- --> Strategi Jitu Membeli Properti Paling Menguntungkan Buat Investasi Dan Bisnis | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Strategi Jitu Membeli Properti Paling Menguntungkan Buat Investasi Dan Bisnis

|


Pada postingan ini di paparkan cara atau strategi jitu membeli properti yang paling menguntungkan buat bisnis atau investasi jangka pendek dan panjang..Apabila anda seorang pebisnis atau investor pemula di bidang properti,maka artikel ini akan dapat memberikan pencerahan terbaru yang mendalam tentang hal-hal yang perlu anda lakukan dalam berinvestasi di bisnis properti untuk menghasilkan untung besar dan meski tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar.
strategi-jitu-membeli-properti-paling-menguntungkan-buat-investasi


Banyak pemula yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara atau strategi terbaik membeli properti agar menghasilkan untung besar meski dengan modal kecil-kecilan.Sebagai pemula dalam bisnis atau investasi di bidang bisnis properti,tentu anda juga perlu mempelajari hal-hal penting tentang seluk beluk meraih untung besar dalam bidang properti yang sebenarnya tanpa perlu modal yg besar.

Mungkin anda juga sudah tahu bahwa investasi dalam bidang properti adalah suatu peluang yang cukup menjanjikan,hal itu karena nilai atau harga properti cenderung terus naik dan meningkat dari waktu ke waktu atau dari tahun ke tahun.

Nilai properti setiap tahun selalu mengalami kenaikan antara 20% sampai 30%.Jadi,ini merupakan peluang investasi yang akan memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang bagi investasi yang anda keluarkan.

Namun sayangnya peluang dalam bisnis properti ini masih di manfaatkan oleh sebagian kecil orang saja.Hal ini bisa di pahami jika orang benar-benar belum terlalu membayangkan bahwa investasi properti adalah bisnis yang membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Di dalam beberapa artikel di blog ini,pemahaman tentang berbisnis atau berinvestasi dengan modal besar di bidang properti akan terpatahkan.

Namun yang tidak bisa kita bantah adalah bahwa bisnis properti ini memang adalah sebuah bisnis yang cukup kompleks dan membutuhkan pemahaman yang luas.

Di perlukan beberapa kriteria sukses berinvestasi properti seperti yang telah di jelaskan dalam artikel sebelumnya - Langkah jitu memulai bisnis properti agar sukses dan menguntungkan.

Strategi Ampuh Membeli Properti Paling Menguntungkan Buat Investasi dan bisnis

Untuk membantu para sobat wirausaha dan calon investor properti dalam menggeluti bidang properti,maka pada artikel ini kami uraikan saja beberapa hal penting yang menyangkut strategi membeli properti yang terbukti menghasilkan untung besar.

Oke,baik..mari kita langsung saja menuju pembahasannya.

1.Melakukan Survei
Melakukan survei adalah langkah pertama yang merupakan strategi sukses terbaik dalam membeli properti.

Artinya melihat-lihat properti yang akan di beli merupakan langkah awal bagi anda untuk mendapatkan properti yang baik dan sesuai dengan kriteria yang dicari.

Menurut pendapat seorang ahli dalam bisnis dan investasi properti,Robert T.Kiyosaki,bahwa untuk membeli sebuah rumah,survei-lah 100 rumah,dan tentukan 30 di antaranya,lalu pilihlah yang terbaik.

Pernyataan Robert.T.Kiyosaki tersebut menggambarkan bahwa begitu pentingnya langkah pertama ini di lakukan untuk mendapatkan properti yang terbaik.

Tentu saja pendapat tersebut tidak mutlak harus melakukan survei 100 rumah,dalam hal ini 5 atau 10 rumah kiranya menjadi jumlah minimal untuk sebuah perbandingan.

Adapun survei yg di lakukan tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi fisik rumah,gambaran tentang kawasan rumah,apakah daerah di sekitar rumah berada itu rawan banjir,rawan kejahatan,atau banyak hantu yang menyeramkan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan survei yang bisa anda lakukan.
  • Survei di lakukan tidak cukup hanya sekali kunjungan saja -Artinya survei hendaknya di lakukan sampai 2 kali atau 3 kali kepada rumah yang di target.Hal ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui informasi detail sebanyak-banyaknya.-Bisa saja dalam survei pertama suatu hal penting menyangkut properti tidak teramati dan baru teramati ketika melakukan survei kedua atau ketiga.
  • Melakukan Survei Pada Musim Hujan.-Survei pada musim hujan juga sama penting dengan tujuan agar anda mengetahui apakah lokasi rumah yang di target merupakan daerah rawan banjir atau tidak..-Dalam survei,anda juga perlu menanyakan tentang sistem penyaluran air hujan di sana,apakah ada area resapan,kondisi selokan air,dan lain sebagainya.
  • Melakukan Survei Pada Malam Hari.-Melakukan survei pada malam hari juga sangat penting.Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi penerangan jalan,kondisi pengamanan,keramaian lingkungan perumahan dan lain sebagainya.-Perlu di ketahui,bahwa survei di lakukan pada malam hari dan siang hari memiliki perbedaan.
  • Menggali Informasi Di Sekitar Lingkungan Rumah.-Mencari tahu informasi mengenai properti target kepada orang-orang di sekitar adalah hal yang perlu.Selain itu juga anda bisa mencari informasi seputar lingkungan sekitarnya,apakah benar-benar tidak dalam sengketa,Apakah ada rencana pembangunan wilayah,pelebaran jalan,serta informasi lainya.

2.Memilih Lokasi - Lokasi yg memiliki nilai tambah yang besar untuk jangka panjang
Langkah selanjutnya dalam strategi terbaik membeli properti yang menghasilkan keuntungan besar buat investasi jangka  pendek atau pun jangka panjang adalah pertimbangan lokasi yang akan di pilih.Karena lokasi ini bisa mempengaruhi nilai jual sebuah properti.

Dalam mencari lokasi properti yang hendak dibeli anda harus benar-benar teliti dan cermat .

Benar-benar teliti dan cermat dalam mencari rumah juga dapat di ibaratkan dengan teliti memperhatikan segi fisik rumah seperti menentukan spesifikasi-nya,mempertimbangkan segi non fisik,misalnya saja menyesuaikan anggaran dana dengan rumah yang di inginkan.

Penentuan lokasi termasuk dalam pertimbangan non fisik ketika akan membeli rumah.Lokasi yang tepat mampu memberikan kenyamanan selama anda menghuni rumah dan nantinya akan mempermudah anda ketika akan menjual tersebut.

Bagaimana anda ingin merasakan kenyamanan memiliki rumah,maka begitu pula yang di inginkan oleh calon pembeli rumah.Dalam hal ini,lokasi rumah yang nyaman memiliki nilai tersendiri bagi konsumen,baik untuk di huni,di sewa-kan atau untuk tujuan investasi mereka.

Oleh karena itu,pembeli harus  mempertimbangkan pula lokasi dengan teliti dan seksama sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Persoalannya kemungkinan besar pembeli akan menggunakan rumah tersebut sebagai hunian dalam jangka waktu yang lama.Hal ini berbeda dengan penyewa yang pada umumnya bersifat sementara dan bisa pindah tempat tinggal sewaktu-waktu.

Untuk itu lokasi ini harus di perhatikan apakah mudah di capai atau tidak.

Bagi pembeli rumah,masalah lokasi sangat berkaitan dengan fungsi sumber kenyamanan.Hal ini dapat menggambarkan mengapa lebih banyak orang memilih menyewa apartemen di tengah kota,meski secara keuangan ia mereka mampu untuk membeli rumah tetapi di lokasinya di pinggir daerah perkotaan.

Bahkan banyak memilih lebih memilih menyewa rumah di tengah perkotaan dan menyewakan rumahnya sendiri yang ada di wilayah lain.

Berikut ini beberapa hal utama yang harus anda perhatikan ketika menentukan pilihan lokasi ketika anda membeli rumah:
  • Mencermati Akses
Pertama-tama dalam memilih lokasi sebuah properti adalah dengan melihat akses-nya,apakah properti yang di target memiliki kemudahan akses atau tidak,apakah jalan menuju ke lokasi bagus,apakah mudah karena banyak kenderaan umum yang melintasi-nya dan lain sebagainya.

Pada kenyataannya,akses penghubung yang cepat dan mudah seperti jalan tol yang dapat mempermudah warganya menuju lokasi merupakan daya tarik yang cukup besar bagi calon pembeli properti.

Karena melihat rumah tersebut akan lebih mudah di jangkau ketimbang perumahan yang tidak memiliki akses yang baik.

Sebagai informasi penting di sini,bahwa pada banyak perusahaan pengembang perumahan,kemudahan akses perumahan biasanya di gunakan sebagai senjata pemasaran untuk merayu dan menarik minat calon konsumen agar mau membeli rumah dari pada menawarkan hadiah-hadiah untuk membujuk calon konsumen.

Selain itu,lokasi strategis sebuah rumah yang perlu anda perhatikan adalah tepat di wilayah segi tiga yang berdekatan dengan berbagai fasilitas yang mudah di jangkau,misalnya seperti di dekat pasar,perkantoran,lapangan udara atau dapat dengan mudah di jangkau dari gerbang tol.

Lokasi rumah di sekitar rumah sakit,kantor polisi serta mall dan lain sebagainya juga menjadi incaran para calon pembeli properti cerdas.

Bukan hanya itu,lokasi rumah tepat di pinggir jalan raya yg lebar juga sangat mempengaruhi tingginya nilai properti.

  • Fasilitas
Setelah mempertimbangkan akses ke lokasi properti,selanjutnya anda perlu memperhatikan fasilitas yang ada.

Penyediaan fasilitas bertujuan agar warga atau calon pembeli merasa nyaman dan betah bertempat tinggal pada suatu lokasi perumahan.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang bisa menjadi pertimbangan apakah anda akan membeli sebuah rumah di suatu lokasi perumahan atau tidak.
  1. Fasilitas pendidikan
  2. Rumah ibadah
  3. Jalan perumahan
  4. Penerangan rumah dan jalan
  5. Jaringan telepon
  6. Saluran pembuangan air hujan
  7. Fasilitas air minum dan air bersih
  8. Taman atau lapangan olarga

  • Kondisi Sosial
Hal selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah kondisi sosial di sekitar lingkungan perumahan.Sangat perlu mencari kondisi sosial lingkungan di lokasi sekitarnya yg bisa menjamin anda merasa aman dan nyaman serta sehat.

Agar anda mengetahui hal tentang kondisi sosial lingkungan di sekitar,anda harus banyak-banyak mencari informasi dari orang-orang di sekitar lingkungan rumah,atau bisa juga langsung menanyakannya kepada pihak pengembang perumahan.

  • Prospek Di Masa Mendatang
Perlu di ingatkan sekali lagi di sini bahwa memilih properti yang akan di beli akan mempengaruhi potensi keuntungan yang bisa di dapatkan ketika nanti properti tersebut akan di jual.

Pilihan yang tepat sangat mutlak menjadi syarat besarnya keuntungan yang nanti di dapatkan dari penjualan properti.

Agar properti yang di beli bisa menghasilkan keuntungan besar,untuk itu sebelum membeli,anda sebaiknya mampu memprediksi prospek properti yang akan di beli di masa mendatang.

Sebagai contoh prospek properti adalah apakah ada kemungkinan suatu pembangunan akan di lakukan di sekitar lingkungan lokasi properti.Dalam hal ini,anda dapat langsung menanyakan hal ini kepada Dinas Tata Ruang Kota atau penjabat lain yg berwewenang.




Pada prinsipnya membeli rumah berarti juga melakukan investasi,dan investasi harus untung.Oleh karena itu prospek properti dimasa mendatang perlu diperhatikan secara cermat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kriteria-kriteria yang bisa di cermati:
  1. Tersedianya fasilitas jalan yang lebar dan lancar lalulintas serta tidak mengalami kemacetan yang parah.
  2. Adanya jalur angkutan umum  yang melintasi depan lokasi perumahan tersebut.
  3. Adanya sistem pengamanan kompleks perumahan yang terkoordinasi rapi.
  4. Adanya tempat-tempat perdagangan baru/pusat bisnis seperti pasar,ruko,supermarket atau swalayan.
  5. Adanya tempat-tempat aktivitas umum seperti bank,rumah sakit/puskesmas,bengkel dan lain-lain
Selanjutnya...
  • Kualitas Bangunan
Pentingnya memperhatikan kualitas bangunan di saat membeli akan membeli properti agar nantinya properti tersebut menghasilkan keuntungan ketika di jual.

Yang di maksud dengan kualitas bangunan adalah meliputi luas,bahan bangunan,desain dan tata letak bangunan.

Selain itu perlu juga untuk memperhatikan hal-hal seperti pondasi,struktur bangunan,atap,dinding,lantai,jendela,dan instalasi listrik.

3.Cerdas Menaksir Harga Properti - Rahasia Menghasilkan Untung Besar Dari Properti

Para pebisnis dan investor properti sukses memiliki kecerdasan menaksir harga properti.Anda pun harus benar-benar tahu dan mengerti soal harga pasar sebuah properti.

cara-memulai-investasi-properti-buat-pemula


Di sini anda juga perlu melakukan perbandingan harga suatu properti yang berlaku menurut jenis di suatu wilayah untuk mengetahui harga pasaran-nya.

Dengan mengetahui pasaran harga properti,anda dapat memperoleh harga yang terbilang cukup baik dan menguntungkan untuk investasi Anda.Baik pasaran harga yang murah di saat membeli,maupun pasaran harga yang tinggi ketika menjual.

Apabila anda membeli rumah baru yg di tawarkan oleh devloper properti,biasanya di tawarkan dengan harga pas.

Namun,untuk rumah bekas biasanya terbuka kesempatan untuk tawar menawar harga Nah,untuk rumah bekas itu anda perlu memiliki ketrampilan dan seni tawar menawar harga untuk mendapatkan harga yang murah atau di bawah harga pasar saat itu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan sebelum mengajukan penawaran harga:
  • Lihat kondisi rumah,apakah perlu perbaikan tambahan atau tidak
  • Lamanya waktu sebuah rumah di tawarkan untuk dijual.Semakin lama sebuah rumah di tawarkan untuk dijual,biasanya semakin tidak sabar pula seorang penjual ingin rumahnya itu laku dengan cepat karena ia telah menunggu begitu lama.Nah,dalam kondisi ini,anda bisa menekan atau menurunkan harga rumah tersebut dengan penawaran anda.
  • Bandingkan harganya dengan properti yang sama di tempat lain di wilayah yg sama.
  • Anda harus mengetahui,apakah harga yang di tawarkan sama dengan rumah yg memiliki kondisi yang sama dan masih di wilayah yang sama.
  • Apa alasan pemilik sehingga menjual properti-nya.Cari informasi mengenai alasan seorang menjual properti-nya,dan informasinya bisa anda cari lewat tetangga dekatnya,teman atau kerabatnya.Dan apabila alasan menjual rumah karena desakan kebutuhan uang tunai secepatnya,maka pada posisi ini anda bisa kembali menekan harga rumah tersebut lebih murah dengan penawaran anda.
Nah,dengan berbekal informasi di atas anda juga bisa melakukan penawaran harga kepada penjual properti.Jika dia menawarkan harga di atas harga pasaran,tawarlah harga itu sehingga mendekati atau sesuai dengan harga pasaran yang berlaku di wilayah itu.

Tawar menawar juga harga juga membutuhkan ketrampilan sekaligus kemampuan bernegosiasi.

4.Membeli Properti Di Waktu Yang Tepat - Rahasia Dapat Untung Besar Lewat Properti

Anda ingin mendapatkan untung besar dari properti? Bacalah sub pembahasan ini untuk mengetahui caranya.

Setiap orang tentu saja punya impian untuk memiliki rumah sendiri,mengingat rumah juga adalah kebutuhan primer untuk seseorang atau keluarga yang mandiri.

Jika saat ini,seseorang telah memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah,sebenarnya tidak ada alasan untuk menundanya.Akan tetapi,ini bisa menjadi masalah ketika kita tidak punya cukup dana untuk itu.

Pertanyaan....

Kapan waktu terbaik dan tepat untuk membeli rumah?

Jawabannya cukup  mudah dan sederhana...

"Ya mudah saja,yakni menunggu harganya turun".

Benarkah begitu?

Jika benar,lalu kapan harga rumah akan turun? Inilah yang sulit di jawab.

Menurut para ahli di bidang properti,secara teori memang sangat mudah untuk mengatakan bahwa seharusnya kita membeli rumah disaat harga sedang  turun atau sudah mencapai kondisi terendah.

Yang menjadi persoalan disini adalah justru menentukan kapan harga rumah mencapai harga terendah adalah perkara yang sulit,karena mengingat harga properti malah cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Akan tetapi,meskipun agak sulit memang untuk menentukan kapan harga properti mencapai level terendah,banyak pengalaman membuktikan bahwa harga properti ternyata juga bisa turun.

Adapun kenaikan atau penurunan harga properti secara umum di dasari atau di pengaruhi oleh beberapa faktor yang di antaranya adalah sebagai berikut:

#Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk di suatu wilayah atau negara bisa mempengaruhi kenaikan nilai properti di negara atau daerah tersebut.

Hal ini bisa dipahami bahwa dengan kenaikan angka populasi berlipat ganda,angka pertumbuhan jumlah keluarga di masa datang juga bertambah tinggi yang pada akhirnya juga dapat mengakibatkan meningkatnya permintaan akan tanah atau rumah.

Nah,ketika permintaan atas properti berupa rumah atau tanah meningkat,sedangkan pemenuhan properti tidak bisa mengimbangi-nya,maka akibat berikutnya adalah kenaikan harga atau nilai properti.

#Pertumbuhan Ekonomi
Faktor kedua yang juga dapat mempengaruhi naik dan turunya harga properti adalah pertumbuhan ekonomi sebuah negara atau daerah.

Apabila pertumbuhan ekonomi suatu negara atau daerah meningkat dan tumbuh dengan baik maka tingkat pengangguran otomatis akan turun.

Nah,dengan begitu akan banyak anggota keluarga di masyarakat yang mampu membeli rumah sehingga pasar properti akan tumbuh dengan cepat.

#Pendapatan Per kapita Masyarakat
Dalam ilmu ekonomi,apabila pendapatan per kapita penduduk yang naik bisa membuat harga barang kebutuhan ikut naik.

Pendapatan per kapita,menggambarkan baiknya perekonomian,sehingga dengan sendirinya akan tercipta begitu banyak lapangan pekerjaan.Dan hal ini bisa mengakibatkan daya beli masyarakat terhadap properti menjadi meningkat.

#Suku Bunga Perbankan
Faktor lainya adalah berhubungan dengan suku bunga di bank.Mengingat kebanyakan pembeli rumah saat ini terkait dengan kredit kepemilikan rumah atau KPR.

Meningkatnya permintaan akan rumah tinggal sangat sensitif terhadap perkembangan tingkat suku bunga di perbankan.

Semakin tinggi tingkat suku bunga di tawarkan,maka semakin pula dana yang harus kita bayarkan untuk kredit rumah tersebut setiap bulannya,sehingga semakin kurang/menurun kemampuan masyarakat untuk membeli rumah saat itu.

Untuk alasan ini juga harga properti cenderung akan turun disaat tingkat suku bunga kredit meningkat.


Strategi Jitu Membeli Properti Yang Paling Menguntungkan Buat bisnis dan Investasi

Mendapatkan keuntungan besar dari investasi properti tergantung dari cara dan strategi kita di saat membeli properti.

Pada dasarnya,kita dapat membeli properti yang memberikan keuntungan besar buat investasi kita.

Berikut ini adalah 4 Cara yang merupakan strategi membeli properti yang paling menguntungkan buat investasi,yakni:

1.Mencari Penjual Properti Yang Sedang Membutuhkan Uang Cepat
Terkadang ada-ada saja orang yang menjual properti mereka karena sangat membutuhkan dana cepat untuk keperluan mereka.

Ketika ada orang yang sedang mengalami kebutuhan mendesak dan menjual propertinya,maka sebaiknya anda harus tanggap memanfaatkan kesempatan ini.

Mengapa?

Karena pada kondisi seperti ini,penjual biasanya memberi penawaran harga di bawah harga pasar demi terjual-nya properti dengan cepat.

Para pelaku bisnis dan investasi properti yang sukses,biasanya berusaha mencari informasi dari kesempatan yang tergolong sangat langka dan terbatas ini,maka dengan serta merta mereka pun rajin-rajin membaca iklan,bertanya kepada agen properti,atau yg lebih efektif adalah melalui jaringan listing yang sudah mereka miliki.

2.Membeli Properti Lewat Devloper/Pengembang Yang Memberikan Diskon
Hal ini,sering kali terjadi,di mana ada-ada saja developer properti yang memasarkan produk properti dengan memberikan harga diskon demi terjualnya properti dengan cepat.

Developer yang ingin properti-nya terjual banyak dengan cepat biasanya berani menjual properti dengan harga miring.Jadi,ini adalah salah satu kesempatan atau peluang terbaik yang bisa anda manfaatkan untuk membeli properti yang paling menguntungkan buat investasi.

Informasi tentang developer yang menawarkan diskon,bisa kita dapatkan dari iklan di surat kabar,tv,radio atau brosur.

3.Lewat Jalur Lelang
Ternyata jalur lelang juga sangat baik kita manfaatkan untuk mendapatkan properti dengan harga murah dan paling menguntungkan buat investasi.Informasi tentang properti yang di lelang,bisa anda dapatkan di balai lelang melalui internet.

4.Menghubungi Bank Yang Menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR).
Bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah biasanya mempunyai data debitur yang mengalami kredit macet untuk pembelian rumah secara kredit.

Anda bisa mengambil alih kredit kepemilikan rumah apabila debitur bank tersebut sudah menyatakan tak sanggup untuk melanjutkan pelunasan properti.

Dalam hal ini,properti yang bermasalah dengan kredit tersebut masih berada di tangan bank,karena belum di serahkan ke balai lelang.

Jadi,anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan properti yang paling menguntungkan buat investasi.Karena pihak bank juga tidak mau urusan mereka bertambah banyak untuk menyerahkan properti mereka ke balai lelang.


Cara terbaik agar permintaan anda di penuhi,anda harus bekerja sama dengan pegawai bank dibagian kredit.Jika dia tidak mau,tawarkan saja "uang pelicin" untuknya.Dengan penawaran yang menarik tersebut,kemungkinan besar dia akan membantu proses permintaan anda untuk mengambil alih kredit kepemilikan rumah lewat bank.Dan kemungkinan besar juga anda mendapatkan harga terbaik dan menguntungkan buat investasi.

Itulah strategi terbaik membeli properti yang paling menguntungkan buat investasi yang bisa anda tiru dan praktikan di dalam kehidupan nyata.Sebenarnya,pembahasan seperti hal-hal tersebut di atas telah di bahas di dalam banyak artikel di internet.

Baca juga :

Related Posts