- --> Top Ide Peluang usaha Modal Kecil 100 Ribu Menjanjikan Untung Jutaan Per Minggu | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Top Ide Peluang usaha Modal Kecil 100 Ribu Menjanjikan Untung Jutaan Per Minggu

|
Kabar baik,artikel yang berjudul Top Ide Peluang usaha modal kecil 100 ribu menjanjikan untung jutaan per minggu ini menularkan inspirasi dan motivasi usaha kepada anda untuk meraih keuntungan besar dengan cepat.Oleh karena itu,silahkan baca dan simak dengan baik uraian dan penjelasan lengkapnya,agar anda tidak gagal paham.

Asal tau saja, Banyak orang yang mau berwirausaha di bidang perdagangan dengan cara buka usaha di rumah atau di toko tetapi bingung mau jualan apa bagus,laris,cepat laku,dan menguntungkan dengan cepat.Ada juga yg mau cepat jadi pengusaha kaya dan sukses tetapi bingung cari peluang bisnis paling laku setiap hari tanpa modal besar.



Mungkin artikel ini bisa membantu anda yang sedang mencari ide jenis peluang bisnis atau usaha dagang yg sederhana,dan menguntungkan di mana hanya dengan modal kecil-kecilan yang minim yakni mulai Rp.100 ribu - Rp.500 ribu tetapi bisa langsung untung sampai ratusan ribu perhari atau jutaan rupiah dalam setiap minggu secara halal.

Dalam menjalankan peluang usaha ini,idealnya jumlah modal yang di gunakan sebenarnya sekitar Rp 300 ribu -an saja.Tetapi,tidak boleh juga sampai melebihi Rp.1 juta.Dan tidak bagus juga hanya menggunakan modal terlalu kecil yaitu Rp.100 ribu -an,karena jika terlalu kecil juga kurang menjamin tingginya peluang sukses menghasilkan keuntungan besar sampai ratusan ribu per hari.

Ide peluang usaha modal kecil yang sederhana dan menguntungkan ini merupakan jalan yang paling mudah  untuk memutar uang anda agar dapat menghasilkan keuntungan besar  secara tunai dengan cepat tanpa perlu harus membuka usaha dengan modal yang besar.Karena merintis usaha sendiri dengan modal besar yang anda inginkan belum tentu juga langsung menghasilkan keuntungan sampai eatusan ribu rupiah di hari pertama usaha dibuka.Dan tentu resikonya sangat besar.

Dalam hal ini,apabila anda adalah seorang wirausahawan pemula,alangkah baiknya anda mencoba dulu belajar cara memulai usaha dari modal kecil-kecilan yang di sampaikan disini,karena mungkin saja kesuksesan anda memiliki bisnis dengan omset dan penghasilan besar hingga miliaran berawal hanya dari ide peluang usaha kecil yang sederhana dengan modal kecil mulai Rp.100 ribuan sampai Rp.500 saja saja.

"Nasib seseorang dalam menjalankan usaha hanya Tuhan yang tahu,tetapi nasib seseorang dalam menjalankan usaha tergantung dari orang itu sendiri melalui sebab-sebab yang dijalaninya".

Ide Peluang usaha Modal Kecil 100 Ribu - 500 Ribu Menjanjikan Untung Jutaan Per Minggu

Di dunia wirausaha khususnya di bidang perdagangan atau pemasaran ada-ada saja cela atau peluang usaha menguntungkan yang bisa kita manfaatkan untuk mulai menghasilkan uang tunai dengan cepat untuk membantu perekonomian keluarga.

Banyak orang yang tertunda impiannya untuk memulai bisnis sendiri karena alasan belum cukup modal,atau tidak punya uang untuk modal memulai ide bisnis menjanjikan keuntungan besar yang mereka pikirkan.

Alasan lain bagi orang yang menunda-nunda waktu untuk terjun jadi pengusaha atau pedagang adalah karena takut dengan risiko yang bisa menyebabkan hilangnya modal besar yang dia gunakan di dalam sebuah usaha atau bisnis yang dia jalankan.

Oleh karena alasan-alasan seperti itu,penulis mencoba berbagi info menarik tentang ide pintar cara memanfaatkan cela atau peluang di dalam usaha dagang barang yang menguntungkan,yang bisa di langsung mulai dengan modal kecil minimal Rp.100 ribu - 500 ribu saja.

Jika anda ingin segera mulai menghasilkan uang tunai buat menambah pendapatan bagi ekonomi keluarga,cobalah ide bisnis dengan memanfaatkan peluang di dalam usaha dagang barang yang menguntungkan di pasar tradisional.

Sungguh sayang,jika anda tidak berani mencoba untuk memanfaatkan cela atau peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar dengan cepat ini.

Jadi,jika memang benar anda adalah seorang pemula yang baru mau terjun ke dunia wirausaha bisnis,stop dulu memikirkan bagaimana cara membuka usaha rumahan sendiri dengan modal yang besar,atau stop dulu untuk mencoba membuka usaha toko sendiri dengan modal besar di luar rumah anda.

Coba memanfaatkan dulu cela atau peluang di usaha dagang modal kecil-kecilan yang bisa langsung menghasilkan keuntungan tunai sampai ratusan ribu rupiah di hari pertama memulainya.

Peluang bisnis modal kecil yang sederhana ini sangat cocok bagi pemula yang baru mau mencoba untuk terjun ke dunia wirausaha,khususnya dalam usaha yang bergerak di bidang perdagangan yang melakukan jual beli barang untuk mendapatkan keuntungan yang di inginkan.

Cara berbisnis ini benar-benar tidak membutuhkan modal besar,karena kita tidak perlu menyewa lokasi strategis untuk tempat usaha dengan biaya sewa yang mahal,karena sarana tempat usaha untuk berdagang yang kita gunakan adalah didalam pasar tradisional atau pasar malam yang telah di sediakan oleh pemerintah setempat.

Di kota atau pun di desa di sekitar wilayah tempat tinggal anda,tentu ada pasar tradisional atau pasar malam yang telah di sediakan oleh pemerintah setempat yang bisa anda manfaatkan untuk mulai berdagang dan menghasilkan uang dan keuntungan tunai dengan cepat.


Bagaimana caranya? Dan bagaimana langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan untuk memanfaatkan peluang bisnis menguntungkan di dalam usaha dagang jual-beli barang di pasar tradisional? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Pertama,siapkan dulu uang sejumlah tersebut di atas untuk memulai.Saya kira,anda dengan mudah dapat menyisihkan uang sejumlah itu dengan cara menghemat uang belanja kebutuhan anda.

Atau mungkin anda sudah punya persiapan dana tabungan buat rencana memulai usaha sendiri di rumah.Jika memang dana untuk modal awalnya sudah siap,itu berarti anda hanya tinggal langsung mencoba memulai saja.

Sebagai saran,gunakan modal Rp.sekitar Rp.300 ribu saja,karena dengan modal kecil Rp.300 ribu saja sudah cukup untuk memulai usaha ini.Hanya dengan menggunakan modal sekecil ini,maka kemungkinan modal yang anda gunakan dalam usaha akan cepat kembali beserta keuntungan penjualan dalam setiap hari.

Baca juga : 5 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Cepat Laku Di Pasaran

Cara usaha dagang modal kecil di pasar tradisional menjanjikan hasil besar dengan cepat 

Sampai saat ini,masih jarang orang meneliti atau menganalisa bahwa ternyata ada-ada saja peluang bisnis potensial di dalam usaha dagang yang bisa kita manfaatkan untuk mendulang uang tunai serta keuntungan besar dengan cepat.Seperti salah satunya adalah dengan menjalankan usaha dagang jual beli barang kebutuhan sehari-hari yang paling banyak di cari orang didalam pasar.

Seperti halnya yang sering kita lihat di beberapa pasar tradisional atau pun pasar malam yang kita kunjungi,sangat banyak pedagang kecil dan besar yang melakukan aktivitas usaha jual-beli barang kebutuhan harian yang sering di beli oleh banyak masyarakat.

Barang-barang yang mereka perdagangkan tersebut tentu merupakan jenis barang yang gampang laku atau cepat laris dijual,sehingga modal bisnis para pedagang tersebut juga menjadi sangat cepat berputar.

Di dunia bisnis seperti di dalam pasar tradisional ini,banyak pedagang kecil yang bernasib baik dan mujur,karena mereka fokus berdagang pada jenis-jenis barang yang terlaris dan paling cepat laku di pasaran setiap hari.Karena barangnya memang merupakan jenis barang kebutuhan sehari-hari dan paling dibutuhkan dan diminati oleh banyak orang,maka sudah tentu dengan mudah cepat terjual laris dan menghasilkan untung melimpah yang lumayan.

Bayangkan,hanya dengan modal kecil ratusan ribu digunakan untuk berdagang,maka modal sekecil tersebut bisa menghasilkan keuntungan sampai jutaan rupiah per minggu.Berapa keuntungan dalam setiap harinya? Temukan penjelasan lengkapnya di bawah.



Rahasia sukses Untuk meraup keuntungan besar dengan cepat dalam peluang usaha dagang barang di pasar tradisional

Pertama -Menentukan jenis barang dagangan yang tepat
Dalam hal ini,kita harus.pintar-pintar memilih atau menentukan jenis barang dagangan utama yang tepat dalam usaha yang kita jalankan.

Barang dagangan utama yang tepat yg di maksud disini adalah berupa barang yang mudah terjual laris dengan cepat,dan memiliki potensi keuntungan yang besar (Cek Info jenis barang dagangannya dibawah)

Pandai dalam memilih dan menentukan jenis barang dagangan utama yang tepat,itu berarti akan meningkatkan peluang dan potensi usaha  dagang agar bisa meraup omset dan laba besar dengan cepat.

Dalam hal ini,kita harus pintar-pintar memilih jenis barang dagangan mana yang paling menguntungkan atau berpotensi akan terjual laris manis dengan cepat,dan menghasilkan untung yg besar pula.

Atau bisa di gambarkan seperti ini; Jika potensi untung besar ada didalam suatu barang = Untung penjualan juga besar.Atau jika barang jualannya berupa barang terlaris dan paling dibutuhkan banyak orang = Peluang usaha semakin besar bisa menghasilkan omset dan keuntungan besar dengan cepat.

Ke dua - Membeli persediaan barang dagangan dengan orang tepat dan dgn harga pembelian yang lebih rendah atau murah.

Para pedagang kecil di pasar tradisional yang beroprasi dalam usaha yang mereka jalankan sehari hari,biasanya berusaha untuk mendapatkan stok barang dagangan dengan harga terbaik.Artinya,mereka harus membeli persediaan barang dagangan dengan harga pembelian yang lebih murah atau rendah dari orang yang tepat.Sehingga akan meningkatkan potensi keuntungan yang bisa dihasilkan dalam setiap transaksi penjualan kembali.

Membeli stok barang dagangan dari orang yang tepat maksudnya adalah membeli secara langsung sama pedagang besar atau langsung membeli dengan produsen atau distributor.

Nah,karena barang yang akan anda perdagangkan dalam usaha ini adalah barang berupa sayuran-sayuran segar dan rempah-rempah untuk keperluan dapur,maka sebaiknya anda membeli langsung stoknya sama para petani yang menjual barang mereka di pasar,agar anda mendapatkan harga terbaik yang akan menguntungkan usaha anda dengan cepat.

Untuk mendapatkan stok barang dagangan secara langsung sama petani,maka anda harus pergi ke pasar sebelum matahari terbit,atau sekitar jam 05 pagi atau setelah shalat shubuh berjamaah di mesjid jika anda adalah seorang muslim yang takwa.

Pada waktu masih pagi tersebut,suasana di pasar masih dalam keadaan sepi atau belum terlalu ramai dengan para pengunjung pasar yg ingin membeli barang kebutuhan mereka.Yang sudah datang didalam pasar kebanyakan adalah para pedagang.

Jadi bisa digambarkan seperti ini; Jika stok barang jualannya di beli dengan harga lebih rendah atau sangat murah = Peluang keuntungan penjualan dalam usaha semakin tinggi atau besar pula.

Ketiga - Memilih lokasi yang strategis dan tepat untuk tempat usaha

Para pelaku bisnis yang paling sukses dan cepat kaya di bidang usaha perdagangan barang yang beroprasi di pasar juga sangat mengutamakan lokasi tempat usaha yang strategis.

Banyak pedagang di pasar yang mengakui bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam usaha berdagang di pasar adalah jeli melihat dan memilih lokasi yang strategis dengan tepat untuk berjualan.

Di dalam pasar tradisional ternyata ada titik-titik lokasi paling tepat dan sangat strategis untuk tempat berdagang atau menjual.

Adapun titik-titik lokasi yang tepat di dalam pasar tradisional sebagai pilihan tempat usaha yang paling bagus dan menjanjikan peluang terjadinya penjualan yg lebih banyak dan menguntungkan yaitu:
  • Di dekat pintu gerbang masuk para pengunjung pasar atau para calon pembeli yang mencari barang yang mereka butuhkan.-Alasannya disini adalah calon pengunjung/pembeli lebih mudah untuk menemukan barang kebutuhan yg mereka cari.
  • Di dekat pintu gerbang keluarnya para pengunjung pasar.-Alasannya disini adalah untuk menangkap peluang terjadinya penjualan barang yang lupa di beli oleh para calon pembeli
  • Atau di pinggir jalan yang paling ramai di lalui oleh para pengunjung pasar yang berlalu-lalang mencari barang yang mereka butuhkan,
  • Di lokasi pusat berkumpulnya para pedagang yang menjual barang sejenis.-Alasannya di sini adalah karena fokus perhatian rata-rata para calon pembeli selalu tertuju mencari pusat lokasi penjualan barang sejenis yg mereka butuhkan.-Karena para pembeli beralasan di mana pusat penjualan barang yg sejenis,maka disitu pula mereka menjadi sangat mudah mendapatkan barang yang mereka cari dan butuhkan.Dalam hal ini,sekalipun anda memilih lokasi di pusat berkumpulnya para pedagang yang menjual barang yang sama,akan tetap saja meningkatkan peluang terjadinya lebih banyak penjualan yang menguntungkan.Alasannya karena,sebagian besar calon pembeli seakan-akan tersedot tertarik datang,maka semakin besar pula kemungkinan banyak di antara mereka yang membeli barang dengan anda.
  • Berani menawarkan barang dengan kata-kata yang bisa membuat para calon pembeli tertarik untuk membeli barang dagangan anda.-Alasannya di sini yaitu,kebanyakan calon pembeli sangat gampang terpengaruh dengan kata-kata yang menarik mereka dengar.Ketika mereka mendengar kata-kata si penjual yg menarik perhatian dan hati mereka,tentu mereka akan dengan senang hati berdatangan mampir untuk membeli barang dagangan yang anda jual.
  • Pandai memainkan harga jual barang untuk meningkatkan keuntungan.-Di dalam kegiatan usaha dagang jual-beli barang di pasar tradisional berlaku sistem permainkan harga suatu barang.Oleh karena itulah maka berlaku pula istilah,"Siapa yang pandai memainkan harga jual suatu barang,maka dia akan mendapatkan keuntungan lebih besar meskipun barang yang terjual jumlahnya sama".
  • Menggunakan meja untuk tempat menggelar barang dagangan,dengan ukuran tinggi meja sekitar 80 cm,dan dengan lebar maksimal 1 meter.,ukuran panjang meja tergantung ruang yang tersedia.-Mengapa harus pakai meja? Menurut survei yang dilakukan di negara Jepang,ternyata orang-orang yang mengunjungi suatu pasar atau pusat perbelanjaan,rata-rata lebih cenderung memilih untuk membeli barang yang tempatkan di atas meja dengan ukuran tinggi yang standar yakni 80 cm,hal ini ternyata membuat calon pembeli lebih merasa nyaman memilih,meraba-raba,memegang,atau menyentuh barang yang mereka inginkan.Dalam hal ini,tinggi meja 80 cm untuk tempat barang dagangan sangat sesuai dengan ukuran badan rata-rata orang asia.Dengan kata lain,meja yang berkaki sangat pendek akan membuat orang menjadi malas membungkuk untuk menyentuh barang dagangan anda.
Dua Peluang usaha dagang barang kebutuhan harian di pasar tradisional yang menjanjikan keuntungan besar  

Pertama - Peluang usaha dagang sayur-sayuran segar
Peluang usaha dagang sayur segar tergolong bisnis kebal krisis yg masuk dalam daftar usaha rumahan yang menjanjikan balik modal cepat dengan untung besar berlipat,karena usaha ini dapat juga di jalankan di rumah atau didepan halaman rumah.Namun,jika memang tidak memungkinkan dijalankan di depan halaman rumah,maka kita dapat menjalankannya dengan berjualan dipasar tradisional dengan cara berkeliling atau menetap dalam pasar harian.

