Thursday, 26 July 2018

7 Contoh Strategi Pemasaran Yang Berkonsep Pada Penetapan Harga Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan

Baca Juga


contoh strategi pemasaran
Pada kesempatan kali ini,blog kunci sukseszone  mengulas 7 Contoh strategi pemasaran yg berkonsep pada penetapan harga untuk meningkatkan hasil penjualan.Di harapkan,dengan hadirnya artikel ini dapat memberikan pencerahan baru bagi para entrepreneur baik pemula maupun yang sudah lama dalam menekuni bisnis,tetapi dalam kegiatan pemasaran belum memberikan hasil yang memuaskan.

Sebenarnya di dalam bisnis banyak aspek yang mempengaruhi hasil yang di capai,salah satunya adalah penentuan harga yang  akan di terima oleh pasar atau pelanggan,sehingga pemasaran pemasaran yang di jalankan akan selalu memberiakan hasil memuaskan.

Tujuh contoh Strategi pemasaran yang menggunakan konsep penetapan harga yang tepat  dan bervariasi pada level atau tingkatan tertentu ini,semua dapat anda sesuaikan dengan produk atau jasa anda. Dalam arti kegiatan pemasaran anda akan bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang bersedia membeli dengan harga yang anda tawarkan.

Produk atau jasa yang yang anda tawakan dengan harga yg murah atau pun dengan harga tertinggi tidak lagi akan menjadi masalah serius bagi anda.,karena pelanggan juga membutuhkan produk atau jasa tersebut.Ini benar-benar sebuah konsep pemasaran yang sangat masuk akal.

Intinya di sini adalah bagaimana anda menjalankan kegiatan pemasaran dengan penetapan harga penjualan yang paling menghasilkan dan akan menguntungkan bagi usaha.Baca dan pelajari isi artikel ini sampai tuntas agar usaha bisnis anda selalu sukses dan lancar dengan omset yang terus meningkat secara dramatis.Selebihnya,akan mampu menumbuh kembangkan usaha anda dengan cepat,melebihi usaha pesaing.

Contoh Strategi Pemasaran Berkonsep Pada Penetapan Harga Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan

Banyak orang yang terjun menjadi pengusaha atau pebisnis,karena memiliki tujuan dan keinginan untuk meraih kebebasan finansial dan waktu.Namun,rata-rata orang yang menjalankan usaha bisnis tidak mencari strategi pemasaran yang dapat meningkatkan omzet dan pendapatan usahanya.Bukankah dengan meningkatnya omset penjualan,pendapatan juga akan bertambah besar.

Terkait dengan topik artikel contoh strategi pemasaran berfokus pada penetapan harga penjualan dalam menjalankan bisnis,seorang ahli ilmu marketing pernah bertanya kepada pemilik bisnis dan beberapa orang dari organisasi bisnis perusahaan,dengan pertanyaan seperti di uraikan di bawah ini.

"Siapa yang menentukan atau menetapkan harga penjualan produk anda?"

"Siapa yang menentukan margin keuntungan penjualan dalam bisnis anda?"

"Siapa yang menentukan apa yang di tawarkan,kepada siapa di tawarkan,dan berapa banyak atau sering anda menjual?

"Siapa yang menentukan seluruh langkah atau tindakan bisnis dalam pasar yang kopentitif?"

Cukup mengejutkan,ternyata hampir serempak semua menjawab "Saya!!".Kemudian dengan perlahan Sang ahli ilmu marketing itu memberitahukan bahwa jawaban dari semua itu bukanlah sesuatu jawaban yang tepat.

Sang ahli ilmu marketing atau strategi pemasaran lalu mengatakan kepada mereka,sebenarnya persainganlah yang menentukan tentang berapa penjualan yang anda tetapkan,berapa banyak yang di jual,kepada siapa di jual,berapa margin keuntungan,seberapa cepatkah kecepatan pertumbuhan omset penjualan,dan hampir segala sesuatu keputusan lainnya didalam bisnis".

Mengapa hampir semua keputusan dalam bisnis di tentukan atau di pengaruhi oleh persaingan?

Beginilah penjelasannya....

