Tidak melakukan Segmentasi pasar bisa mempengaruhi kinerja pemasaran menjadi sulit.Bayangkan jika Anda adalah seorang wirausaha yang tidak tahu akan Anda jual kepada siapa produk atau layanan Anda?
Perlu di ketahui bahwa,manfaat dan fungsi pemasaran akan berjalan dengan baik manakala kita mengandaikan terlebih dahulu di lakukannya segmentasi pasar.
Menurut Profesor dan konsultan pemasaran yang bernama Charles D.Scewe menegaskan bahwa,ada enam aspek yang merupakan langkah penting yang perlu di jalankan oleh perusahaan atau pemilik usaha dalam proses segmentasi pasar.
Inilah 6 Aspek yang perlu di jalankan di perhatikan dalam proses segmentasi pasar;
(1).Menentukan batas-batas pasar.Dalam hal ini,seorang pelaku pemasaran atau pelaku usaha harus menggunakan rencana bisnis resmi untuk mengembangkan defenesi yang luas untuk bisnis mereka,lalu kemudian mempertimbangkan penawaran dari pesaing lakukan baik langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan suatu informasi yang jelas tentang kebutuhan dasar konsumen di pasar.
(2).Menentukan variabel yang akan di gunakan dalam segmentasi pasar.
Banyak perusahaan jatuh ke dalam perangkap pengumpulan data pada variabel sebanyak mungkin dan kemudian mencoba untuk memilah-milah guna menarik kesimpulan.Pemasar sebaiknya menggunakan pengetahuan mereka tentang pasar untuk memilih beberapa variabel yang relevan.Pendekatan ini pada dasrnya lebih murah pengaruh lebih besar untuk memberikan hasil yang lebih berguna.
(3).Mengumpulkan dan menganalisa data yang meliputi penerapan alat-alat penelitian pasar.Tujuan dalam menganalisa data adalah untuk mengidentifikasi segmen pasar yang homogen secara internal dan tentunya heterogen bila di hubungkan dengan segmen lainnya.
(4).Mengembangkan profil terperinci dari setiap segmen pasar yang meliputi pemilihan variabel-varibel yang paling erat kaitannya dengan perilaku pembelian aktual konsumen.
(5).Menentukan Segmen yang akan di layani.
Dalam
penargetan segmen pasar tertentu,Pelaku usaha atau pemasar harus
mencari peluang yang cocok bagi usaha dan sumber dayanya.Adalah penting
bahwa pemasar tidak hanya mempertimbangkan ukuran dan potensi keuntungan
dari segmen pasar sasaran,tetapi juga apakah kemampuan usaha atau
perusahaan,teknologi dan tujuan akan memungkinkan untuk memenuhi
kebutuhan segmen yang lebih baik di bandingkan pesaingnya.
(6).Memposisikan produk yang meliputi mengembangkan rencana produk pemasaran yang akan menarik bagi segmen pasar yang di pilih.
Penjelasan,Dalam
rangkah memposisikan produk secara efektif,suatu usaha kecil harus
mengidentifikasi atribut yang paling penting untuk konsumen di segmen
tersebut,lalu kemudian mengembangkan strategi pemasaran secara
keseluruhan yang menarik perhatian konsumen.
Langkah
pemosisian produk dapat bermanfaat bila di terapkan selama tahap-tahap
awal desain produk,ketika sebuah perusahaan pertama kali
mengidentifikasi target pelanggan dalam karekteristik
demografi,geografis wilayah dan perilaku.
Agar
berhasil di dalam menerapkan strategi segmentasi pasar,pebisnis harus
menggunakan teknik riset pasar untuk menemukan pola-pola kesamaan antara
preferensi pelanggan di pasar.Idealnya preferensi pelanggan akan jatuh
kedalam kolompok yang berbeda berdasarkan karakteristik yang dapat di
identifikasi dari tingkat populasi.Oleh karena itu,pelaku usaha dan
pemasar harus menguasai segmen pelanggan.
Menurut Charles,karakteristik segmen pelanggan haruslah:
(1).Dapat di identifikasi dan di ukur
(2) Cukup besar untuk menghasilkan keuntungan
(3) Dapat di jangkau dengan efektif dan mudah
(4) Responsif terhadap pemasaran
(5) Stabil dan tidak berubah dengan cepatAgar Anda lebih memahami pembelajaran ini,alangkah baiknya Anda kenali lebih dulu tentang istilah-istila "Pasar" di dalam dunia pemasaran.
- Pasar Tradisional
- Pasar Penjual atau pedagang(Market To Market)-
- Pasar produsen
- Pasar pemerintah
- Pasar Nasional
- Pasar Internenasional
- Pasar Online/Market Online
- Pasar Tunggal
- Pasar anak-anak
- Pasar remaja
- Pasar wanita
- Dll
Pertanyaan,.....
Yang manakah atau di manakah "Pasar: tujuan usaha bisnis Anda?
Di dalam "pasar" mana Usaha bisnis Anda sekarang ini?
Anda sendirilah yang tahu jawabannya....
Tapi
ingat,pada saat sekarang ini,kehati-hatian mendefenesikan atau memahami
pasar sasaran atau yang Anda target adalah suatu hal yang sangat
penting.
Sebagai Saran dari Kami,
Tententukan target Pasar dengan jelas sebagai tujuan bisnis usaha Anda.
Kenali dan pahami perilaku maupun kebutuhan serta keinginan konsumen di dalam pasar Anda.
Ketahuilah
bahwa perilaku maupun kebutuhan serta keinginan konsumen selalu berubah
mengikuti perkembangan peradaban,teknologi,maupun ilmu pengetahuan.
Itulah 6 langkah jitu menentukan segmentasi pasar dalam pemasaran yang sukses.Semoga bermanfaat dan menginspirasi.