- --> Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Yg Berbeda | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Yg Berbeda

|
Membahas tentang definisi atau pengertian kewirausaan,berarti menjelaskan tentang masalah seputar dunia usaha dan kepribadian atau karakter dan cara kerja seorang wirausaha yang melakukan suatu kegiatan usaha berdasarkan ciri jenis usaha dan tujuannya.Menurut saya pribadi yang sudah lama berkecimpung di dalam usaha,dan sering juga membaca buku-buku tentang seputar kewirahasahwan dan masalah wirausaha yg berbisnis yang di tulis oleh para ahli dan praktisi bisnis,ternyata kewirausahaan itu memiliki perbedaan dan kesamaan arti.

Bahkan menurut kamus di wikipedia,kewirausahaan memiliki pengertian yang berbeda-beda,antara para ahli yangdi jadikan sumber acuan,karena berbeda-beda juga titik berat  dan penekanan arti dan penjelasannya.

Jadi,pengertian kewirausahaan pun bisa di katakan sangat lengkap yang di kumpulakan berdasarkan ciri jenis usaha dan tujuannya masing-masing,serta berdasarkan kepribadian atau karakteristik seseorang yang menjalankan usaha tertu yang di sukainya.

Dengan kata lain,maksud dari kata "Kewirausahaan" mengandung banyak makna dan penjelasan yang terkait dengan bisnis yang di jalankan oleh masing-masing wirausaha atau pelaku usaha.Atau bisa juga di katakan memiliki pengertian secara umum,dan tidak memliki arti  yang bersifat baku dan hanya mengandung makna tertentu saja.

Memang,banyak para ahli ekonomi dan bisnis memberikan argumen yang berbeda-beda tentang pengertian kewirausahaan.

Jika anda bertanya kepada para Tokoh wirausahawan berikut : Robert T. Kiyosaki,Tyler G ,Brian Tracy,Bradley J.Sugars,Doug Hall,Robert Ashton,Tung Desem Waringin,Andri Wongso,Hermawan Kartajaya,Pak Khairul Tanjung,Pak Abdul Rizal Bakri,tentang pengertian kewirausahaan,maka argumen mereka pasti berbeda-beda,berdasarkan pola pikir masing-masing menurut apa yang mereka jalani di dalam kehidupan sebagai pelaku usaha yang menjalankan roda ekonomi.

Akan tetapi,secara harfiah,kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha.Dimana Wira memiliki arti yang luas,yaitu,mandiri,tangguh,kuat,gagah berani,luhur,pejuang,pekerja keras,pekerja cerdas,pekerja kreatif,inovatif,pencipta kebutuhan,dan lainnya,Sedangkan Usaha artinya,suatu kegiatan kerja dan upaya yang di lakukan secara aktif,konsisten,tekun,dalam mengelola sumber daya,baik itu berupa sumber daya alam,sumber daya pribadi,dan sumber daya orang lain,untuk mendapatkan keuntungan.


Di dalam halaman wikipedia dengan tag wiki/kewiraswastaan,di jelaskan bahwa kewiraswastaan atau kewirausahaan adalah suatu proses mengidentifikasi,mengembangkan dan membawa visi/tujuan ke dalam kehidupan.Namun,penjelasan ini masih membutuhkan rujukan.

Kemudian,visi tersebut bisa berupa ide inovatif,peluang,cara yang lebih baik di dalam menjalankan sesuatu.Dan hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha/bisnis baru yang di bentuk/di buat/di bangun pada kondisi yang penuh risiko dan ketidakpastian.(Penjelasan ini pun masih membutuhkan rujukan).

Definisi Pengertian kewirausahaan Secara Umum

Memang,dunia kewirausahaan kalau kita definisikan masing-masing maka pengertiannya akan menjadi terdengar berbeda-beda.Namun begitu,definisi pengertian kewirausahaan secara umum bisa di jelaskan untuk memberikan pemahaman yang sederhana kepada semua orang yang menanyakannya.

Adapun secara umum penjelasan pengertian dari arti kewirausahaan/kewiraswataan (Entrepreneurship-Dalam bahasa Inggris),yaitu suatu proses didalam mengerjakan atau menciptakan sesuatu yang baru,atau bahkan yang terkini namun,berbeda,unik,kreatif (Inovatif) yang memiliki nilai tambah yg bisa berguna dan bermanfaat untuk kehidupan banyak orang.

Untuk melengkapinya,di bawah ini di uraikan banyak penjelasan terkait dengan pengertian kewirausahaan menurut para ahli,yang mungkin anda belum ketahui selama ini.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Yang Berbeda

1.Kewirauhaan menurut Richads Cantillon (1775); Kewirausahaan memiliki definisi pengertian yaitu sebuah kegiatan yang di lakukan,di kerjakan sendiri secara mandiri di dalam usaha sendiri.

Atau,seorang wirausahawan/pengusaha membeli barang saat ini dengan harga tertentu,dan menjualnya di kembali pada masa berikutnya dengan harga yang tidak menentu.(Penjelasan ini masih butuh rujukan).Jadi,defenisi atau pengertian kewirausahaan yang satu ini lebih fokus menekankan pada pemahaman tentang bagaimana seseorang wirausaha menghadapi risiko dan ketidakpastian dalam menjalan usahanya.

Pengertian kewirausahaan/kewiraswataan tersebut,berbeda dengan para ahli-ahli lainya di bawah ini.

2.Menurut Penrose (1963), yg merupakan seorang ahli kewirausahaan pada masa itu,bahwa defenenisi kewirausahaan adalah suatu kegiatan wirauhasa yang mencakup identifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekomomi.

3.Sedangkan menurut Geoffrey G.Mredith,bahwa wirausaha adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai kemampuan menganalisa,melihat dan menilai peluang-peluang dan kesempatan bisnis,lalu mengumpulkan berbagai sumber daya yang di butuhkan untuk tujuan mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan-tindakan yang tepat untuk bisa memastikan kesuksesan yang ingin di capai.

4.Kewirausahaan menurut Joseph Schumpeter (1943),yaitu kegiatan seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan atau revolusi di dalam suatu pasar lewat kombinasi-kombinasi baru,dan kombinasi tersebut bisa dalam bentuk sebagai berikut:
  1. Memperkenalkan/mempromosikan produk baru
  2. Memperkenalkan metode/cara produksi baru untuk produk baru yang di buat
  3. Membuka pasar pasar yang baru (New Market),
  4. Mendapat sumber pasokan baru dari bahan atau komponen yang baru pula,
  5. Dan menjalankan organisai baru pasa suatu industri

5.Harvey Leibenstein (1968-1979), menyatakan argumennya tentang pengertian kewirausahaan yang berbeda,yaitu,kewirausahaan adalah mencakup kegiatan yang di butuhkan untuk menciptakan atau menjalankan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas.Dengan kata lain,komponen produksinya belum di ketahui secara utuh atau sepenuhnya.

6.Sedangkan pengertian kewirausahaan menurut Zimmerer (1966),yang merupakan seorang ahli memberikan pernyataan tentang pengertian kewirausahaan,yaitu suatu proses penerapan keinovasioan dan kreatifitas dalam memecahkan suatu persoalan sehingga menemukan peluang dalam memperbaiki kehidupan usaha,

7.Eddy Soeyanto Soegoto,menyatakan argumen lain bahwa kaatnya pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha kreatif yang terbangun atas dasar inovasi untuk bisa menghasilkan sesuatu atau hal baru yang memiliki nilai tambah ,memberikan manfaat,menciptakan suatu lapangan kerja dan hasilnya bermanfaat untuk orang lain atau masyarakat.

Masih banyak lagi ahli-ahli kewirausahaan lain yang memberikan penjelasan yg berbeda-beda tentang defenisi arti kewirausahaan,berdasarkan ciri jenis dan tujuan kegiatan usaha berbeda yang mereka jalankan dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan dari tujuan usahanya. 

Oleh karena begitu banyak penjelesan terkait pengertian kewirausahaan menurut para ahli tersebut,maka kita tidak perlu lagi berdebat panjang lebar tentang penjelasan-penjelasan tersebut.

Yang penting kita mendapatkan inspirasi baru menyangkut pemikiran dan pemahaman terkait kewirausahaan yang mungkin berguna untuk membantu kita dalam mencapai tujuan usaha yang kita jalankan.

Seorang ahli yang lain pun menyatakan pengertian bahwa kewirausahaan adalah saya dan usaha saya yg saya jalankan sendiri berdasarkan inovasi dan kreatifitas untuk mendapatkan keuntungan.


Karakteristik Wirausaha Sukses  menjalankan bisnis di dalam kewirausahaan
Rata-rata wirausaha ketika menjalankan bisnis selalu membuat target yang jelas terlebih dulu.Target bisa di katakan adalah suatu tujuan yang harus di capai dengan mengerahkan segala sumber daya yang telah di sebutkan di atas.

Biasanya para wirausaha sukses membuat dulu target yang harus mereka capai.Kemudian mereka membuat rencana usaha/bisnis (Bussines Plan) sebagai dasar dan acuan mereka dalam menjalankan bisns untuk mencapai target.

