Menurut sebagian praktisi ahli ilmu marketing bahwa sebenarnya strategi penentuan
harga penjualan produk atau jasa di dalam pemasaran
tergantung dari pesaingan.Alasanya,karena persaingan bisa mempengaruhi
berapa banyak jumlah produk atau jasa yang terjual dalam pemasaran.Bahkan lebih dari itu persaingan juga bisa mempengaruhi aspek lain dalam
pemasaran,misalnya,kepada siapa produk di jual,atau siapa saja target
penjualan yg tepat,di mana lokasi pemasaran anda yang tepat,dan berapa
banyak keuntungan penjualan yang akan anda dapatkan.
Terlepas dari benar atau tidaknya pendapat para ahli yang memberikan pendapat seperti itu,pada
kesempatan kali ini,kami memberikan contoh dan penjelasan tentang
bagaimana teknik penjualan produk atau jasa dengan harga jual yang tepat yang
bisa anda jadikan sebagai strategi pemasaran yang akan dapat memberikan keuntungan bagi perkembangan usaha.
Perlu
kami ingatkan di sini bahwa menentukan harga penjualan produk atau jasa dengan tepat adalah merupakan hal penting di dalam usaha dan pemasaran,karena dengan harga yang tepat,maka produk atau jasa akan menjadi cepat laris,sehingga akan mempengaruhi peningkatan omset atau pendapatan usaha.
Harga penjualan yang tepat maksudnya adalah harga penjualan yang tidak membuat konsumen merasa berat untuk membeli atau membayar,dan dengan harga yang tepat,penjualan setiap produk atau jasa akan menguntungkan usaha.Atau paling tidak dalam keadaan tertentu minimal bisa mengembalikan modal dan biaya yang di keluarkan dalam menjalankan usaha dan pemasaran.
Tetapi,secara umum di dalam dunia bisnis,khususnya dalam menjalankan strategi pemasaran produk atau jasa sebenarnya tidak ada yang namanya harga jual-beli tetap,karena harga jual beli bisa berubah,atau di rubah-rubah sesuai kondisi tertentu.
Dengan kata lain,harga jual suatu produk atau jasa di pengaruhi oleh banyak faktor,terutama faktor persaingan.
Untuk lebih jelasnya,pelajari 10 strategi pemasaran produk dan jasa dengan penentuan harga yang menguntungkan.
1.Mencoba menjual Dengan Harga Spekulasi atau Tebakan
Mencoba menjual produk atau jasa dengan harga spekulasi atau tebakan adalah salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan usaha.
Adapun maksud atau pengertian menjual dengan harga berdasarkan spekulasi yaitu di mana anda mencoba menentukan harga jual produk atau jasa pada level tertentu yang anda kira akan memberikan keuntungan yang cukup bagi kemajuan usaha anda,dan calon pembeli atau pelanggan tidak merasa keberatan dengan harga tersebut,kemudian bersedia akan membayar full harga yang anda tentukan tersebut.
Menjual dengan harga berdasarkan tebakan sama juga dengan menawarkan harga jual yang bersifat spekulatif kepada calon pembeli,di mana calon pembeli hanya mengira-ngira juga kalau harga jual yang anda tawarkan itu sudah sesuai dengan nilai atau kondisi produk dan biaya total yang anda keluarkan dalam pemasaran.
Rahasia kelebihan dan keuntungan menjalankan strategi pemasaran produk atau jasa dengan harga spekulasi:
- Penjualan menjadi fleksibel,karena harga bisa anda naikan atau turunkan sesuai naik turunnya jumlah permintaan produk atu jasa yang di inginkan oleh konsumen
- Bisa meningkatkan omset penjualan dengan cepat karena harga jual fleksibel atau tidak terikat dengan harga tetap di level tertentu.
- Anda bisa mendapatkan keuntungan besar yang memuaskan dari pembelian yang di lakukan oleh konsumen-konsumen tertentu yang sangat membutuhkan produk atau jasa dengan cepat,atau dari konsumen yang memahami betul nilai produk atau jasa yang sangat bermanfaat untuk kehidupan mereka.
- Biaya pemasaran dengan mudah bisa selalu kembali dengan cepat
Meskipun strategi pemasaran produk atau jasa dengan harga spekulasi memiliki kelebihan dan keuntungan seperti di sebutkan di atas,tetapi anda harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai kunci kesuksesan penjualan.
Adapun persyaratan-persyaratan itu adalah sebagai berikut:
- Produk atau jasa anda memiliki nilai tambah dan keunikan yang tidak bisa di temukan di tempat lain
- Produk anda merupakan produk baru di pasar,dan produk tersebut bermanfaat untuk banyak orang
- Lokasi pemasaran anda merupakan satu-satunya lokasi pemasaran yang mudah di jangkau oleh calon pembeli
- Atau anda harus melakukan pemasaran dengan cara pergi mendekati pemukiman atau kampung dimana calon konsumen target penjualan anda berada.
2.Menjual Dengan Harga Mark Up Di Tambah Biaya
Salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan yaitu menjual dengan menentukan harga mark up di tambah biaya.
Apabila usaha anda bergerak di bidang pembutan dan pemasaran produk,anda harus mengambil dasar dari biaya total produk atau layanan,lalu
menaikannya dalam jumlah tertentu,biasanya hal ini di lakukan dalam
bentuk perhitungan persentase.
Sebagai contoh adalah di mana sudah biasa bagi sebuah restauran atau
rumah makan untuk menaikan harga sebotol teh sosro sampai 100
persen.Jika satu botol teh sosro modal pembeliannya Rp.4000 dari
agen,maka restoran akan mencantumkan dalam daftar menunya seharga
Rp.8000.
Dalam hal ini,suatu usaha restauran melakukan strategi penentuan harga dengan menaikan harga produknya berdasarkan persentase yang berbeda,di mana hal itu tergantung pada tekanan dan volume penjualan kompetitifnya.
Contoh lain yaitu pada kasus penjualan perhiasan,karena toko perhiasan harus melakukan penyimpanan dalam jumlah cukup besar,maka kenaikan harga dapat menjadi beberapa ratus persen.
Sedangkan untuk toko makanan,karena perputaran penjualan produk sangat
cepat maka kenaikan harga berkisar hanya 20 persen dari modal yang diberikan
oleh agen penjualan.
Namun,anda
harus selalu tetap mengingat berapa harga penjualan yang di tetapkan
oleh pesaing anda,agar usaha anda tetap menghasilkan keuntungan yang
memuaskan.
3.Menjual Dengan Harga Tertentu Berdasarkan Biaya Plus
Menjual dengan harga tertentu berdasarkan biaya plus adalah salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan usaha.
Apa sih arti menjual dengan harga tertentu berdasarkan baiya plus?
Berikut
ini adalah contoh yang menjelaskan bagaimana ketika seorang pengusaha
meminta perusahaan kontruksi membangun sebuah pusat pertokoan miliknya
Perusahaan kontsruksi menjelaskan kepada pengusaha yang ingin membangun
pusat pertokoan,tentang cara perusahaan konstruksi dalam menetapkan
harga untuk jasa membangun pusat pertokoan.
Perusahaan konstruksi menjelaskan,bahwa mereka menghitung biaya total konstruksi dan kemudian menambahkan 10 persen untuk biaya administarsi dan 10 persen lagi untuk keuntungan.Jadi total total keuntungan kotor yg sebenarnya yaitu 20 persen.
Itu adalah contoh strategi pemasaran menentukan harga jasa dengan tambahan biaya plus,yang mungkin juga cocok untuk bisnis anda.
Banyak perusahaan yang juga menerapkan strategi penentuan harga seperti ini.Seperti contoh lain dalam pemasaran jasa yang di lakukan oleh pihak Bank,di mana ketika seseorang meminjam kredit,maka selain mengambil keuntungan dari kredit itu,pihak bank juga menentukan harga plus yang di sebut biaya administrasi untuk penjualan jasa kredit pembiayaaan bagi para debitur mereka.
4.Menjual Dengan Harga Tertentu Berdasarkan Biaya Total Majemuk
Menjual dengan harga tertentu berdasarkan biaya total majemuk adalah salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan bagi usaha.