Di dalam bisnis ada pesaing dan akan selalu ada pesaing yang merupakan lawan bisnis anda.Jadi,bisnis ibarat peperangan dengan cara atau strategi tertentu,dalam peperangan pun sebagian besar strategi di tentukan oleh musuh.Strategi juga di tentukan oleh apa yang perlu anda lakukan untuk mengalahkan musuh dan apa tindakan balasan yang cenderung di lakukan oleh musuh dalam upaya untuk mengalahkan anda.

Pembahasan lebih lengkap yang terkait ini bisa anda simak di artikel 4 Strategi Penjualan Yang unik dan  Efektif Dalam Menghadapi Perang Pemasaran.

Sebagai seorang pengusaha atau pelaku bisnis anda harus melihat dua arah secara bersamaan.Dan anda benar-benar harus fokus,pada pelanggan.Dalam hal ini anda harus tahu tentang siapa mereka,di mana mereka,apa yang mereka butuhkan dan inginkan,bagaimana cara mereka membeli atau membayar.Dan akhirnya anda akan dapat mengetahui strategi pemasaran untuk menarik minat banyak untuk membeli dari anda,sehingga secara otomatis bisnis anda akan cepat sukses dan selalu menguntungkan.

Pada saat yang sama,anda harus benar-benar fokus pada pesaing anda.Ingatlah,mungkin pesaing anda selalu bangun pagi dan berpikir sepanjang hari tentang bagaimana cara atau strategi pemasarn yang dia lakaukan untuk menyingkirkan anda dari lingkungan bisnis.

Para pesaing juga berpikir tentang bagaimana memotong harga penjualan produk anda dari bawah,bahkan mencuri perhatian pelanggan anda.

Jangan takut menghadapi para pesaing bisnis,silahkan pelajari rahasianya di artikel 4 Teknik Pemasaran Memenangkan Persaingan Yang berfokus Pada Nilai Tambah.

Sebagimana anda fokus pada penjualan serta keuntungan,demikian juga para pesaing anda.Sejak anda berpikir dari memulai sampai menjalankan usaha,pesaing-pesaing anda memiliki pengaruh besar terhadap setiap keputusan dan langkah bisnis yang anda buat dan bagimana keputusan itu berubah menjadi peluang meraih keuntungan dan kesuksesan dalam setiap penjualan.

Jika anda seorang pelaku bisnis online di internet,mungkin di antara strategi-strategi pemasaran berfokus pada penetapan harga yang di jelaskan di sini ada yang cocok anda jalankan untuk bisnis online anda.Simak selengkapnya.

Inilah 7 Contoh Strategi Pemasaran Berkonsep Pada Penetapan Harga Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan


strategi pemasaran

Sebelum anda menentukan harga penjualan produk atau jasa,alangkah baiknya anda mempersiapkan sebuah rencana untuk mencapai target.

Sasaran atau target anda paling utama dalam bisnis adalah "mencapai keunggulan yang beragam yang memiliki manfaat dan berkelanjutan".Artinya anda harus memasukan kedalam produk atau jasa anda suatu keunggulan yang bermanfaat secara spesisfik bagi pelanggan,dan ini tidak di berikan oleh pihak lain.

Selanjutnya,anda menciptakan ketegasan penjualan yang unik bagi calon pelanggan.Kemudian anda mencari pelanggan tertentu yang di target di dalam pasar yang berminat memerlukan,dan bersedia membayar dengan harga lebih untuk sesuatu yang anda lakukan,dan itu harus lebih baik dari siapa pun.Ini adalah merupakan kunci dari kesuksesan bisnis.

Namum,sekalipun demikian,anda perlu memikirkan harga penjualan anda dengan baik.Dalam hal ini,harga bersifat subjektif.Di sini tidak ada aturan yang pasti dan cepat untuk menentukan harga suatu produk atau jasa.

Dalam masalah harga penjualan,sebenarnya hanya ada suatu yang di sebut "harga perkiraan atau harga tebakan" dari seberapa besar nilai untuk pelanggan bersedia membayarnya.

Jadi tugas anda adalah menentukan harga setinggi mungkin yang dapat anda tawarkan tanpa kehilangan pelanggan karena mereka beralih untuk membeli kepada pesaing.

Inilah 7 conth strategi pemasaran berfokus pada penetapan harga penjualan untuk meningkatkan omset,keuntungan atau profit usaha anda.

#1.Strategi Penetapan Harga Cuci Gudang


Di dalam dunia ekonomi dan bisnis terdapat koonsep yang biasa di sebut "harga cuci gudang".Apa arti dan maksud sesungguhnya?


Menurut ilmu ekonomi bahwa harga cuci gudang adalah harga di mana semua pembeli dapat membeli semua produk jenis tertentu yang mereka inginkan.Serta di mana semua penjual dapat menjual semua produk yang mereka tawarkan.

Dan selanjutnya,pada akhirnya nanti,setiap orang merasa puas,karena semua pembeli telah membeli segala sesuatu yang mereka inginkan.Begitu pula sebaliknya,di mana para penjual telah menjual segala sesuatu yang ,mereka tawarkan.

Jadi,bisa di bilang,bahwa harga "cuci gudang" adalah harga ideal dan cocok di semua pasar atau pemasaran.

Anda tentu pernah melihat adanya penjualan diskon di bisnis mana pun,khususnya dalam oprasi bisnis ritel,dan anda melihat suatu contoh di mana para penjual menetapkan harga produk dengan tebakan atau perkiraan yang salah.

Para penjual itu membuat dan mengatur harga yang terlalu tinggi sehingga tidak mungkin bisa menjual semua produk yang mereka tawarkan kepada pembeli dengan harga tersebut.Akibatnya,mereka terpaksa membuat harga dengan tebakan dan perkiraan kembali.Dalam arti mereka harus menurunkan garga dan berusaha sekali lagi untuk menghabiskan persediaan atau stok barang mereka dan mendapatkan kembali modal yang telah di investasikan sebelumnya.

Mungkin anda pernah melihat juga,sebuah toko yang menawarkan serangkaian penjualan diskon.Dalam hal ini mereka akan menjual dan kemudian menjual lagi dengan harga yang lebih rendah.

Pada setiap kasus,para pemilik toko menebak lagi hingga beberapa kali.Mereka berjuang keras untuk menemukan harga yang tepat yang dapat menghabiskan stok barangnya,sampai dengan ke tingkat harga di mana orang akan membeli semua yang mereka tawarkan.

Gunakan strategi pemasaran dengan penetapan harga penjualan berkonsep cuci gudang untuk menghabiskan stok anda dengan cepat,serta meningkat omset dengan cepat.Tapi sebelum melakukannya baca dulu penjelasan di bawah ini.

Memahami Lebih Jauh Tentang Konsep Harga Cuci Gudang

Anda mungkin sudah pernah mendengar Wal-Mart yang menjadi kegiatan bisnis ritel paling sukses di dunia.Mengapa? Yaitu karena kebijakan mereka untuk selalu menjual lebih rendah.Hal itu berkat sistem canggih yang mereka terapkan dalam distribusi dan persediaan barang mereka yang di kendalikan oleh satelit.Jadinya mereka tidak pernah mengalami kelebihan persediaan barang di jaringan toko mereka di mana pun.Luar biasa juga ya..

Dalam kasus kegiatan pemasaran dan penjualan di Toko Wal-Mart di mana setiap pembelian persediaan barang segera di laporkan/komunikasikan lewat satelit kepada kompunter besar milik perusahaan pusat di Bentonville,Arkansaa.

Informasi itu adalah tentang produk,ukuran warna,dan karakterristik yang segera di komunikasikan dengan satelit pabrik-pabrik dan pengirim produk nasional maupun internasinal.

Di sini,setiap pabrik memiliki umpan balik terbaru mengenai jenis produk mana yang harus di produksi dan ke toko mana produk tersebut di kirim,dan dalam jumlah berapa,warna apa,jenis tipe atau bentuk ukuran yang kesemuanya di lakukan dengan tepat.Oleh karena Wal-Mart meraih kesuksesan besar karena memiliki sistem distribusi yang paling canggih daripada semua kegiatan bisnis ritel di dunia.

Ketika anda berbelanja di Wal-Mart,anda akan tahu bahwa mereka tidak mungkin lagi untuk memberi diskon pada produknya dalam hal ini "cuci gudang" beberapa minggu ke depan.Karena Wal-Mart telah menjual dengan harga paling murah berkat kemampuan mereka membeli produk secara borong dalam jumlah atau kuantitas besar.Selain itu karena persediaan barang mereka selalu terkontrol dan tidak pernah berlebihan.

Akibatnya,orang-orang yang berbelanja di Wal-Mart menjadi merasa puas dan percaya,dan Wal-Mart berhasil membukukan pemasukan atau omzet hingga 300 Miliar dolar pertahun.Kalau di rupiahkan sekitar Rp.400 Trliyun.

Memang ya,kalau di dalam di dunia pemasaran sangat banyak cntoh strategi pemasaran  yang bisa di jalankan oleh pelaku bisnis.

Terdapat berbagai cara atau strategi untuk menentukan harga penjualan produk atau jasa.Tetapi anda harus selalu ingat bahwa ini semua adalah hanya berupa harga tebakan atau perkiraan yang di dasarkan pada apa yang anda ketahui tentang apa yang di inginkan oleh pesaing anda,serta apa yang ingin di bayar oleh pelanggan.Lalu anda gambungkan dengan dasar intiusi dan keberanian anda mengenai apa kemungkinan yang akan di tanggung oleh pasar.



Penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki intuisi yang tajam dalam strategi pemsaran menentukan harga yang mampu mengenal tanda-tanda kesenjangan antara apa yang ingin di bayar oleh pelanggan bagi produk atau jasa anda dan biaya total dalam memasarkan produk atau jasa tersebut..Intiusi seperti inilah yang telah membuat banyak pengusaha berhasil mencetak omzet penjualan besar.

Dalam arti,bahwa "peluang keuntungan" inilah yang harus dapat di lihat oleh seorang pengusaha ketika menjalankan strategi pemasaran,di mana hal semacam ini tidak dapat di lihat atau terbaca oleh kebanyakan orang.Semakin baik anda mengenal tanda-tanda kesenjangan antara harga dan biaya penjualan,maka akan semakin sukses pula usaha bisnis anda.

#2.Penetapan Harga Markup Di Tambah Biaya

Dalam contoh strategi pemaran dengan model penetapatan harga seperti ini,anda harus mengambil dasar dari biaya total atas produk atau jasa lalu menaikannya dalam jumlah tertentu,biasanya hal ini di lakukan dalam bentuk perhitungan persentase.

Sebagai contoh adalah di mana sudah biasa bagi sebuah restoran atau rumah makan untuk menaikan harga sebotol teh sosro sampai 100 persen.Jika satu botol teh sosro modal pembeliannya Rp.4000 dari agen penjual atau pemasok,maka restoran akan mencantumkan dalam daftar menunya seharga Rp.8000.

Dalam hal ini,suatu usaha atau perusahaan melakukan strategi penentuan harga dengan menaikan harga produknya berdasarkan persentase yang berbeda,di mana hal itu tergantung pada tekanan dan volume penjualan kompetitifnya.

Contoh strategi pemasaran penentuan harga berikutnya adalah pada kasus penjualan perhiasan,karena toko perhiasan harus melakukan penyimpanan dalam jumlah cukup besar,maka kenaikan harga dapat menjadi beberapa ratus persen.

Sedangkan untuk toko makanan,karena perputaran penjualan produk sangat cepat maka kenaikan harga berkisar 20 persen dari modal yang diberikan oleh agen penjualan.Ini adalah cara aman untuk menetapkan harga,khususnya pada tahap awal.Namun,anda harus selalu tetap mengingat garga yang di tetapkan oleh pesaing anda.

#3.Menetapkan Harga Penjualan Dengan Biaya Plus

Berikut ini adalah contohnya bagaimana ketika seorang pengusaha membangun sebuah pusat pertokoan,pemilik perusahaan kontsruksi menjelaskan kepadanya,tentang cara perusahaan konstruksi dalam menetapkan harga.

Perusahaan konstruksi menjelaskan,bahwa mereka menghitung biaya total konstruksi dan kemudian menambahkan 10 persen untuk biaya administarsi dan 10 persen lagi untuk keuntungan.

Itu adalah strategi pemasaran menentukan harga dengan tambahan biaya plus,yang mungkin juga cocok untuk bisnis anda.

Banyak perusahaan yang juga menerapkan strategi penentuan harga seperti ini.Seperti halnya dalam contoh strategi pemasaran jasa yang di lakukan oleh pihak Bank,di mana ketika seseorang meminjam kredit,maka selain mengambil keuntungan dari kredit itu,pihak bank juga menentukan harga plus yang di sebut biaya administrasi untuk penjualan jasa kredit pembiayaaan bagi para debitur mereka.

#4.Menentukan/Menetapkan Harga Dengan Biaya Total Majemuk

Strategi pemasaran berkonsep pada harga berikut ini sering juga di lakukan oleh perusahaan sukses,di sini mereka menghitung biaya total produksi,atau biaya per unit produk,kemudian mengalikannya dengan angka-angka tertentu.

Ketika anda mengikuti model dari konsep  penetapan harga penjualan ini,anda dapat menaikan harganya sebanyak 5 atau 10 kali dari biaya modal pabrikan.Ini adalah suatu strategi pemasaran yang sudah sangat efektif yang mampu meningkatkan omset dan sekaligus keuntungan dari setiap kegiatan pemasaran yang di jalankan oleh banyak perusahaan maupun toko.

Contoh-nya adalah dalam dunia penerbitan buku,di mana harga penjualan eceran buku biasanya sama dengan 7 kali lipat dari biaya untuk mencetak buku.Dalam hal ini,jika biaya yang di keluarkan untuk mencetak buku adalah sebesar Rp10 ribu,maka harga penjualan eceran adalah Rp.70 ribu.

Konsep menetapkan harga penjualan dalam pemasaran buku adalah aturan dasar yang sering di gunakan dalam industri bisnis penerbitan.

Masih sangat banyak kaum pengusaha atau pebisnis yang tidak menyadari semua biaya yang tidak langsung dan tidak terduga dalam bisnis mereka,sehingga walaupun mereka telah menaikan harga produk sampai 100 persen,tetap saja membuat usaha mereka mengalami kerugian dan akhirnya menjadi bangkrut.

Sebagai contoh strategi menetapkan harga penjualan yang sering menyebakan kerugian adalah ketika seorang pedagang membeli sebuah produk seharga Rp.20 ribu,kemudian ia menjualnya dengan harga Rp.40 ribu.Akan tetapi,setelah dia mengurangkan semua biaya-biaya lain yang di keluarkan untuk menjual produk kepada pelanggan ternyata hanya menghasilkan kerugian dalam setiap penjualan.

Jadi jangan biarkan hal seperti itu terjadi pada anda.

#5.Strategi Penetapan Harga Sesuai Pasar

Ini juga adalah merupakan konsep pemasaran yang sering juga di gunakan dalam menetapkan harga penjualan untuk produk  atau jasa yang di lakukan oleh banyak perusahaan.Anda juga dapat menirunya.

Dalam hal ini,jika produk atau jasa anda tidak terdapat manfaat bernilai lebik baik daripada produk dan jasa pesaing,maka anda harus mempertahankan harga sekitar 10 persen dari apa yang pesaing tetapkan bagi produk atau jasa yang sama jenisnya dalam satu wilayah pemasaran yang sama.

Sebagai contoh menjalankan strategi menentukan harga dalam pemasaran adalah sebagaimana di tuturkan oleh seorang mantan karyawan bank.

Ketika itu,dia bekerja di suatu bank di negaranya yakni di Amerika Serikat,Ketika itu,bank mereka menawarkan persentase pengembalian dalam tingkat tertentu untuk setiap depsit tetap.Di berlakukannya strategi ini,membuat pelanggan sangat sensitif,bahkan untuk kenaikan atau penurunan sampai seperempat titik terhadap jumlah ini.Untuk segera menaikan simpanannya,semua bank atau bisnis kepercayaan harus menaikan tingkat bunga satu seperempat poin.Dalam waktu singkat,jutaan deposit baru akan mengalir ke institusi tersebut.

Contoh berikutnya strategi penetapan harga adalah dalam swa-penyimpanan,di mana jumlah yang dapat di tetapkan untuk ukuran gudang tertentu dalam suatu wilayah tertentu cukup seragam di seluruh wilyah tersebut.

Orang-orang yang menyimpan barang-barang miliknya akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya hanya karena lantaran perbedaan harga sewa sebesar Rp.50 ribu perbulan.Sekali lagi,persainganlah yang menentukan harga yang anda tetapkan.

#6.Harga Monopoli/Strategi Penetapan Harga Menguasai Pasar Secara Total

Ini adalah contoh strategi pemasaran dengan penetapan harga paling menguntungkan ketika telah mengusai pasar secara 100% jika tidak ada pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sejenis di pasar.

