- --> Contoh 10 Cara Sukses Mengembangkan Usaha Kecil Agar Cepat Jadi Besar | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Contoh 10 Cara Sukses Mengembangkan Usaha Kecil Agar Cepat Jadi Besar

|
Contoh 10 cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi besar.Di dalam dunia kewirausahaan,peningkatan omset usaha seiring sejalan dengan perkembangan bisnis yang di jalankan.Untuk itu,wirausaha perlu melakukan upaya-upaya atau langkah yang baik dan tepat yang akan berdampak positif bagi perkembangan usaha yang di jalankan.



Banyak orang yang mencari informasi seputar cara jitu mengembangkan usaha dengan cepat yang mudah di lakukan,terutama para wirausaha yang memulai usaha dengan modal kecil-kecilan.yang ingin secepatnya punya usaha besar yang sukses beromset miliaran.

Apakah anda merupakan seorang wirausaha? Apapun jenis usaha anda, apakah itu merupakan usaha restauran atau rumah makan kuliner,bengkel motor, usaha dagang barang secara grosir maupun eceran,atau industri kecil berskala rumahan atau home industri,maka anda dapat mengikuti contoh cara sukses mengembangkan usaha yang disajikan dalam artikel ini.


Inilah Contoh 10 Cara Sukses Mengembangkan Usaha Kecil Agar Cepat Jadi Besar

1. Menjalin kemitraan Dengan Pemasok Barang

Salah satu contoh cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi usaha besar ialah dengan menjalin kemitraan atau kerja sama dengan pemasok barang. 
 
Dalam kewirausahaan,biasanya para pemilik usaha kecil yang bergerak di bidang perdagangan atau penjualan dapat melakukan pengembangan usahanya dengan cara menjalin kemitraan dengan pemasok barang.

Dalam hal ini,pemasok barang bisa saja merupakan perusahaan atau pengusaha individu yang bergerak di bidang distribusi atau agen/grosir penyaluran barang ke usaha-usaha tingkat eceran.

Para pedagang barang-barang semboko atau pakaian secara eceran yang membuka usaha dengan modal kecil,dan kesulitan dengan modal tambahan untuk melengkapi persediaan barang dagangan,mereka banyak menempuh jalur kemitraan dengan perusahaan atau pengusaha individu yang punya toko distributor atau agen yang bergerak di bidang distribusi atau penyaluran barang untuk mengembangkan usaha.

Dalam kerja sama kemitraan seperti ini,kedua belah pihak sama-sama punya tujuan yaitu mengembangkan usaha dengan cepat,dan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan.

Adapun sistem kerja sama kemitraan seperti ini biasa di lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Pemasok menitipkan sejumlah barang dagangan ke usaha eceran
  • Pemilik usaha eceran menjalankan usaha penjualan barang di tokonya termasuk barang titipan dari pemasok
  • Barang titipan dari pemasok akan di bayar secara kredit oleh pemilik usaha eceran setelah barang terjual.
  • Pemilik usaha eceran menentukan sendiri harga penjualan eceran atau bisa juga berdasarkan harga yang tentukan oleh pemasok,dan usaha eceran akan mendapatkan komisi penjualan
  • Barang titipan yang tidak laku atau rusak dapat di kembalikan atau di tukar.

Anda pemilik usaha kecil di bidang eceran atau agen,cobalah jalur kemitraan ini sebagai batu loncatan menuju kesuksesan pengembangan usaha anda meraih omset dan keuntungan yang lebih besar
 
Bagaimana cara menjalin kemitraan dengan pemasok barang bagi usaha home industri?

Apabila usaha yang anda bangun dan ingin anda kembangkan merupakan usaha home industri kecil berskala rumahan,dan anda kesulitan dengan masalah persediaan bahan pembuatan produk,maka sebagai solusinya, anda dapat menempuh jalur kemitraan dengan para pemasok barang yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan produk dalam usaha tersebut.

Anda pun contoh cara kerjasamanya adalah seperti di uraikan dibawah ini

Jika usaha anda saat ini adalah merupakan usaha industri pembuatan tempe atau tahu,nah untuk meningkatkan jumlah produksi tempe dan tahu dalam usaha anda,maka sudah tentu anda memerlukan pasokan persediaan barang berupa kacang kedele yang merupakan bahan pembuatan tempe dan tahu.

Nah,untuk membantu mempermudah anda bisa sukses dengan cepat dalam mengembangkan usaha pembuatan tempe dan tahu,anda bisa menjalin kerja sama kemitraan dengan pengusaha pemasok kacang kedele.

Dalam hal ini,anda bisa meminta kepada pengusaha pemasok untuk memasok kacang kedele untuk keperluan usaha anda,dan masalah pembayaran bahan yang masuk ke usaha anda bisa anda bayar secara kredit setelah anda melakukan penjualan tempe dan tahu.

Atau usaha anda merupakan usaha industri kerajinan tangan khusus pembuatan barang-barang anyaman,maka untuk membantu mempermudah anda mengembangkan usaha,maka anda perlu menjalin kerja sama dengan pengusaha pemasok bahan untuk pembuatan barang-barang anyaman.

Perlu anda ketahui bahwa cara bekerja sama kemitraan dengan pemasok barang adalah sebuah cara yang lazim dilakukan untuk mengembangkan usaha dengan cepat dalam kewirusahaan.

Cara kerja sama kemitraan seperti ini sering dilakukan oleh para pedagang barang di tingkat eceran,dan juga para pemilik usaha home industri yang kesulitan dengan tambahan modal pembiayaan untuk mengembangkan usaha yang mereka mulai dengan modal kecil-kecilan.

2.Membuka kerja sama dalam pemasaran

Membuka kerja sama dalam pemasaran adalah salah satu contoh cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi usaha besar.
 
Dalam hal ini,jika anda merupakan seorang wirausaha pemilik usaha kecil dan menengah (UKM),maka anda juga dapat mengembangkan usaha anda dengan cara membuka kerja sama dalam pemasaran produk atau layanannya dengan pihak lain yang akan membantu memasarkan atau menjual produk anda.

Usaha-usaha yang biasa membuka kerja sama dalam pemasaran adalah sebagai berikut:
  • Usaha industri kecil skala rumahan atau home industri yang membuat dan memasarkan produknya
  • Usaha distributor yang menjalankan distribusi atau penyaluran produk ke usaha grosir dan eceran
  • Usaha dagang sistem keagenan atau penjualan grosir yang melayani usaha eceren
  • Bahkan usaha dagang eceren pun masih dapat melakukannya
Adapun bentuk kerja dalam pemasaran yang di lakukan sudah tentu adalah kerja sama berbasis kemitraan yang saling menguntungkan antara pemilik barang dan pihak yang bertindak sebagai mitra yang menjalankan pemasaran untuk mendapatkan penjualan langsung dari konsumen yang membutuhkan barang.

Dalam hal ini,sebagai wirausaha pemilik produk,anda bisa menentukan berapa harga standar penjualan produk dari anda sampai ke tangan mitra pemasaran,dan selanjutnya pihak mitra pemasaran di berikan kebebasan untuk menentukan sendiri  harga penjualan dalam pemasaran yang mereka jalankan.

Atau bisa juga anda menentukan harga standar eceran produk anda di pasaran sampai ke tangan konsumen pengguna produk,dan anda menetapkan jumlah komisi penjualan yang akan di terima oleh pihak mitra yang menjalankan pemasaran.

Dengan cara membuka kerjasama dalam pemasaran seperti ini,usaha anda dapat berkembang dan sukses dengan cepat.Karena anda tak perlu lagi mengeluarkan modal tambahan yang besar untuk melakukan pemasaran,dan pemasaran produk anda akan di bantu oleh pihak mitra yang menjalankan pemasaran.

3.Membuka cabang usaha Di Lokasi Strategis

Salah satu cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi usaha besar yaitu dengan membuka cabang usaha dilokasi strategis.

Tetapi,cara ini membutuhkan modal tambahan yang cukup besar,karena anda harus mengeluarkan uang yang cukup untuk keperluan membuka cabang baru untuk usaha anda.

Membuka cabang usaha baru adalah sebuah upaya yang perlu di lakukan dalam kewirausahaan agar usaha dapat dengan mudah menjangkau lebih banyak.calon konsumen dan pelanggan.

Lokasi yang paling bagus untuk membuka cabang usaha baru tentu merupakan lokasi yang dianggap paling strategis.

Adapun kriteria lokasi yang paling strategis yaitu lokasi yang mudah lihat dan jangkau oleh calon konsumen atau pelanggan yang akan membutuhkan produk atau layanan bisnis anda.

Karena cabang usaha anda di buka di lokasi strategis,maka sudah tentu akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kemajuan usaha anda.Sehingga usaha anda akan cepat berkembang dan sukses menjadi usaha besar.

Untuk memperkaya wawasan anda dalam  mengembangkan usaha di lokasi strategis silahkan pelajari artikel 5 cara  membuka usaha terbukti agar cepat laris dan sukses berkembang.

4.Mencari Investor Swasta untuk membantu permodalan usaha

Salah satu cara yang biasa di lakukan oleh para pengusaha sukses untuk mengembangkan usaha kecil dengan cepat yaitu mencari investor swasta untuk membantu permodalan dalam pengembangan usaha yang ada dan sudah berjalan.

Jika anda seorang pemilik usaha kecil atau menengah yang sudah berjalan dan butuh tambahan modal untuk pengembangan usaha,maka anda pun dapat melakukan cara seperti ini.

Apabila anda telah menemukan investor yang bersedia menanamkan modalnya untuk membantu pengembangan usaha anda,maka pihak investor akan mendapatkan dividen atau pembagian hasil keuntungan usaha yang anda jalankan.

Mengembangkan usaha dengan cara seperti ini biasanya kedua belah pihak melakukan perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan,dan harus di sepekati bersama.

Perjanjian kerjasama yang di sepakati biasanya menyangkut hal-hal sebagai berikut;
  • Jumlah bagi hasil keuntungan usaha-Pada umumnya 60 - 70 persen untuk pemilik usaha,dan 30 - 40 persen untuk pihak investor
  • Jadwal waktu pembayaran bagi hasil keuntungan usaha-Apakah setiap bulan,setiap minggu atau harian.
  • Masa kontrak kerja sama atau lamanya waktu penggunaan modal investor dalam membantu mengembangkan usaha
Dalam hal pembagian hasil keuntungan,di butuhkan kejujuran dan  keterbukaan agar pihak investor tidak merasa di rugikan.Dengan kata lain,anda harus mempertaruhkan nama baik anda dan usaha anda di mata para investor,agar mereka terus melakukan kerjasama dalam pengembangan usaha anda sampa menjadi usaha besar yang sukses.

Apabila usaha anda sudah menjadi usaha besar yang sukses meraup omset dan penghasilan hingga miliran,anda masih bisa meneruskan kerjasama dengan investor swasta dalam hal permodalan untuk membantu mengembangkan usaha anda menjadi lebih besar.

Dalam ini,jika usaha anda sudah berskala perusahaan besar yang memiliki badan hukum,maka anda sudah dapat menjual saham perusahaan anda kepada lebih banyak investor swasta yang berhasrat untuk memperoleh keuntungan dari modal yang mereka investasikan ke dalam usaha anda.

5.Membuka Outlet Penjualan Di Mall

Salah satu contoh cara yang terbukti sukses di lakukan oleh para wirausaha untuk mengembangkan usahal kecil agar cepat menjadi usaha besar yaitu membuka outlet atau gerai penjualan di Mall.Terutama bagi usaha yang memasarkan produk baru yang memiliki kualitas yang baik dan sesuai standar kualitas yang di tentukan oleh pihak Mall.

Selain itu,membuka outlet penjualan di Mall juga dapat membantu meningkatkan popularitas merek atau brand sebuah usaha atau produk.

Karena Mall adalah sebuah tempat pusat perbelanjaan moderen yang sering di kunjungi oleh banyak orang,maka sudah tentu membuka outlet penjualan di sana dapat membantu meningkatkan omset usaha yang sekaligus akan berdampak positif bagi perkembangan usaha anda.

Tetapi,untuk sukses mengembangkan usaha kecil dengan membuka outlet penjualan di Mall,anda perlu mengetahui terlebih dulu seluk beluk tentang rahasia cara sukses membuka usaha dengan modal kecil di Mall Yang Terungkap.

Sudah banyak jenis usaha yang sukses di kembangkan dengan cara membuka outlet penjualan di Mall.Jika anda mau,silahkan coba.

6.Aktif  Menjalankan pemasaran lewat facebook

Siapa sih yg tidak ingin usahanya yang di mulai dengan modal kecil bisa cepat maju dan sukses berkembang menjadi usaha besar yg beromset miliaran? Sudah tentu setiap wirausaha sangat menginginkan hal yg tersebut.

Nah,salah satu cara yang terbukti sukses di lakukan untuk mengembangkan usaha kecil agar bisa dengan cepat menjadi usaha besar yaitu dengan menjalankan pemasaran produk atau layanan lewat facebook secara aktif.

Sebagaimana yang kita ketahui,facebook adalah merupakan media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di banding media sosial lain untuk perhitungan di seluruh dunia.

Menurut data terbaru dari facebook,khusus di negara Indonesia saja,pengguna facebook aktif setiap hari yaitu sekitar 40 juta orang.Ini benar-benar sebuah potensi pasar yang sangat besar untuk pemasaran produk atau jasa yang dapat di garap untuk meningkatkan omset usaha dan perkembangannya.

Kabar baik kelebihan facebook sebagai media sosial untuk mengembangkan usaha dengan cepat yaitu:
  1. Facebook dapat akses dengan gratis tanpa pulsa data,sehingga memungkinkan lebih banyak orang dapat melihat pesan promosi,dan memungkinkan anda untuk mengembangkan usaha dengan cepat hampir tanpa biaya.
  2. Dapat di manfaatkan untuk menjalankan promosi secara gratis
  3. Facebook menyediakan secara gratis halaman khusus untuk mempromosi produk atau jasa.Halaman facebook ini biasa di sebut Fans Page.
  4. Dapat di manfaatkan untuk melakukan promosi gratis secara live lewat video 
  5. Dan lain-lain.
Karena facebook memiliki kelebihan yang bisa di manfaatkan secara gratis,jadi sangat sayang apabila kita menyia-nyiakan kelebihannya tersebut untuk membantu mempermudah kita mengembangkan usaha agar cepat sukses menghasilkan omset besar.

7.Menjalankan pemasaran lewat situs pusat jual beli online

Contoh lain cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi usaha besar yaitu dengan menjalankan pemasaran lewat situs pusat jual-beli online atau market place.
 
Cara pemasaran lewat situs pusat jual beli online tentu dengan menggunakan iklan promosi penjualan.

Kabar baiknya,ternyata beberapa situs pusat jual beli online terbesar yang saat ini beroperasi di internet juga menyediakan ruang iklan gratis untuk melakukan promosi tanpa biaya bagi wirausaha pemula yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Tetapi,untuk melakukan promosi tanpa biaya melalui ruang iklan gratis yang di sediakan hanya terbatas di manfaatkan untuk mempromosikan maksimal 3-5 jenis produk saja khusus untuk setiap satu akun pengguna saja.

Meskipun hanya terbatas di manfaatkan untuk promosi maksimal 3 - 5 jenis produk saja,namun ruang iklan gratis untuk promosi tanpa biaya tersebut tentu sudah cukup bermanfaat bagi wirausaha pemilik usaha kecil atau menengah yang masih pemula untuk meningkatkan omset usaha dan pengembangan usaha .

Adapun di antara situs pusat jual-beli online terbesar dan terkenal yang menyediakan ruang iklan gratis untuk promosi tanpa biaya yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha yaitu Lazada,Bukalapak,Tokopedia,dan OLX.

Selain,menyediakan ruang iklan gratis,sudah tentu situs pusat jual beli online juga menyediakan ruang iklan berbayar dengan tarif mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah,tetapi dengan layanan dan fitur yang lebih lengkap.

Dua layanan ruang iklan untuk promosi bisnis tersebut bisa kita pilih sesuai keinginan kita,dan sudah tentu hasilnya juga akan berbeda.

8.Menjalankan pemasaran online lewat website atau blog milik sendiri

Menjalankan pemasaran lewat website atau blog millik sendiri adalah sebuah cara sukses yang terbukti efektif untuk mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi usaha besar.

Mengapa?

Karena lewat website atau blog milik sendiri anda bisa lebih leluasa menjalankan promosi penjualan online otomatis untuk menjankau lebih banyak calon konsumen dan pelanggan yang membutuhkan produk atau layanan bisnis anda.

Dalam hal ini,melalui website atau blog,anda bisa membuat artikel pemasaran online yang berisi informasi tentang produk atau layanan bisnis anda.Dan anda dapat memposting gambar-gambar produk yang di butuhkan oleh banyak orang.

Berikut ini 4 rahasia cara mengembangkan usaha lewat website atau blog yang di lakukan oleh para wirausaha sukses:
  1. Mmbuat nama website atau blog yang sesuai dengan usaha yang di jalankan.
  2. Menjalankan promosi website atau blog yang berisi informasi tentang usaha anda lewat iklan online berbayar
  3. Menjalankan promosi secara gratis lewat facebook atau instagram untuk memperkenalkan website atau blog yang berisi informasi tentang produk dan layanan bisnis
  4. Melakukan optimasi website atau blog dengan teknik seo agar informasi tentang usaha mudah di temukan oleh banyak orang melalui mesin pencari milik google.

9.Memanfaatkan pendanaan kredit modal usaha dari Bank

Contoh lain cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat menjadi usaha besar yaitu dengan memanfaatkan pendanaan kredit modal usaha dari bank.
 
Di dalam dunia kewirausahaan,banyak wirausaha yang mengembangkan usaha yang sudah berjalan dengan memanfaatkan jalur pendanaan kredit modal usaha dari Bank.

Bank-bank milik pemerintah yang menyalurkan kredit modal siap membantu pembiayaan pengembangan usaha kecil maupun menengah yang membutuhkan modal tambahan dengan bunga rendah yang bervariasi.

Limit kredit pinjaman modal tersedia mulai dari Rp.5 juta - Rp.500 juta dapat anda peroleh untuk mengembangkan usaha anda,dengan syarat usaha anda sudah berjalan minimal 6 bulan -2 tahun.

Berikut ini adalah rekomendasi artikel yang perlu anda baca jika anda ingin memanfaatkan kredit modal usaha dari bank untuk mengembangkan usaha:

10.Memanfaatkan bantuan pendanaan dari Dinas koprasi UKM

Salah satu jalur alternatif yang biasa di manfaatkan oleh para pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usaha dengan cepat yaitu meminta bantuan pendanaan dari Dinas koprasi dan UKM.

Pemerintah,melalui Dinas kementrian koprasi dan UKM siap membantu memberikan permodalan bagi usaha kecil dan menengah.

Karena lewat koprasi,pemerintah bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonsia dengan memberikan bantuan permodalan bagi usaha kecil dan menengah.

Apabila anda berkecimpung dalam usaha industri rumah tangga atau home industri,serta usaha lain yang berskala kecil atau menengah,maka anda bisa mengajukan permohonan bantuan modal untuk pengembangan usaha anda agar cepat jadi usaha besar.

Dan melalui dinas koprasi dan UKM anda bisa mengajukan permohonan bantuan dana hibah dari pemerintah buat pengembangan usaha kecil yang anda jalankan.

Besarnya jumlah dana bantuan dari dinas koprasi dan UKM yang bisa anda dapatkan untuk mengembangkan usaha kecil yaitu berkisar Rp.5 juta sampai Rp.25 juta.

Untuk sukses mendapatkan bantaun modal dari dinas koprasi dan UKM anda perlu membuat atau memiliki proposal usaha yang akan di kembangkan.

Jika anda perlu panduan teknis membuat proposal usaha,lihat disini contoh proposal usaha baik dan singkat yang siap digunakan untuk mendapatkan dana bantuan modal untuk mengembangkan usaha anda.

Perlu anda ketahui disini bahwa proposal usaha baik sangat di butuhkan ketika wirausaha membutuhkan modal tambahan dari luar untuk mengembangkan usaha.Karena setiap pemberi bantaun dana pinjaman membutuhkan proposal usaha untuk melihat dekspresi lengkap atau singkat tentang usaha yang di jalankan. 

Demikianlah artikel tentang solusi cara sukses mengembangkan usaha kecil agar cepat jadi besar..Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca juga:

Related Posts