Biaya total majemuk maksudnya yaitu biaya total yang di keluarkan dalam membuat produk di tambah biaya-biaya lain,misalnya biaya pemasaran,gaji karyawan,dan pembayaran listrik.
Strategi pemasaran ini biasa di
lakukan oleh perusahaan sukses yang bergerak di bidang produksi,di sini
mereka menghitung biaya total produksi,atau biaya per unit
produk,kemudian mengalikannya dengan angka-angka tertentu.
Apabila usaha anda bergerak di bidang produksi dan pemasaran,dan ketika
anda mengikuti penetapan harga penjualan seperti ini,anda dapat menaikan
harga produk sebanyak 5 atau 10 kali dari biaya modal pabrikan.
Contoh kasus biasanya dalam dunia penerbitan buku,di mana harga penjualan eceran buku terkadang sama dengan 7 kali lipat dari biaya untuk mencetak buku.Dalam hal ini,jika biaya yang di keluarkan untuk mencetak buku adalah sebesar Rp10 ribu,maka harga penjualan eceran adalah Rp.70 ribu.
Konsep menetapkan harga penjualan dalam pemasaran buku seperti itu adalah aturan dasar yang sering di gunakan dalam industri bisnis penerbitan.
Masih sangat banyak kaum pengusaha atau pebisnis yang tidak menyadari semua biaya yang tidak langsung dan tidak terduga dalam bisnis mereka,sehingga walaupun mereka telah menaikan harga produk sampai 100 persen,tetap saja membuat usaha mereka mengalami kerugian dan akhirnya menjadi bangkrut.
Sebagai contoh strategi menetapkan harga penjualan yang sering
menyebakan kerugian adalah ketika seorang pedagang membeli sebuah produk
seharga Rp.20 ribu,kemudian ia menjualnya dengan harga Rp.40 ribu.Akan
tetapi,setelah dia mengurangkan semua biaya-biaya lain yang di keluarkan
untuk menjual produk kepada pelanggan ternyata hanya menghasilkan
kerugian dalam setiap penjualan.
5.Menjual Dengan Harga Tertentu Sesuai Harga Di Pasaran
Ini juga adalah merupakan konsep pemasaran yang sering juga di gunakan
dalam menetapkan harga penjualan untuk produk atau jasa yang di lakukan
oleh banyak perusahaan.
Anda juga dapat menirunya untuk tujuan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan produk atau jasa.
Dalam hal ini,jika produk atau jasa anda tidak terdapat manfaat bernilai lebik baik daripada produk dan jasa pesaing,maka anda harus mempertahankan harga sekitar 10 persen dari apa yang pesaing tetapkan bagi produk atau jasa yang sama jenisnya dalam satu wilayah pemasaran yang sama.
Contoh kasus strategi pemasaran seperti ini di ceritakan oleh seorang mantan pegawai Bank yaitu dimana ketika dia bekerja di suatu bank di negaranya yakni di Amerika
Serikat,Ketika itu,bank mereka menawarkan persentase pengembalian dalam
tingkat tertentu untuk setiap depsit tetap.
Di
berlakukannya strategi ini,membuat pelanggan sangat sensitif,bahkan
untuk kenaikan atau penurunan sampai seperempat titik terhadap jumlah
ini.
Untuk segera menaikan simpanannya,semua
bank atau bisnis kepercayaan harus menaikan tingkat bunga satu
seperempat poin.Dalam waktu singkat,jutaan deposit baru akan mengalir ke
institusi tersebut.
Contoh lain yaitu: Misalnya dalam usaha sewa-penyimpanan barang,di mana jumlah yang dapat di tetapkan untuk ukuran gudang 10 X 10 dalam suatu wilayah tertentu cukup seragam di seluruh wilyah tersebut.
Orang-orang yang menyimpan barang-barang miliknya akan berpindah dari
satu tempat ke tempat lainnya hanya apa bila karena lantaran ada perbedaan harga sewa
sebesar Rp.50 ribu perbulan.
Sekali lagi,persainganlah yang menentukan harga penjualan yang anda tetapkan.