Target yang di buat oleh wirausaha sukses antara lain:
  • Target mencapai omset penjualan,yang jumlah sudah di tentukan atau di tetapkan.TetapiTarget ini harus jelas jumlah angkanya,misalnya Rp.1,2 Miliar
  • Target waktu unntuk mencapai omset penjualan yang telah di tentukan,misalnya dalam 1 tahun harus mencapai jumlah Rp.1 miliar.Dalam hal membuat target waktu untuk mencapai omset yg telah ditentukan,para wirausaha sukses memetakan ukuran-ukuran omset penjualan 1 miliar tersebut ke dalam waktu setiap bulan,sehingga target omset penjualannya menjadi Rp.100 juta dalam setiap bulan.Kemudian,di petakan lagi menjadi lebih kecil,yaitu Rp.25 juta per minggu.Sehingga dengan memetakan ukuran-ukuran target omset penjualan tersebut tersebut,maka wirausaha sukses dengan mudah mengetahui kemampuan mereka berdasarkan sumber daya yang ada untuk mencapai target omset penjualan.
  • Target untuk merebut pasar potensial.Maksudnya adalah calon-calon konsumen yang tentukan menurut wilayah tempat tinggalnya,menurut umurnya,menurut jenis kelaminnya,menurut pendapatan/penghasilan setiap bulannya,dan menurut kebiasaannya di dalam menjalani hidup.Sebagian wirausaha sukses memetakan lagi kelompok calon konsumen yang di targetkan untuk mempermudah memahami tingkat kebutuhan atau permintaan para calon konsumen sasaran terhadap produk atau jasa yang akan di pasarkan.Hal ini juga untuk tujuan mempersempit persaingan di dalam pemasaran.Karena menurut para wirausaha sukses di dalam kewirausahaan,bahwa terkadang,ada satu kelompok pasar (Calon konsumen) yang belum sempat di garap oleh para pesaing di pasar,sehingga dengan begitu para wirausaha sukses tentu akan menjadi lebih mudah memahami kebutuhan pasar sasaran tersebut untuk mencapai tujuan akhir usaha yaitu omset Rp.1,2 miliar per tahun.
Jadi,pada dasarnya karakter sebagian wirausaha sukses adalah selalu membuat target tertentu yang di bantu dengan rencana usaha yang mereka buat sebagai acuan dalam menjalankan bisnis sampai sukses.

Para wirausahawan sukses juga memiliki karakter penyabar dalam menjalankan usaha mereka sampai berkembang menjadi usaha besar yang  sukses menghasilkan omset hingga milairan per bulan.

Para wirausahawan sukses terkadang di hina,dan remehkan oleh orang lain tat kala mereka baru dalam tahap merintis usaha dari modal kecil-kecilan.Tetapi mereka sangat bersabar di dalam menghadapi hinaan dari orang-orang yang meremehkan mereka.

Karakteristik Lain Dari Para Wirausaha Di Dalam Kewirusahaan:
  1. Berani Di dalam Menghadapi Risiko.Para wirausaha berani menghadapi resiko,karena bagi mereka risiko adalah sebuah tantangan yang harus di hadapi dan taklukan.Selain itu,bagi para wirausaha,di balik risiko dalam usaha,terdapat peluang besar meraih keuntungan.Jadi,tanpa keberanian menghadapi risiko,para wirausaha tak akan pernah melalui tangga kesuksesan.Tetapi,keberanian wirausaha di dalam menghadapi risiko menjalankan usaha selalu berdasarkan perhitungan yang matang tentang untung rugi hasil yang di dapat.
  2. Percaya kepada diri sendiri.Para wirausaha sangat percaya kepada diri sendiri,di mana mereka merasa bahwa mereka akan mampu menjalankan usaha sampai berhasil dengan mengandalkan sumber daya yang mereka yang miliki.Tanpa memiliki rasa percaya diri,mustahil wirausaha akan mampu meraih sukses di dalam kewirausahaan.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan.Para wiarusaha juga memiliki jiwa kepemimpinan di dalam diri mereka,sehingga mereka mampu menjadi pemimpin bagi diri mereka sendiri dan menjadi pemimpin bagi orang lain yang membantu usaha mereka berjalan.
  4. Kreatif di dalam berwirausaha.Makudnya adalah kreatif menciptkan inovasi-inovasi baru yang terkait dengan produk,layanan,pemasaran,dan menyangkut hal-hal lain yang akan membuat usaha mereka terus berjalan dengan lancar dan sukses menghasilkan keuntungan.
  5. Menciptakan Peluang baru apabila tidak ada peluang yang cari.Di dalam hal ini,para wirausaha terkadang terpaksa menciptakan peluang sendiri apabila mereka tidak menemukan peluang yang mereka cari.Karena menciptkan peluang sendiri lebih baik daripada mencari peluang yang sudah ada.Peluang yang di ciptakan disini adalah peluang baru yang di bisa di manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar,karena peluang baru belum tentu ada orang lain yang memanfaatkannya. 
  6. Memiliki motivasi yang kuat terus maju.Di dalam hal ini,motivasi yang kuat untuk terus maju sangat di perlukan bagi seorang wirausaha ketika menghadap kesuitan atau masalah di dalam menjalankan usaha.Dengan motivasi yang kuat untuk terus maju,wirausaha mampu melewati kesulitan dan menyelesaikan masalah yang di hadapi di dalam usaha.


Demikianlah artikel yang menjelaskan defenisi atau pengertian tentang kewirausahaan secara umum dan menurut para ahli yang dunia usaha yang berbeda.Semoga bermanfaat dan berguna bagi kesuksesan kita semua di dalam menjalani kehidupan sebagai wirausaha/entrepreneur.

Baca juga:


Related Posts