- --> 10 TIPS SUKSES MERINTIS BISNIS BEROMZET MILYARAN DARI NOL | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

10 TIPS SUKSES MERINTIS BISNIS BEROMZET MILYARAN DARI NOL

|
tips-sukses-berbisnis-agar-cepat-maju

Tips Sukses merintis bisnis beromset milyaran dari nol terbukti cepat menguntungkan.Banyak wirausaha yang mengimpikan punya usaha yang sukses dan menguntungkan,namun pada kenyataannya hanya sedikit yang benar-benar hidup dalam impian tersebut.Memang sih,sangat banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya seseorang di dalam merintis atau membangun suatu usaha bisnis.Jadi tidaklah mengherankan,jika di dalam dunia usaha akan selalu ada yang namanya kesuksesan dan kegagalan.



Pada postingan kali ini blog kunci sukses zone mempersembahkan sederatan tips dan kunci sukses memulai dan mengembangkan usaha bisnis agar menguntungkan dengan cepat,dan semuanya bersumber dari pengalaman dan ide dari para wirausahawan sukses itu sendiri,serta dari pengalaman penulis sendiri di dalam merintis dan menjalankan usaha bisnis.

Berbicara tentang bagaimana memulai usaha agar menguntungkan dengan cepat,adalah suatu hal yang sangat wajib di pelajari oleh setiap wirusaha dan calon wirausaha,karena yang namanya berwirausaha itu sangat banyak faktor yg mempengaruhi sukses atau tidaknya usaha kita menghasilkan keuntungan dengan cepat.Jadi,alangkah bijaknya kita untuk selalu belajar dan terus belajar untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan wirausaha kita,sehingga dengan begitu usaha yang kita rintis akan dengan mudah menghasilkan keuntungan dengan cepat sebagaimana yang kita harapkan.


#1.Luangkan Sedikit Waktu Untuk Mencari Ide Peluang Bisnis Yang Tepat Sebelum Memulai Usaha.Tips ini mengajarkan kepada kita agar memilih jenis bisnis atau usaha yang cocok untuk kita jalankan.Karena memilih untuk merintis usaha yang yang tidak cocok dengan kita,sama halnya dengan membunuh semangat kita.

Adapun yang  di maksud dengan usaha bisnis yang cocok dengan kita adalah suatu usaha bisnis yang di dalam menjalankannya kita merasa senang dan bahagia.Nah,karena kita merasa senang dan bahagia di dalam menjalankannya,sudah tentu kita pun akan memiliki semangat yang tinggi untuk mengelolah dan menjalankannya.Jadi,karena dengan adanya semangat yang tinggi inilah maka kita mampu menjalani proses suatu usaha yang bagi orang lain hal itu sangat sulit dan menyusahkan,namun bagi kita hal itu adalah merupakan suatu proses usaha yang sangat mudah dan menyenangkan.

Saya tak habis berpikir tentang adanya pendapat berbagai kalangan yang menyatakan bahwa katanya "Jangan memilih jenis usaha,jalankan saja apapun usaha itu,yang penting usaha itu adalah usaha berkategori halal".

Pendapat di atas,ada benarnya,namun ada juga kekurangannya.Apa sih kekurangannya?
Kekurangannya adalah terletak pada jenis usahanya.....sebagai alasannya,silahkan simak penjelasannya di bawah.

Saya berikan gambaran atau contoh kepada Anda...
Misalnya,Anda sangat ingin punya usaha di rumah,karena alasan bahwa Anda ingin bekerja di rumah sendiri untuk menghasilkan uang,karena Anda juga sangat ingin selalu dekat dengan keluarga yang Anda cintai,namun tiba-tiba,ada seorang teman Anda datang mempengaruhi diri Anda,agar memilih jenis usaha yg di jalankan di luar rumah,dan jenis usaha tersebut adalah usaha dagang berjualan ikan atau sayur dengan menjualnya secara berkeliling dari kampung ke kampung,dan dari usaha dagang tersebut,menjanjikan keuntungan besar dengan cepat.

Pertanyaan,apakah Anda mau atau akan sangat bersemangat di dalam menjalankan usaha dagang tersebut?Saya kira Anda pasti tidak senang dan bahagia serta tidak akan bersemangat untuk menjalankan usaha tersebut,dan secara otomatis pula usaha tersebut tidak akan menghasilkan keuntungan sama sekali,meskipun peluang usahanya tersebut menjanjikan keuntungan besar.Karena di sebabkan,Anda tidak pernah bersemangat untuk menjalankannya.

Ketahuilah,bahwa pedagang ikan atau sayur yang sukses dengan cepat merintis usaha tersebut dari nol,karena mereka menyukai usaha tersebut,dan mereka senang dan bahagia di dalam menjalankannya,sehingga dengan itu pula,mereka bersemangat dan termotivasi mengejar target keuntungan besar dengan cepat sebagaimana yang mereka inginkan.

Jadi,faktor kecocokan seseorang dengan usaha yang dia rintis dan jalankan adalah suatu faktor utama dan terpenting yang mempengaruhi sukses atau tidaknya menghasilkan keuntungan besar dengan cepat.Jika suatu usaha yang kita rintis adalah suatu usaha bisnis yang benar-benar kita sukai,dan kita merasa senang dan bahagia di dalam menjalankannya,maka proses usaha yang kita jalani akan terasa menjadi lebih mudah dan ringan,bagaikan tak ada kesulitan dan beban yang kita rasakan.Inilah fenomena dari suatu proses kesuksesan berwirausaha atau berbisnis yang terkadang membuat banyak orang menjadi terheran-heran,ketika mendengar,ada seseorang pedagang kecil yang sukses dan kaya mendadak dengan cepat dari usaha dagangnya yang di anggap remeh bagi kebanyakan orang.

#2.Pilih Jenis Produk Atau Jasa Yang Minim persaingan Di Dalam Pemasarannya.Tips ini mengajarkan kepada kita,bahwa pemilihan jenis produk atau jasa yang tepat,di dalam arti minim persaingan di dalam pemasaranya,adalah suatu hal terpenting yang juga sama kita utamakan,jika kita hanya memiliki kemampuan dan ketrampilan terbatas di dalam mengelolah pemasaran.

Banyak pengusaha yang sukses merintis usaha bernilai milyaran dari nol,mengakui bahwa rahasia utama kesuksesan di dalam usaha bisnis adalah karena faktor produk atau jasa yang mereka tawarkan memang minim persaingan,sehingga dengan mudah produk dan jasa tersebut terjual laris dan menghasilkan keuntungan besar dengan cepat.

Produk atau jasa yang minim persaingan di dalam pemasarannya,sudah tentu akan menjadi suatu kebutuhan yang langka di temukan di berbagai tempat,apalagi produk atau jasa yang merupakan kebutuhan banyak orang tersebut hanya tersedia di tempat kita,maka hanya dengan sekali melakukan promosi,maka usaha bisnis kita tentu akan langsung boming dengan sendirinya,dan kita tidak perlu lagi bersusah-payah untuk menjalankan trik-trik pemasaran yang hebat,bahkan,nilai jual produk dan jasa tersebut dapat kita permainkan sesuka hati.Mau di jual berapa pun,itu terserah kita,yang penting konsumen selalu bersedia membelinya.

Inilah salah satu rahasia keseuksesan terbesar di dalam merintis dan membangun usaha bisnis,yakni tergantung dari jenis produk dan jasa yang kita tawarkan.Jadi,jika Anda ingin usaha yang cepat menghasilkan keuntungan besar,maka utamakan untuk memilih jenis produk atau jasa yang minim persaingan di dalam pemasarannya..

#3.Berikan Nilai Tambah Di Dalam Usaha Bisnis Anda.Tips ini mengajarkan kepada kita,agar selalu memberikan nilai tambah di dalam usaha bisnis yang jalankan,terutama di saat-saat awal usaha kita baru di rintis.Alasannya,karena dengan adanya nilai tambah di dalam usaha bisnis kita tersebut,maka konsumen atau pelanggan akan lebih memilih untuk membeli dengan kita,dan bukan membeli dengan pesaing,dan secara otomatis pula akan tercipta promosi dari mulut ke mulut.

Konsumen yang telah membeli dengan kita,dan mereka puas karena adanya nilai tambah yang mereka dapatkan dari usaha bisnis kita,akan dengan senang hati dan bangga akan menceritakan pengalaman mereka membeli dari usaha bisnis kita kepada teman-teman dan saudara mereka.Oleh karena itu,usaha bisnis kita tentu akan dengan cepat pula memiliki banyak pelanggan,dan secara otomatis pula akan melambungkan omset dan profit usaha kita.

Apa saja yang di maksud dengan nilai tambah?
Nilai tambah bisa merupakan,pelayanan cepat dan ramah,harga yang lebih murah,diskon khusus,atau bonus tambahan untuk pembelian tertentu.

Jadi,jangan takut bersaing di dalam usaha bisnis,karena senjata pamungkasnya hanya satu,yakni memberikan nilai tambah di dalam usaha bisnis yg kita jalankan,khususnya bisnis yang baru kita mulai dari nol.

Atau jangan takut memberikan nilai tambah,karena nilai tambah itu bisa berupa sesuatu yang tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukannya.

Atau jangan takut menawarkan nilai tambah di dalam usaha bisnis,karena nilai tambah adalah suatu strategi perang di dalam persaingan bisnis yang sehat.Tentang,hal ini,ternyata banyak juga di temukan para pelaku usaha atau marketing yang enggan atau takut menawarkan nilai tambah,karena alasan para pesaing akan marah,di sebabkan karena kita merebut lebih banyak pelanggan.

#4.Pilih Lokasi Usaha Yang Strategis Dan mudah Di Jangkau Oleh Pelanggan Atau Lebih Dekat Dengan Calon Pelanggan.Tips ini mengajarkan kepada kita,bahwa Lokasi Usaha yang strategis juga merupakan suatu hal terpenting yang paling berpengaruh untuk membuat usaha bisnis kita bisa menguntungkan dengan cepat.Terutama,jika usaha yang kita rintis adalah suatu usaha yang bergerak di bidang perdagangan atau pemasaran kebutuhan banyak orang.

Bilamana lokasi usaha kita tepat atau berada di lingkungan yang sangat mudah di jangkau oleh pembeli atau sangat dekat dengan calon pelanggan,maka otomatis usaha kita akan cepat ramai pembeli,dan dengan begitu pula,usaha kita pun akan dapat menguntungkan dengan cepat.

Lokasi usaha yang strategis,akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pelanggan yang membutuhkan sesuatu,dan para pelanggan akan merasa lebih di untungkan,karena waktu dan uang mereka menjadi lebih hemat untuk menjangkau tempat usaha.

#6.Membangun Jaringan Pemasaran (Networking) Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan Dan Calon Pembeli.Tips ini mengajarkan kepada kita,untuk memperbanyak pelanggan dan calon pelanggan dengan cara membangun jaringan pemasaran.Semua perusahaan atau bisnis yang beromset milyaran sudah pasti memiliki jaringan pemasaran yang banyak dan luas.

Kata lain dari membangun jaringan pemasaran adalah membangun Networking yang merupakan suatu bentuk kegiatan dalam memperluas jaringan dan koneksi penjualan.Dalam hal ini,semakin banyak networking,maka akan semakin banyak pula peluang dan kesempetan penjualan yang terjadi.




Networking adalah merupakan salah satu rahasia kunci kesuksesan membangun bisnis milyaran dengan cepat.
Networking bisa menjadi sebuah laverage yang merupakan daya pengungkit yang mempermudah proses untuk mewujudkan usaha bisnis yang beromset milyaran dengan cepat.Dan hal ini tak perlu kita ragukan dan pertanyakan lagi tentang kebenarannya,karena hal ini sudah menjadi rahasia sukses perusahaan-perusahaan besar yg menjalankannya.

 #7.Menjalankan Closing.
Apa itu closing?
Closing adalah suatu tindakan yang di lakukan untuk menciptakan keputusan terakhir bagi setiap calon pembeli.Closing merupakan suatu upaya di dalam penutupan penjualan.Banyak wirausaha atau pebisnis yang kesulitan mendapatkan penjualan padahal mereka telah berupaya melakukan promosi untuk menarik lebih banyak calon pembeli datang ke tempat usaha,salah satu penyebab kegagalan penjualan adalah tidak adanya tindakan untuk menjalankan closing,atau terjadinya keslahan di dalam menjalankan closing.

Contoh kesalahan di dalam menjalankan closing adalah,salah bertanya,yang bisa membuat semua usaha yang di lakukan sebelumnya menjadi sia-sia.Dari pada memberi pertanyaan,"Bapak jadi beli atau tidak?",lebih baik langsung bertanya,"Bapak ingin warna merah atau biru?",atau dengan pertanyaan yang lebih baik,misalnya,"Bayarnya cash atau kredit?",

Di dalam hal menjalankan Strategi Closing,sangat di sarankan bagi kita untuk berusaha memberi pertanyaan yang jawabannya pasti "Ya".Karena kalau di tanya "Jadi beli atau tidak?',bisa saja calon pembeli menjawab "tidak jadi".Namun,jika calon pembeli di tanya,"Mau warna merah atau biru,maka maknanya tetap "Ya".

#7.Merancang dan Menjalankan Program Promosi Yang Kreatif Dan Efektif. serta Efesien.Tips ini mengajarkan kepada kita bahwa dengan merancang dan menjalankan program promosi yang kreatif dan efektif serta efesien,akan dapat membantu mempercepat terjadinya banyak penjualan.Sebagaimana yang kita ketahui,bahwa penjualan berbanding lurus dengan kelancaran pendapatan usaha kita.

Pada dasarnya,semua kegiatan pemasaran yang meliputi program promosi di rancang dan di jalankan dengan tujuan menghasilkan profit atau laba.

Promosi yang kreatif adalah promosi yang di rancang secara berbeda dari yang telah ada sebelumnya,atau promosi yang berbeda daripada yang di lakukan oleh pesaing,sehingga calon pembeli mau membeli dari kita.


Promosi yang efektif berarti suatu kegiatan promosi yang mampu mendorong minat calon pembeli untuk memilih membeli dari kita.

Sedangkan promosi yang efesien adalah suatu kegiatan promosi yang hemat waktu,biaya dan tenaga,namun menghasilkan banyak penjualan.

#8.Menjalankan Strategi AFTER SALES.
Salah satu faktor penentu terjadinya boming penjualan adalah adanya after sales yang di jalankan di suatu perusahaan atau bisnis yang beromset milyaran.
Bilamana suatu perusahaan melupakan atau melalaikan kegiatan strategi after sales,maka perusahaan atau bisnis tersebut akan sulit melambungkan omset penjualan produk atau jasa yang di tawarkan.Karena after sales adalah suatu hal yang sangat penting untuk di jalankan di dalam kegiatan bisnis,terutama untuk usaha bisnis yang baru di rintis atau di mulai.

Apa itu after sales?
After Sales adalah suatu kegiatan "Layanan Purna Jual" yang di jalankan untuk untuk tujuan agar calon pembeli yang sudah membeli akan menjadi pelanggan di usaha bisnis yang kita jalankan.Dalam hal ini,calon pembeli akan menjadi pembeli,dan selanjutnya akan kita naikan levelnya menjadi pelanggan setia yang akan terus-menerus membeli dari kita.

Banyak pebisnis atau pelaku marketing yang merasa tugasnya sudah selesai saat calon pembeli membeli barang darinya.Padahal jika dia mau melakukan layanan purna jual,maka bisa jadi,pembeli itu tidak hanya akan membeli sekali,namun akan menjadi pelanggan setia yang akan terus-menerus membeli darinya. 

Lantas,apa saja strategi yang di jalankan terkait dengan layanan purna jual tersebut?
Beberapa hal yang dapat Anda lakukan terkait layanan purna jual antara lain seperti,memberikan layanan jika terjadi komplain,atau rutin mengirimkan kartu ucapan untuk hari-hari istimewa bagi setiap pembeli,membagikan parcel atau hadiah dan lain sebagainya.

Akan tetapi,kembali lagi layanan purna jual yang Anda jalankan atau berikan harus di sesuaikan dengan nilai penjualan produk Anda.Misalnya,jika produk yang di beli oleh pembeli hanya berupa 1 buah pasta gigi,maka tidak mungkin Anda mengirimkan satu kartu ucapan dan parcel kepadanya.

Jadi,di dalam hal menjalankan layanan purna jual ini,seorang pembeli harus membeli lebih dulu setidaknya sebuah barang yang bernilai jual yang tinggi,misalnya 1 buah Smar Phone yang bernilai jual Rp.3000.000,dan dengan keuntungan penjualan sekitar Rp.500.000,maka hadiah parcel senilai Rp.200.000,serta 1 kartu ucapan sudah pantas Anda berikan kepada pembeli tersebut.

Apakah,pembeli yang kita berikan hadiah tersebut kelak akan berubah menjadi pelanggan bagi bisnis yang kita jalankan?Kemungkinannya sangat besar,nanti pembeli tersebut akan kembali lagi membeli dari kita,asalkan usaha kita memiliki beragam varian produk lain yang lebih menarik,meski di depan ada pesaing yang menjual barang yang sama.

#9.Cerdas Dan Cermat Mengelola Keuangan Usaha.Tips ini mengajarkan kepada kita,bagaimana membangun usaha yang sukses beromset milyaran dengan cara mengelola keuangan usaha dengan cerdas dan cermat.

Cerdas dan cermat mengelolah keuangan usaha adalah merupakan salah satu hal terpenting di dalam tujuan mewujudkan bisnis yang beromset milyaran rupiah.

Banyak pelaku usaha yang secara sengaja melalaikan pentingnya pengelolahan keuangan usaha yang mereka jalankan,sehingga membuat arus keuangan usaha mereka menjadi tidak terkontrol dan terkendali,yang mengakibatkan terkikisnya modal usaha mereka secara perlahan,dan berbuntut pada kehancuran dan kebangrutan.

Dalam hal mengelola keuangan usaha secara cerdas dan cermat,seorang pebisnis atau wirausaha harus membuat pembukuan keuangan usaha,baik uang yang masuk dan keluar perlu di catat di dalam sebuah pembukuan atau dalam bentuk file yang bisa di simpan di memori flas atau komputer.

Catatan uang masuk dan keluar bisa menjadi alat kontrol untuk mengetahui perkembangan usaha di jalankan.Bahkan untuk melacak apakah usaha menghasilkan keuntungan atau hanya mengalami kerugian.Lebih dari itu,sebuah catatan keuangan usaha akan menjadi bahan evaluasi setiap hari,setiap minggu atau setiap bulan untuk membantu membuat rencana-rencana usaha selanjutnya.

Perlu untuk di ingat di sini bahwa,suatu usaha bisnis kecil yang menghasilkan banyak penjualan setiap hari belum tentu sukses dan berkembang menjadi bisnis yang besar,tanpa adanya pengelolahan keuangan usaha.

Dan ketahuilah bahwa,setiap perusahaan besar yang sukses selalu memperhatikan pentingnya membuat catatan arus uang yang masuk dan keluar setiap hari.Bahkan mereka membuat pula catatan tentang alokasi-alokasi keuangan usaha yang di jalankan.

Kebanyakan pengusaha sukses,merancang keuangan usaha mereka menjadi tiga bagian seperti berikut:
  1. Sebagian uang dari hasil keuntungan  di alokasikan untuk tujuan pengembangan usaha atau aset.
  2. Sebagian uang dari hasil keuntungan di alokasikan untuk biaya oprasional usaha
  3. Sebagian uang dari hasil keuntungan di alokasikan untuk dana simpanan dan cadangan.
Tapi jika seorang pengusaha menggunakan uang pinjaman kredit untuk permodalan,maka alokasi pembagian keuangan usaha bertamnbah menjadi 4 bagian,di mana yang ke-4 nya adalah untuk membayar angsuran pinjaman kredit permodalan.Begitu,seterusnya,sehingga membuat usaha bisnis yang mereka jalankan terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

#10.Menjalankan Program Pemasaran Lewat Internet
Saat ini adalah era digital,hampir semua orang telah akrab dengan teknologi digital.Dan di era digital ini,tentu saja semakin banyak jumlah orang yang mengakses informasi di internet.Oleh karena itu,menjalankan program pemasaran lewat internet adalah merupakan suatu kegiatan penting yang bisa membantu mempermudah dan mempercepat proses usaha bisnis kita menuju kesuksesan menghasilkan lebih banyak uang.
Dalam hal ini,bukan berarti kita harus merubah bisnis kita menjadi bisnis online.Karena yang kita lakukan di sini,bisa saja hanya berupa menjalankan kegitan program promosi saja,untuk memperkenalkan produk dan layanan kita atau bisnis kita kepada masyarakat luas.

Saat ini,di perkirakan terdapat 5 jutaan bisnis di seluruh dunia telah menjalankan kegiatan program promosi lewat internet.Dari pemilik bisnis kecil hingga bisnis besar berskala perusahaan sama-sama merebut perhatian publik,guna meningkatkan omset penjualan produk dan jasa yang di tawarkan. Mengapa kita tidak?


Menjalankan kegiatan program promosi lewat internet tergolong suatu kegiatan yang mudah dan praktis di lakukan,dan terbukti lebih efesien atau dapat menghemat waktu dan biaya di dalam menjalankan usaha.Karena dapat menghemat waktu dan biaya,sudah tentu pula bisnis kita secara otomatis menjadi lebih menguntungkan.

Mengapa Menjalankan Kegiatan Promosi Bisnis Lewat Internet di katakan lebih menguntungkan serta mudah dan praktis di lakukan?Inilah sejumlah alasannya:
  1. Biaya pembuatan wesite atau blog sangat murah dan terjangkau,bahkan sebuah website atau blog bisa kita buat sendiri dengan mengikuti berbagai panduan pembuatan yang banyak kita temukan tutorialnya di internet.
  2. Biaya untuk promosi website atau blog yang berisi informasi tentang bisnis kita beserta gambar produk yang kita tawarkan,sangat murah dan terjangkau.
  3. Mesin telusur seperti goggle dan bing dapat membantu mempermudah agar website atau blog kita di temukan oleh banyak orang yang membutuhkan produk dan layanan bisnis kita.
  4. Kita bisa menyewa jasa penulis artikel marketing dan jasa seo untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website atau blog kita,dan biayanya juga lebih murah ketimbang kita menyewa tempat usaha di lokasi strategis.
  5. Kita dapat menjalankan kegiatan promosi website secara gratis lewat situs-situs jejaring sosial atau media sosial.
  6. Kita juga dapat mempromosikan produk lewat website milik orang lain tanpa pusing memikirkan biaya,karena kita hanya berbagi komisi saja untuk setiap penjualan yg terjadi.
Tak perlu kita perdebatkan lagi tentang kelebihan dan keuntungan menjalankan kegiatan promosi bisnis lewat internet,karena terbukti,telah banyak pemilik bisnis yang merasakan hasilnya.Di dalam hal ini,Anda hanya tinggal memilih,cara yang mana di lakukan untuk meningkatkan omset penjualan bisnis dengan cepat.
 

Demikianlah artikel tips sukses merintis bisnis beromset milyaran dari nol yang terbukti cepat menguntungkan.Semoga bermanfaat dan menginspirasi...Salam sukses dan sampai jumpa di puncak kesuksesan meraih omset milyaran.Oh ya,jika Anda bersenang hati atau berkenan,silahkan luangkan sedikit waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda,dengan menekan tombol berbagi atau Share.

Artikel Terkait :


Related Posts