6.Menjual Dengan Harga Monopoli-Menentukan Harga Jual Dalam Menguasai Pasar Secara Total
Anda mau mendapatkan keuntungan besar dalam setiap penjualan produk atau jasa?
Ini
contoh strategi pemasaran dengan penetapan harga paling menguntungkan
ketika telah mengusai pasar secara 100% jika tidak ada pesaing yang
menawarkan produk atau jasa yang sejenis di pasar.
Ketika tidak ada satu pun pesaing di pasar yang anda kuasai,maka anda
dapat menetapkan harga monopoli yang merupakan harga premium alias harga
paling tinggi dan paling menguntungkan untuk bisnis anda.
Mengapa anda bisa menjual dan menetapkan harga monopoli di tengah pasar?
Alasannya
yaitu,karena pelanggan yang menginginkan produk atau jasa tersebut
tidak memiliki pilihan lain lagi,kecuali selain harus membayar sesuai
harga yang anda tetapkan.
Dengan kata
lain,hanya produk atau jasa anda saja yang ada dalam satu pasar,sehingga
anda di sebut sebagai satu-satunya penguasa di pasar yang bebas
mengatur dan menentukan harga penjualan tanpa ada seorang pun pesaing
yang menjual apa anda jual.
Perlu untuk di ingat..
Kemampuan untuk menetapkan harga monopoli atau harga tertinggi di atas harga pasar hanya bisa berhasil menghasilkan penjualan jika produk atau jasa anda memiliki keunggulan dan keunikan yang tak dapat di temukan di mana pun dalam wilayah pasar atau wilayah pemasaran anda.
Dalam hal ini,anda juga dapat menetapkan harga monopoli hanya karena lokasi wilayah yang tidak ada pesaing yang menjual produk atau jasa yang serupa.
Tetapi,ada juga toko makanan yg menawarkan kenyamanan menetapkan harga yang cukup tinggi untuk penjualan produknya di banding toko lain.Mereka dapat melakukan ini karena mereka memiliki monopoli atas lokasi usahanya.Mereka adalah satu-satunya toko yang paling dekat dengan pelanggan yang menawarkan kenyamanan berbelanja dan dapat di jangkau dengan cepat oleh pelanggan yang mau berbelanja.
Selain itu,biasanya mereka juga menaikan harga penjualan berkisar 30 persen hingga 50 persen,dan anehnya para pelanggan toko mereka jumlahnya tak pernah surut,malah semakin banyak.
Salah satu cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk menetapkan harga monopoli adalah dengan merancang atau membuat produk atau jasa anda menjadi lebih inovatif dan unggul dalam segala hal,sehingga membuatnya jauh lebih menarik daripada produk atau jasa pesaing.
Dengan begitu,anda akan menjadi satu-satunya pilihan untuk pelanggan potensial dan mereka akan memilih membeli dari anda.Dan pelanggan pun tidak akan berpikir lagi untuk pergi membeli ke tempat lain kecuali ke tempat bisnis anda.
7.Menjual Dengan Harga Variabel Sesuai kondisi tertentu
Strategi pemasaran produk atau jasa dengan harga harga variabel ini ternyata memiliki keunggulan dan
keistimewaan tersendiri.
Harga variabel artinya harga yang bervariasi atau berbeda-beda yang di sesuaikan dengan kondisi-kondisi tertentu.
Banyak perusahaan atau bisnis yang sukses yang
menjalankan strategi pemasaran dengan menetapkan harga yang berbeda-beda
atau bervariasi untuk setiap produk atau jasa yang serupa alias
sama.
Dalam hal ini,harga yang mereka tetapkan berubah-rubah karena
sangat bergantung pada situasi dan keadaan.Itulah yang di sebut strategi
harga variabel.
Berikut ini contoh-contoh strategi pemasaran dengan harga variabel
Contoh 1
Jika anda
menjual satu produk saja kepada seorang pelanggan potensial,di sini
biaya yg anda keluarkan untuk melayani pelanggan tersebut bisa saja menjadi cukup
tinggi.Jadi dalam hal ini,anda harus menetapkan "harga eceran penuh"
yang dapat di terima oleh para pelanggan,sehingga mereka mau membeli,yg
pada akhirnya akan meningkatkan omset penjualan didalam usaha anda.
Tetapi,di sisi lain,jika seandainya pelanggan anda membeli produk anda
dalam volume besar,maka biaya yang anda keluarkan untuk melayani pelanggan tersebut
otomatis akan menurun secara dramatis.Jadi,dalam kasus ini,anda dapat
memberikan diskon besar untuk sejumlah besar produk yang di beli
pelanggan.
Artinya anda dapat menawarkan harga yang bervariasi atau beragam tingkatan jika pelanggan membeli lebih banyak atau sering membeli dari anda.Ini benar-benar bisa membuat bisnis anda semakin sukses dan menguntungkan.
Sangat banyak contoh pengusaha-pengusaha yang melakukan strateg menjual dengan harga yang bervariasi dan semua itu bergantung pula pada waktu,minggu,bulan,atau bahkan musim tertentu di mana banyak orang yang berbelanja.
Contoh 2 dalam hal menjual dengan harga yang bervariasi
bergantung waktu atau musim adalah di mana jika anda membeli daging
sapi di hari-hari biasa,maka harga daging sapi bisa di bilang cukup
murah.
Tetapi,ketika musim menjelang hari raya Idul fitri dan idul adha di
mana banyak orang yang akan membeli daging sapi untuk kebutuhan
mereka,maka harga jual daging sapi tersebut melambung atau melonjak hingga ke
puncak harga tertinggi.
Contoh 3 adalah
sebagaimana sering di lakukan oleh perusahaan-perusahaan yang beroprasi
di industri bisnis perjalanan.
Adapun contoh paling dekat dan sering
terjadi adalah,di mana perusahaan kereta api milik negara menetapkan
harga tertinggi untuk layanan mereka dengan menjual tiket lebih mahal di
saat musim mudik lebaran.
Sekalipun harga tiket naik ke puncak harga
tertinggi,namun tetap saja Perusahaan Kereta Api Indonesia kebanjiran
order tiket.Dan puluhan ribu tiket laris dengan cepat bagaikan hanya dalam sekejab
mata.
Contoh 4,jika anda pergi berlibur ke tempat-tempat wisata dan ingin menginap di hotel di saat musim liburan panjang atau pendek,maka harga sewa hotel juga sering melambung ke puncak tertinggi gunung Semeru.He,he,he,he...
Contoh 5
Strategi pemasaran dengan harga variabel dan menetapkan harga tertinggi di
musim menjelang hari raya ternyata ada terbalik
yang memanfaatkannya.
Misalnya,para pebisnis dan pedagang pakaian tingkat
eceran,malah menawarkan diskon harga besar-besaran untuk hampir setiap jenis
pakaian yang mereka jual.
Di kasus ini,harga terkadang turun hingga 50
persen atau bahkan lebih.Coba anda membeli pakaian di hari-hari
biasa,maka anda akan mendapatkan harga penjualan yang teritnggi untuk
jenis pakaian yang anda sukai.
Contoh 6
Strategi pemasaran dengan harga variabel berikutnya
dalam penjualan adalah,di mana banyak restoran yang memberikan bonus
khusus,diskon khusus dan bahkan penawaran beli 2 gratis 1 untuk
orang-orang yang makan malam pada hari-hari tertentu,misalnya hari
senin,selasa dan rabu.
Bahkan beberapa restoran menawarkan sebotol minuman atau segelas
minuman dingin dengan harga setengahnya saja pada saat malam-malam yang
sepi.Hal ini di lakukan sebagai strategi pemasaran untuk menarik lebih
banyak pelanggan dan membantu menutup biaya tetap mereka dalam
menjalankan oprasi usaha bisnis.
Contoh 7
Untuk meningkatkan omset penjualan di dalam bidang bisnis penjualan
mobil,perusahaan-perusahaan dealer mobil memberikan kuaota
penjualan bulanan untuk setiap tenaga penjual atau sales.Di sini priode
kuota biasanya di mulai dari minggu pertama awal bulan.Oleh karena
itu,para sales akan berusaha keras untuk mendapatkan
kesepakatan-kesepakan penjualan.
Para sales tersebut akan melakukan berbagai upaya dan usaha untuk
memberi harga setinggi mungkin.Namun,jika anda membeli mobil di minggu
ketiga,maka para sales mulai memberikan penawaran-penawaran diskon,dan
ketika di minggu terakhir mendekati akhir bulan,maka tekanan untuk
mencapai kuota menjadi meningkat.
Selanjutnya para sales akan berusaha
untuk mendapatkan penjualan-penjualan dengan menawarkan hadiah-hadiah
apa pun + diskon.Jika anda mau membeli mobil dan mendapatkan kesepekatan
harga terbaik maka selalu lakukan pada beberapa hari terakhir sebelum
akhir bulan.
Contoh 8
Untuk meningkatkan omset usaha anda bisa melakukan penambahan atau peningkatan
penjualan yang di sebut up sell.
Dalam kasus ini,anda dapat menawarkan
produk atau jasa dengan harga spesial jika pelanggan membeli sesuatu
produk atau jasa lainnya pada saat yang sama,di sini anda juga bisa
mendapatkan keuntungan.
Sebagai contoh kasus,sebuah toko biasanya menjual mesin foto copy dengan
harga murah jika pelangggan membeli semua kebutuhan kertasnya yang
berharga mahal,sehingga membuat toko tersebut mendapatkan sebagian besar
keuntungannya dari kertas itu,bukan dari mesin foto copy.
8.Menjual dengan harga fleksibel sesuai kesepakatan
Menjual dengan harga fleksibell sesuai kesepakatan adalah salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan dalam penjualan produk atau pun jasa di tengah persaingan.
Arti harga fleksibel sesuai kesepakatan adalah harga yang berbeda-beda setelah terjadi kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli.
Di dunia bisnis dan pemasaran banyak terjadi kasus penjualan produk atau jasa dengan harga fleksibel sesuai kesepakatan.
Dalam hal ini,penjual produk atau jasa menentukan dulu harga penjualan setinggi mungkin yang di tawarkan kepada calon pembeli,kemudian calon pembeli menawar atau meminta dengan harga yang lebih rendah.
Dalam penjualan produk atau jasa dengan harga fleksibel sesuai kesepakatan ini,biasanya terjadi tawar menawar harga sampai beberapa kali ke level-level harga tertentu sampai terjadinya kesepekatan harga bersama antara pembeli dan penjual.
Tawar menawar harga dalam penjualan seperti ini bagaikan perang jual-beli antara penjual dan pembeli.
Di sini,anda sebagai penjual bersikap layaknya penabuh genderang perang yang menantang calon pembeli dengan cara menjual produk atau jasa yang sangat dibutuhkan oleh calon pembeli,dan anda mencoba memulai menawarkan produk atau jasa kepada pembeli dengan harga pembuka yang anda tentukan.
Karena calon pembeli sangat membutuhkan produk atau jasa anda,maka calon pembeli mencoba berusaha menawar harga hingga ke level tertentu di mana anda hanya akan mendapatkan keuntungan yang terlalut kecil.
Karena anda belum puas dengan keuntungan yang terlalu kecil,anda pun mencoba menaikan lagi harga penjualan yang menurut anda akan memberikan keuntungan besar bagi anda.
Tetapi,calon pembeli tetap berusaha mencoba lagi menawar harga yang baru saja anda tentukan.
Begitu seterusnya sampai terjadi kesepakatan harga pada level tertentu.Dalam hal ini kedua belah pihak sudah sama-sama puas dengan harga yang di sepakati.
9.Menjual Produk Dengan Harga Kredit Di Atas Harga Jual Tunai
Banyak perusahaan atau usaha yang menjalankan pemasaran produk dengan menawarkan harga kredit di atas harga jual tunai sebagai strategi untuk meningkatkan omset penjualan dan keuntungan usaha.
Dalam hal ini,penentuan level harga jual secara kredit biasanya bervariasi atau berbeda-beda agar calon konsumen lebih banyak tertarik untuk membeli secara kredit.
Penentuan level harga jual kredit yang bervariasi itu pun di sesuikan dengan lamanya masa angsuran pembayaran yang akan di lakukan oleh konsumen.
Sehingga dengan adanya harga jual kredit yang bervariasi seperti itu maka calon konsumen dapat memilih salah satu harga kredit sesuai kemampuan mereka.
Strategi pemasaran yang satu ini benar-benar ampuh dan efektif meningkatkan peluang terjadinya lebih banyak penjualan serta meningkatkan keuntungan penjualan.
Penawaran harga jual kredit yang bervariasi benar-benar memberikan kebebasan bagi konsumen untuk memilih lamanya waktu pembayaran angsuran/cicilan yang akan sanggup mereka lakukan.Dan hal ini memberikan kepuasan bagi setiap konsumen yang tertarik dengan penawaran harga jual secara kredit.
Contoh perusahaan atau usaha yang biasa menerapkan strategi pemasaran produk dengan harga kredit di atas harga jual tunai yaitu perusahaan Dealer mobil dan motor yang bekerja sama dengan perusahaan Leasing.
Selain itu,ada juga sebagian usaha-usaha kecil yang menerapkannya yaitu usaha-usaha yang bergerak di bidang perdagangan produk fashion dan peralatan rumah tangga,serta barang-barang elektronik yang di jalankan oleh perorangan atau wirausaha mandiri.
Rahasia keuntungan menjalankan strategi pemasaran produk dengan penentuan harga kredit di atas harga jual tunai yaitu:
- Peluang terjadinya penjualan lebih tinggi karena konsumen yang belum punya uang yang cukup untuk membeli bisa langsung mendapatkan barang yang mereka butuhkan
- Potensi keuntungan penjualan lebih tinggi
- Harga penjualan fleksibel
- Bisa memainkan harga penjualan sesuai lamanya masa waktu pembayaran angsuran kredit yang di tawarkan kepada konsumen
- Calon pembeli dan pelanggan melimpah
- Usaha yang di jalankan nyaris tanpa menyisahkan stok lama.-Dalam hal ini,hampir semua stok barang bisa terjual dengan cepat
Kekurangan menjalankan menjual produk dengan menentukan harga kredit lebih tinggi dari harga jual tunai:
- Ada risiko kredit macet meskipun tidak tinggi
- Jika terjadi banyak kredit macet,biaya yang di keluarkan dalam pemasaran menjadi membengkak.
10.Menjual Produk Dengan Diskon Harga Cuci Gudang
Anda pasti sering melihat atau menemukan perusahaan-perusahaan atau usaha yang menjual produk dengan harga diskon cuci gudang sebagai startegi pemasaran meningkatkan omset penjualan.
Contoh perusahaan atau usaha yang menjual produk dengan diskon harga cuci gudang yaitu perusahaan yang beroprasi di bisnis ritel,seperti toko pakaian,toko kelontong moderen,serta Mall dan Swalayan.
Dalam hal ini perusahaan atau usaha yang menjual produk dengan diskon harga cuci gudang mempunyai dua tujuan utama dalam pemasaran yaitu:
- Untuk menghabiskan barang stok lama yang tersimpan di gudang
- Untuk meningkatkan omset penjualan produk atau barang lain yang tidak di jual dengan diskon harga cuci gudang,sehingga usaha yang di jalankan tetap menguntungkan.
Jika anda seorang wirausaha yang menjalankan usaha perdagangan atau pemasaran produk,anda tak perlu pusing memikirkan cara menghabiskan stok barang di gudang,jalankan saja strategi pemasaran produk dengan diskon harga cuci gudang yang menguntungkan usaha.
Baca juga pembahasan-pembahasan terkait ilmu pemasaran sukses di bawah ini :
- 5 Cara Melipatgandakan Keuntungan/Profit Bisnis Lewat Kegiatan Pemasaran
- 10+ Strategi Promosi Kreatif Dan Inovatif Untuk Meningkatkan Omset Penjualan
Itulah 10 strategi pemasaran produk dan jasa dengan harga yang tepat menguntungkan usaha.Selamat mempraktikan,semoga berhasil dalam bisnis.