Wednesday, 5 December 2018

Ini Langkah Jitu Memulai Bisnis Properti Agar Sukses & Menguntungkan

Baca Juga


Banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk bagaimana langkah jitu memulai bisnis properti agar sukses dan menguntungkan ketika berinvestasi di dalamnya.Untuk menjadi orang sukses dalam bisnis properti,seseorang harus memahami betul step by step dalam memulainya agar investasi tidak rugi.Selain itu seseorang perlu memiliki keyakinan yang kuat,dalam arti harus memiliki keyakinan terhadap dirinya sendiri dan keyakinan atas kesuksesan dalam menjalankan bisnis properti.
langkah-jitu-memulai-bisnis-properti-agar-sukses


Begitu pula jika anda ingin menjadi seorang investor properti yang sukses,anda harus memahami betul langkah-langkah jitu berbisnis properti sehingga dengan begitu maka anda akan memiliki keyakinan yang kuat dari dalam diri anda sendiri bahwa anda mencapai kesuksesan sebagaimana yang di capai oleh para pebisnis dan investor properti kelas dunia.Karena keyakinan bisa menimbulkan efek luar biasa dalam meningkatkan semangat dan motivasi untuk bertindak secara berani namun berhati-hati.

Sebenarnya pembahasan tentang langkah jitu memulai bisnis properti seperti ini sudah banyak di bahas dalam buku dan artikel bisnis properti.Tetapi,tak ada salahnya anda membacanya lagi di sini.

Oke,sobat wirausaha,kita langsung saja menuju topik pembahasan.

Langkah Jitu Memulai Bisnis Properti Agar Sukses Dan Menguntungkan

Memulai Bisinis Properti Secara Benar
Banyak yang bilang bahwa setelah kita memiliki keyakinan dan tekad yang kuat untuk sukses,selanjutnya kita harus melakukan perencanaan untuk mencapai tujuan bisnis dan investasi,yakni meraih untung dan sukses.

Untuk memulai berinvestasi bisnis properti kita bisa mengawalinya dengan menjadi agen properti terlebih dahulu.Mengapa? Karena dari sinilah kita bisa belajar banyak hal tentang rahasia seluk beluk properti dan bagaimana membangun relasi dengan orang-orang yang terjun di bidang properti.

Oke,untuk lebih jelasnya mari kita bahas saja beberapa hal tentang apa saja yang perlu kita perhatikan untuk langkah persiapan menuju kesuksesan dalam berinvestasi di bisnis properti sekaligus meraih untung besar di dalamnya.

1.Belajar Wawasan Bisnis Properti
Perlu Anda ingat bahwa segala jenis usaha atau bisnis mensyaratkan adanya wawasan sebagai modal keberhasilan seseorang dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Dengan berbekal wawasan yang luas atau minimal cukup atas bidang tertertu maka dia bisa mendapatkan gambaran yg jelas dalam memilih strategi yang tepat yang akan di pakai.

Bisnis properti adalah bisnis yang tergolong kompeks,di dalamnya banyak hal yang harus dan perlu di pelajari dan ketahui.

Jadi,bagi anda yang hendak melakukan trasaksi properti meskipun dalam level yang sangat sederhana,maka anda haruslah memiliki pengetahuan yang memadai sehingga anda bisa mengetahui bagaimana mengahasilkan keuntungan dan bisa pula memprediksi bagaimana perkembangan bisnis atau investasi ke depannya.

Agar tahu banyak tentang seluk beluk bisnis properti caranya adalah dengan memulai bisnis properti.

Nah,setelah anda memulai bisnis properti,selanjunya anda akan mempelajari banyak hal,bertemu dengan banyak ,memahami situasi dan kondisi properti,memahami mekanisme membeli dan betransaksi dengan aman dan lain sebagainya.

2.Tidak Menyepelekan masalah

Pada kenyataannya,kebanyakan pelaku bisnis properti pemula,secara alamiah sering melakukan penyederhanaan pada saat membeli properti.

Dalam arti,banyak pemula dalam bisnis properti sering hanya melihat besarnya keuntungan yang di hitung-hitung saja.

Contohnya,mereka membeli properti,lalu properti tersebut akan di sewakan dan mencari penyewa mudah,kemudian selanjutnya mendapatkan keuntungan dari sana.

Namun,pada kenyataannya tidaklah semudah kita bayangkan di mana mencari penyewa dengan harga yang kita harapkan,atau adakalanya sangat susah dan sulit sekali mendapatkan penyewa yang tepat.

