- --> KISAH INSPIRATIF ORANG ORANG SUKSES DALAM BERWIRAUSAHA | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

KISAH INSPIRATIF ORANG ORANG SUKSES DALAM BERWIRAUSAHA

|


KUNCI SUKSES ZONE -Kali ini berbagi Kisah Inspiratif orang-orang Sukses dalam berwirausaha,mereka dari kalangan Pengusaha yang mungkin tidak asing lagi namanya di telinga anda.

Menjadi orang sukses dan kaya adalah impian banyak orang.Salah satu impian banyak orang orang adalah menjadi pengusaha sukses dan kaya dari usaha sendiri yg di mulai dari nol.

Belajar dari kisah orang-orang sukses dalam berwirausaha dan membangun usaha miliaran dari nol bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kita untuk menjadi orang sukses,mungkin dengan cara mengikuti apa yang mereka lakukan.

Di bawah ini di sajikan kisah inspiratif dua orang pengusaha yg sukses merintis bisnis beromset ratusan juta hingga miliaran dari nol.

Silahkan simak kisah sukses dan pengalaman mereka dalam berwirausaha dengan membangun usaha bisnis dari nol sampai sukses,sebagaimana di ulas di bawah ini.

Kisah Inspiratif Orang Sukses Dalam Berwirausaha

Kisah Inspiratif Bagaimana Martha Tilaar Membangun Kerajaan Bisnis Kosmetika Dari Garasi


Bisa di bilang Martha Tilaar menjalani hidup dengan penuh keajaiban atas izin dan kehendak Allah.Menurut sumber cerita,dia pernah di vonis mandul ,namun anehnya dia ternyata melahirkan anak pertamanya di usianya ke 42 tahun setelah 16 tahun menikah.

Dia pun mulai merintis dan membangun Kerajaan bisnis industri jamu dan kosmetik yang berkelas dunia yang bermula dari garasi rumah ayahnya.

Pertama kali memulai bisnisnya dari sebuah salon  kencantikan sederhana,akhirnya berkembang menjadi Perusahaan Martha Tilaar Group yang di kenal sebagai sebuah grup usaha industri jamu dan kosmetka dengan produk yang bermerek dagang Sariayu Martha Tilaar.Grup usaha ini memayungi 11 anak perusahaan dan konon memperkejakan sekitar 6 ribuan orang karyawan.


Kisah Inspiratif-Martha Tilaar adalah seorang peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang 'Fashion and Artisty' dari World University Tuscon,Arizona AS pada tahun 1984.Martha Tilaar memulai oprasi bisnisnya dari titik nol.

Bermula dari dari garasi rumah ayahnya,Yakob Handana yang terletak di jalan Kusuma Atmaja no.45 Menteng,jakarta Pusat.Martha yang semasa kecilnya di kenal sebagai gadis tomboy mendirikan sebuah usaha salon sederhana 'Martha Salon',persis pada 3 januari 1970 di sebuah ruangan berukuran 6 x 4 meter.Dari sini pula dia sekaligus membuat produk-produk kecantikan dari bahan alam.

Kisah Inspiratif -BAGAIMANA MARTHA TILAAR SUKSES MENJADI PENGUSAHA KELAS PAPAN ATAS.


Titik Picu sesungguhnya pada tahun 1987.Ketika itu secara cerdik dan unik dia  memopulerkan 'Senja di Sriwedari' sebagai  tren tata rias baru yang merupakan sebuah ide yang di ilhami oleh kekayaan alam dan budaya bumi pertiwi Indonesia..Di mana Martha Tilaar berkomitmen untuk tetap mencintai Produk dalam negeri demi membangun kemandirian bangsa Indonesia khususnya di bidang jamu dan kosmetik..

Maka Sejak itu pulalah Martha Tilaar selalu mempersuntingkan nama tempat dan unsur budaya suatu daerah dan lalu dia padukan dengan tren busana daerah kesetiap produk Sariayu Martha Tilaar.Sariayu pun berhasil tampil sebagai trendsetter tata rias wajah wanita Indonesia.

Martha Tilaar memang sangat mencintai produk dalam negeri seperti busana misalnya.Sebagai bukti kencitaannya terhadap produk dalam negeri,saban hari ia selalu lekat dengan busana-busana buatan dalam negeri,contohnya busana kebaya,batik atau berbagai busana daerah indonesia.

Pemerhati tata rias sangatlah paham benar akan apa yang di sebut dengan konsep Gaya Warna Desainer (1998) sebuah tata rias yang mengambil unsur budaya Jawa Barat dan Kalimantan ,Sumatra bergaya (1998) dari Sumatra,Putri Prameswari (1990) mengambil dari etnik Cirebon dan Bali,Senandung Nyiur (1991) dari Pantai Indonesia,Riwayat Asmat (1992) dari Irian Jaya atau Papua,serta konsep-konsep dari berbagai daerah lain.Dan puncaknya adalah trend warna Pusako Minang dari Minangkabau.

Dengan berdasarkan strategi pendekatan etnik inilah akhirnya Martha Tilaar berhasil menjalin hubungan emosional dengan para konsumennya,bahkan hingga berhasil menyelamatkan biduk bisnisnya dari hantaman krisis ekonomi.Sebab dengan konsep baru itu Martha Tilaar berhasil meraih penualan besar bahkan bisnisnya pernah bertumbuh hingga 400%.

Namun,perjalanan bisnis Martha Tilaar tidak selamanya mulus dan lancar.Konon dia pernah mengalami jatuh-bangun atau pasang surut usaha.Pernah suatu ketika,bendara usaha Martha Tilaa sudah sedang berkibar tapi orang masih tetap saja memandangnya sebelah mata.Maklum produk jamu kosmetika Sariayu Martha Tilaar sangat identik sekali sebagai Produk Lokal.

Orang-orang mengetahuinya demikian saja tanpa mau mengenal bahwa ternyata produk Martha Tilaar sesungguhnya sudah mendunia,berkwalitas dan bergengsi.Bahkan,Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi ikon produk lokal yang mendunia.Sebagai contoh,Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika Berkelas Biokos,Belia,Caring Colours,Profesional Artist Cosmetics (PAC),Aromatic,Jamu Garden,dan lain-lain yang telah terkenal sampai ke mancanegara.

Perusahaan Martha Tilaar memiliki banyak kantor cabang Pemasaran di luar negeri seperti di Malaysa,Brunai Darusalam,Filipina,Paris Prancis bahkan di Los Angeles AS.Dan lewat kantor-kantor pemasaran itulah Produk-produk Martha Tilaar di pasarkan.

Martha Tilar juga memiliki Laboratorium Penelitian parfum bahkan Martha Tilaar juga memiliki puluhan SPA di di luar negeri yang tetap menempelkan merek dagang Martha Tilaar.

Kisah Inspiratif-Kembali ke kisah bagaimana dahulu orang memandang sebelah mata produk Sariayu Martha Tilaar.Walau tergolong sangat sukses dan tersohor nama di luar negeri,Martha Tilaar justru pernah merasakan sebuah kepahitan di negeri sendiri.Itu terjadi tatkala ia hendak menyewa dan membuka gerai jamu dan kosmetka di beberapa mall dan plaza terkemuka di Jakarta,persis di pusat perkantoran dan rumah tinggal kalangan berduit.Ia sempat di tolak menyewa tempat karena alasan produknya hanyalah produk lokal yang tidak tergolong produk branded atau dengan alasan bahwa produknya belum memilki standar plaza.Tapi Martha Tilaar tidak mau menyerah dan berputus asa.

SARAN ARTIKEL YANG MUNGKIN ANDA CARI:
 
16 RAHASIA SUKSES ORANG TERKAYA DI DUNIA TERUNGKAP

Akibat mendapat penolakan itu membuat semangat wirausaha Martha Tilaar semakin menggebu.Ia pun mempercepat mendirikan Puri Ayu Martha Tilaar,sejak mei 1995 sebagai gerai jamu dan kosmetika Sariayu yang sekaligus juga berfungsi sebagai pusat pelayanan konsumen.

Gerai dan pusat pelayanan konsumen ini berada dalam naungan bendera Usaha PT Martha Beauty Galery.Gerai puri Ayu Martha tilaar pertama kali berdiri di Graha Irama yang tepat di kawasan elite Kuningan Jakarta Selatan,sehingga lalu berkembang memasuki kota-kota besar lain di Indonesia.

Komitmen Martha Tilaar memang sangat tinggi,tak puas dengan kepemilikan usaha idustri pembuatan jamu dan kosmetika,ia juga menanam investasi besar di bidang riset dan pengembangan.

Ia mau mengiimkan staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri.Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor,sejumlah magister dan sarjana strata satu lainnya.Berdasar komitmetmen kuat itu Martha Tilaar ingin menunjukan kepada bangsa-bangsa di dunia bahwa Indonesia bisa juga unjuk diri dan tidaklah ketinggalan di bidang kosmektika dan tata rias.

Di bidang riset dan pengembangan memberi hasil yang lain.Martha Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku impor,berganti dengan bahan baku lokal di dalam setiap produknya.Hasil lain lagi,ini yang lebih mencengangkan,di mana pada bulan juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar untuk hadir dalam forum Global Compact,di New York,AS.

Di Forum itu,para pengusaha yang di undang mempromosikan praktik berbisnis yang baik dalam bidang hak asasi manusia,tenaga kerja dan lingkungan yang telah di praktikan.Tujuannya agar setiap pengusaha menempatkan masalah sumber daya manusia,sumber daya alam,lingkungan,dan hak-hak asasi manusia sebagai prioritas penanganan dunia usaha.

Kisah Inspiatif Pranoto Pendiri Es Krim Pertama di Indonesia 


Siapa sangka PT Campina Ice Cream Industry adalah salah Satu perusahaan es krim  terkemuka di Indonesia yang di dirikan oleh keluarga Pranoto pada tahun 1970.Perusahaan itu di rintis secara sederhana di garasi rumah mereka di Surabaya.

Sepuluh tahun priode pertama (1970-1980) merupakan masa-masa usaha yang keras di mana pada saat itu es krim belum sepepuler seperti saat ini.Masih tetap di lokasi yang sama pembuataan es krim mulai menggunakan mesin sederhana yang khusus di datangkan dari Italia.Seiring laju perkembangan usaha,pada tahun 1985 seluruh kegiatan usaha di pindahkan di lokasi industri bergengsi di Rungkut Industrial Estate Surabaya.

Pda tahun 1994 keluarga Sabana Prawidjadja sebagai pemilik PT Ultra Jaya Milk Ind..Berpatisipasi dalam  kepemilikan saham dan pada tahun ini pula merupakan awal dari perkembangan usaha ke arah  industri moderen.Momentum bersejarah terjadi pada tahun yang sama dengan perubahan nama dari CV Pranoto Pancajaya menjadi PT Campina Ice Cream Industry dan setahun kemudian di lakukan konsolidasi internal untuk memperkuat jajaran divisi pemasaran dan penjualan sebagai ujung tombak perusahaan.Sejalan dengan perkembangan usaha yang terjadi,pada tahun 1998 dilakukan renovasi pabrik dan penambahan mesin-mesin sebagai penunjang produksi.

Kini perjalanan panjang dengan serangkaian kendala dan tantangan telah mengantarkan PT Campina Ice Cream Industry menjadi salah satu produsen es krim terbesar dan terkemuka di Indonesia.

Produk-produk es krim dan makanan beku dari PT Campina Ice Cream Industry yang di nikmati oleh para pelanggan,di hasilkan setelah melampaui serangkaian proses produksi yang menggunakan bahan beku berkwalitas tinggi,di kerjakan oleh para tenaga kerja terdidik dan telah melalui uji mutu yang ketat agar produk selalu tersaji dengan baik.

Di tengah persaingan usaha yang ketat di bidang Industri makanan beku serta munculnya pelaku-pelaku pasar yang baru,menjadikan PT Campina Ice Cream Industry khususnya divisi riset dan perkembangan produk senantiasa melakukan inovasi dengan menciptakan brand-brand baru dan mengeluarkan kemasan baru dengan visualisasi yang menarik untuk produk ukuran family dan mini pack.

Untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan para pelanggan serta mitra,PT Campina Ice Cream Industry memiliki agenda kegiatan tahunan baik promosi,layanan masyarakat serta bekerja sama dengan institusi pemerintah maupun organisasi masyarakat untuk secara berkala mengadakan kegiatan promosi dan pertemuan di berbagai daerah di tanah air.

Dukungan para pelanggan,mitra usaha serta masyarakat pada umumnya menjadikan PT Campina Ice Cream Industry sebagai salah satu Perusahaan es krim  terkemuka yang hingga kini tetap  melakukan konsolidasi agar menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar dan meningkatkan kemampuan produksi sesuai permintaan yang terus meningkat.

Di tengah suasana perekonomian negara  yang masih belum menentu di tambah perkembangan situasi politik yang tidak menguntungkan,ada hal yang tetap memberi harapan bahwa memasuki tahun 2003 dunia industri Indonesia akan mengalami perkembangan yang menggembirakan,demikianlah prediksi para ekonom.

Memasuki abad milanium,direksi PT Campina Ice Cream Industry telah menetap visi perusahaan ke depan adalah menjadikan PT Campina Ice Cream Industry sebagai salah satu produsesn se krim dan makanan beku yang terbaik dan terbesar di Indonesia dengan senantiasa mengutamakan kepuasan para pelanggan saham dan para karyawan,serta memegang teguh prinsip usaha yang bersahabat dengan lingkungan.

Bertitik tolak dari visi yang telah di tetapkan,seluruh jajaran staf,karyawan dan direksi PT Campina Ice Cream Industry merapatkan barisan mengatur langkah ke depan dalam mengemban misi perusahaan yaitu:

Memiliki kepekaan tinggi untuk senantiasa beroreantasi kepada pasar dan pelanggan,mengoptimalkan seluruh sumber daya dan aset perusahaan guna memberi nilai lebih sebagai wujud pertanggung jawaban kepada para pemilik saham,serta menjalankan usaha dengan memperhatikan lingkungan alam dan masyrakat sekitar.

Sumber Ide-Buku Modal Cekak Omset Milyaran

Sekian dulu semoga menginspirasi...Silahkan Tunggu update selanjutnya tentang  Kisah Inspiratif Oang Orang Sukses lainya.   



Related Posts