- --> 5 Dasar Cara Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Dalam Pemasaran | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

5 Dasar Cara Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Dalam Pemasaran

|



Tujuan kebanyakan orang yang memulai atau menjalankan usaha adalah untuk memperoleh kentungan dan pendapatan besar.Artikel ini memberikan penjelasan dan contoh dasar cara meningkatkan keuntungan bisnis lewat aktifitas pemasaran.Yang perlu anda ingat di sini bahwa bertambahnya keuntungan atau pendapatan usaha belum tentu membuat usaha cepat maju dan berkembang.


Asal tahu saja,pemasaran adalah salah satu upaya yang harus di lakukan untuk melipatgandakan omset penjualan produk atau jasa.Karena tanpa adanya pemasaran,tidak akan ada penjualan untuk menghasilkan keuntungan bagi usaha.

Menurut seorang pelatih bisnis kondang internasional yang bernama Bradley J.Sugar,bahwa hanya ada lima cara untuk melipatgandakan keuntungan atau laba usaha.

Dalam hal ini Anda harus mengembangkan rencana pemasaran yang efektif dan menguntungkan bagi perkembangan usaha anda ke depan.

Rencana pemasaran untuk menjual produk atau jasa yang menguntungkan bagi usaha dapat sederhana atau dapat juga rumit seperti yang anda kira.Tetapi rencana pemasaran ini harus berisi informasi yang dirancang untuk membahas lima bagian dasar yang mempengaruhi peningkatkan keuntungan atau margin bisnis.

Mari kita perhatikan secara seksama kelima bagian dasar pemasaran untuk meningkatkan keuntungan bisnis yaitu: 

Penghasil Lead.
Penghasil lead adalah bagian dasar pertama yang penting dalam pemasaran untuk meningkatan keuntungan bisnis.

Dalam hal ini ketika membuat rencana pemasaran anda harus merancang strategi perusahaan atau usaha anda yang akan memungkinkan pemasaran yang anda jalankan bisa menghasilkan lead bisnis baru.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk tujuan menghasilkan lead.

Adapun cara-caranya bisa berupa :
  • merancang promosi lewat iklan di surat kabar,di televisi dan radio
  • Merancang iklan di buletin industri atau lewat siaran pers
  • Membagikan selebaran,brosur,katalog barang
  • Melakukan penawaran-penawaran melalui pos,email,faks,
  • Memasang displai atau spanduk,
  • Memajang barang lewat etalase di depan toko,dll

Untuk memahami apa itu lead yang sesungguhnya silakan baca artikel: Pengertian Lead Potensial Dalam Pemasaran Dan Strategi Mendaptkannya.

Tingkat Konversi

Salah satu masalah yang paling sering di hadapi oleh perusahaan adalah mengubah customer propektif menjadi customer.Bagaimana Anda dapat membujuk orang agar memasuki toko Anda,untuk membeli produk anda?Bagaimana Anda memastikan customer propektif akan membeli dari Anda dan bukan dari toko di depan Anda?

Rencana pemasaran Anda harus membahas masalah ini.Beberapa teknik yg dapat Anda tuliskan di antaranya menyediakan jaminan tertulis,mengembangkan lini produk yg unik,mengelola penawaran dan promosi spesial,menawarkan layanan lewat surat atau emal khusus,memberikan intensif atau bonus utuk pembeli pertama,atau menawarkan diskon khusus untuk pembelian tertentu.

Jumlah Transaksi

Menurut Bradley J.Sugar bahwa mempertahankan customer yg sudah ada jauh lebih mudah dan murah di bandingkan dengan mencari customer baru.

Dengan demikian,ini adalah salah satu bidang yang harus fokus di fokuskan dalam rencana pemasaran Anda.Kemudian bagaimana Anda memastikan bahwa Customer Anda melakukan pembelian berkali-kali.

Bagaimana Anda membuat mereka agar mau membeli lebih banyak dari Anda.Rahasia teknik yang Anda lakukan adalah membuat customer Anda merasa sangat spesial.Dan anda juga tidak obral janji,dan memberikan lebih dari yg mereka harapkan.

Anda juga dapat mempertahankan kontak atau hubungan komunikasi yang teratur dengan mereka,dan anda tidak pernah kehabisan stok barang,menjual sebelumnya dan melakukan pembayaran sebelumnya,menerima sistem tukar tambah,menyarankan penggunaan produk lainnya jika mereka menunjukan minat,mempertahankan penjualan tertutup dan menawarkan sampel gratis.

Rata-rata penjualan

Meningkatkan rata-rata penjualan adalah elemen paling penting dalam pemasaran,mudah untuk di capai,dan harus di bahas di dalam rencana pemasaran Anda.

Adapun cara terbaik dan tepat melakukannya adalah dengan meningkatkan harga yg mempengaruhi semuanya,meningkatkan penjualan kepada customer Anda atau meningkatkan pembelian mereka,penjualan barang-barang tambahan.

Atau bisa juga dengan memajang materi yg akan di jual,atau menawarkan insentif kepada customer jika mereka melakukan pembelian dalam jumlah yg besar.

Margin.

Margin Anda dapat di tingkatkan dengan berfokus pada barang-barang dengan harga tinggi,menjual label eksklusif ,menjual melalui internet,menurunkan jumlah jam lembur yang harus Anda bayarkan,mempertimbangkan untuk mengizinkan beberapa karyawan untuk bekerja dari rumah,mengurangi sewa tempat yg tidak terpakai,dan mempetahankan biaya tidak langsung ditingkat yang minimum.

Satu hal penting di sini.Sebagian besar orang berkata bahwa mereka menginginkan lebih banyak customer.Mereka tidak memahami hal itu.Apa yang mereka dapatkan adalah lebih banyak lead dan perbaikan di  tingkat konversi.Sama halnya,Anda tidak akan mendapatkan perputaran yang lebih besar.

Dalam hal ini,Anda harus memikirkan berbagai variabel yg akan menghasilkan perputaran lebih tinggi.

Baca juga Strategi Meningkatkan Profit Pemasaran dengan biaya yang rendah

Alangkah pentingnya pemasaran,karena tujuan dasar rencana pemasaran adalah membantu pemilk bisnis atau pelaku pemasar untuk "melipatgandakan laba atau keuntungn bisnis".

Bagaimana Bisnis Anda Bisa Menghasilkan Laba atau Keuntungan Berlipatganda Setelah Melakukan Lima Cara di atas?

Perhatikan contoh atau gamabaran "Rumus Pemasaran" di bawah ini.Dan pahamilah di sini bahwa jika Anda ingin mengubah hasil bisnis,maka Anda sebelumnya harus mengubah apa yang paling menentukan hasilnya itu.

Dalam artian Anda tidak bisa membuat masakan yg lebih baik dengan resep yg sama.Begitu pula di suatu pemasaran bisnis,Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa mengubah variabelnya.Dan di dalam kasus rencana pemasaran ini adalah lead,tingkat konversi,jumlah transaksi,rata-rata harga penjualan dan margin.

Contoh Gambaran Rumus Pemasaran Sukses Meningkatkan Keuntungan Bisnis

LEAD
(Calon konsumen Potensial Sasaran Pemasaran Bisnis Anda,mereka yang melihat/mendengar promosi pemasaran bisnis Anda)

  Di Kalikan
TINGKAT KONVERSI
(Mereka para calon Konsumen potensial yg melakukan tindakan misalnya,menelpon,datang ke toko Anda/Berkunjung keWebsite Toko Online Anda,Melihat-lihat Produk dan layanan yg Anda tawarkan)
Di Kalikan dengan
JUMLAH KONSUMEN YANG SUDAH MEMBELI  
Di kalikan dengan
JUMLAH TRANSAKSI KONSUMEN
(Jumlah rata-rata dari setiap konsumen yang membeli dari Anda pada bulan ini)
Di kalikan dengan
RATA-RATA HARGA JUAL
(Rata-rata harga barang yg Anda jual)
=
TOTAL PENGHASILAN YANG ANDA TERIMA  
(Total penghasilan dari Bisnis)
Di kalikan dengan
MARGIN
(Persentasi dari setiap penjualan yg menghasilkan laba/untung)
=
TOTAL LABA
(Sesuatu hasil keseluruhan yang Aanda inginkan)

Perhatikan lagi kelanjutan dari Rumus Pemasaran ini,Dan Perhatikan perbedaannya,di mana sudah tertulis beberap angka ke dalam rumus ini.

LEAD
(Sebanyak 4000 orang)
X
TINGKAT KONVERSI
(25 %)
X
JUMLAH KONSUMEN YANG MEMBELI
((1000 orang)
X
JUMLAH TRANSAKSI
(2 per konsumen)
X
RATA-RATA HARGA JUAL
(100)
=
TOTAL PENGHASILAN
(200.000)
X
MARGIN
(25%)
=
LABA/KEUNTUNGAN
 (50.000)
Untuk melihat perbedaan hasilnya dengan jelas,Sakarang,mari kita kelolah kembali Rumus Pemasaran ini dengan menambahkan peningkatan hanya 10 % dari angka-angkanya
LEAD
( 4.400 )
X
TINGKAT KONVERSI
( 27,5 % )
X
KONSUMEN YANG MEMBELI
( 1.200 )
X
JUMLAH TRANSAKSI
( 2,2)
RATA-RATA HARGA JUAL PRODUK
( 110 )
=
TOTAL PENGHASILAN
( 292.820 )
X
MARGIN
( 27,5 )
=
LABA/KEUNTUNGAN
( 80.525.50 )

Nah,sudah terlihat perbedaan hasilnya bukan?

Perhatikan dan pikirkan,bahwa hanya dengan peningkatan sebesar 10 % di lima variabel saja,maka program pemasaran untuk kemajuan usaha bisnis anda mendapatkan peningkatan total perputaran sebesar 46 % dan kita dapat meningkatkan laba atau keuntungan menjadi sebesar 61 %.

Jadi,dengan rumus pemasaran di atas kita gabungkan dengan lima cara melipatgandakan keuntungan program pemasaran maka usaha anda akan menjadi lebih menguntungkan dari sebelumnya.Saya kira Anda sudah memahaminya..

Demikianlah Artikel lima dasar cara melipatgandakan keuntungan bisnis dalam Pemasaran.Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk para Pebisnis,pemasar dan UKM di Indonesia atau di mana pun Anda berada.Salam Sukses dari USAHA MANDIRI JAYA di Web Blog Kunci-SuksesZone.

Baca Juga:




Related Posts