Faktanya,mencari penyewa atau menjual rumah terkadang susah dan terkadang mudah.Hal itu di sebabkan oleh berbagai faktor yang ada,bisa jadi karena kondisi rumah yang kurang menarik,tata ruang bangunan yang tidak sesuai dengan selera pembeli dan penyewa,letak bangunan yang tidak strategis atau tidak dan lainnya.

Anda mungkin melihat sebuah rumah yang di depannya di pasang papan penawaran yang bertuliskan di sewakan atau di jual,akan tetapi ternyata berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun rumah itu belum juga ada yang mau menyewa atau pun membelinya.

3.Mempertimbangkan Resiko
Memahami berbagai resiko yang ada sangat penting bagi pelaku bisnis properti atau investor properti.Saat hendak membeli properti sebaiknya kita memperhatikan faktor fakto resiko yang mungkin ada atau yang terjadi.

Banyak orang yang tidak memperhitungkan biaya yang harus di keluarkan selama rumah kosong menunggu penyewa atau pun pembeli.

Rumah atau apartemen bukanlah emas.Properti membutuhkan perawatan.Musuh rumah bukan saja hanya alam,tetapi juga orang-orang yang bertangan jahil,dan lain-lain.Properti berupa tanah saja perlu pagar dan penjaga agar tidak di serobot orang,atau pagarnya tidak di ambil para pemulung nakal.Apalagi properi kita berupa rumah atau ruko.

Rumah juga adalah sebuah aset yang mengalami penyusutan nilai,seperti kayu-kayunya,papan-papannya,catnya,besinya bisa berkarat,atapnya bisa bocor dan lainnya.Semua itu akan mengalami penyusutan seiring berjalannya waktu demi waktu.

Maka dari itu,properti memerlukan manajemen risiko sehingga perlu di adakan perencanaan perawatan besar dan kecil secara berkala.

4.Gali Informasi
Hal dasar lain yang perlu di miliki oleh pelaku bisnis properti adalah penguasaan informasi.Sebagaimana yang kita ketahui bahwa,segala sesuatu ada ilmunya,segala usaha memerlukan ilmu.

Oleh karena itu,menggali informasi atau menguasai ilmu tentang bisnis properti ini menjadi hal dasar,baik itu dari rekan,buku,media cetak,dan lain sebagainya

Semua informasi ini nantinya digunakan untuk referensi bagi anda yang hendak membeli atau melakukan transaksi properti agar berjalan dengan baik hingga nantinya juga akan mengasilkan keuntungan besar yang di harapkan.

Misalnya,ketika anda hendak membeli sebuah properti,anda harus memperhatikan secara detail keseluruhan tentang properti tersebut.




Apa saja yang harus di perhatikan?

Yang harus di perhatikan adalah mulai dari fisik,kondisi tanah,lingkungan dan lain sebagainya,sehingga anda dapat dengan tepat menaksir harga untuk properti tersebut.


Kriteria Menjadi Pelaku Bisnis Properti Yang Sukses
Setiap orang bisa menjadi investor properti yang sukses.Akan tetapi,untuk menjadi investor properti yang sukses,di perlukan keyakinan terhadap diri sendiri,atau percaya diri dan memiliki kemauan yang kuat untuk maju.

Jangan hanya menjadi orang yang pesimis,karena hanya akan memperburuk keadaan anda.Jangan takut dengan kegagalan,karena tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah gagal.

Yang penting di sini adalah bagaimana menyikapi kegagalan sebagai pembelajaran kita untuk lebih maju untuk mengejar impian dan tujuan hidup.

Berikut ini adalah kriteria dasar untuk menjadi investor properti yang sukses.

1.Banyak Relasi
Langkah awal yang perlu di lakukan agar sukses menjadi pelaku bisnis properti yang dapat menghasilkan untung besar adalah membangun relasi seluas-luasnya.Arti lain adalah menjalin jaringan kenalan.

Membangun relasi bisa memulainya dengan melakukan kegiatan di luar pekerjaan utama,misalnya dengan berkenalan dengan orang-orang yang baru kita temui di mana pun dan kapan pun.

Selain itu,juga bisa membangun relasi lewat teman atau saudara/kerabat,tetangga dan lain sebagainya.

Nah,dari jaringan relasi yang telah di bangun ini maka kita bisa memperoleh listing.Listing yang di maksud bisa berbentuk daftar pemilik properti yang berniat menjual atau menyewakan propertinya,sekaligus orang-orang yang berniat atau punya rencana untuk membeli properti dalam jangka waktu dekat.

Sekedar info di sini,bahwa sebagian pelaku bisnis properti yang sukses mendapatkan listing melalui iklan baris di koran,majalah,surat kabar atau lewat papan reklame yang ada di depan rumah atau tanah yang di jual.

2.Jeli
Menurut para pelaku bisnis properti yang paling sukses dab berpengalamn,bahwa properti adalah merupakan salah satu pilihan investasi terbaik.karena pada saat ekonomi mengalami pasang surut pun properti tetap menjadi investasi yg menguntungkan.

Namun,persoalannya terkadang investor juga terjebak dalam investasi properti.Mereka bisa keliru karena lantaran masih menggunakan emosi saat memilih dan menentukan properti sebagai investasi.

Untuk menjadi pelaku investasi atau bisnis properti yang sukses kita jeli melihat setiap celah yang  dapat memberikan keuntungan dari properti yang ada.

Misalnya saja,seperti kapan yang tepat untuk membeli properti.Pada prinsipnya adalah,kita harus membeli di saat harga yang rendah dan kemudian menjual pada saat harga tinggi.

Selain waktu,sebagai pebisnis properti,kita juga harus jeli memilih lokasi.Dalam hal ini,lokasi strategis dan prospektif biasanya berada di segitiga usaha perkantoran,bisnis,dan pertumbuhan ekonomi.

Bukan hanya itu,kita juga perlu mencermati apa saja jenis investasi yang paling berprospek.Dalam hal ini,jenis properti berupa kantor,ruko untuk usaha ritel masih propektif sebagai lahan investasi yang paling menguntungkan.

3.Sabar
Di dalam bisnis properti,kesabaran juga adalah penting.Menurut pebisnis properti yang sukses,kesabaran ini di perlukan untuk mempertahankan diri agar tetap berada di jalur menuju sukses.

Pengalaman membuktikan,bahwa begitu banyaknya kejadian dan kasus yang terjadi di lapangan yang bisa membuat orang mundur dari bisnis properti.Mulai dari awal dalam mencari properti propektif hingga akhirnya terjadi transaksi bisnis.

Bahkan sering kali saat melakukan pendekatan kepada calon pembeli yg melihat-lihat secara langsung properti ,terkadang hal ini tidak tuntas satu atau dua kali saja,bahkan bisa saja pendekatan ini menghabiskan waktu kita dalam berminggu-minggu.

Belum lagi,tidak semua calon pembeli tertarik dengan properti yang kita tawarkan.Jadi,kesabaran memang hal yang sangat di butuhkan demi keberhasilan dalam bisnis properti.

4.Memiliki Kemampuan Berkomunikasi
Hal lain yang tidak bisa di remehkan adalah kemampuan berkomunikasi yg perlu kita miliki.Kemampuan berkomunikasi ini bukanlah bawaan lahir seseorang dan mutlak tergantung dari bakat seseorang.

Kemampuan ini bisa di latih dan di kembangkan oleh setiap individu.

Jika di tanya,mengapa kemampuan berkomunikasi ini sangat penting dalam bisnis properti?

Jawabannya adalah karena ketika melakukan pendekatan,maka cara berkomunikasi dengan calon pembeli atau pun penjual bukanlah hal yg boleh di lakukan sembarangan,karena dampaknya akan menentukan kepercayaan calon pembeli atau penjual kepada diri Anda.

Apabila cara berkomunikasi anda baik,maka calon pembeli atau penjual akan mempercayai anda sebagai pebisnis properti profesional.

5.Memiliki Pengetahuan Tentang Hukum
Hal yang terakhir adalah,anda juga perlu mempelajari dan memahami hal-hal tentang hukum dalam bidang properti.Pengetahuan ini sangat di butuhkan agar anda tidak terperangkap dengan segala bentuk perselisihan atau persengkataan masalah properti.

Banyak kasus penipuan yang telah terjadi dalam bidang properti,contohnya soal legalitas sertifikat tanah.

Untuk itu anda harus bisa memastikan dalam proses transaksi properti legal dan sah.Dalam hal ini,yang harus anda perhatikan adalah masalah legalitas surat tanah dan bangunan seperti akta tanah dan sertifikatnya.

Baca juga :


Itulah langkah-langkah penting yang terbukti jitu dalam memulai bisnis properti agar sukses dan menguntungkan.Semoga bisa menjadi bahan pelajaran yang berguna untuk kita semua.


0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts