Tuesday, 4 September 2018

Contoh Strategi Pemasaran Menggunkan Formula 4P Untuk Tujuan Mendongkrak Omset Penjualan Bisnis

Baca Juga

Ada banyak cara yang dapat kita jalankan untuk melipatgandakan omzet penjualan usaha,salah satu contnya adalah menjalankan strategi pemasaran yang menggunakan formula 4P yang merupakan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang paling banyak di jalankan dalam dunia pemasaran yang di lakukan perusahaan-perusahaan.
strategi pemasaran 4p untuk meningkatkan omset penjualan

Sebagaimana yg kita ketahui bersama,bahwa saat ini dunia bisnis telah memasuki era global yang penuh dengan persaingan.Banyaknya produk dengan aneka ragam fitur dan manfaat membanjiri Konsumen.Persaingan pun tak dapat di hindari dan seakan menuntut para pelaku usaha untuk lebih kreatif mengelola pemasaran.

Sukses atau bangkrutnya sebuah usaha bisnis tidak hanya di tentukan oleh kepiawaian manajemen atau pengelolahan pemasaran,akan tetapi juga di tentukan oleh faktor penting lainya,seperti dukunganloyal karyawan,dukungan loyal team penjualan,pemasaran andal,kecukupan aspek keuangan,sistem informasi The Real Time,akses bisnis,efesiensi oprasional,pelayanan pelanggan yang optimal dan sebagianya.

Strategi Pemasaran Yang Menggunakan Formula 4P -Marketing Mix Untuk Menaikan Omset Penjualan

Untuk meningkatkan omset penjualan dalam bisnis dengan cepat,perusahaan sangat perlu menggunakan formula 4P (marketing mix) dalam pemasaran.Ini adalah sekumpulan perangkat atau sarana pemasaran yang dapat di gunakan untuk membuat terjadinya banyak penjualan.Dan ia pun dapat di gunakan sebagai senjata untuk  bersaing dengan lawan bisnis.

Dari sekian indikator,kegiatan pemasaran merupakan Kunci Sukses Terdepan bagi masa depan Usaha Bisnis.Memiliki strategi pemasaran jitu adalah merupakan syarat wajib untuk memenangkan persaingan yang berujung pada meningkatnya hasil penjualan.Di mana pesaing juga bukan hanya sekedar ancaman nyata bagi perkembangan usaha tetapi juga sebagai pendorong perusahaan untuk dapat bekerja lebih kreatif,efektif,efesien dan inovatif.

Di dunia,banyak perusahaan bangrut bukan karena poduk tidak berkwalitas,akan tetapi lebih di sebabkan oleh gagalnya penerapan strategi pemasaran yang amburadul.

Sebagai contoh,
Pabrik sepatu atau pun baju bisa bangrut dan memPHK kan hingga ribuan karyawan bukan karena semata-mata tidak berkwalitasnya produk,akan tetapi lebih banyak di sebabkan karena kesulitan dalam pemasaran.

Seorang pemilik warung makan mengeluh,mengapa sore menjelang malam makanan di warungnya belum juga habis.Dan seorang pemilik bengkel motor mengeluh mengapa bengkel motornya setiap hari hanya di datangi konsumen tidak lebih dari 10 orang saja.Semua mereka di pusingkan dengan masalah penjualan.Di benak mereka selalu terlintas pertanyaan,bagaiman menjual lebih banyak,bagaimana menjual lebih laris,dan bagaimana menjual lebih cepat dan efesien.....

Perusahaan kecil,menengah maupun besar mempunyai masalah yang sama dan penting.Yaitu bagaimana menjual produk ke pasaran dan membuat terjadinya lebih banyak penjualan dengan lebih cepat dan efesien.Tidak sedikit orang menyebut pemasaran sangatlah PENTING,dan lebih banyak lagi menyebut Penjualan adalah UJUNG TOMBAK perusahan.Kedua pendapat itu tidak keliru.Penting atau tidak penting itu tidak jadi soal,namun yang pasti ke dua hal itu terkait satu sama lainnya.Pemasaran bisa di sebut SUKSES jika di dukung penuh dengan kegiatan penjualan yang efektif.Begitu juga sebaliknya,SUKSES tidaknya penjualan tergantung pada kecepatan penerapan Strategi Pemasaran.

Salah satu Strategi Pemasaran terkenal adalah STRATEGI BAURAN PEMASARAN ATAU 4P,di mana Strategi tersebut mancakup empat hal yang mendasar yakni:
  • Product- Membuat Produk yang Inovatif
  • Price-Menawrkan Harga yang terjangkau atau Sesuai
  • Promotion-Melakukan Promosi yang efektif dan Efesien
  • Place-Lokasi yang tepat atau strategis untuk kemudahan distribusi penjualan kepada konsumen akhir.
Inti dari Strategi Pemasaran menggunakan formula 4P adalah sejauh mana kombinasi produk yang INOVATIF,haga yang TERJANGKAU,promosi yang EFEKTIF dan distribusi yang LANCAR dapat membuat Pelanggan yang LOYAL.

Untuk dapat menggambakan hubungan antara penjualan dan pemasaran,tercipta kesimpulan bahwa Penjalan adalah aktivitas untuk meningkatkan volume penjualan,sedangkan pemasaran adalah berbagai aktivitas untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk yang di tawarkan.

STRATEGI PEMASARAN 4P UNTUK TUJUAN MELIPATGANDAKAN PENJUALAN

  1. Membuat Produk yang Inovatif dengan memiliki nilai tambah lebih di banding produk sejenis sehingga pelanggan menjadi merasa bodoh apabila tidak membeli
  2. Menetapkan harga yang terjangkau atau sesuai nilai tambah yang di milki produk yang di pasarkan,dan menetapkan untuk menjual berdasarkan nilai tambah.Maksudnya perusahaan hanya menjual 'nilai tambah' semata bukan menjual harga 'murah'
  3. Menjalankan kegiatan atau program promosi yang genjar untuk menarik minat calon pembeli yang di targetkan
  4. Membuat jalur distribusi barang seperti mata rantai pemasaran dari atas ke bawah,atau dari pabrik sampai kepada konsumen
Itulah ulasan singkat tentang contoh strategi pemasaran yang memakai formula 4P untuk membantu meningkatkan omset bahkan keuntungan penjualan.

0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts