba?

Gambarkanlah industri mana kegiatan usaha anda akan di jalankan,dan tuliskan peluang-peluangnya sekarang maupun kemungkinan-kemungkinannya di masa datang.

Jelaskan juga berbagai segmen pasar sasaran di dalam industri itu,termasuk produk-produk baru atau pengembangan-pengembangan produk baru yang akan bermanfaat maupun akan merugikan kegiatan usaha anda.

Tentukan gambaran usaha anda,apakah perusahaan itu sebuah kegiatan perdagangan partai besar,eceran,manufaktur,atau berfokus pada penjualan jasa.

Jelaskan juga status usaha tersebut,baik yang sudah ada atau baru beserta bentuknya-misalnya badan usaha perorangan,atau perseroan terbatas(PT).

Sebutkan juga hari-hari dan jam kerja dalam usaha tersebut,dan sebutkan fluktuasi musimannya dan bagaimana anda akan menghadapi atau mengatasi variasi-variasi tenaga kerja serta jebakan-jebakan lain yang di timbulkannya.

Yang perlu di ingat;pada tahap ini,yang di kejar adalah sebuah garis besar,bukannya suatu deskripsi panjang dan mendetail mengenai produk-produk atau jasa yang ingin anda pasarkan.

2.Analisa Pasar

Informasi analisa pasar sangat perlu menjadi bagian dari rencana usaha anda.Dalam hal ini anda harus mencari informasi yang di butuhkan untuk sebuah analisis pasar dengan menjalankan sebuah survei pasar dengan teliti.

Lakukanlah survei pasar dengan teliti,lalu perincilah jumlah angka-angka bagi kegiatan usaha anda berdasarkan informasi yang anda temukan.Tekankan kemungkinan pertumbuhan bagi pasar sasaran Anda atau faktor-faktor demografis yang menguntungkan lainnya.

Setelah anda memastikan bahwa pasar sasaran anda cukup potensial dan menguntungkan,serta mampu mendukung kegiatan usaha Anda secara berkesinambungan,selanjutnya periksalah persaingan di dalamnya.

Buatlah daftar pesaing anda,empat atau lima pesaing yang ada di lokasi terdekat,dan cantumkan nama-nama dan alamat usaha/perusahaan mereka.

Biasanya persaingan seringkali merupakan sumber informasi yg lebih baik dari setiap perpustakaan dan konsultan bisnis manapun,karena melalui pesaing-pesaing anda tersebut,anda akan dapat melihat dari tangan pertama bagaimana pekerjaan industri tersebut.

Hal itu bermanfaat bukan hanya bagi mereka yang membaca dan mengevaluasinya perencanaan usaha anda,melainkan juga akan bermanfaat bagi anda sebagai pemilik usaha.

Selain itu,tentukan pula kelebihan dan karakteristik usaha Anda dengan  usaha yang di jalankan para pesaing,dengan menjawab pertanyaan sejumlah pertanyaan di bawah ini.

"Bagaimanakah perbedaan oprasi-oprasi kegiatan usaha pesaing anda dengan oprasi kegiatan usaha yang anda rencanakan?"
"Bagaimana oprasi kegiatan usaha anda bisa menang terhadap oprasi-oprasi kegiatan usaha pesaing anda?"
"Seberapa jauh kesuksesan usaha yang mereka jalankan?"
"Apakah oprasi-oprasi usaha mereka mantap?"
"Apakah para pesaing meningkat atau merosot?Dan mengapa?"
"Apakah kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan masing pesaing yang terpenting?"
"Apakah yang akan dapat lakukan untuk memanfaatkan kelemahan-kelemahan usaha pesaing?"
"Dan bagaimana kelemahan-kelemahan-kelemahan mereka akan membantu membuat usaha anda menjadi menguntungkan?"
"Bagaimana Anda melakukan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan dalam bisnis yang sama dengan pesaing?"

Gunakan hasil-hasil analisis persainagn ini untuk menjelaskan bagaimana kegiatan usaha anda akan berbeda dengan kegiatan usaha saingan anda.

Dengan membuat perbedaan,maka uasha anda akan memiliki daya saing yang kuat terhadap usaha para pesaing.

Misalnya,boleh jadi usaha anda lebih baik dari yang lain-lain,karena anda memiliki kelengkapan produk.

Atau anda memiliki banyak pemasok produk-produk dan peralatan usaha anda.Atau anda menyediakan layanan purna jual,sedangkan para pesaing tidak melakukan hal yang sama.

Penting untuk di ingat,bahwa semua jawaban-jawaban tentang kelebihan atau perbedaan usaha anda dengan usaha para pesaing,harus anda cantumkan kedalam rencana usaha anda,untuk menjadi alat kontrol di dalam menjalankan kegiatan-kegiatan usaha anda nantinya. 

cara membuat rencana bisnis


Selanjutnya..

3.Strategi Pasar
Menentukan starategi pasar di dalam perencanan usaha juga sangat di perlukan didalam kewirausahaan.Hal ini dapat anda lakukan setelah selesainya penelitian pasar yang anda lakukan.Dan sebaiknya anda memiliki landasan di ujung jari anda bagi keseluruhan strategi usaha anda.


Anda dapat memulai dengan sebuah ringkasan singkat analisis pemasaran anda.Dan rencana keseluruhan itu menentukan kebijakan strategi pemasaran tadi.

Selain itu,renacana keseluruhan itu juga,akan memberitahukan kepada pemberi pinjaman setepatnya,tentang bagaimana langkah anda dalam menjalankan strategi pemasaran anda.Dalam arti,taktik-taktik mana yang akan anda gunakan,dan perbedaan apa saja yang ada di usaha anda,sehingga akan memacu di terimanya produk atau jasa itu di pasaran.

Bukan hanya itu saja,di sini juga para investor akan menghendaki informasi mengenai penetapan harga dalam bagian perencanaan itu.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penentuan harga anda mencakup hal-hal yang meliputi Jenis oprasi yang anda miliki,misalnya partai besar,eceran,menarik konsumen kelas atas,dan seterusnya.

Yang penting juga adalah harus akrab dengan struktur pemberian harga di dalam industri anda,serta sanggup membenarkan kebijakan-kebijakan penentuan harga anda yang khusus.

Anda juga perlu menyediakan struktur-struktur komisi,dan rencana-rencana jangka pendek maupun jangka panjang.Dan cantumkan juga contoh-contoh praktik penentuan harga pesaing-pesaing anda.

Sebuah jadwal penjualan dan anggaran penjualan juga akan sangat bermanfaat dan membantu dalam bagian perencanaan usaha ini.Mengapa?

Karena dengannya,anda akan dapat dengan mudah menjelaskan dan menentukan tentang kapan di mulainya penjualan,dan kapan saat penyerahan,dan berapa biaya-biaya pemasaran,dan setiap keterlambatan2 yang diperkirakan.

Mungkin hal ini,juga bergantung dari jenis usaha yang anda masuki,namun pelayanan pelanggan tetap merupakan bagian terpenting yang tidak boleh anda kesampingkan dalam rancangan perencanaan usaha anda.

Layanan pelanggan biasanya mencakup kebijakan-kebijakan pengembalian yg akan di lakukan perusahaan anda,masa berlakunya jaminan atau garansi-garansi.Poin ini harus anda tekankan sebagai alat pendukung pemasaran yang sukses,jika hal tersebut anda perlukan untuk mempercepat tercapainya tujuan-tujuan usaha anda.

Jangan lewatkan untuk menyimak 10 Tips Sukses Merintis Bisnis Beromset Milyaan Dari Nol Yang Terbukti Menguntungkan

Jangan lupa,untuk memfokuskan rencana pemasaran anda,paparkanlah bentuk-bentuk cara pemasarannya,misalnya dalam bentuk pemasangan iklan yg paling sesuai dengan jenis promosi-promosi yang anda rencanakan.

Karena iklan promosi itu sangat penting juga dalam setiap kegitan usaha.Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari Rahasia Sukses Meningkatkan Omset Bisnis Hingga 2000% Dengan Cepat Lewat Promosi.

Bisa saja,program promosi-promosi yang akan anda rencanakan itu sudah bisa membuat usaha atau perusahaan anda menjadi unik dan menarik sebagai sebuah investasi.Dan tentukanlah suatu perkiraan anggaran iklan yang akan anda lakukan.

4.Rancangan Rencana Pengembangan Usaha
Poin ini juga harus anda paparkan kedalam susunan rencana usaha anda.Namun,jika anda telah mengembangkan sebuah ide mengenai produk atau jasa,dan telah ,memiliki kesempurnaan komponen-komponen yang sudah layak di pasarkan,maka bagian ini tidak lagi di perlukan.


Apabila anda telah mengembangkan suatu ide bukan produknya,atau telah mempunyai rencana-rencana untuk memperbaiki produk yang ada,atau usaha anda merupakan suatu usaha yang sedang berkembang dengan rencana-rencana untuk memperkenalkan sebuah produk baru,maka bagian ini,akan menjadi sangat penting untuk rancangan rencana usaha itu.

Saran artikel yang perlu anda baca : 12 Kunci Sukses Meningkatkan Penghasilan Bisnis Yang Berfokus Kepada Kepuasan Pelanggan

karena masalahnya,para investor penanam modal dan pemberi pinjaman ingin mengetahui kemajuan pengembangan setiap konsep produk atau jasa,juga biaya-biaya yang berkaitan dengan barang yang laku di jual,serta perkiraan waktu yang di butuhkan untuk membawanya ke pasaran.

5.Rencana Kegiatan-Kegiatan Oprasi usaha
Membuat dan menentukan rencana kegiatan-kegiatan oprasi-oprasi usaha yang akan di jalankan juga sangat penting dalam pembuatan renacana usaha.

Sasaran pertama anda dalam kegiatan oprasi usaha adalah untuk memaparkan bagaimana usaha atau perusahaan yang anda gagas itu akan menjalankan kegiatan bisnisnya.

Di dalam hal ini,anda berarti harus membahas atau memaparkan faktor-faktor seperti,misalnya,apa sesungguhnya yang di perlukan di lokasi pabrik,apa peralatan yang di butuhkan,dan pembelian serta manajemen persedian.

Singkatnya,paparkan dan jelaskanlah garis-garis besar yang penting tentang bagaimana kegiatan usaha itu akan tersusun dan bagaimana usaha itu akan berjalan semestinya sehari-hari.

Bagian renacna usaha ini,merupakan bagian yang terpenting,karena anda dan para pembaca rencana usaha tersebut dengan begitu mudah melihat dan mengetahui arah yang akan di tempuh oleh usaha atau perusahaan anda selama beberapa tahun yang akan datang.

Dalam arti,bahwa segala sesuatu hal lain di dalam rencana anda,harus konsisten dengan rencana-rencana ini.

Mengapa bagian-bagian ini sangat penting dalam sebuah perenacnaan usaha?

Alasannya juga,karena setiap orang yang memberi pinjaman uang untuk pembiayaan sebuah usaha selalu mencari yang konsisten.

Apabila anda berencana untuk membuka sebuah usaha toko eceran atau penjualan produk makanan,maka dalam bagian ini,cantumkanlah sebuah analisis lokasi secara saksama.

Dan berikan penekanan alasan mengapa lokasi pendirian usaha anda merupakan lokasi paling strategis yang anda sukai.

6.Rancangan Struktur Manajemen Dalam Perencanaan Usaha
Dalam struktur manajemen perencanaan usaha,anda perlu menyertakan sebuah denah yang menjelaskan posisi-posisi pemimpin penting perusahaan tersebut dan siapa orang yang akan mengisi masing-masing jabatan itu.

Dalam hal ini,pada dasarnya,pengusaha sukses menyusun rumusan-rumusan jabatan orang-orang yang paling dekat atau berpengalaman dengan kegiatan usaha itu,sambil mencari jawaban tentang pertanyaan,siapa melakukan apa,di mana,bagaimana dan mengapa itu penting bagi setiap kegiatan usaha agar berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

Ringkasan lengkap masing-masing orang dalam kelompok pemimpin harus anda cantumkan dalam bagian struktur manajemen perencanaan usaha tersebut.  .


7.Membuat Jadwal Keseluruhan Dalam Rencana Usaha
Di dalam membuat rancangan perencanaan uasha,anda juga perlu mencatumkan sebuah jadwal yang memerinci saat-saat yang tepat untuk memulai,perluasan atau pengembangan,dan jumlah-jumla dana permodalan yang di butuhkan.

Jadwal-jadwal ini akan memperlihatkan penentuan waktu serta keterkaitan peristiwa-peristiwa penting yang perlu guna meluncurkan usaha anda.

Jelaskan dan gambarkan awal usaha atau perusahaan anda itu dan harapan pertumbuhan anda selama tiga tahun mendatang.

Jelaskan juga strategi anda dalam rangka pertumbuhan penjualan dan laba.

Namun apabila anda memulai sebuah usaha pusat peralatan rumah tangga yang kecil di sebuah toko serba ada,misalnya,dan mempunyai rencana untuk tumbuh menjadi sebuah usaha toko peralatan rumah tangga tersendiri dalam waktu tiga tahun,maka buatlah perincian bagaimana perluasan itu serta perubahan tersebut akan berlangsung.

Karena jelas,jelas anda akan membutuhkan banyak ruang,lebih banyak uang,dan lebih banyak persediaan stok barang,dan lebih banyak tenaga kerja pendukung..

Anda juga perlu memberitahu pemberi pinjaman bagaimana sumber-sumber ini terhimpun untuk menjamin pertumbuhan yang akan datang.

Atau pastikan bahwa penjadwalan itu juga mencantumkan setiap batas waktu atau peristiwa atau kemungkinan-kemungkinan cadangan  yang penting untuk kesuksesan usaha.

8.Racangan Informasi Dan Laporan Keuangan
Di dalam kewirausahaan,setiap usaha yang besar mupun yang kecil,baik yang baru maupun lama,membutuhkan sebuah rencana pendanaan sebagai penuntunnya.

Tak peduli,apakah anda menganggap ini sebagai rencan oprasi,sebuah ramalan,sebuah perkiraan atau proyeksi,namun rencana keuangan ini harus memperlihatkan kemungkinan laba atau rugi,dan aliran uang tunai anda selama beberapa tahun pertama berjalan.


Menyusun perkiraan-perkiraan ini,barangkali merupakan bagian paling sulit dalam mempersiapkan rencana usaha anda.

Agar anda lebih mudah menyusun informasi keuangan dalam perencanaan usaha,sebaiknya gunakan jasa akuntan keuangan.

9.Keterangan Pendapatan
Keterangan pendapatan terbagi menjadi beberapa bagian terkait dengan "uang masuk dan biaya".Dalam kewirausahaan dan khususnya dalam perencanaan perusahaan besar maka keterangan pendapan biasanya mencakup hal-hal berikut ini;
a.Penghasilan dari Penjualan
b.Biaya Penjualan
c.Laba kotor
d.Biaya-biaya lain
e.Biaya gaji
f.Perbekalan
g.Perbaikan-perbaikan dan pemeliharaan
h.Biaya Iklan
i.Mobil,penyerahan dan perjalanan
j.Biaya Sewa
k.Biaya telpon
l.Jasa-jasa layanan umum
m.Asuransi
n.pajak-pajak
o.Bunga pinjaman
p.Keseluruhan biaya
q.Laba bersih-Kurangkanlah laba kotor dengan jumlah biaya-biaya

10.Proyeksi-Proyeksi Arus Uang Tunai


Sewaktu memperkirakan proyeksi-proyeksi arus uang tunai,ada baiknya anda harus memahami bahwa laba dengan tersedianya uang tunai bukanlah hal yang sama.