Belum banyak orang yang melakukan analisa tentang potensi keuntungan didalam usaha dagang sayur-sayuran segar.

Menurut informasi yg kami dengar dari pengakuan beberapa pedagang sayuran segar,ternyata potensi keuntungan dari usaha ini cukup besar,yakni sekitar 80 persen..Bahkan ada waktunya jika mujur atau bernasib baik,potensi keuntungan yang di peroleh bisa mencapai 100 persen - 200 per satu kali penjualan yang terjadi.

Potensi keuntungan dalam usaha dagang sayuran yang sungguh besar tersebut tentu sangat mengejutkan dan menggiurkan.

Kelebihan dan keuntungan berbisnis di usaha dagang sayur-sayuran segar:

  • Modal awal untuk memulai usaha relatif kecil - Mulai dari 100 ribuan - 300 ribuan
  • Potensi balik modal bisa terjadi dalam sehari jika modal yang kita gunakan hanya sekitar 100 ribuan sampai 200 ribuan - Dalam hal ini,jika barang dagangan yg anda pilih adalah berupa sayuran kangkung segar,maka hanya dengan modal sekitar Rp.200 ribu anda sudah bisa membeli kangkung segar sebanyak sekarung dengan berat sekitar 50 sampai 60 kg..
  • Potensi keuntungan rata-rata lebih 100 persen per 1 kali penjualan.Misalnya,katakanlah sayur kangkungnya anda jual secara eceran dalam satuan per ikat,dan setiap 1 kg sayur kangkung itu anda bagi menjadi 5 ikat,dgn harga eceran Rp.2 ribu.Akan jadi berapa uang anda jika semuanya terjual? Sudah tentu akan menjadi Rp.500 ribu sampai Rp.600 ribu.Jumlah keuntungannya lebih dari lumayan bukan?
  • Harga penjualan bisa di per mainkan.-Dalam hal ini,adakalanya para pedagang sayur menentukan target keuntungan sampai 300 persen,dan adakalanya hanya menentukan target 100 persen - 200 persen.
  • Risiko sangat kecil,bahkan nyaris tanpa resiko,karena anda bisa menjual dengan harga yang lebih murah untuk menarik minat banyak orang untuk membeli sayur kangkung dengan anda.Atau anda bisa menjual dengan sistem bonus.Misalnya,beli 4 ikat gratis 2 ikat.Sehingga keuntungan anda pun masih lumayan
Kunci rahasia sukses dalam usaha dagang sayur sudah di jelaskan pada paragraf terdahulu.Silahkan pelajari kembali agar anda tidak ragu-ragu lagi memulai usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan keuntungan besar ini.


Ke dua - Peluang usaha dagang buah dan biji rempah-rempah untuk bumbu dapur

Inilah salah satu usaha dagang yang menjanjikan keuntungan besar dengan cepat didalam pasar tradisional atau di Pasar rakyat.

Potensi keuntungan yang bisa kita raih dari usaha dagang ini berkisar antara 50 persen -200 persen apabila kita bernasib mujur.

Katakanlah barang dagangan pilihan anda adalah buah tomat jenis impor dari bombay.Adakalanya harga jual buah tomat bermain atau naik turun. Nah,jika anda bernasib mujur di saat harga buah tomat  sedang turun dratis yang di tawarakan oleh para petani tomat ,maka anda bisa membeli stok buah tomat dengan harga murah.Kemudian anda bisa memainkan harga penjualan di tingkat eceran dengan mematok nilai keuntungan misalnya 50 persen -100 persen.

Banyak pelaku bisnis dalam usaha dagang buah tomat ini sering bernasib mujur,karena dapat menjual semua stok buah tomat mereka dengan harga yang tinggi,dan mendapatkan keuntungan besar mulai dari 100 persen bahkan adakalanya sampai 200 persen.Padahal modal yang mereka gunakan sangat kecil,yakni hanya sekitar Rp.200 ribu sampai Rp.300 ribu saja.

Karena seringkali harga beli borongan buah tomat langsung dari tangan para petani hanya di kisaran Rp.3 ribu - Rp.5 ribu per kilo gram.Kemudian para pedagang bisa menjual buah tomat secara eceran dengan harga penjualan di kisaran Rp.5 ribu - Rp.10 ribu.Dengan begitu,mereka dapat meraup keuntungan besar dengan cepat.

Salah satu peluang yang paling menguntungkan di dalam usaha dagang tomat adalah,pada saat menjelang hari raya besar keagamaan seperti hari raya lebaran idul fitri termasuk pada saat bulan ramadhan,serta menjelang natal atau tahun baru.Pada waktu-waktu inilah para pedagang buah tomat dengan modal kecil ikut memanen keuntungan sampai Rp.200 ribu bahkan sampai 500 ribu dalam sehari.

Sebuah peluang usaha modal kecil yang sangat menguntungkan dan menjanjikan bukan?

Ketiga,-Usaha jajanan dengan potensi keuntungan 100 persen lebih

Ini lagi sebuah peluang usaha untuk memutar uang anda sekitar 100 ribuan atau 300 ribuan agar cepat beranak pinak jadi bertambah banyak,yaitu usaha jajanan yang punya potensi keuntungan hingga 100 persen lebih.

Banyak jenis peluang usaha jajanan yang punya potensi keuntungan besar hingga 100 persen lebih,yang bisa anda mulai dengan modal sekitar Rp.100 ribu-an atau Rp.300 ribu-an.
 
Salah satunya yaitu usaha jajanan berupa tahu tusuk lidi.Usaha ini benar-benar menjanjikan potensi keuntungan 100 peren lebih,dan bisa membuat modal anda sekitar Rp.200 ribuan berputar dengan cepat hinga menghasilkan untung sampai dengan jutaan rupiah per minggu.
 
Bayangkan saja,hanya dari tahu mentah seharga Rp.50 ribu bisa menjadi tahu tusuk yang bisa dijual secara eceran hinga menghasilkan omset sekitar Rp. 120 ribu. 

Jika usaha jualan jajanan tahu tusuk ini anda jalankan di pasar tradisional,maka usaha anda akan berpeluang menghasilkan potensi keuntungan sampai jutaan rupiah per minggu.

Tetapi,sudah tentu anda harus mengeluarkan modal sekitar Rp.200 ribuan-an agar usaha anda memungkinkan menghasilkan omset Rp.400 ribuan per per hari.Sehinga total penghasilan anda mencapai Rp.1 juta lebih per minggu.

Kelebihan usaha makanan jajanan berupa tahu isi ini hanya menggunakan bahan yang sederhana yang bisa kita dapatkan dengan mudah,dan dengan harga yang murah terjangkau.

Adapun bahannya yaitu,tahu mentah,saos sambal,bumbu racikan tabur,dan kecap.Dalam hal ini,ketiga bahan selain tahu mentah,akan menjadi sambalnya.

Orang yang menjalankan usaha jananan tahu tusuk ini mungkin sering anda jumpai di pasar tradisional ,atau di pingir jalan di daerah anda.Saya,yakin,karena usaha ini termasuk usaha makanan kekinian yang laris dan tren pada saat ini.

Jadi,anda bisa memanfaatkannya untuk memutar uang anda agar cepat beranak pinak menjadi banyak.Hal itu tentu bisa anda manfaatkan jika anda memang memiliki jiwa wirausaha.
 
 
Sebenarnya masih banyak lagi jenis barang kebutuhan harian yang bisa kita manfaatkan sebagai jalan usaha untuk meraup untung dan penghasilan besar dengan cepat.Hanya saja,kita terkadang menganggap remeh orang-orang yg menjalankan usaha ini.Sehingga hati kita tidak tertarik untuk ikut menjadi pemain baru didalamnya. 

Baca juga :  


Demikian saja dulu ulasan info tentang peluang usaha modal kecil yang menjanjikan untung besar sampai jutaan rupiah per minggu.Semoga dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk menjadi wirausaha di bidang perdagangan.

Baca juga artikel-artikel menarik lainya dibawah ini :





    Related Posts