- --> 10+ Strategi Promosi Yg Kreatif Dan Inovatif Untuk Meningkatkan Omset Usaha Dengan Cepat | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

10+ Strategi Promosi Yg Kreatif Dan Inovatif Untuk Meningkatkan Omset Usaha Dengan Cepat

|

Ingin produk atau jasa anda cepat laris? Mau omset usaha meningkat dengan cepat? Artikel ini mengulas 10+ strategi promosi yang kreatif dan inovatif serta efektif meningkatkan penjualan produk dan jasa. Baca artikel ini,dan jadikan informasi di dalamnya sebagai acuan atau pedoman anda merancang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha dengan cepat. 

Berbicara tentang meningkatnya omset penjualan produk atau jasa,tentu tidak terlepas dari aktifitas pemasaran.Salah satu aktifitas pemasaran yang perlu di lakukan oleh wirausaha adalah melakukan atau menjalankan promosi untuk memperkenalkan bisnis,bahkan menawarkan sesuatu yang menarik kepada banyak orang,terutama calon prospek tertentu sebagai target penjualan yang akan bersedia membeli.

Namun,anehnya sangat banyak orang yang baru memulai usaha seakan tidak peduli terhadap pentingnya melakukan promosi,bahkan tidak tahu apa tujuan dan manfaat menjalankan promosi.

Strategi Promosi Pemasaran Produk

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan menjalankan promosi yang perlu kita ketahui yaitu:
  1. Untuk memperkenalkan Bisnis atau usaha kepada masyarakat luas terutama calon prospek target penjualan
  2. Untuk memperkenalkan merek bisnis atau produk dan jasa kepada masyarakat terutama calon prospek target penjualan
  3. Untuk menyampaikan kepada masyarakat atau calon prospek penjualan tentang adanya perubahan atau inovasi produk atau layanan dalam usaha
  4. Untuk memperkenalkan lokasi tempat usaha beroprasi,serta cabang-cabang tempat penjualan
  5. Untuk mengingatkan calon prospek agar selalu membeli produk atau jasa anda
  6. Untuk memperkuat posisi bisnis atau merek di tengah pasar
  7. Untuk meningkatkan minat pasar untuk membeli produk dan jasa 
  8. Untuk menarik banyak pelanggan sebanyak-banyaknya
  9. Untuk menguasai pasar dan bahkan menghancurkan pesaing
  10. Untuk membuat calon prospek untuk segera bertindak untuk membeli
  11. Untuk meningkatkan omset dan profit bisnis
Ada banyak cara promosi yang bisa anda lakukan,tetapi anda harus menentukan strategi promosi yang tepat.

Salah satu strategi promosi yang tepat yaitu promosi yang di buat dan di jalankan secara kreatif dan inovatif sehingga efektif meningkatkan penjualan produk dan jasa dengan cepat,bahkan meningkatkan omset usaha dan keuntungan usaha.  

Contoh Strategi Pemasaran Pemasaran Produk

Inilah 10+ Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Dan Jasa


1. Membuat Video Lucu Tentang Bisnis Anda Dan Mempublikasikannya Ke Youtube

Inilah strategi promosi yang kreatif dan inovatif pertama yang perlu anda coba yaitu membuat video lucu tentang bisnis anda,lalu mempublikasikannya ke youtube.

Youtube adalah salah satu situs media sosial yang saat ini paling banyak di gunakan orang di seluruh dunia untuk mengupload dan sekaligus menonton berbagai video.

Video tentang hal-hal yang lucu adalah salah satu kategori video yang paling banyak di nonton orang di seluruh dunia,karena video lucu dapat menghibur hati para penontonya.Dan tidak sedikit video lucu dengan mudah cepat viral di jagad internet,sehingga satu saja video yang viral bisa dengan cepat memiliki penonton sampai ratusan ribu orang,bahakan hingga jutaan orang.

Coba bayangkan jika seandainya video lucu yang cepat menjadi viral atau tersebar di jagad internet itu adalah merupakan salah satu dari video tentang bisnis anda,maka hanya dalam waktu singkat bisnis anda langsung menjadi terkenal sampai menjadi bahan perbincangan jutaan orang di Indonesia bahkan di dunia.

Katakanlah,setelah bisnis anda terkenal di Indonesia hanya lantaran gara-gara anda mengupload video lucu tentang bisnis anda ke youtube,maka akan menjadi lebih mudah bagi anda untuk menjual produk atau jasa anda.

Bahkan dengan cepat pula omset usaha anda akan meningkat,asalkan produk atau jasa anda bermanfaat untuk banyak orang.

Inilah rahasia keuntungan yang akan anda nikmati setelah mengupload video lucu tentang bisnis anda ke youtube:
  • Video lucu tentang bisnis anda berpotensi cepat menjadi viral hingga di  nonton oleh jutaan orang di seluruh Indonesia bahkan sampai ke dunia internasional.
  • Bisnis anda akan dengan mudah cepat terkenal
  • Anda dengan mudah menjual produk atau jasa anda kepada banyak orang,asalkan produk atau jasa anda bermanfaat atau sangat istimewa bagi bagi banyak orang
  • Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk biaya promosi
  • Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari youtube,apabila video lucu tentang bisnis anda di nonton oleh banyak orang di chanel youtube milik anda sendiri.Dalam hal ini,di samping anda mempromosikan bisnis anda lewat video buatan anda sendiri,anda juga sebenarnya sudah jadi seorang youtuber.Enak bukan? 

Untuk memulai promosi lewat video lucu,buatlah sekarang juga chanel anda di youtube,Cara membuatnya juga mudah.

Agar video lucu tentang bisnis anda lebih banyak yang menonton,buatlah judul video yang menarik agar semakin banyak orang mau meluangkan waktu untuk menontonnya.

Baca juga:

2.Mencuri Ruang Di WC Umum Untuk memasang Brosur Promosi yang efektif

Strategi promosi yang kreatif dan inovatif berikutnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset usaha dengan cepat yaitu dengan cara mencuri ruang di dalam wc umum sebagai tempat memasang brosur promosi usaha anda.Cara ini akan membuat promosi anda menjadi lebih efektif.

Dalam hal ini,anda memasang brosur promosi di wc umum yang paling sering di gunakan oleh banyak orang,misalnya wc umum di pasar tradisional,di dekat stasiun kereta api,di sekitar terminal Bus,di sekitar dermaga pelabuhan kapal laut transportasi umum Dll.

Inilah sejumlah alasan mengapa harus memilih wc umum sebagai tempat memasang brosur promosi:
  • Membuat promosi menjadi lebih efektif di mana para pengunjung wc umum bisa lebih terfokus memperhatikan dan membaca isi promosi anda.
  • Karena pada umumnya orang yang masuk di wc umum menghabiskan waktu antara 2 menit sampai 15 menit,sehinga mereka punya waktu untuk membaca dan mengingat isi promosi anda.
  • Untuk mencuri kesempatan dalam waktu 2 menit sampai 15 menit menarik perhatian para pengunjung wc umum untuk membaca dan mengingat isi promosi.
  • Di dalam wc umum tidak banyak hal lain yang orang perhatikan

3.Memasang Spanduk Promosi Dengan Ukuran Besar Di Depan Tempat Usaha

Banyak strategi promosi yang kreatif dan inovatif yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset usaha dengan cepat.Salah satunya adalah dengan memasang spanduk promosi dengan ukuran besar di depan tempat usaha anda.

Strategi promosi yang satu ini efeknya sangat luar biasa,dan akan bertambah lebih efektif lagi apabila tempat usaha anda berada di lokasi yang strategis.

Dengan memasang spanduk berukuran besar,maka akan memungkinkan semakin banyak orang yang memperhatikan dan membaca promosi anda.

Strategi promosi ini hemat biaya,dan cocok untuk hampir semua jenis usaha atau bisnis.Anda bisa mencobanya untuk membuktikan sendiri hasilnya.

Ukuran spanduk promosi yang anda buat ukuran idealnya sekitar 2 meter x 2,5 meter.Ukuran ini sudah cukup lumayan besar dipasang di depan tempat usaha untuk menarik perhatian para calon konsumen..

Tata letak  posisi spanduk promosi yang paling efektf sebaiknya di dekat bahu jalan,dengan jarak dari bahu jalan sekitar 2 meter,agar memungkinkan semakin banyak orang yang melihatnya di saat mereka melewati jalan di depan tempat usaha anda.  

4.Memasang Layar Tancap Untuk Nonton Bareng Di Halaman Depan Toko


Saya pernah melihat sebuah toko penjualan Hp,Aksesoris Hp,dan pulsa isi ulang yang baru di buka langsung ramai di padati pengunjung yang membeli,lantaran melakukan strategi promosi yang kreatif dan inovatif,yaitu dengan cara memasang layar tancap untuk nonton bareng di halaman depan toko

Jika anda ingin membuka usaha toko penjualan produk-produk yang bermanfaat untuk banyak orang,Anda bisa mencoba strategi promosi yang satu ini untuk memperkenalkan usaha anda,atau bahkan untuk meningkatkan omset usaha anda dengan cepat.

Strategi promosi yang kreatif dan inovatif ini tak perlu di ragukan efeknya untuk menarik perhatian banyak calon pelanggan.Dalam hal ini anda juga harus menyiapakan layanan terbaik bagi para calon pelanggan,agar mereka benar-benar akan menjadi pelanggan setia untuk terus menerus membeli di toko anda.

Cara kraetif dan efektif agar toko atau usaha jadi ramai dengan menjalankan strategi promosi menggunakan layar tancap untuk nonton bareng:
  • Gunakan layar dengan ukuran besar sekitar 2 X 3 Meter
  • Letakan layar tancap di sisi samping halaman depan toko dekat dengan bahu jalan,agar mudah terlihat
  • Layar tancap tidak menghadap toko atau ke depan jalan tetapi menghadap kesisi samping kanan atau kiri toko,sehingga usaha atau toko bisa terlihat dengan jelas dari depan jalan
  • Putar tayangan acara untuk nonton bareng yang paling di sukai oleh hampir semua kalangan.Dalam hal ini anda bisa memutar tayangan acara Tv atau video youtube
  • Tayangan-tayangan acara seperti film adalah tayangan yang di sukai oleh hampir semua orang
  • Anda juga bisa menjual warung kopi untuk mendapatkan penghasilan sampingan.


5.Memancing Banyak Calon Pembeli Dengan Meletakan Kandang Ular Piton Di Halaman Depan Toko


Ada juga seorang wirausaha pemilik toko swalayan mini yang sengaja meletakan kandang ular piton di halaman depan tokonya sebagai strategi promosi memperkenalkan usahanya yang baru saja di buka.

Gila juga strategi promosinya,coba bayangkan sendiri,dalam kadang yang terbuat kawat-kawat ram terdapat seekor ular piton yang besar dengan ukuran panjang sekitar 7-8 meter,dan besar lingkaran badan hampir sama seperti tiang listrik di lorong-lorong.

Strategi promosi yang satu ini bisa di bilang kreatif dan inovatif juga,serta efektif memancing banyak orang untuk melihat toko swalayan yang baru di buka.Maklum,namanya juga ular piton yang berukuran besar,sudah tentu akan mengundang perhatian banyak orang untuk melihatnya,karena pada umumnya ular piton besar jarang di lihat secara langsung dengan mata kepala.

Karena banyak  orang yang datang silih berganti untuk melihat ular piton di halaman depan toko,tentu akan memungkinkan toko swalayan itu menjadi cepat terkena,ramail dan laris,bahkan akan menjadi bahan perbincangan banyak orang.
 
Orang-orang yang penasaran karena mendengar ada ular piton besar di depan toko swalayan,tentu akan bertanya,"Di mana alamat tokonya,dan apa nama tokonya? Saya mau ke sana juga,Soalnya saya belum pernah melihat secara langsung ular piton yang besarnya segiitu".  

Nah,begitulah efek promosi menggunakan ular piton sebagai umpan untuk menarik perhatian banyak orang agar datang mengunjungi tempat usaha.Meskipun tidak semua pengunjung datang langsung membeli,tetapi minimal ada sebagian di antara mereka yang langsung membeli.

Lebih dari itu,usaha menjadi cepat di kenal oleh banyak orang,dan perlahan-lahan omset usaha meningkat dengan sendirinya seiring bertambahnya orang yang mengenal usaha dan alamat tempat usaha.Hebat bukan..


6.Memasang Spanduk Promosi Penjualan Perlengkapan Anak Sekolah Berhadapan Dengan Sekolah


Jika anda membuka usaha atau bisnis yang menyediakan produk-produk untuk perlengkapan anak sekolah,anda tak tidak perlu harus membuka usaha yang berdekatan jaraknya dengan sekolah.

Tetapi,anda bisa mencoba melakukan strategi promosi penjualan produk dengan memasang spanduk promosi yg berukuran besar dan berhadapan dengan sekolah.

Strategi promosi yang satu ini di jamin efektif dan tepat sasaran,karena barang-barang atau produk yang anda promosikan merupakan perlengkapan yang dibutuhkan oleh-oleh anak-anak sekolah.

Dalam hal ini,setiap hari belajar,anak-anak sekolah akan selalu melihat spanduk promosi tentang usaha anda,sehingga mereka akan selalu ingat untuk membeli barang yang mereka perlukan di usaha anda.Atau dengan mengajak orang tua mereka untuk membeli perlengkapan sekolah yang anda promosikan.

Syaratnya agar promosi anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan dari konsumen sekolahan yaitu:
  • Usaha anda harus terfokus menyediakan segala produk yang merupakan perlengkapan sekolah,seperti pakaian seragam sekolah,pakaian olah raga anak-anak sekolah,pakaian pramuka,tas,sepatu,dan perlengkapan alat tulis menulis.
  • Usaha anda menyediakan pakaian anak sekolah dengan beragam kualitas.
  • Usaha anda harus berani menawarkan harga bersaing atau lebih murah dari harga penjualan yang di tawarkan oleh pesaing.
  • Jika usaha anda memang satu-satunya yang menyediakan secara lengkap produk perlengkapan anak sekolah,anda bisa menawarkan harga standar sesuai harga di pasaran
  • Lokasi usaha anda mudah di jangkau oleh calon konsumen 

7.Promo Diskon Harga Sesuai Nomor Undian

Stategi Promosi yang kreatif dan inovatif ini cocok di terapkan dalam bisnis seperti Toko penjualan Pakaian Dan Bisnis Restoran.

Dengan menjalankan strategi promosi ini maka calon konsumen akan semakin banyak tergiur untuk mendapatkan diskon besar.Mereka akan berlomba-lomba datang untuk membeli.Sehingga memungkinkan omset penjualan meningkat secara signifikan dalam waktu singkat.

Bagaimana cara kerja melakukan strategi promosi yang satu ini?

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Pertama yang anda lakukan,yaitu menetapkan batas maksimal diskon agar usaha anda tetap menghasilkan untung besar yang lumayan.

Contoh batas maksimal diskon harga sebesar 50% dari setiap penjualan:
  • 1 Pcs kaos oblong dengan harga jual Rp.100 ribu-Dengan harga modal Rp.50 ribu
  • 1 Pcs kaos oblong dengan harga jual Rp.80 ribu-Dengan harga modal Rp.40 ribu
  • 1 Pcs Celana panjang jeans dengan harga jual Rp.400 ribu.-Dengan harga modal Rp.200 ribu
  • 1 pcs Busana Muslim dengan harga jual Rp 200 ribu-Dengan harga modal Rp 100 ribu
Selanjutnya,Anda membuat kupon undian sebanyak 50 lembar yang betuliskan diskon harga jual mulai dari 1% -50%.

Berikutnya,Anda membuka promosi dengan melakukannya lewat Spanduk di depan toko anda,atau bisa juga dengan melakukan promosi lewat grup-grup jual-beli di facebook khusus di daerah anda.Misal Grup jual beli kota Bandung.  

Adapun contoh kalimat promosinya adalah sebagai berikut:"Promo Diskon Harga Sesuai Nomor Undian,-Dapatkan Diskon Besar 50% Jika Mujur".

Selanjutnya,-Anda akan memberikan diskon harga sesuai nomor undian yang jatuh setelah konsumen melakukan pembelian.

Dalam hal ini,apabila nomor undian yang jatuh adalah 50%,maka anda pun akan memtong harga sebanyak 50%.Sedangkan apabila nomor undian yang jatuh adalah 1% maka potongan harga hanya 1% juga.

Hal yang sama bisa juga anda di terapkan untuk meningkatkan omset penjualan restoran atau warung makan,karena potensi keuntungan dalam usaha warung sekitar 100%. Dalam hal ini,batas diskon harga penjualan anda sesuaikan dengan tingkat potensi keuntungan ygang anda inginkan.  

Baca Juga:

8.Dapatkan Hadiah Rp.1 Juta Bagi Pemenang Lomba Makan Ayam Panggang Pedas


Strategi promosi yang kreatif dan inovatif ini tentu hanya cocok untuk usaha restoran atau rumah makan.

Apabila anda ingin membuka usaha restoran atau rumah makan kuliner,anda bisa mencoba strategi promosi ini untuk menarik perhatian dan rasa penasaran banyak orang agar mau datang mencoba membeli dan mencicipi menu ayam panggang dalam usaha anda.

Dalam hal ini,anda mengadakan acara lomba makan 1 ekor ayam panggang rasa pedas,bagi peserta lomba yang mampu menghabiskan 1 ekor ayam panggang pedas dalam waktu yang paling cepat,maka peserta lomba tersebut akan mendapatkan hadiah berupa uang Rp.1 juta.

Tetapi dalam cara lomba ini,setiap peserta lomba harus membayar uang pendaftaran sebesar lebih dari nilai 1 ekor ayam panggang pedas.Misalnya modal yang anda keluarkan sebesar Rp.40 ribu untuk setiap 1 ekor ayam panggang pedas,maka setiap peserta lomba akan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.50 ribu.

Dan anda harus menetapkan target minimal jumlah peserta yaitu 100 orang,berarti jika lebih banyak itu lebih bagus lagi. 

Perhitungannya akhirnya anda akan mendapatkan keuntungan sebanyak Rp.2 juta apabila peserta lomba berjumlah 300 orang.Karena dalam setiap 100 orang peserta,keuntungan anda sebesar Rp.1 juta (Rp.10 ribu X 100).  

Dalam hal ini,keuntungan kotor yang anda dapatkan dari 300 orang peserta lomba adalah sebesar Rp.3 juta,sedangkan uang yang anda keluarkan untuk membayar hadiah bagi pemenang yaitu Rp.1 juta saja.

Tak perlu di ragukan lagi,dengan menjalankan strategi promosi seperti itu,usaha restoran anda akan cepat terkenal,ramai dan laris.

Karena dengan adanya acara lomba makan ayam panggang pedas berhadiah uang Rp.1 juta,banyak orang yang tertarik dan penasaran untuk mencoba ikut lomba.

Ada 4 alasan mengapa startegi promosi seperti itu bisa berhasil menarik banyak minat banyak orang:
  1. Banyak orang tergiur dengan rasa ayam panggang pedas,karena rasanya memang sangat enak dan lezat.
  2. Rata-rata orang Indonesia suka makan daging ayam panggang,apalagi yang pedas
  3. Orang tidak akan merasa rugi ikut lomba,karena mereka bisa langsung merasakan nikmatnya rasa daging ayam panggang pedas,dan mereka bisa membawa pulang ayam panggang yang tersisa apabila mereke tidak menang
  4. Orang akan bertambah banyak yang tergiur karena ada hadiah uang Rp.1 juta yang bisa mereka dapatkan apabila menjadi pemenang lomba 

9.Menyelipkan Kata-Kata Humor Lucu Di Dalam Promosi


Menurut seorang ahli ilmu marketing bahwa menyelipkan kata-kata humor lucu dalam promosi bisa menambah efektifitas promosi untuk menarik lebih banyak orang untuk membeli produk yang di tawarkan.

Dalam hal ini,menggunakan kata-kata humor lucu di dalam promosi mampu membuat hati seorang langsung menjadi tenang,damai untuk menanggapi penawaran dalam promosi.

Bukan hanya itu saja,dengan menyertakan kata-kata humor dalam promosi bisa membuat banyak orang menjadi terkesan,sehingga memudahkan orang untuk mengingat nama usaha atau produk anda.

Kata-kata humor lucu bisa anda selipkan di dalam kalimat promosi langsung atau pun lewat iklan atau brosur serta spanduk.Rasakan sendiri dampak dan pengaruh positifnya untuk meningkatkan omset penjualan.

10.Menggunakan Gambar Tokoh Kartun Terkenal Ke Dalam Iklan,Brosur Atau Spanduk Promosi


Salah satu strategi promosi kreatif dan inovatif yang bisa juga anda coba untuk meningkatkan omset usaha yaitu menggunakan gambar tokoh-tokoh kartun terkenal ke dalam iklan,brosur atau spanduk promosi.

Cara melakukan promosi dengan strategi yang kreatif ini bisa meningkatkan efektifitas pemasaran yang anda jalankan.

Saat ini sudah ada sebagian pengusaha yang menjalankan promosi dengan menggunakan gambar tokoh-tokoh kartun terkenal.Hal ini membuktikan bahwa strategi promosi seperti ini memiliki dampak positif bagi peningkatan omset,walaupun peningkatannya tidak terlalu cepat dan signifikan.

Rahasia manfaat dan keuntungan menggunakan gambar tokoh kartun ke dalam promosi
Dengan adanya tokoh kartun yang terkenal di dalam promosi,orang-orang yang pernah melihat promosi akan mudah langsung mengingat promosi yang anda jalankan di saar mereka kebetulan menonton film kartun di Tv.

Karena menjalankan strategi promosi yang kreatif ini bertujuan untuk memudahkan banyak orang untuk mengingat usaha atau produk yang anda promosikan.Dengan kata lain,anda mengingatkan kepada banyak orang tentang usaha atau produk anda lewat toko kartun yang terkenal.

Adapun di antara tokoh-tokoh kartun yang terkenal yang gambarnya bisa anda gunakan yaitu seperti Dora Emon,Tom & Jerry,Naruto,Marsha dan Bear,dan sebagainya.

11.Naik Motor Keliling Kota Sambil Bonceng Spanduk Promosi Usaha

Strategi promosi yang kreatif dan inovatif berikutnya yang tak kalah efektifnya untuk meningkatkan omset usaha yaitu dengan cara naik motor keliling kota sambil bonceng spanduk promosi bisnis. 

Jika kebanyakan yang kita lihat banyaknya mobil di gunakan sebagai media promosi berjalan,maka strategi promosi dengan cara naik motor keliling kota sambil bonceng spanduk promosi adalah hal yang unik dan baru di dunia kewirausahaan saat ini.

Ada-ada saja orang yang punya ide kreatif dan inovatif melakukan promosi demi memperkenalkan bisnis atau jualan kepada banyak orang.

Strategi promosi yang satu ini mungkin terdengar lucu di telinga Anda,dan mungkin anda tak ingin melakukannya,karena caranya seperti cara orang gila yang tak waras otaknya.

Cara melakukan promosi dengan strategi ini memang seperti melakukan pekerjaan layaknya orang gila,tetapi begitulah yang namanya seorang wirausaha harus berani melakukan hal-hal yang kreatif dan unik di luar kebiasaan agar usaha yang di jalankan bisa menghasilkan omset yang luar biasa di banding usaha orang lain.

Dengan melakukan promosi seperti itu tentu akan bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengenal lebih dekat tentang usaha anda.Bahkan mungkin saja banyak orang yang memperbicangkan cara anda melakukan promosi,sehingga orang-orang akan merasa penasaran untuk datang berkunjung ke tempat usaha anda.

Adapun syarat agar usaha anda cepat mendapatkan banyak pelanggan dengan melakukan strategi promosi yang kreatif ini yaitu:
  • Usaha anda harus menyediakan produk dan layanan yang istimewa yang bermanfaat untuk banyak orang
  • Tempat usaha harus di lokasi yang mudah di jangkau oleh calon konsumen
  • Menjual produk atau jasa dengan harga bersaing,atau sesuai dengan harga di pasaran,kecuali produk atau layanan anda merupakan satu-satunya yang memiliki keunggulan lebih,maka anda bisa menjual dengan harga mahal.
Akhirnya...
Cukup sekian dulu informasi seputar strategi promosi yang kreatif dan inovatif yang sempat kami bagikan lewat artikel ini.Semoga anda menjadi terinspirasi dengannya.

Berikut ini rekomendasi Artikel-artikel terkait ilmu pemasaran yang terbaik untuk anda baca :




Related Posts