Di dalam kewirausahaan,tidaklah aneh bagi sebuah perusahaan bila menghadapi krisis uang tunai,bahkan sewaktu penjualan serta laba yang semakin besar pun,terkadang akan tetap terjadi kekurangan uang tuani.

Oleh karena itu,perlu mempersiapkan jadwal terpisah yang khusus meproyeksikan arus uang tunai,yang akan menjelaskan keseluruhan uang tunai yang masuk,serta keseluruhan pengeluaran uang tunai,dalam setiap bulannya selama satu tahun.

Dan itu dapat dengan mudah di perhitungkan setelah kita melakukan persiapan proyeksi-proyeksi yang tepat bagi penjualan dan biaya-biaya.

Setiap proyeksi uang tunai itu sangat penting buat kita,agar berhasil mengelola pendapatan-pendapatan dan pengeluaran-pengeluaran agar uang tuani selalu tersedia untuk memenuhi biaya-biaya dan pembayaran utang.

Dengan begitu dalam proyeksi-proyeksi,kita harus bersungguh-sungguh memperhatikan waktu serta memperhitungkan jarak waktu antara penjualan yang terjadi dengan penagihan piutang dagang maupun kewajiban-kewajiban utang tertentu.

Jika Anda tidak merasa kesulitan melakukan proyeksi-proyeksi,anda bisa menggunakan akuntan untuk mengerjakan persiapan sebuah laporan arus tunai selama 12 bulan.Atau silahkan simak Cara Jitu Mengelolah Keuangan Usaha Untuk Kesuksesan Berwirausaha.

11.Informasi Pendukung
Yang terakhir dari inti pokok perencanaan bisnis adalah yakni informasi pendukung.Di sini ada suatu judul longgar bagi keterangan pendukung.

Ini adalah bagian yang memungkinkan kita untuk melengkapi kegiatan usaha kita dan menggunakan karakteristi kepribadian dan kreatifitas kita untuk memperoleh pinjaman atau pendanaan.

Di sini kita juga perlu memikirkan semua dokumen pendukung sebagai suatu hiasan.

Dua hal yang penting adalah dimana dokumen-dokumen itu harus ada kaitannya agar hasilnya baik.Dokumen itu harus di anggap sebagai sasaran pemasaran.

Jika anda misalnya mempunyai keterlibatan-keterlibatan dengan para calon klien,cantumkanlah latters of intent  dalam hal ini adalah pernyataan maksud mereka untuk berusan dagang dengan anda.Yang lebih baik lagi ialah surat-surat pesanan yang telah masuk.

Contoh daftar-daftar lain yang anda tambahkan pada dokumen-dokumen pendukung anda antara lain:
-Paten-paten dari hak cipta
-Bahan-bahan promosi
-Data demografis
-Persyaratan-persyaratan asuransi
-Dan persyaratan-persyaratan perizinan
-Hal-hal lain yang menurut anda membuktikan potensi kesuksesan usaha atau perusahaan anda.

Selesai 

Artikel Terkait:Contoh Proposal Usaha Yang Benar Dan Layak Di Gunakan Untuk Mencari Bantuan Permodalan

Demikianlah tulisan tentang ccntoh perencanaan bisnis yang terstruktur dan benar sesuai kaidah kewirausahaan.Semoga dapat bermanfaat untuk gunakan sebagai bahan referensi.Oh ya,jika anda berkenan dan bersenang hati,silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk membantu membagikan tulisan ini kepada teman-teman anda yang lain dan mungkin membutuhkan.Mereka pasti senang dengan tulisan yang anda bagikan ini.


0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts