- --> Begini Cara Kuli Bangunan Jadi Kontraktor Sukses Hampir Tanpa Modal | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Begini Cara Kuli Bangunan Jadi Kontraktor Sukses Hampir Tanpa Modal

|


Cara Kuli Bangunan Jadi Kontraktor Sukses Hampir Tanpa Modal.Kontraktor sangat indentik dengan jasa konstruksi bangunan,dan merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan.Meskipun jasa kontruksi termasuk jarang-jarang orang butuhkan setiap hari,atau hanya sesekali saja seseorang membutuhkannya untuk membangun sebuah rumah atau merenovasinya.Karena,urusan bangun atau membangun serta merenovasi bangunan bukanlah kebutuhan setiap hari bagi perorangan.Hanya pemerintah saja yg paling sering membutuhkan jasa konstruksi.

Karena kontraktor sangat identik dengan dengan jasa konstruksi bangunan,maka sudah tentu,mereka yg bekerja sebagai tukang atau kuli bangunan sangat mudah meniru cara kerja kontraktor proyek menjalankan usaha jasa konstruksi bangunan ketimbang mereka yg masih pemula di bidang ini.Lantas bagaimana cara kuli bangunan memulai bisnis jasa konstruksi hampir tanpa modal?

Atau bagaimana caranya agar seorang kuli atau buruh bangunan bisa menjadi kontraktor untuk melaksanakan sebuah proyek besar pembangunan gedung atau jembatan yang bernilai ratusan juta hingga miliaran rupiah? Siapa tahu ya,dengan menjadi kontraktor,bisa juga sukses dengan cepat meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah atau bahkan hingga miliaran rupiah hanya dalam 3 bulan.Lalu,keuntungan itu bisa di belikan mobil atau di simpan di bank buat deposito yg terus menerus menghasilkan uang tanpa bekerja keras lagi.

Daripada kelamaan menjadi kuli atau buruh bangunan yg hampir setiap hari seakan di paksa bekerja keras,banting tulang hingga memeras keringat di tengah teriknya matahari,lebih baik jadi kontraktor saja sekalian.

Dengan menjadi kontraktor,anda bisa punya bisnis jasa konstruksi dalam bentuk CV yang berbadan hukum yang syah,dan percayai oleh pemerintah untuk melaksanakan pengerjaan proyek-proyek besar yang bernilai hingga ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah.

Kemudian anda,hanya tinggal bekerja santai mengatur orang-orang yg bekerja dalam proyek yang akan anda tangani.Enak,bukan? Kerja santai,tapi bisa dapat uang sampai sekarung hanya dalam waktu 3 bulan atau 6 bulan dari 1 atau 2 proyek.

Yuk,kita langsung bahassaja  topik artikel yang sangat menarik untuk di ketahui

Cara Kuli Bangunan Menjadi Kontraktor Jasa Konstruksi Hampir Tanpa Modal


Bagi para pemula,tentu sangat penasaran untuk mengetahui bagaimana rahasia cara kerja untuk menjadi kontraktor usaha jasa  konstruksi dengan modal minim yg kecil.

Sebenarnya,kalau secara teori,untuk bisa menjadi kontraktor terdengar sangat mudah dan gampang.Karena cara memulainya bisa dengan modal kecil,bahkan ada yang hampir tanpa modal.Mengingat usaha di bidang jasa konstruksi ini ada yg memiliki sistem borongan  yang bisa di bilang sederhana dan bisa di lakukan seorang pemula.

Apalagi bagi mereka yg memang kerjanya hanya sebagai tukang atau kuli bangunan,mereka ini lebih tahu dan paham bagaimana sistem kerja borongan dalam sebuah proyek pembangunan.Tetapi sayang,kebanyakan mereka yg berprofesi dengan bekerja sebagai tukang atau kuli bangunan,tidak berani mengambil langkah bisnis yg cerdas untuk menjadi kontraktor jasa konsuktruksi sendiri yg bisa di mulai dengan modal kecil,dan bahkan nyaris tanpa modal.

Berdasarkan informasi yang di ungkap oleh beberapa orang dari mereka yg bekerja sebagai tukang dan kuli bangunan,setidaknya ada 3 sistem kerja borongan yg umum berlaku dalam di bidang usaha jasa konstruksi bangunan yaitu:

1.Sistem makelar proyek pembangunan

Secara hukum yg sudah di berlakukan di Indonesia saat ini,sebenarnya tidak ada lagi sistem makelar proyek alis mafia proyek.

Tetapi,fakta di lapangan membuktikan bahwa ternyata sistem makelar proyek masih masih marak terjadi dan berlaku,dan bahkan sudah menjadi kebiasaan di dalam sebuah proyek pembangunan.

Berikut ini adalah contoh alur cara kerja dalam sistem makelar proyek yg sebenarnya dan sudah menjadi kebiasaan itu:
  
Pinjam nama perusahaan CV atau PT milik orang lain (Jika berani berbisnis,dirikan sendiri badan usaha yg berbentuk CV atau PT --> Selanjutnya,ikut tender proyek pemerintah - Kemudian bermain cantik dengan orang dalam --> Kemudian memenangkan tender proyek pemerintah --> Kemudian tender proyeknya di subkan atau di opor/di lemparkan ke perusahaan lain --> Pengerjaan/pembangunan proyek selesai --> Dana anggaran proyek cair -->Dapat uang hasil keuntungan sampai sekarung
Secara teori,cara kerjanya terlihat simple dan mudah,namun di balik itu,urusannya rumit dan ribet,bahkan kita harus pintar-pintar mencari orang dalam yang mau kita suap secara sembunyi-bunyi,dan dia kita percaya akan menjaga rahasia permainan kotor agar tidak sampai bocor atau terbongkar.

Apabila kita salah orang,atau salah strategi,bermain dengan orang dalam,bisa-bisa kita akan ikut tertangkap tangan oleh KPK yg siap menendang kita ke dalam penjara.

Lupakan saja cara-cara kotor menjadi kontraktor yang tidak sesuai dengan kode etik bisnis.Karena itu,bukanlah cara cerdas dan aman dalam mencari uang sekarung.Dalam hal ini,lebih baik anda ikuti saja cara untuk mendapat tender proyek pemerintah dengan cara yang benar dan terbaik.

Memang cara kerja untuk menjadi kontraktor sukses dengan cara kotor seperti begitu,sepintas tampak bisa di lakukan hampir tanpa modal.Di mana kita cukup punya koneksi kuat,maka usaha menjadi kontraktor cepat kaya pun akan berjalan mulus dengan mudah.

Jadi,jangan ambil risiko,ikuti saja cara kuli bangunan menjadi kontraktor jasa konstruksi yang sukses dan bisa berjalan aman tanpa di kejar-kejar KPK.

Lantas bagaimana cara yg benar dan aman untuk menjadi seorang kontraktor yang sukses dengan modal kecil?

Ikuti cara-cara selanjutnya yg di jelaskan di bawah ini.

2.Sistem borongan pekerjaan konstruksi bangunan


Sistem borongan pekerjaan konstruksi bangunan cara kerjanya sederhana dan aman dari risiko audit dan tertangkap tangan oleh KPK.

Dalam praktenya di sini,ternyata pemborong nanti akan anda bayar setelah proyek pembangunan selesai.

Tetapi,dalam banyak kasus,pembayaran uang pekerjaan untuk pemborong biasanya bisa di lakukan secara bertahap sesuai bangunan yg di kerjakan.Sedangkan urusan penyediaan bahan bangunan menjadi urusan klien anda.Dalam hal ini,klien anda bisa jadi adalah seorang pemilik rumah ataupun kontraktor utama.

Biasanya juga,dalam sistem borongan pekerjaan,peran atau tugas pemborong lebih mirip dengan mandor yang hanya bertugas mengkoordinir atau mengatur para tukang dan kuli bangunan.

Sitem borongan pekerjaan ini biasanya hanya berlaku di kalangan pemborong-pemborong kecil di mana mereka hanya melayani jasa renovasi atau kadang juga membangun rumah milik perorangan.Hal ini juga hanya berlaku di sub kontraktor level bawah.

Bagaimana cara agar sistem borongan kerja ini menghasilkan keuntungan?

Berikut ini adalah beberapa ketrampilan atau pengetahuan pnting yang merupakan syarat agar sistem borongan kerja menghasilkan keuntungan:

  1. Anda harus tahu memperkirakan durasi waktu pekerjaan agar dapat menetapkan harga borongan yg tepat.Dengan kata lain,kesalahan dalam memperhitungkan lamanya waktu dalam proses pengerjaan,akan berpotensi mengakibatkan kerugian,karena jika waktu dalam pengerjaan menjadi molor atau terlewat sangat panjang,maka harga borongan pekerjaan tidak cukup untuk membayar upah tukang dan kuli bangunan..
  2. Anda harus pintar-pintar memilih tukang dan kuli bangunan yg benar-benar ahli dan mampu bekerja dengan cepat,sehingga hasil kerjanya rapi,kuat dan cepat selesai.
  3. Anda harus tahu membaca gambar site rencana bangunan,dan memahami keinginan konsumen.Dengan kata lain,jika hasil kerja tidak sesuai dengan keinginan konsumen,bisa-bisa akan memaksa anda merevisi pekerjaan yg sudah jadi.Maka otomatis,biaya yang di keluarkan untuk membayar tukang juga akan bertambah.Belum anda harus mengganti bahan karena konsumen merasa rugi telah menyediakan bahan bangunan.
Ketiga ketrampilan atau pengetahuan tersebut wajib di perlukan agar anda bisa menjadi pemborong pemula yang sukses.Kelihatannya juga mudah,dan tanpa modal,tetapi risikonya juga sangat besar,karena kesalahan kecil saja,bisa menyebabkan kerugian besar dan hilangnya kepercayaan konsumen kepada anda.

Apabila kita perhatikan,maka sistem kerja borongan lebih menguntungkan,karena dari sisi modal anda tidak akan perlu mengeluarkan modal untuk membayar tukang dan membeli bahan bangunan.Karena di sini,anda hanya perlu cari tukang beserta kuli bangunan,lalu mengawasi mereka bekerja.

3.Sistem borongan kerja full Ala kontraktor besar

Enak ya,jika sudah sukses dengan menjadi pemborong kecil,maka tibalah gilirannya anda harus naik level atau kelas untuk menjadi seorang kontraktor besar yang menjual jasa konstruksi dengan sistem borongan kerja full.

Apa itu sistem kerja borongan full?
Sistem kerja borongan full adalah suatu sistem di mana semua urusan mulai dari penyediaan bahan hingga mengurus tenaga kerja dan ongkos kerja menjadi urusan anda.

Bagaimana cara menjadi kotraktor besar dan sukses?

Untuk menjadi kontraktor besar dan sukses,anda harus memenuhi persyaratan tambahan sebagai berikut:
  1. Mempunyai kemampuan dan pengetahuan membaca rencana anggaran biaya (RAB),serta mampu mengantisipasi kenaikan harga bahan bangunan yang mungkin saja tiba-tiba naik.
  2. Mempunyai link atau patner pengusaha suplier yang akan memasok bahan bangunan yang berkuwalitas terbaik dengan harga murah.
  3. Mempunyai link atau patner yang merupakan penyedia jasa sewa peralatan proyek.
  4. Menguasai manajemen keuangan proyek,atau paling tidak merekrut tenaga ahli akuntasi atau pembukuan keuangan proyek.
  5. Menguasai teknik marketing untuk memasarkan dengan sukses jasa konstruksi yang anda tawarkan.Atau paling tidak anda harus merekrut tenaga ahli marketing yang bisa memasarkan dengan sukses jasa konstruksi yg anda tawarkan.
  6. Memiliki jaringan bisnis yg luas dan mampu mengomunikasikan secara baik tentang layanan jasa konstruksi yang anda tawarkan kepada calon-calon konsumen.
  7. Menguasai ilmu arsitektur terkait konstruksi bangunan.Atau paling tidak,anda harus merekrut tenaga arsitek yang ahli di bidang teknik sipil.
  8. Memiliki modal berupa dana yg cukup memadai untuk memulai pengerjaan proyek,minimal untuk proyek kecil dengan anggaran biaya yg kecil juga.

Apakah cara jadi kontraktor besar di bisnis jasa konstruksi terlihat sulit?
Sebenarnya tidak sulit juga jika kita telah terjun sendiri.Karena bisa jadi,cepat atau lambat semua kesulitan dapat kita lalui dengan berusaha secara cerdas.

Buktinya,ada banyak orang yang menjadi kontraktor sukses dengan memulainya dari nol atau dari level bawah.Bahkan kuli bangunan saja bisa menjadi kontraktor sukses hampir tanpa modal uang sepeser pun,dan hanya mengandalkan pengalaman yang mereka temui dan jalani di saat jadi kuli bangunan atau tukang.


Demikianlah ulasan singkat tentang cara kuli bangunan jadi kontraktor sukses hampir tanpa modal.Semoga bermanfaat dan mencerahkan.Baca juga 4 Ide usaha tanpa modal untung besar yang bisa bikin kaya raya

Artikel Rekomendasi Untuk Anda:

Related Posts