Sunday, 9 September 2018

6 Langkah Jitu Menentukan Segmentasi Pasar Dalam Pemasaran Yang Sukses

Baca Juga

Menentukan segmentasi pasar sasaran atau yang di target merupakan langkah awal penting yang perlu dilakukan untuk kesuksesan pemasaran.Banyak wirausaha atau pebisnis pemula yang salah kaprah di dalam memulai usaha,mereka tidak menentukan segmentasi pasar sasaran.

menentukan segmentasi pasar

Tidak melakukan Segmentasi pasar bisa mempengaruhi kinerja pemasaran menjadi sulit.Bayangkan jika Anda adalah seorang wirausaha yang tidak tahu akan Anda jual kepada siapa produk atau layanan Anda?

Perlu di ketahui bahwa,manfaat dan fungsi pemasaran akan berjalan dengan baik manakala kita mengandaikan terlebih dahulu di lakukannya segmentasi pasar.

Menurut Profesor dan konsultan pemasaran yang bernama Charles D.Scewe menegaskan bahwa,ada enam aspek yang merupakan langkah penting yang perlu di jalankan oleh perusahaan atau pemilik usaha dalam proses segmentasi pasar.

Inilah 6 Aspek yang perlu di jalankan di perhatikan dalam proses segmentasi pasar;

(1).Menentukan batas-batas pasar.Dalam hal ini,seorang pelaku pemasaran atau pelaku usaha harus menggunakan rencana bisnis resmi untuk mengembangkan defenesi yang luas  untuk bisnis mereka,lalu kemudian mempertimbangkan penawaran dari pesaing lakukan baik langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan suatu informasi yang jelas tentang kebutuhan dasar konsumen di pasar.

(2).Menentukan variabel yang akan di gunakan dalam segmentasi pasar.
Banyak perusahaan jatuh ke dalam perangkap pengumpulan data pada variabel sebanyak mungkin dan kemudian mencoba untuk memilah-milah guna menarik kesimpulan.Pemasar sebaiknya menggunakan pengetahuan mereka tentang pasar untuk memilih beberapa variabel yang relevan.Pendekatan ini pada dasrnya lebih murah pengaruh lebih besar untuk memberikan hasil yang lebih berguna.

(3).Mengumpulkan dan menganalisa data yang meliputi penerapan alat-alat penelitian pasar.Tujuan dalam menganalisa data adalah untuk mengidentifikasi segmen pasar yang homogen secara internal dan tentunya heterogen bila di hubungkan dengan segmen lainnya.

(4).Mengembangkan profil terperinci dari setiap segmen pasar yang meliputi pemilihan variabel-varibel yang paling erat kaitannya dengan perilaku pembelian aktual konsumen.

(5).Menentukan Segmen yang akan di layani.
Dalam penargetan segmen pasar tertentu,Pelaku usaha atau pemasar harus mencari peluang yang cocok bagi usaha dan sumber dayanya.Adalah penting bahwa pemasar tidak hanya mempertimbangkan ukuran dan potensi keuntungan dari segmen pasar sasaran,tetapi juga apakah kemampuan usaha atau perusahaan,teknologi dan tujuan akan memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan segmen yang lebih baik di bandingkan pesaingnya.

(6).Memposisikan produk yang meliputi mengembangkan rencana produk pemasaran yang akan menarik bagi segmen pasar yang di pilih. 
Penjelasan,Dalam rangkah memposisikan produk secara efektif,suatu usaha kecil harus mengidentifikasi atribut yang paling penting untuk konsumen di segmen tersebut,lalu kemudian mengembangkan strategi pemasaran secara keseluruhan yang menarik perhatian konsumen.

Langkah pemosisian produk dapat bermanfaat bila di terapkan selama tahap-tahap awal desain produk,ketika sebuah perusahaan pertama kali mengidentifikasi target pelanggan dalam karekteristik demografi,geografis wilayah dan perilaku.

Agar berhasil di dalam menerapkan strategi segmentasi pasar,pebisnis harus menggunakan teknik riset pasar untuk menemukan pola-pola kesamaan antara preferensi pelanggan di pasar.Idealnya preferensi pelanggan akan jatuh kedalam kolompok yang berbeda berdasarkan karakteristik yang dapat di identifikasi dari tingkat populasi.Oleh karena itu,pelaku usaha dan pemasar harus menguasai segmen pelanggan.

Menurut Charles,karakteristik segmen pelanggan haruslah:
(1).Dapat di identifikasi dan di ukur
(2) Cukup besar untuk menghasilkan keuntungan
(3) Dapat di jangkau dengan efektif dan mudah
(4) Responsif terhadap pemasaran
(5) Stabil dan tidak berubah dengan cepat
Agar Anda lebih memahami pembelajaran ini,alangkah baiknya Anda kenali lebih dulu tentang istilah-istila "Pasar" di dalam dunia pemasaran.
  1. Pasar Tradisional
  2. Pasar Penjual atau pedagang(Market To Market)-
  3. Pasar produsen
  4. Pasar pemerintah
  5. Pasar Nasional
  6. Pasar Internenasional
  7. Pasar Online/Market Online
  8. Pasar Tunggal
  9. Pasar anak-anak
  10. Pasar remaja
  11. Pasar wanita
  12. Dll
Pertanyaan,.....
Yang manakah atau di manakah "Pasar: tujuan usaha bisnis Anda?
Di dalam "pasar" mana Usaha bisnis Anda sekarang ini? 

Anda sendirilah yang tahu jawabannya....

Tapi ingat,pada saat sekarang ini,kehati-hatian mendefenesikan atau memahami pasar sasaran atau yang Anda target adalah suatu hal yang sangat penting.

Sebagai Saran dari Kami,

Tententukan target Pasar dengan jelas sebagai tujuan bisnis usaha Anda.
Kenali dan pahami perilaku maupun kebutuhan serta keinginan konsumen di dalam pasar Anda.

Ketahuilah bahwa perilaku maupun kebutuhan serta keinginan konsumen selalu berubah mengikuti perkembangan peradaban,teknologi,maupun ilmu pengetahuan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa,dengan menentukan PASAR sasaran atau yang targetkan lebih dulu maka sebuah usaha atau perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam mengelolah pemasaran lebih lanjut.Dan ini adalah bagian dari strtategi bisnis perusahaan.

Itulah 6 langkah jitu menentukan segmentasi pasar dalam pemasaran yang sukses.Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 komentar:


10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

Rahasia Sukses Terbesar

Rahasia Sukses Terbesar
Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

Popular Posts