Ketika tidak ada satu pun pesaing di pasar yang anda kuasai,maka anda dapat menetapkan harga premium atau harga paling tinggi dan paling menguntungkan untuk bisnis anda.Karena pelanggan yang menginginkan produk atau jasa tersebut tidak memiliki pilihan lain lagi,kecuali selain harus membayar sesuai harga yang anda tetapkan.

contoh strategi pemasaran berfokus pada penetapan harga


Perlu anda ingat..

Kemampuan untuk menetapkan harga  monopoli atau harga tertinggi di atas harga pasar hanya bisa berhasil menghasilkan penjualan jika produk atau jasa anda memiliki keunggulan dan keunikan yang tak dapat di temukan di mana pun dalam wilayah pasar atau wilayah pemasaran anda.

Contohnya,anda dapat menetapkan harga monopoli hanya karena lokasi wilayah yang tidak ada pesaing yang menjual produk atau jasa yang serupa.

Tetapi,ada juga toko makanan yg menawarkan kenyamanan menetapkan harga yang cukup tinggi untuk penjualan produknya di banding toko lain.Mereka dapat melakukan ini karena mereka memiliki monopoli atas lokasi usahanya.Mereka adalah satu-satunya toko yang paling dekat dengan pelanggan yang menawarkan kenyamanan berbelanja dan dapat di jangkau dengan cepat oleh pelanggan yang mau berbelanja.

Selain itu,biasanya mereka  juga menaikan harga penjualan berkisar 30 persen hingga 50 persen,dan anehnya para pelanggan toko mereka jumlahnya tak pernah surut,malah semakin banyak.

Salah satu cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk menetapkan harga monopoli adalah dengan merancang atau membuat produk atau jasa anda menjadi lebih inovatif dan unggul dalam segala hal,sehingga membuatnya jauh lebih menarik daripada produk atau jasa pesaing.

Dengan begitu,anda akan menjadi satu-satunya pilihan untuk pelanggan potensial dan mereka akan memilih membeli dari anda.Dan pelanggan pun tidak akan berpikir lagi untuk pergi membeli ke tempat lain kecuali ke tempat bisnis anda.

#7.Strategi Penetapan Harga Variabel

Penetapan  harga variabel ini ternyata memiliki keunggulan dan keistimewaan tersendiri.Banyak perusahaan atau bisnis yang sukses yang menjalankan strategi pemasarn dengan menetapkan harga yang berbeda-beda atau bervariasi untuk setiap produk atau jasa yang serupa alias sama.Dalam hal ini,harga yang mereka tetapkan berubah-rubah karena sangat bergantung pada situasi dan keadaan.Itulah yang di sebut strategi harga variabel.

Kami memberi contohnya agar anda dapat lebih mengerti dengan jelas...

Contoh strategi penetapan harga variabel ini bisa anda lakukan jika anda menjual satu jenis produk kepada seorang pelanggan potensial,di sini biaya anda untuk melayani pelanggan tersebut bisa saja menjadi cukup tinggi.Jadi dalam hal ini,anda harus menetapkan "harga eceran penuh".

Tetapi,di sisi lain,jika seandainya pelanggan anda membeli produk anda dalam volume besar,maka biaya anda untuk melayani pelanggan tersebut otomatis akan menurun secara dramatis.Jadi,dalam kasus ini,anda dapat memberikan diskon besar untuk sebuah volume produk yang di beli pelanggan.Dan hal yang sama juga telah di lakukan oleh banyak perusahaan sukses.

Artinya anda dapat menawarkan harga yang bervariasi atau beragam tingkatan jika pelanggan membeli lebih banyak atau sering membeli dari anda.Ini benar-benar bisa membuat bisnis anda semakin sukses dan menguntungkan.

Sangat banyak contoh pengusaha-pengusaha yang melakukan strategi menetapkan harga yang bervariasi dan semua itu bergantung pada pula pada waktu,minggu,bulan,atau bahkan musim tertentu di mana banyak orang yang berbelanja.

Sebagai contoh kasusnya dalam hal penetapan harga yang bervariasi bergantung waktu atau musim adalah di mana jika anda membeli dagaing sapi di hari-hari biasa,maka harga daging sapi bisa di bilang cukup murah.Tetapi,ketika musim menjelang hari raya Idul fitri dan natal  di mana banyak orang yang akan membeli daging sapi untuk kebutuhan mereka,maka harga daging sapi tersebut melambung atau melonjak hingga ke puncak harga tertinggi.

Contoh lain dari strategi penetapan harga variabel ini adalah sebagaimana sering di lakukan oleh perusahaan-perusahaan yang beroprasi di industri bisnis perjalanan.Adapun contoh paling dekat dan sering terjadi adalah,di mana perusahaan kereta api milik negara menetapkan harga tertinggi untuk layanan mereka dengan menjual tiket lebih mahal di saat musim mudik lebaran.Sekalipun harga tiket naik ke puncak harga tertinggi,namun tetap saja Perusahaan Kereta Api Indonesia kebanjiran order tiket.Dan puluhan ribu tiket laris bagaikan hanya dalam sekejab mata.

Contoh lain,jika anda pergi berlibur ke tempat-tempat wisata dan ingin menginap di hotel di saat musim liburan panjang atau pendek,maka harga sewa hotel juga sering melambung ke puncak tertinggi gunung Semeru.He,he,he,he...

Contoh strategi harga variabel dengan menetapkan harga tertinggi di musim menjelang hari raya ternyata ada terbalik memanfaatkannya.Misalnya,para pebisnis dan pedagang pakaian tingkat eceran,malah menawarkan diskon besar-besaran untuk hampir setiap jenis pakaian yang mereka jual.Di kasus ini,harga terkadang turun hingga 50 persen atau bahkan lebih.Coba anda membeli pakaian di hari-hari biasa,maka anda akan mendapatkan harga penjualan yang teringgi untuk jenis pakaian yang anda sukai.

Contoh strategi pemasaran dengan menetapkan harga variabel berikutnya dalam penjualan adalah,di mana banyak restoran yang memberikan bonus khusus,diskon khusus dan bahkan penawaran beli 2 gratis 1 untuk orang-orang yang makan malam pada hari-hari tertentu,misalnya hari senin,selasa dan rabu.

Bahkan beberapa restoran menawarkan sebotol minuman atau segelas minuaman dingin dengan harga setengahnya saja pada saat malam-malam yang sepi.Hal ini di lakukan sebagai strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan dan membantu menutup biaya tetap mereka dalam menjalankan oprasi usaha bisnis.

Contoh Lain Strategi Pemasaran Dengan Menetapkan Harga Varibel

Dalam bidang bisnis penjualan mobil,perusahaan-perusahaan dealer mobil memberikan kuaota penjualanbulanan untuk setiap tenaga penjual atau sales.Di sini priode kuota biasanya di mulai dari minggu pertama awal bulan.Oleh karena itu,para sales akan berusaha keras untuk mendapatkan kesepakatan-kesepakan penjualan.

Para sales tersebut akan melakukan berbagai upaya dan usaha untuk memberi harga setinggi mungkin.Namun,jika anda membeli mobil di minggu ketiga,maka para sales mulai memberikan penawaran-penawaran diskon,dan ketika di minggu terakhir mendekati akhir bulan,maka tekanan untuk mencapai kuota menjadi meningkat.Selanjutnya para sales akan berusaha untuk mendapatkan penjualan-penjualan dengan menawarkan hadiah-hadiah apa pun + diskon.Jika anda mau membeli mobil dan mendapatkan kesepekatan harga terbaik maka selalu lakukan pada beberapa hari terakhir sebelum akhir bulan.

Model lain strategi pemasaran dengan penetapan harga variabel adalah penambahan atau peningkatan penjualan yang di sebut up sell.Dalam kasus ini,anda dapat menawarkan produk atau jasa dengan harga spesial jika pelanggan membeli sesuatu produk atau jasa lainnya pada saat yang sama,di sini anda juga bisa mendapatkan keuntungan.

Sebagai contoh kasus,sebuah toko biasanya menjual mesin foto copy dengan harga murah jika pelangggan membeli semua kebutuhan kertasnya yang berharga mahal,sehingga membuat toko tersebut mendapatkan sebagian besar keuntungannya dari kertas itu,bukan dari mesin foto copy.

Baca juga pembahasan-pembahasan terkait ilmu pemasaran sukses di bawah ini :

Itulah 7 contoh strategi yang berkonsep pada penetapan harga terbaik untuk meningkatkan omset penjualan.Selamat mempraktikan,semoga berhasil dalam bisnis.


0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts