Thursday, 22 February 2018

MACAM MACAM IKLAN BESERTA CONTOH DAN PENGERTIANNYA

Baca Juga



Macam macam iklan beserta contoh dan pengetiannya.Bisa di bilang,hampir setiap saat kita di bom bardir dengan iklan-iklan yang tayang di tv,radia,facobook,atau pun situs-situs web yang kita kunjungi lewat browsing di internet atau google.Berbagai jenis iklan yang seringkali kita lihat,dengan beragam bentuk,desain dan isi di buat dengan tujuan pertama adalah untuk memancing perhatian kita.


Iklan terdiri dari beberapa jenis atau kategori,dan iklan-iklan pasti membutuhkan media atau sarana untuk bisa di lihat oleh banyak orangJadi,sebenarnya iklan itu tidak bisa di bilang sama.Lantas,apa saja jenis dan kategori iklan?Oke,sebelum kita membahas macam macam iklan,mungkin sangat lebih baik jika kita mengetahui terlebih dulu mengenai maksud atau pengertian dari iklan.

Macam Macam Iklan Beserta contoh dan pengertiannya 

Menurut kamus bahasa Ensiklopedia online terbesar yakni Wikipedia,bahwa iklan adalah sebuah promosi yang harus di bayar oleh sebuah sponsor.Adapun yang di maksud dengan sponsor di sini adalah perusahaan-perusahaan ataupun organisasi-organisai yang mempromosikan produk-produk mereka di media periklanan tersebut. Media-media periklanan bisa dalam bentuk cetak,elektronik dan digital.

Pengertian iklan menurut bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi sesuatu,yang berupa barang,jasa,tempat usaha atau pun ide yang harus di bayar oleh sebuah sponsor.Pengertian sponsor sudah di kemukakan di atas.

Adapun pengertian iklan menurut para praktisi ilmu pemasaran bahwa iklan adalah sebuah promosi yang berisi pesan untuk memperkenalkan,mengingatkn,mengumumkan,menawarkan sesuatu kepada khalayak umum,melalui media tertentu seperti media cetak,elektronik dan digital.

Macam Macam Iklan Beserta Contoh  Dan Pengertiannya

Iklan Niaga
Iklan Niaga adalah iklan promosi bisnis yang di buat dengan tujuan memperkenalkan atau menawarkan produk dan jasa.Dan pada intinya iklan niaga di buat untuk maksud mempengaruhi atau mendorong calon konsumen agar mau memilih atau membeli bahkan menggunakan produk dan jasa yang di promosikan.

Iklan Niaga di rancang sedemikian rupa,baik isinya maupun struktur desainnya agar bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk dan jasa yang di tawarkan.

Tapi sebenarnya Iklan Niaga ini memiliki dua sifat dan tujuan yakni:
  1. Iklan Yang Bersifat Mengingatkan-Iklan ini memang segaja dibuat hanya khusus untuk tujuan mengingatkan pasar atau konsumen,sehingga konsumen akan selalu membeli produk atau jasa yang di promosikan.Adapun iklan jenis ini,biasanya sering jalankan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menjadi pemimpin pasar.Perusahaan pemimpin pasar ini,adalah perusahaan yang memiliki produk dengan Brand atau Nama yang sudah di kenal oleh masyarakat luas,khususnya para pencinta merek dari produk tersebut.
  2. Iklan Yang Bersifat Menawarkan langsung-Iklan jenis ini sengaja di buat secara khusus untuk tujuan penawaran langsung akan produk atau jasa,agar calon konsumen segera melakukan tindakan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang di promosikan tersebut.Contoh iklan jenis ini banyak kita lihat di internet,dan seringkali tayang di depan kita dan membom bardir para pengguna internet.Maaf,Anda jangan terlalu berpikir negatif terhadap iklan-iklan jenis yang sering Anda lihat nongol di depan Anda di saat browsing.Karena jenis iklan ini juga banyak yang menyukainya,karena iklan jenis ini tidak perlu membuat kita repot-repot mencarinya untuk tujuan mendapatkan produk atau jasa tertentu yang ingin kita beli. 
Iklan niaga biasa juga di sebut sebagai iklan komersial.

Contoh iklan niaga bergambar seperti berikut.

macam macam iklan


Sedangkan iklan niaga menurut pemahaman umum adalah sebuah iklan penawaran dalam Promosi Pemasaran.

Banyak orang yang mencari tahu pengertian iklan penawaran .Yang pastinya,iklan penawaran adalah sebuah iklan promosi yang di tujukan kepada masyrakat atau calon konsumen yang berisi pesan yang bersifat menawarkan untuk menggunakan atau membeli produk dan jasa. 

 Iklan Non Niaga

Pengertian Iklan non niaga adalah sebuah iklan promosi yang di buat dengan tujuan untuk mengingatkan atau mempengaruhi masyarakat luas agar menaruh rasa simpati,perhatian,atau bahkan memberi dukungan terhadap sesuatu hal yang di promosikan.

Iklan non niaga bisa juga di sebut sebagai iklan publikasi Layanan Sosial

 Iklan non niaga terbagi berdasarkan sifat dan tujuannya seperti yang di uraikan sebagai berikut:

(1)- Iklan Keluarga.-Iklan keluarga ini biasa berisi pesan Suka Cita ataupun Duka Cita yang tujuannya untuk mendapatkan simpati maupun dukungan dari masyarakat luas.

Adapun Contoh Iklan Keluarga yang berisi pesan suka cita misalnya seperti ini.

Keluarga Besar H.Bidin, Ikut Berbahagia 
Atas
Terpilihnya Bpk.Mukhlis S.sos sebagi Bupati Rencana
Semoga Dengan Terpilihnya Beliau Menjadi Bupati Rencana,
Kabupaten Rencana akan Sukses Menjadi Kabupaten Impian yang penuh Khayalan

(2)- Iklan Pengumuman
Pengertian Iklan pengumuman adalah merupakan iklan promosi yang berisi pesan yang memberikan pengetahuan ataupun informasi berupa keterangan akan sesuatu hal penting kepada masyarakat luas.

Adapun iklan pengumuman biasanya di buat dalam bentuk cetak dan elektronik dan digital.

Contoh iklan pengumuman dalam bentuk cetak adalah seperti Iklan Spanduk,Iklan Baliho,Iklan Poster,Iklan Di Surat Kabar dan Majalah,bahkan adapula di cetak dalam bentuk brosur atau famlet.

Di bawah ini adalah gambar foto iklan pengumuman.

macam macam iklan beserta contoh dan pengertiannya


Baca juga Cara Pemasaran Dan Promosi Produk Agar Cepat Laku

Contoh Iklan Pengumuman dalam bentuk Elektronik adalah seperti Iklan Pengumuman di Radio,dan Di Tv.

Iklan Pengumuman adalah seperti berikut:

1.Iklan orang hilang yang memberitahukan kepada masyarakat luas,agar ikut memnantu untuk menemukan orang hilang
2.Iklan reuni
3.Iklan Acara Halal Bil Halal

(3)- Iklan Layanan Masyarakat Yang Bersifat Mengajak Dan Menghimbau
Pengertian Iklan layanan masyarakat ini adalah sebuah iklan yang di buat dengan tujuan untuk mengajak atau mengimbau masyarakat agar mengikuti dan patuh terhadap apa yang di sampaikan.
Adapun contoh iklan layanan masyarakat adalah seperti:
  1. Iklan keluarga berencana
  2. Iklan peringatan pemerintah tentang bahaya merokok
  3. Iklan Peringatan pemerintah tentang bahaya narkoba dan membasmi narkoba
  4. Iklan Pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk menhemat listrik
  5. Iklan yang menghimbau kepada masyarakat agar selalu hidup bersih dan sehat 

    Iklan Lowongan Kerja -Recruitment Adversiting

    Iklan lowongan kerja adalah sebuah iklan promosi yang di buat dengan tujuan untuk merekrut calon tenaga kerja,baik itu untuk menjadi pegawai di dinas pemerinta maupun untuk menjadi karyawan di perusahaan swasta.




    Iklan lowongan kerja biasanya di surat kabar nasinal,surat kabar daerah,melalui radio dan tv serta media online.Iklan ini di buat dan di jalankan oleh pemerintah atau perusahaan yang membuka lowongan kerja bagi mereka yang memenuhi syarat dan ketentuan yang di berlakukan.


    Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
     
    Sebenarnya,jenis iklan berdasarkan isinya sudah di bagi berdasarkan contoh-contoh diatas.Misalnya sebuah iklan yang berisi pesan penawaran terhadap terhadap suatu produk kepada masyarakat,maka iklan tersebut termasuk jenis iklan pemasaran.

    Di Bawah adalah gambar contoh Iklan di situs olx.

    contoh iklan


    sedangkan untuk sebuah iklan yang berisi pesan himbauan atau peringatan atau pun pemberitahuan,maka iklan tersebut termasuk jenis iklan pengumuman.

    Jenis Iklan Berdasarkan Sarana Dan Tempat 

    Jenis Iklan berdasarkan Sarana dan tempat adalah seperti di uraikan di bawah ini.:
    (1).Iklan Media Cetak-Berupa iklan di Koran,Baliho,Spanduk,Poster,Brosur,Famlet,Bahkan ada juga iklan di dalam buku yang sengaja di selipkan kalimatnya,oleh penulis atupun penerbit buku dll.

    Iklan di media cetak khususnya di koran atau majalah biasanya di bayar berdasarkan:
    -Besarnya Oplah Surat kabar atau Majalah yang bersangkutan.
    -Ruang iklan tempat iklan itu di letakan,misalnya untuk iklan kolom atau display baiyanya lebih mahal daripada iklan baris.
    -Letak iklan itu di tempatkan,misalnya,untuk iklan di bagian cofer atau sampul depan,maka biayanya lebih mahal dari pada iklan di bagian dalam halaman.
    -Posisi iklan di tempatkan di halaman.Misalnya,untuk posisi iklan di bagian atas halaman kiri,biasanya lebih mahal daripada iklan di posisi bawah atu tengah halaman.
    -Singkatnya,tergantung dari posisi strategis iklan itu di tempatkan.
    -Negosiasi pengiklan dengan manajer periklanan di surat kabar atau majalah.Dalam hal ini,pihak media yang bersangkutan juga membuka kesempatan bagi pengiklan untuk menwar tarif atau harga ruang iklan..
    -Sifat dan tujuan iklan.Misalnya,untuk iklan Niaga atau Komersial biayanya lebih mahal dari iklan keluarga.

    (.2).Iklan Media Elektronik-Berupa iklan di tv dan radio bahkan melalui CD yang di putar melalui DVD

    Iklan di tv dan di radiao biasa di bayar berdasarkan durasi penayangannya,jadi semakin lama durasinya,maka semakin besar pula biaya yang harus di keluarkan oleh pengiklan.Namun,ada juga tergantung kapan waktu penayangannya dan tergantung jumlah pemirsa atau pendengar yg di perkirakan.

    (3).Iklan Media Online atau Digital-Berupa iklan yang sering nongol dan gentayangan di facobook,Twiter,Istagram dan di media-media online lain yang kita kunjungi di internet.

    Iklan Google
    Iklan google adalah iklan dari perusahaan periklanan milik google,yang biasa di sebut iklan Adsense.

    Iklan google ini biasa nongol di depan kita di saat melakukan pencarian lewat mesin telusurnya Bos Google.

    Di Bawah Ini adalah Contoh Iklan Google yang muncul dalam halaman penelusuran di google.

    macam macam iklan beserta contohnya
    Bahkan iklan iklan google muncul juga di selah-selah konten atau artikel yang kita cari.Iklan-iklan google tersebut hanya muncul di artikel-artikel atau konten dalam sebuah blog atau website yang sudah terhubung dengan Adsense.Adsense adalah perusahaan periklanan yang merupakan anak perusahaan Google itu sendiri.Jadi,tidak semua blog atau website yang kita kunjungi di internet terdapat iklan-iklan google di dalamnya.Jadi,hanya di blog-blog atau website yang terhubung dengan Adsense saja iklan google itu kita temukan.

    Bukan hanya itu,iklan google atau Adsense juga bisa kita jumpai di Youtube,karena youtube adalah anak perusahaan google juga.

    Bagi pengiklan di Indonesia yang mau mempromosikan produk dan jasa di google bisa melalui Google Adwords berbahasa Indonesia.

    Jenis-Jenis Iklan Google
    1. Iklan Banner-Dalam bentuk teks dan gambar-Iklan khusus gambar dan Iklan khsusus teks
    2. Iklan Spanduk -Dalam bentuk teks dan gamabr sama seperti di atas
    3. Iklan Native In Articele-Iklan bergambar dan teks yang khusus hanya muncul di artikel
    4. Iklan Unit Link -Adalah jenis iklan dalam bentuk link yang bisa muncul di dalam artikel ataupun di luar artikel
    5. Iklan Seluler.-Iklan yang di rancang secara otomatis untuk di tampilkan di halaman konten atau blog yang di buka melalui perangkat seluler
    6. Iklan Ad Fed -Jenis iklan yang berukuran khusus dan hanya di tampilkan di halaman posting
    Contoh iklan google jenis link



    Iklan Facebook
     
    Iklan facebook adalah iklan milik perusahaan facebook,dan hanya di temukan melalui facebook.

    Iklan facebook sebenarnya sama dengan iklan iklan google,kesamaannya adalah,iklan-iklan mereka adalah merupakan iklan titipan yang di pasang oleh para pengiklan produk dan jasa dari seluruh dunia.Dalam hal ini,facebook dan google menyediakan iklan-iklan yang di bayar oleh para pengiklan.

    Jadi,facebook atau google hanyalah merupakan perantara yang menyediakan media iklan bagi yang mau mempromosikan produk dan jasa.
     -

    Iklan Penipuan
    Iklan penipuan adalah sebuah iklan yang sengaja di buat untuk tujuan menipu atau untuk mendapatkan keuntungan sesaat bagi pengiklannya.Iklan tipu-tipu banyak memakan korban yang tidak teliti di dalam menyaring iklan yang tayang.

    Iklan penipuan,kebanyakan melalui internet,dan banyak bertebaran di internet,serta hanya di jalankan melalui situs-situs tertentu yang mempromosikan barang.

    Para Mafia online yang menjalankan iklan tipu-tipu ini sering memanfaatkan situs-situs khusus penjualan barang dan jasa lewat online.Bahkan ada yang menggunakan blog mereka sendiri.

    Jadi,Harap hati-hati dan selektif menyaring iklan di internet,agar kita tidak menjdi korban para mafia online.

    Ciri Ciri Iklan Penipuan
    Membeli sesuatu yang di tawarkan di internet,haruslah selektif dan hati-hati menyaring iklaniklan penawaran.

    Adapun ciri ciri iklan yang bertujuan menipu adalah sebagai berikut:
    1. Menawarkan barang dengan harga murah yang tidak wajar
    2. Penampilan website atau blognya keren dan menarik
    3. Kalimat-kalimat penawaran sering di ulang-ulang.
    4. Kata-kata iklan sangat bombastis dan terlalu banyak menjanjikan keuntungan kepada calon pembeli yang menggunakan produk
    5. Memiliki testimoni atau pengkuan dari orang yang sama sekali tidak di kenal.
    6. Nomor Telpon,jika di hubungi sengaja tidak di angkat,atau sibuk,padahal mafianya lagi asyik memantau websitenya (Nomor Susah di hubungi)
    7. Jika di SMS tidak di balas
    8. Alamat pengiklan tidak jelas karena tidak melalui verifikasi data yang ketat.
    Jadi jika Anda menemukan ciri-ciri iklan penawaran seperti itu,hati-hatilah,dan jangan terlalu tergiur dengan janji-janji manis yang di poles dengan kata-kata yang indah.

    Baca juga Kumpulan Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Mendongkrak Penjualan Produk Dan Jasa

    Sekian saja dulu artikel macam macam iklan beserta contoh dan pengertiannya.Silahkan tunggu update selanjutnya,semoga bermanfaat. 


    0 komentar:


    10 Wanita Seksi Ini Terdaftar Sebagai Wanita Tersukses Di Dunia

    Kesulitan dengan modal usaha? Ini dia Solusi mengatasinya

    Rahasia Sukses Terbesar

    Rahasia Sukses Terbesar
    Mau memoerbaiki nasib? Ini Dia 34 Rahasia Memperbaikinya

    Popular Posts