- --> Belajar Seni & Konsep Ilmu Pemasaran Yang Sukses | Kunci Sukses Zone Terbaru

Blog Gudang Ilmu,inspirasi Dan Cara Usaha

Belajar Seni & Konsep Ilmu Pemasaran Yang Sukses

|


Blog referensi sukses berwirausaha dan investasi pada kesempatan kali ini,mempersembahkan postingan berjudul  belajar  Seni dan Konsep Ilmu Pemasaran sukses dalam kewirausahaan.Dengan hadirnya postingan ini,di harapkan semoga dapat memberi inspirasi dan pencerahan baru bagi para pembacanya.Terutama bagi para  pelaku usaha dan markerter.

seni dan konsep ilmu pemasaran yang sukses

Bagi kebanyakan orang,seni dan konsep ilmu pemasaran sukses dalamkewirausahaan adalah suatu hal asing dan terasa masih baru .Mungkin anda adalah bagian mereka tersebut.Nah pada artikel ini anda belajar untuk mengenal dan memahami tentang hal itu,yang nantinya akan menjadi bekal dan dasar anda untuk menjalankan bisnis.

Dengan belajar untuk mengenal dan memahami seni dan konsep ilmu pemasaran yg sukses,akan terbuka lsecara lebar banyaknya kemungkinan dan peluang anda untuk meraih sukses dengan cepat dalam merintis dan menjalankan usaha aatu bisnis.

Sebuah uangkapan mengatakan,"Di dalam pemasaran akan selalu ada bisnis,namun,bisnis akan lenyap dan menhilang jika tidak ada pemasarn".

Ungkapan tersebut bukan hanya sekedar teori dan filsafat,akan tetapi hal itu menunjukan bahwa pemasaran adalah suatu hal yang sangat penting di dalam bisnis,dan ia adalah nyawa dan kehidupan bagi suatu bisnis.Dengan kata lain,urat nadi kehidupan suatu bisnis adalah pemasaran yang merupakan proses kegiatan bisnis mulai dari penyiapan produk,sampai kepada tujuannya yaitu mendapatkan pelanggan setia yang selalu puas.

Seni Dan Konsep Ilmu Pemasaran Yang Sukses Dalam Bisnis

Pada dasarnya,rangkaian kegiatan pemasaran yang di jalankan dari mempersiapalkan produk sampaii ke pelayanan penjualan,tujuan akhirnya adalah untuk menuaskan pelanggan.Terkait dengan hal ini,seorang pelatih pebisnis mengungkapkan bawa,"Di mana banyak pelanggan,di situ pula ada bisnis yang berjalan,namun,apabila tidak ada pelanggan seorang pun,tak ada gunanya kita terus menerus melanjutkan bisnis,karena kerugian akan semakin bertambah besar jika tidak seorang pun pelanggan yang mau dan bersedia membeli".

Ungkapan tersebut menggambarkan tentang betapa pentingnya seorang wirausaha/pebisnis untuk mengelolah dan menjalankan pemasaran dengan baik demi mendapatkan pelanggan.

Dalam kewirausahaan sangat banyak hal yang harus di ketahui dan di lakukan terkait dengan upaya-upaya untuk meningkatkan omset penjualan dan pendapatan suatu bisni yang selalu terkait dengan pembeli/pelanggan sebagai konsumen akhir yang harus di puaskan.

Semua gagasan tentang cara ,seni dan strategi yang di lakukan yang terkait dengan produk dan pelanggan merupakan seni dan  konsep ilmu pemasaran..

Asal tahu saja,bahwa,bisnis atau usaha adalah pilihan hidup bagi wirausaha atau pebisnis yang menyukai suatu tantangan atau banyak tantangan.Karena di dalam bisnis atau usaha dan perdagangan akan selalu ada tantangan dalam bentuk persainga,maslah pendistribusian produk dan masalah yang terkait dengan pelanggan,maka ilmu pemasaran di perlukan untuk mengatasi semua tantangan dan masalah tersebut.

Oke,kita langsung menuju ke pembelajaran tentang seni dan konsep ilmu pemasaran yang sukses dalam usaha

Bahagian 1-Konsep Dasar Pemasaran

Konsep dasar pemasaran memili arti atau di sebut juga Inti Ilmu Pemasaran.Semua perusahaan sukses pasti mengenalnya.Dan ilmu ini,berlaku untuk usaha bisnis yang di jalankan di manapun,baik secara offline maupun online.

Konsep dasar ini akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan dan tindakan dalam mengelola manajemen pemasaran.

Jadi,siapa pun yang ingin sukses di dalam bisnis perlu mengetahui dan memahami apa yang di sebut 'Konsep Dasar Pemasaran yang merupakan Inti Ilmu dalam Pemasaran yang sukses.dalam hal ini,bahwa Pasar (Konsumen/konsumen) sangat berkaitan erat dengan pemasaran.

Menurut seorang pakar atau ahli ilmu ekonomi dan marketing bahwa "pemasaran adalah merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang di tujukan untuk merencanakan-menentukan harga-mempromosikan-mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan,baik kepada pembeli yang ada maupun calon pembeli(Prospek)."

Oleh Karena itu di dalam lingkungan bisnis atau dunia pemasaran itu sendiri ada yang di namakan Konsep Dasar pemasaran atau Inti Ilmu di dunia pemasaran.

Adapun Konsep Dasar Pemasaran  sebagai berikut:

(1).Kebutuhan
Kebutuhan adalah suatu kondisi di mana manusia merasa tidak memilki kepuasan dasar.Dan kebutuhan seseorang tidaklah di ciptakan oleh pelaku pemasaran,namun kebutuhan itu sudah ada dan tertanam di dalam jiwa ataupun hati seseorang.

(2).Keinginan
Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut.Keinginan manusia terbentuk karena adanya kekuatan dari lua yang mempengaruhi.Ini berarti keinginan manusia dapat juga di pengaruhi manusia lain.

(3).Permintaan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang di dukung dengan kemampuan serta kesediaan untuk  membeli. suatu produk atau jasa.

Penjelasan...
Keinginan akan menjadi permintaan jika di dukung dengan daya beli.Dalam perbedaan ini bisa di artikan bahwa sesungguhnya bukan pelaku pemasaran yang menciptakan kebutuhan,karena kebutuhan sudah ada sebelumnya.Di dalam hal ini pelaku pemasaran atau pebisnis hanya mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang bagus,menarikcocok,terjangkau dan mudah di dapatkan oleh konsumen sasaran yang telah di targetkan.
(4).Produk
Produk adalah sesuatu yang di buat,di rancang dan dapat di tawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli.

Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepemilkannya,melainkan pada manfaat yang dapat di rasakan oleh pembelinya. Jadi,jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang bergerak di bidang produksi,maka buatlah produk yang mengutamakan manfaat yang akan di dapatkan dan di rasakan oleh pembelinya.

(5).Nilai-Biaya dan Kepuasan
 Maksudnya adalah perkiraan pembeli atau pelanggan tentang tingkatan kemampan suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya.Setiap produk memilki tingkatan kemampuan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pembeliTetapi,di dalam hal ini. pembeli akan memilih produk mana yang memilki kepuasan paling tinggi.

(6).Pertukaran-Transaksi Dan Hubungan
Ternyata,kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran.Di dalam arti,pemasaran terjadi saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.

Pemahaman lain,pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan produk yang di inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagi penggantinya.Pertukaran merupakan suatu proses dan bukan kejadiaan sesaat.masing-masing pihak di sebut berada di dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu kesepakatan atau persetujuan.

Dan jika kesepakatan atau persetujuan tercapai maka di sebutlah Transaksi.Jadi,Transaksi adalah merupakan suatu pertukaran nilai di antara ke dua belah pihak,yakni pembeli dan penjual.

Sedangkan untuk kelancaran transaksi,maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan-distributor-Agen penyalur-dan pemasok akan membangun suatu ikatan ekonomi,teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya.Sehingga transaksi tidak perlu di negosiasikan setiap kali karena sudah menjadi hal yang rutin.Hal ini dapat di capai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk ,pelayanan dan harga yang wajar secara berkelanjutan.

Bahagian 2.-Presepsi Pemasaran Yang Sukses Berlandaskan Lima Konsep Pemasaran 

Menerapkan atau menjalankan konsep pemasaran yang baik dan benar,merupakan rangkaian dari strategi pemasaran yang terbukti efektif.Karena sudah seyogyanya bagi seorang wirausaha atau pelaku pemasaran memahami betul tentang lima konsep pemasaran,karena hal ini akan menjadi landasan dan acuan untuk dapat menghasilkan banyak penjualan.

Inilah Lima Konsep Pemasaran Yang Perlu Kita Pahami.

1.Pemasaran yang berwawasan produksi
Konon,konsep pemasaran ini adalah salah satu konsep pemasaran tertua.Konsep pemasaran ini mengajak kita pelaku usaha untuk memilih produk yang mudah di dapat dan murah harganya.Di dalam hal ini kita harus memusatkan perhatian atau berfokus untuk mencapai efesienasi produksi yang tinggi dalam cakupan distribusi yang luas.

Pada kenyataannya,konsep ini dapat di jalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan di mana juga biaya produk tersebut sangat tinggi.Tapi,konsep pemasaran ini memiliki kelemahan.Adapun kelemahannya adalah di mana di dalam menjalankannya,akan membuat pelayanan menjadi tidak ramah,dalam arti pelayanan menjadi buruk.

2.Pemasaran berwawasan produk
Konsep pemasaran ini menjelaskan dan memberikan pengertian bahwa pembeli atau pelanggan akan memilih produk yang menawarkan kwalitas atau mutu-kenerja terbaik dan inovatif dalam hal ini bisa memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.Industri usaha yang berwawasan ini menjadi cenderung untuk tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari para pembeli atau pelangggan,sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan di dalam pemasaran.

3.Pemasaran berwawasan menjual
Konsep pemasaran ini menjelaskan bahwa,jika pembeli atau pelanggan kita biarkan saja,maka mereka tidak lagi akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang lebih agresif.

Konsep ini juga menjelaskan bahwa pelanggan enggan membeli dan perlu di dorong supaya menjadi membeli.Konsep ini sering atau biasa di gunakan pada produk yang tidak di cari atau tidak terpikir untuk di beli serta pada usaha industri yang mengalami kapasitas produksi.

4.Pemasaran berwawasan pemasaran
Konsep pemasaran ini menjelaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan usaha industri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar yang di targetkan serta memberikan kepuasan yang di inginkan secara lebih efektif dan efesiaen daripada pesaing.

Konsep pemasaran ini bersandar pada 4 pilar,yakni;
  1. Pasar Sasaran
  2. Kebutuhan pelanggan
  3. Pemasaran yang terkoordinir
  4. Keuntungan
Konsep pemasaran berwawasan pemasaran juga telah di nyatakan dalam banyak cara antara lain sebagai berikut;
1.Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
2.Temukan keinginan dan penuhilah
3.Cintailah pelanggan,bukan produknya
4.Dapatkanlah sesuai kesukaan Anda

5.Berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan nilai tambah,kwalitas/mutu,dan kepuasan tertinggi bagi pelanggan yang membeli.
5.Pemasaran yang berwawasan masyarakat
Konsep pemasaran ini memiliki pengertian dan menjelaskan bahwa tugas industri usaha adalah menentukan kebutuhan,keinginan serta kepentingan pasar sasaran atau yang kita targetkan dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efesien daripada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejatraan pelanggan dan masyarakat pada umumnya.Konsep pemasaran ini mengajak pelaku pemaasaran untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan pemasaran.
Adapun ke tiga faktor itu adalah sebagai berikut;
  1. Keuntungan industri usaha jangka pendek
  2. Kepuasan Pelanggan jangka panjang
  3. Kepentingan umum dalam Mengambil Keputusan

Bahagian 3.-Konsep Rencana Pemasaran Yang Baik Untuk Kesuksesan Bisnis

Sangat penting bagi pebisnis/wirausaha untuk memiliki rencana pemasaran yang di buat dengan benar,apalagi sebelum memulai suatu bisnis.

Untuk membuat konsep rencana pemasaran yang baik dan benar,kita harus mulai dengan pertanyaan-pertanyaan;

"Mungkinkah Anda menjual mobil BMW kepada orang miskin yang memilki rumah seperi "gubuk derita" berdinding bambu dengan atap banyak yang bocor?"

"Mungkinkah Anda menjual busana-busana Muslim di dalam sebuah lingkungan kecamatan atau kabupaten yang semua warganya adalah non muslim?Atau mungkinkah Anda menjual lampu natal kepada komunitas masyarakat yang beragama Islam?

"Mungkinkah Anda menjual pakan ternak ayam kepada perusahaan pengelolahan tambak udang"

"Mungkinkah Anda menjual Menjual Jas Hujan di waktu musim panas dan kemarau?"

"Mungkinkah Anda Membuka usaha penjualan es di waktu musim hujan yang dingin berkempanjangan?"

Mana yang Anda pilih,"menjual Kaos pakaian olaraga atau busana muslim di saat musim menjelang hari raya lebaran?"

Itulah beberapa pertanyaan yang merupakan contoh membuat konsep rencana strategi pemasaran di dalam bisnis.

Sebenarnya sangat banyak faktor yang bisa mempengaruhi strategi pemasaran secara umum..Namun secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi yakni;

(1) Faktor Mikro-Apa yang maksud dengan faktor mikro?Pengertiannya adalah perantara-perantara pemasaran dalam hal ini marketer,adapula yang lainya seperti pemasok,pesaing,pelanggan dll.

(2) Faktor Makro-Adapun faktor makro adalah berupa ekonomi,politik,hukum,sosial dan budaya,wilaya dan persoalan penduduk.

Untuk pemula di dalam usaha akan lebih mudah menentukan strategi pemasaran yang berdasarkan faktor makro.Sebagai contoh,Anda tentu tidak akan menjual pohon natal kepada masyarakt muslim..

Bahagian 4.-Konsep Pemasaran Menggunakan Formula Perangkat Pemasaran (Ilmu Marketing Mix)

Defenisi Marketing mix adalah sebuah ilmu yang menggabungkan sekumpulan perangkat atau sarana pemasaran yang dapat di gunakan untuk mempengaruhi penjualan di dalam pemasaran.

Pada dasarnya,dalam banyak kegitan pemasaran,formula yang di gunakan adalah formula tradisional.Formuula itu di kenal dengan formula 4P,yakni product,price,place,promotion.

Konsep ini mengajarkan bahwa,sukses tidaknya suatu bisnis atau usaha bergantung pada bagaimana strategi pemasaran menggunakan dan mengelola 4P secara tepat dan benar.

Adapun gambaran tentang kegunanan formula 4P antara lain adalah sebagai berikut.

Meskipun sebuah produk berkuwalitas bagus,tetapi harga penjualannya terlampu tinggi dan tak terjangkau,maka prduk tersebut tidak akan laku.Atau,meskipun produk berkualitas bagus,di jual dengan harga terjangkau tetapi sulit untuk mendapatkannya di mana-mana karena tidak adanya lokasi/tempat penjualan untuk menemukan produk itu,maka produk itu tidak akan laku.

Dan begitu pula sebuah produk yang berkualitas bagus ,harganya terjangkau tetapi tidak ada promosi juga akan dapat mengakibatkan produk tersebut di laku atau terjual.

Agar suatu bisnis menghasilkan banyak omset penjualan,maka ke empat bagian dari formula pemasaran tersebut harus di jalankan secara bersamaan,atau harus berjalan dengan baik seing dengan waktu.Untuk informasi selengkapnya,silahkan baca artikel Contoh strategi pemasaran menggunakan formula 4P untuk meningkatkan omset penjualan.

Demikian artikel tentang materi belajar seni dan konsep ilmu pemasaran sukses dan semoga bermanfaat.Salam sukses.

Baca juga :

Related Posts